filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Tutorial Lengkap iMovie
1. Tip Pengeditan Dasar iMovie +
2. Tip Pengeditan Adcanced iMovie +
3. Tip Pengeditan Kreatif iMovie +
4. Alternatif iMovie +
5. iMovie Troubleshooting +
Allows you to apply the Ken Burns effect not only on photos but also on video clips.
  • Auto crop or Pan and Zoom photos to fit project ratio.
  • Frame overlays for decorating black bars in portrait videos/photos.
  • Blending mode/Opacity control for clips in PIP tracks.

Bagaimana Cara Menambahkan Efek Ken Burns ke Video di iMovie?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Jika Anda adalah seorang editor video, mungkin Anda familiar dengan efek panning dan zooming yang dipopulerkan oleh Ken Burns. Meski efek tersebut serupa dengan efek zoom-in iMovie, efek Ken Burns iMovie memberikan hasil yang jauh lebih baik. Jangan khawatir – dalam artikel ini, saya akan membantu Anda untuk menerapkan efek Ken Burns dengan iMovie di Mac dan perangkat iOS Anda. Mari kita langsung memulai dan menguasai efek Ken Burns di iMovie!

Bagian 1: Apa itu Efek Ken Burns?

Efek Ken Burns adalah kombinasi efek panning dan zooming yang ideal. Biasanya efek ini diaplikasikan di gambar diam. Seorang dokumenter Ken Burns sering menggunakan efek ini sehingga namanya diabadikan ke efek ini.

Dalam efek Ken Burns, kita tidak menunjukkan keseluruhan bingkai atau layar. Sebagai gantinya, kita hanya menunjukkan sebagian dari layar tersebut dengan cara zooming, lalu perlahan efek panning diterapkan ke sisa layar yang lain. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan efek gerak untuk gambar dan tetap menjaga keterlibatan penonton.

Bagian 2: Bagaimana Cara Menambahkan Efek Ken Burns dengan iMovie (Solusi iOS dan Mac)?

Seperti yang Anda ketahui, iMovie adalah sebuah editor video populer yang bisa dijalankan di sistem Mac dan perangkat iOS. Oleh karena itu, aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan Anda. Saya telah menuliskan tutorial mendetail tentang cara mengimplementasikan efek Ken Burns iMovie di Mac dan iPhone.

Metode 1: Cara Menggunakan Efek Ken Burns dengan iMovie di Mac

Aplikasi iMovie memiliki efek Ken Burns tambahan, sehingga mengimplementasikan efek tersebut ke proyek Anda menjadi sangat mudah. Ikuti instruksi berikut ini untuk mempelajari cara mengimplementasikan efek Ken Burns di Mac Anda.

Langkah 1: Impor media Anda ke iMovie

Pertama, luncurkan aplikasi iMovie di Mac dan unggah klip video atau foto yang akan diedit. Anda bisa menarik dan menaruh file media ke aplikasi atau pergi ke tombol File > Impor untuk menjelajahi file media pilihan Anda.

Langkah 2: Potong dan pilih efek Ken Burns iMovie

Setelah file media termuat, tarik dan taruh media tersebut di timeline proyek yang terletak di bagian bawah. Guna mengaplikasikan efek Ken Burns ke video di iMovie, pilihlah file media agar tinjauannya muncul di bagian atas.

Selanjutnya, pergi ke bilah tool yang ada di bagian atas area tinjauan di iMovie, lalu klik ikon 'Crop'. Hal ini akan memunculkan berbagai gaya pemotongan seperti fit, crop to fit, dan Ken Burns. Di sini, pilihlah efek Ken Burns di iMovie.

Langkah 3: Terapkan efek Ken Burns di iMovie

Sekarang, Anda bisa melihat dua kotak di tab tinjauan yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan efek zoom-in iMovie. Kotak pertama bisa disetel sebagai poin awalan. Anda bisa menarik kotak kedua ke arah target. Anda bisa menggerakkan, menarik, dan mengatur ukuran kotak-kotak tersebut sesuai kebutuhan Anda dalam mengaplikasikan efek Ken Burns di iMovie.

Akhirnya, Anda bisa mengeklik ikon putar di bagian bawah jendela tinjauan untuk mengecek efek Ken Burns dalam iMovie.

Metode 2: Tambahkan Efek Ken Burns dengan iMovie di iPhone/iPad

Selain Mac, Anda bisa mengimplementasikan efek Ken Burns iMovie di iPhone atau iPad menggunakan aplikasi iMovie iOS. Meskipun aplikasi iMovie iOS tidak memiliki seluruh fitur yang ada di versi desktop, efek Ken Burns tetap tersedia. Untuk menggunakan efek Ken Burns iMovie di iPhone, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Aktifkan efek Ken Burns

Pertama, luncurkan aplikasi iMovie di perangkat iOS dan impor foto atau klip video yang ingin Anda edit. Pergi ke bagian timeline, pilih klip videonya, lalu pergi ke bagian 'Viewer' yang berada di bagian atas untuk menyalakan efek Ken Burns.

Langkah 2: Implementasikan efek Ken Burns di iPhone

Setelah mengetuk ikon Ken Burns, Anda akan diminta untuk menyetel bagian permulaan pada video klip. Anda bisa mencubit layar dan menaruh tajuk pada bagian awal klip, tempat di mana Anda ingin mengimplementasikan efek Ken Burns.

Demikian halnya, Anda dapat mencubit bagian tinjauan dan memposisikan tajuk pada bagian akhir klip. Setelah itu, efek Ken Burns iMovie di iPad/iPhone akan diimplementasikan. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya dengan menekan ikon Ken Burns.

Bagian 3. Bagaimana Cara Menerapkan Modifikasi/Menyetel Ulang Efek Ken Burns di iMovie?

Terkadang, mengimplementasikan efek Ken Burns iMovie tidaklah cukup. Kita perlu menyesuaikan efek tersebut lebih lanjut atau menyetel ulang. Oleh karena itu, untuk memodifikasi efek Ken Burns di iMovie, Anda bisa mencoba saran di bawah ini.

Tip 1: Tukar posisi untuk efek Ken Burns

Banyak orang tidak tahu bahwa mereka bisa menukar posisi awal dan akhir di iMovie untuk efek Ken Burns. Saat menerapkan efek tersebut, sebuah ikon pertukaran akan aktif. Klik saja ikon tersebut untuk mengganti posisi awal dan akhir bingkai.

Tip 2: Setel ulang efek Ken Burns di iMovie

JIka Anda membuat kesalahan saat mengimplementasikan efek Ken Burns di iMovie, klik tombol "Reset" di bagian atas jendela tinjauan. Tombol tersebut akan menghapus efek dan akan memberikan Anda kesempatan untuk mengimplementasikannya lagi (atau bahkan menyetel efek pemotong lain sebagai gantinya).

Siapa sangka mengimplementasikan efek Ken Burns di iMovie bisa semudah ini, bukan? Supaya sederhana, saya telah membuat tutorial detail tentang efek Ken Burns iMovie di iPhone dan Mac.

Selain itu, jika Anda mencari aplikasi editor video dengan fitur mengedit yang lebih baik, Anda bisa mencoba Wondershare Filmora. Dari efek pan dan zoom sampai layar hijau, Anda bisa menemukan banyak fitur mengedit profesional dalam satu aplikasi editor video yang ramah pengguna dan intuitif ini.

Download Versi Windows Download Versi Mac

author avatar
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Shanoon Cox

staff Editor