filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play

Cara membuat gambar animasi dengan 7 perangkat lunak terbaik

Dec 26, 2022• Proven solutions

Kami tidak dapat menyangkal fakta bahwaanimasi yang digambar dengan tanganselalu terlihat lucu dan akan selalu begitu, seberapa banyak pun animasi 3D menjadi pusat perhatian. Animasi selalu memberi kita kesenangan, tidak hanya di masa kanak-kanak, tetapi juga di masa dewasa kita. Dan, gambar animasinya bisa sangat memikat.

Rasanya luar biasa jika kita sendiri mampu melakukan prosesmenggambar animasidengan mudah menggunakan beberapasoftware animasi yang mudah digunakan. Jadi, jika Anda adalah pendatang baru di bidang animasi atau mungkin sudah ahli, Anda akan selalu membutuhkan software yang sangat membantu untuk tujuan tersebut. Artikel ini akan membantu Anda dalam membuat animasi dengan bantuan beberapa software menggambar animasi yang pada akhirnya memberikan pengalaman yang menyenangkan.


Editor gambar animasi yang direkomendasikan - Filmora

Di sini kami sarankan untuk menggunakanFilmora. Anda dapat menggunakannya untuk membuat gambar animasi menjadi video dengan menambahkan keyframe, sehingga animasinya terlihat halus dan alami. Anda hanya perlu membuat bidang putih untuk mulai membuat animasi dengan mudah. Selain itu, koreksi warna dan mixer audio akan membawa video Anda ke level yang baru. Download untuk mencobanya (Gratis)!

Download Win Version Download Mac Version

7 software terbaik untuk menganimasikan gambar Anda

1. Adobe Animate

Adobe Animate adalahsalah satu software animasi 2D terkemukadi industri animasi ini yang banyak digunakan desainer. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya Anda menggabungkannya dengan Capture sehingga Anda dapat menangkap berbagai skema warna yang menarik atau mengubah gambar menjadi vektor dan hal lainnya sebelum memulai animasi dengan Adobe Animate. Software ini akan membuat animasi gambar tangan yang efektif.

Wondershare Anireel

Kelebihan:

  • Selalu menambahkan fitur baru secara berkala.
  • Memiliki timeline yang mumpuni serta menunjukkan waktu dan nomor frame.

Kekurangan:

  • Software ini membutuhkan keahlian teknis yang lebih tinggi untuk mempelajarinya.

Adobe Animate

2. SketchBook Motion

SketchBook Motion ditujukan bagi pengguna iPad untuk membuat animasi mereka. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat menarik dan melepas dokumen dengan mudah. Anda dapat langsung membagikan gambar animasi Anda sebagai stiker iMessage, GIF animasi, atau MP4.

Kelebihan:

  • Tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Jerman.
  • Dapat membuat karakter hidup dengan menerapkan gestur sederhana.

Kekurangan:

  • Banyak pembelian dalam aplikasi.
  • Hingga 3 adegan dapat disimpan tanpa berlangganan.
  • Versi lengkap tersedia gratis hanya selama 7 hari.

SketchBook

3. Animation & Drawing by Do In

Software ini mudah digunakan dan menjadi salah satu aplikasi animasi gambar tangan terbaik untuk pengguna iPad. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan opsi pengeditan gambar. Misalnya, Anda dapat membuat animasi frame-by-frame atau frame tunggal, membuat jalur gerakan hanya dengan menarik jari, menikmati palet warna kustom, dan banyak lagi.

Kelebihan:

  • Menawarkan hingga 30 FPS.
  • Menunjukkan dukungan untuk rasio aspek HD (16x9), persegi (1x1), dan definisi standar (4x3).

Kekurangan:

  • Tidak berfungsi dengan perangkat yang memiliki iOS kurang dari 9.0.

Animation Drawing by Do Ink

4. Animation Paper

Software gambar animasi selanjutnya diberi nama Animation Paper. Platform ini mudah digunakan dan menawarkan banyak fitur. Alat ini dapat dianggap sebagai salah satu software paling efektif untuk membuat animasi. Dari layer, cutout, hingga fitur paint, produk ini memiliki semua yang dibutuhkan oleh software profesional dan desainer profesional.

Kelebihan:

  • Menyediakan antarmuka super responsif yang memungkinkan pengguna mendapatkan alur kerja yang cepat.
  • Dapat bekerja dengan Windows dan Mac dengan mudah dan dengan pensil yang didesain untuk Linux, Android, dan iPad Pro.

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk pemula yang ingin memulai karya mereka dengan alat ini.

Animation Paper

5. Pencil2D

Pencil2D adalah yang berikutnya dalam daftar dan merupakan salah satu software yang ringan. Ini adalah software open-source dan sepenuhnya gratis untuk digunakan. Anda dapat dengan mudah dan lancar membuat sketsa, ink, atau paint dengan beralih antara alur kerja raster dan vektor. File animasi dapat diekspor ke MP4, AVI atau GIF animasi ketika menggunakan software ini. Ada banyak alat gambar yang diberikan oleh software menggambar animasi ini, seperti alat fast hand, dotted cursor, dan sebagainya.

Kelebihan:

  • Ini adalah software lintas platform yang dapat berfungsi di Windows, Mac dan Linux.
  • Sangat mudah dan sederhana untuk digunakan.
  • Tersedia dalam 12 bahasa.

Kekurangan:

  • Alat penghapus kurang sempurna dan tidak dapat melakukan pekerjaan detail.

pencil 2d

6. Toonator

Toonator adalah alat online yang dapat membantu Anda membuat animasi sendiri. Software ini memungkinkan Anda menggambar imajinasi Anda sendiri di layar dan mengubahnya menjadi efek animasi. Ini adalah platform online yang mudah digunakan untuk membantu Anda menggambar animasi secara online. Berikut ini nilai positif dan negatif dari alat ini.

Kelebihan:

  • Antarmukanya sangat sederhana.
  • Orang-orang dapat berbagi pekerjaan mereka di platform ini dan terhubung satu sama lain.

Kekurangan:

  • Gambar animasi hanya dapat dilakukan dalam warna merah dan hitam.
  • Fungsinya terbatas.
  • Tidak ada nama pada ikon sehingga sulit untuk memahami fungsi setiap ikon.

Toonator

7. FlipAnim

Berikut ini opsi terakhir yang dapat Anda coba untuk menggambar animasi. Platform ini juga memungkinkan Anda menggambar animasi secara online dengan cara yang mudah. Anda mendapatkan opsi warna yang berbeda untuk menggambar serta mengatur kecepatan animasi. Menggunakan FlipAnim sangatlah menyenangkan, dan Anda dapat membagikan karya Anda dengan alat ini juga, serupa dengan yang di atas.

Kelebihan:

  • Antarmukanya sangat kreatif untuk digunakan.
  • Menawarkan area kisi untuk menggambar, yang membantu dalam menggambar secara sempurna.
  • Opsi zoom sangat menarik karena memungkinkan Anda menggambar semuanya secara akurat dan terperinci.

Kekurangan:

  • Anda hanya dapat membuat animasi hingga 100 frame dengan alat ini.

FlipAnim

Kesimpulan Akhir

Menggambar animasi adalah cara untuk menunjukkan kreativitas Anda dan sekaligus menyenangkan. Kami telah menyebutkan 7 software terbaik tempat Anda dapat membuat mahakarya Anda sendiri dan berbagi dengan teman-teman atau berbagi secara global. Kami harap Anda puas dengan artikel ini, dan baik Anda seorang pemula atau ahli, Anda sudah memulai animasi denganFilmora. Download sekarang untuk mencoba! Terima kasih sudah membaca.

Download Win Version Download Mac Version

author avatar
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Shanoon Cox

staff Editor

0 Comment(s)