filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
An Easy-to-use Video Editor As Well As A Video Compressor.
  • A wide support for different formats.
  • Enables you to compress, trim, cut, split and combine in a few clicks.
  • Convert videos to other formats with smaller size.

Bagaimana Cara Mengompres Video Berukuran Besar dan Mengirimkannya Melalui Email?

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Korespondensi melalui email harian sering kali melibatkan pengiriman file video ke kolega dan klien Anda, tetapi semua platform surat elektronik seperti Gmail, Outlook, atau iCloud memiliki batas ukuran file video. Kamu hanya bisa mengirimkan file dengan ukuran maksimum 25MB dengan Gmail atau 20MB dengan Outlook, jadi iCloud bisa menjadi solusi bagi semua pengguna iPhone dan Mac karena batas ukuran file maksimum yang didukungnya adalah 5GB.

Mengirim file video berukuran besar melalui email dapat menjadi proses yang cukup memakan waktu. Selain itu, seberapa cepat Anda dapat mengunggah file bergantung pada kecepatan broadband yang Anda gunakan. Jadi, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengompres video berukuran besar dan mengirimkannya melalui email menggunakan Mac dan PC atau pun smartphone.


Kamu mungkin tertarik:


Mengompres dan Mengirim File Video Berukuran Besar Melalui Email

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video. Cara yang paling cepat dan mudah adalah dengan mengubah resolusi video, tapi menurunkan frame rate dan bitrate atau dengan memilih format video yang baru juga dapat membantu dalam mengecilkan ukuran video. Berikut adalah cara untuk mengompres dan mengirimkan file video berukuran besar melalui email.

1. Mengurangi Ukuran File Video dengan iMovie secara gratis

Semua pengguna Mac dapat mengedit dan mengompres rekaman mereka dengan aplikasi pengedit video iMovie secara gratis. Selain itu, mengirimkan video melalui email juga dapat menjadi opsi yang Anda miliki jika Anda memilih untuk mengompres video dengan iMovie.

 iMovie dapat mengirimkan video berukuran besar dalam resolusi kecil melalui email

Cukup impor video ke iMovie lalu potong, pangkas, atau terapkan efek visual ke video sebelum mengecilkan ukurannya. Klik opsi Bagikan pada menu File dan pilihlah fitur Email. Pastikan untuk memilih pengaturan Kecil untuk memastikan bahwa file dikompres ke ukuran yang tepat, kemudian cukup tambahkan email penerima dan pesan yang ingin Anda kirim kepada mereka.

Anda juga bisa menggunakan proses Ekspor standar untuk mengubah resolusi sebuah video dan mencocokkan ukurannya dengan ketentuan platform email yang Anda gunakan.

2. Mengompres Video di aplikasi pengedit video Filmora pada Windows PC & Mac OS

Software pengedit video seperti Wondershare's Filmora memungkinkan Anda untuk memanipulasi rekaman Anda dari Smartphone atau kamera digital Anda dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Setelah mengimpor klip video di Filmora dan meletakkannya pada timeline, Anda bisa memotong semua bagian video yang tidak ingin Anda inginkan pada versi finalnya. Dengan demikian, Anda juga akan mengecilkan ukuran klip video dan membuatnya lebih mudah untuk dikirimkan melalui email.

 Filmora9 bagian memotong dan menghapus

Anda juga bisa menggunakan jendela Ekspor Filmora setelah selesai mengedit video, untuk mengubah format file video dan bit rate atau untuk menurunkan resolusinya. Filmora memungkinkan Anda untuk memilih beberapa format hasil file dan juga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan video yang Anda kirimkan melalui email untuk digunakan pada berbagai perangkat pemutar video.

 Jendela ekspor Filmora9

Meskipun Anda dapat mengunggah video ke YouTube atau Vimeo langsung dari Filmora, berbagi video dengan kolega Anda melalui email bukanlah pilihan di sini.

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

4. Menggunakan Perangkat Android untuk Mengurangi Ukuran File Video

Smartphone Android terbaru dapat merekam video yang tajam pada resolusi tinggi, tetapi ukuran file-file ini melebihi batasan pada platform email, seperti Gmail atau Outlook. Ada banyak aplikasi pengompres video yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran file video dari perangkat Android Anda.

Aplikasi pengompres video mana yang harus Anda pilih bergantung pada banyak faktor. Itulah sebabnya Anda harus mempertimbangkan metode kompresi video yang digunakan oleh aplikasi yang bersangkutan atau jumlah format hasil file video yang didukung sebelum memilih pengompres video.

Kami merekomendasikan aplikasi Video Converter karena memungkinkan Anda mengecilkan video yang Anda rekam dengan ponsel Android Anda dan langsung mengirimkannya melalui email atau SMS.

 Aplikasi Video Converter Android

Anda hanya perlu mengimpor video yang ingin Anda kompres ke dalam aplikasinya, ubah Profil menjadi manual, lalu pilih codec dan sesuaikan resolusi serta kecepatan frame rate. Anda juga dapat menggunakan fitur batch compression dari aplikasinya, jika Anda ingin mengecilkan ukuran dari beberapa file sekaligus.

5. Mengompres File Video Berukuran Besar dengan iPhone

Ukuran file video yang Anda buat dengan iPad atau iPhone dapat menghambat Anda mengirimnya melalui email. Selain menginstal iMovie pada perangkat Anda, Anda juga boleh mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengompres video gratis untuk iOS. Sebagian besar kompresor video untuk iPhone dan iPad tidak menawarkan alat-alat pengeditan video, itulah sebabnya kami merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Video Slimmer yang memungkinkan Anda untuk memangkas, menggabungkan atau merotasi video.

 Aplikasi Video Slimmer

Proses mengurangi ukuran video dengan aplikasi berbasis iOS ini adalah sangatlah mudah, tetapi durasinya tergantung pada ukuran video yang Anda kompres. Cukup impor file yang ingin Anda perkecil dan ketuk ikon More untuk menyesuaikan resolusi dan dimensi video.

Setelah Anda memasukkan nilai yang baru, Anda harus memilih tombol Slim Now dan tunggu hingga proses kompresnya selesai. Pastikan untuk mengompres video ke ukuran yang sesuai dengan batas ukuran file platform email yang Anda gunakan.

Bagaimana cara untuk mengirim file video berukuran besar melalui email tanpa mengecilkan ukurannya?

Dalam beberapa tahun terakhir, pengiriman file yang lebih besar dari 25 MB dapat dilakukan dengan platform seperti Gmail, OneDrive, atau iCloud dengan memanfaatkan layanan cloud, sehingga Anda tidak perlu lagi mengompres file video setiap ingin mengirim video melalui email.

1. Mengirimkan File Video Berukuran Besar Melalui Gmail

Hanya perlu satu klik untuk mulai mengunggah file video dari akun Gmail Anda. Cukup klik ikon Google Drive dan masuklah ke tab Upload. Anda kemudian dapat melakukan drag-and-drop sebuah file video dari folder lokal Anda ke dalam Google Drive dan menekan tombol Upload. Lamanya proses pengunggahan tergantung pada ukuran file dan kecepatan koneksi internet Anda.

2. Melampirkan File Video Berukuran Besar ke Email yang Anda Kirim dengan Outlook

Ukuran maksimum file yang dapat Anda kirim melalui Outlook tidak dapat melebihi 20MB. Hal ini dapat membatasi opsi Anda jika Anda harus mengirimkan video melalui email setiap hari. Untungnya, Outlook menawarkan cara mudah untuk melampirkan file video berukuran besar ke semua email yang Anda kirim melalui platform ini.

Klik ikon kotak-kotak, kemudian pilihlah opsi One Drive dari menu dropdown. Setelah itu, Anda tinggal memilih apakah ingin mengunggah satu file video saja atau seluruh folder. File Anda akan segera mulai diunggah, jadi Anda cukup membuat email baru, klik ikon Attach dan pilih file video yang Anda tambahkan ke One Drive. Klik tombol Next, kemudian pilih opsi Attach as a One Drive File, lalu lanjutkan dengan memasukkan email penerima dan menulis pesan Anda.

3. Menggunakan iCloud untuk Mengirim File Video Berukuran Besar

Sebelum Anda mengirimkan file video berukuran besar dengan iCloud, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa fitur Gunakan Mail Drop saat Mengirim Lampiran Besar telah diaktifkan. Anda bisa melakukannya dengan mengklik ikon Gear dan memilih opsi Preferensi. Buka tab Composing dan pastikan kotak Gunakan Mail Drop saat Mengirim Lampiran Besar telah dicentang. Mengaktifkan fitur ini akan mengatur batas ukuran file maksimum iCloud menjadi 5GB.

Klik Done dan lanjutkan untuk membuat email baru seperti biasa. Lampirkan file video yang ingin Anda kirim ke email, lalu masukkan semua informasi relevan lainnya.

Mengirim video melalui email tidak harus menjadi proses panjang yang melelahkan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan, karena mengompres video sangatlah mudah untuk dilakukan di platform macOS, Windows, iOS, maupun Android. Setiap aplikasi pengompres video yang kami bahas dalam artikel ini memungkinkan Anda untuk mengecilkan ukuran video bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman di bidang ini sebelumnya, jadi lebih baik Anda memilih salah satu cara yang paling cocok untuk kebutuhan pengompresan video Anda. Perangkat dan aplikasi mana yang Anda akan gunakan untuk mengompres video Anda? Tinggalkan komentar di kolom bawah ini dan bagikan pendapat Anda dengan kami.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.