Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
The best video editor for beginners to create a Ken Burns (pan & zoom) effect video.
  • Automatic crop to fit and pan & zoom effects
  • Background blurring effect and PIP opacity & blending mode available
  • Various aspect ratios supporting, including 16:9, 4:3, 1:1 and 9:16 portrait

Caranya Membuat Efek Ken Burns di Adobe Premiere Rush?

author avatar

May 23, 2024• Proven solutions

Efek Ken Burns sebuah teknik pengeditan video yang banyak dipergunakan oleh konten kreator. Ini merupakan proses dari menambahkan gerakan digital ke foto termasuk efek panning, zoom in, dan zoom out. Anda bisa tambahkan efek Ken Burns lewat Premiere Rush dan berbagai program mengedit video yang lainnya. Disini akan membuat video terlihat lebih dinamis dan menarik.

Salah satu hal terbaik mengenai efek Ken Burns ini adalah membuat foto diam anda bisa digunakan dalam video tanpa terlihat jadi terlalu jenuh atau membosankan. Ini juga lebih mudah dipahami dan digunakan jadi membuatnya ideal bagi editor video dan YouTuber pemula yang baru saja memulai saluran mereka sendiri.

Caranya Membuat Efek Ken Burns di Adobe Premiere Rush?

Seperti yang disebutkan diatas, efek Adobe Rush Ken Burns mudah untuk dimengerti dan digunakan dan bisa dipelajari oleh semua pemula. Dengan tambahkan efek ini ke foto mereka, editor bisa memberikan kesan gerakan ke penonton mereka, jadi mereka merasa seperti sedang menonton video daripada presentasi yang diisi dengan gambar diam.

Ingatlah bahwa Adobe Premiere Rush tidak ditargetkan bagi profesional, jadi tidak adanya sejumlah efek pengeditan lanjutan yang akan ditemukan seperti di Adobe Premiere Pro berfitur lengkap. Disini bagaimana anda bisa tambahkan efek Ken Burns pada video dengan Adobe Premiere Rush.

Langkah 1. Pemilihan Gambar

Langkah pertama adalah menjelajahi direktori tempat foto anda tersimpan. Di panel sebelah-kiri, akan terlihat keluku dari semua gambar anda yang ada di komputer. Di sini, anda bisa pilih sebuah foto diam yang ingin dimasukkan ke video. Anda juga bisa pilih semuanya atau ambil dan memilihnya sesuai dengan preferensi anda. Anda juga ada pilihan untuk menyeretnya ke dalam linimasa.

Langkah 2. Tambahkan efek Adobe Premiere Rush Ken Burns

Di kanan atas anda akan bisa melihat sebuah daftar ikon. Salah satu yang terkait dengan efek yang dibutuhkan untuk tambahkan efek Ken Burns di Premiere Rush. Efek ini yaitu transisi, pan dan zoom, dan fitur bingkai ulang otomatis. Semua yang perlu dilakukan adalah aktifkan efek pan dan zoom untuk diterapkan di foto yang terpilih.

Tetaplah ingat bahwa Adobe Premiere Rush adalah untuk pembuatan dan pengeditan video pada saat bepergian. Inilah kenapa saat ini anda tidak bisa membuat penyesuaian lebih lanjut di efek ini, dan anda tidak mempunyai pilihan saat membuat penyesuaian. Kadang kala foto tidak akan bergeser seperti yang diinginkan, namun saat ini, anda tidak bisa berbuat apa saja terkait hal itu.

Solusi Termudah untuk Tambahkan Efek Ken Burns ke Video

Bila anda hanya seorang konten kreator pemula atau YouTuber yang tidak ingin dipersulit dengan software Adobe Premiere dan biayanya yang mahal, maka alternatif terbaik yang tersedia yaitu Wondershare Filmora. Tidak hanya membantu anda terapkan efek Ken Burns ke video dengan lebih cepat dan mudah, anda juga bisa tergantung pada berbagai fitur pengeditan kreatif lainnya untuk membuat video anda lebih menarik untuk penonton anda.

Download Versi WinDownload Versi Mac

Langkah 1. Impor Gambar / Foto Diam Anda

Langkah pertama dari tambahkan efek Ken Burns melalui Filmora adalah lewat impor video dan foto. Seretlah konten tersebut ke dalam linimasa. Setelah selesai semuanya, anda sudah siap menambahkan efek Ken Burns ke video dan foto anda.

Langkah 2. Menerapkan efek Ken Burns

Kliklah dua kali di konten visual anda tidak peduli itu gambar diam atau video di linimasa anda untuk akses masuk ke menu pengeditan. Disini, kliklah label animasi dan pilih Preset. Menerapkan preset pan dan zoom dengan kliklah dua kali atau seretlah langsung ke dalam linimasa. Cara ini akan tambahkan efek Ken Burns dengan cepat ke dalam video.

Bila anda ingin kontrol lebih di efek Ken Burns, anda bisa bergantung pada jendela alat crop dan zoom dari sana anda bisa pilih efek pan dan zoom. Disini anda harus sesuaikan ukuran dan posisi secara manual untuk memakai bingkai awal dan akhir. Saran ini untuk editor yang inginkan efek Ken Burns yang lebih canggih atau yang lebih bisa dimodifikasi.

Langkah 3. Buatlah Penyesuaian & Pratinjau

Setelah ditambahkan efek Ken Burns, anda bisa pratinjau hasilnya dengan klik di tombol putar yang ada di dalam jendela pratinjau. Bila anda belum mencapai hasil yang diharapkan, anda bisa gunakan kerangka waktu untuk membuat penyesuaian lebih lanjut.

Langkah 4. Simpan Video Anda

Sesudah anda merasa puas dengan efek Ken Burns, anda bisa simpan video tersebut dengan klik pada tombol ekspor. Anda mempunyai pilihan ekspor video di berbagai format termasuk MP4, WMV, AVI, MKV, MOV, GIF, dan masih banyak lagi. Bila anda ingin, anda juga punya pilihan untuk unggah video secara langsung ke layanan hosting video seperti YouTube atau Vimeo.

Anda bisa juga gunakan Wondershare Filmora yang pergunakan banyak efek lainnya ke video anda termasuk transisi, konten tekstual, paket emoji, keterangan, pelacakan gerak, layar hijau, dan masih banyak lagi.

Tanya Jawab mengenai Penerapan Efek Ken Burns di Adobe Premiere Rush

1, Apakah efek Ken Burns tersedia di Adobe Premiere Rush?

Ya. Anda bisa gunakan fitur pan dan zoom saat menerapkan efek Ken Burns, tapi disini ada keterbatasan jika dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

2. Seberapa mudah penerapan efek Ken Burns di Premiere Rush?

Cukup mudah. Anda cukup tambahkan saja foto dan pilihlah efek pan dan zoom dari menu.

3. Bisakah Saya modifikasi dan melakukan penyesuaian pada hasilnya?

Sayangnya, tidak bisa. Adobe Premiere Rush ini didesain untuk pengeditan saat berpergian waktu anda tidak mempunyai sarana untuk lakukan sebuah penyesuaian atau kustomisasi pada hasilnya.

4. Apakah ada alternatif lainnya yang lebih mudah dan terjangkau selain Adobe Premiere Rush?

Ya. Wondershare Filmora merupakan software pengeditan video yang murah dan berfitur tinggi yang izinkan anda tambahkan efek Ken Burns ke video seraya memberi akses lakukan penyesuaian sampai anda puas sepenuhnya.

author avatar
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.
Anda Mungkin Berminat
author avatar

Liza Brown

chief Editor