filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best editor helps you easily edit VR videos with powerful features.
  • Enhance videos with 300+ stunning effects
  • Advanced color tuning tools help you make creative videos
  • Modern and easy to use

Caranya ubah ponsel cerdas Anda menjadi headset realitas virtual (VR)

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Ubah ponsel cerdas Anda menjadi Headset VR

Jika Anda tidak mampu membeli headset VR yang harganya tinggi dan mahal sedangkan Anda ingin mencoba konsep realitas virtual, berarti Anda harus mencari yang murah untuk merasakan konsep tersebut. Jadi, tidak ada alasan untuk merasa khawatir. Anda bisa dengan mudah ubah ponsel cerdas yang Anda miliki menjadi headset VR dengan hanya mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini. Lewat cara ini, Anda bisa menikmati konsep ini dengan menggunakan ponsel cerdas Anda dan saat ini kotak realitas virtual yang murah telah tersedia di pasaran dalam berbagai versi.

Sekarang, tidak akan ada kesulitan jika mengikuti prosedur ini. Meskipun kita merasa mungkin masih terlalu dini dengan konsep realitas virtual, tetapi mudahnya Anda bisa download aplikasi di ponsel cerdas android, lalu Anda juga bisa langsung lanjutkan lewat prosedur sederhana. Terdapat juga daftar permainan dan video yang bisa dicoba dengan memakai konsep ini.

Pertama, Anda harus memeriksa kompatibilitas dari perangkat VR dengan ponsel cerdas Anda, karena setiap perangkat di buat berdasarkan pada serangkaian ponsel yang dibuat terbatas. Jadi selalu periksalah untuk perangkat yang tepat. Anda bisa selalu memeriksa untuk perangkat yang tepat berdasarkan penilaian dan ulasan di internet. Sekarang, langkah selanjutnya adalah memasukkan ponsel Anda ke dalam slot perangkat VR anda. Hampir di semua headset, ada cara yang mudah untuk meletakkan ponsel cerdas Anda di tempat yang sudah tersedia, tapi sangat direkomendasikan untuk membaca instruksinya terlebih dahulu demi menghindari kerusakan yang akan terjadi. Setelah Anda menempatkan ponsel cerdas pada slot yang tersedia, pastikan keamanan ponsel Anda sebelum memasang perangkat tersebut, tentunya akan memberikan mimpi buruk bagi Anda setelah ponsel Anda jatuh ke lantai.

Kemudian, Anda bisa download software VR agar bisa di nikmati di selular baru Anda. Anda juga bisa download demo dan aplikasi yang akan membantu Anda untuk memahami aplikasi serta software mana yang harus Anda download agar bisa berjalan dengan lancar di perangkat Anda. Karena konsep VR masih baru, jadi masih belum ada banyak pilihan aplikasi dan belum ada ulasan pengalaman yang dibagikan. Tetapi masih ada 360 tontonan video yang hadir di internet untuk berbagi pengalaman dengan konsep ini. Semuanya tergantung pada perangkat VR yang Anda gunakan karena toko Oculus menyediakan banyak variasi aplikasi yang canggih bagi Anda.

Sekarang, kendali yang kita butuhkan dari semua prosedur tergantung pada perangkat VR yang Anda pergunakan. Kebanyakannya hanya memiliki satu tombol yang berkemampuan NFC. Secara teori, game dan aplikasi VR juga bisa dihubungkan ke bluetooth. Sangat jelas, jika Anda ingin dapatkan pengalaman yang berkualitas dari konsep ini dan menikmati realitas virtual Anda selalu bisa upgrade HTC Vive atau Oculus Rift anda. Tetapi masih banyak juga yang sediakan berbagai opsi di pasaran yang bisa menjadi pilihan seperti Homido atau Free fly VR. Tetapi aplikasi dan konten bisa saja tidak tepat dan meleset.

Bagaimana caranya memilih Perangkat VR yang tepat?

Langkah yang paling penting adalah memilih secara tepat Perangkat VR bagi pengalaman Anda. Sekarang ada begitu banyak yang hadir di pasaran karena alasan ini. Sekarang marilah kita lihat yang terbaik.

Google Cardboard

Bisa dipertimbangkan sebagai solusi VR yang termudah untuk diakses di pasaran, murah dan kompatibel dengan semua perangkat di pasaran. Anda hanya perlu atur ponsel Anda ke perangkat dan setelah itu ikuti beberapa instruksi maka Anda akan siap untuk menggunakannya. Anda bisa menikmati rangkaian konten yang berisi 360 video yang telah disediakan disini. Hal yang menarik adalah tidak peduli ponsel cerdas manakah yang Anda gunakan Google Cardboard akan bisa menyesuaikannya. Ini adalah material yang cukup baik dan Anda juga bisa beli di amazon serta situs lainnya.

Samsung Gear VR

Jika anda sering menggunakan ponsel cerdas samsung, sangat direkomendasikan agar memilih Samsung Gear VR. Perangkat ini sangat canggih dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan Google Cardboard. Perangkat ini adalah peralatan sangat nyaman dilihat dari banyaknya ulasan yang tentunya akan cocok dengan keinginan Anda. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekarang dijual di kisaran harga $100. Jika Anda memiliki ponsel yang baik maka Anda juga mampu membeli VR.

LG 360 VR

Salah satu saingan berat dari Samsung Gear VR adalah LG 360 VR. Meskipun, tidak bisa dibandingkan dengan ketenaran Samsung Gear VR tetapi beberapa fiturnya masih termasuk cukup bagus. Fiturnya sangat terbatas karena hanya berfungsi di satu ponsel LG G5. Mendapat ulasan yang terburuk dan tidak direkomendasikan sama sekali. Meskipun Anda memiliki LG G5, akan jauh lebih baik untuk membeli Google Cardboard daripada LG 360 VR.

Bagaimana caranya memilih ponsel VR yang baik?

Sangat jelas, jika Anda ingin gunakan ponsel cerdas maka anda sudah pasti mempunyai pengalaman dengan VR. Tetapi juga perlu pergunakan ponsel yang memiliki spesifikasi dan kualitas yang baik agar bisa menikmati realitas virtual dengan sebaik-baiknya. Jika Anda ingin membeli ponsel cerdas untuk dapatkan pengalaman VR, cobalah membeli tipe yang terbaru. Karena realitas virtual adalah konsep yang sangat baru dan jenis ponsel yang lama mungkin tidak akan kompatibel dengan VR headset Anda. Anda mungkin tidak bisa instal aplikasi realitas virtual di ponsel jenis ini. Jadi, selalu cari versi yang terakhir yang baru dirilis.

Selain itu, anda juga disarankan untuk mencoba membeli ponsel yang memiliki merk yang sama dengan headset jika kondisi memungkinkan. Contohnya, jika Anda gunakan Samsung Gear VR Anda harus membeli versi terbaru dari ponsel cerdas samsung untuk menikmati manfaat dari sebagian besar fiturnya. Sama dengan kasus HTC Vive. Tetapi jika Anda mempunyai Google Cardboard Anda tidak perlu khawatir mengenai merk, hanya tinggal memilih versi terakhir dari ponsel cerdas, versinya akan sesuai untuk di pakai dengan kotak VR Anda. Jadi, inilah beberapa instruksi yang bisa membantu Anda dalam menikmati realitas virtual.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.