Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Cara Mudah untuk Membuat Video Edukasi yang Baik untuk YouTube

author avatar

May 15, 2024• Proven solutions

YouTube adalah aplikasi yang memudahkan guru untuk bisa melaksanakan pekerjaannya secara efisien dan nyaman. Seorang guru harus mulai membuat saluran YouTube karena itu bisa bermanfaat baik bagi murid dan dirinya sendiri. Materi atau konten yang disajikan pada saluran-saluran ini mampu membantu memberikan pelajaran dan petunjuk saat guru tidak ada, juga bisa memberikan penjelasan yang merinci dan memicu minat murid.

Selain itu, ia mengarsipkan semua pelajaran untuk waktu yang lama dan membuatnya mudah diakses oleh murid saat ini, masa lalu, dan masa depan. Murid dapat dengan cepat kembali untuk mereview ujian yang akan datang. Melalui umpan balik atau komentar, para guru dapat memberikan solusi kepada murid yang menghadapi kesulitan dalam pemahaman.

Seorang guru perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu video edukasi, apa yang membuat video edukasi bagus, dan cara membuat video edukasi untuk YouTube sebelum membuka saluran YouTube. Sekarang, mari kita selidiki!

Bagian 1. Apa itu Video Edukasi?

Dari namanya “video edukasi”, dapat disimpulkan bahwa ini adalah video yang dibuat khusus untuk mengajarkan sesuatu atau memberikan pengetahuan agar orang bisa belajar. Tujuan utama dari video ini adalah untuk mengajarkan audiens tentang masalah tertentu atau topik penting yang ingin mereka pelajari.

Terkadang perusahaan menggunakan cara ini untuk mengiklankan mereknya sekaligus menjadi sumber informasi.

Bagian 2. Apa yang Membuat Video Edukasi Bagus?

Video edukasi yang baik akan dapat membantu proses pembelajaran. Hal ini memicu peserta didik dalam menganalisis dan mengevaluasi konsep yang diberikan melalui video. Video adalah alat edukasi hebat yang seharusnya digunakan oleh sebagian besar guru karena bisa membantu proses pembelajaran.

Untuk membuat video edukasi yang baik, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Buat murid Anda tetap terlibat

Sebuah video edukasi yang baik seharusnya menarik perhatian dan menghibur supaya bisa memperoleh perhatian penuh dari para murid. Anda bisa mencapainya dengan banyak cara, salah satunya adalah menempatkan diri Anda pada mode mengajar, yang berarti Anda harus menunjukkan antusiasme terhadap materi pembelajaran yang sedang Anda sampaikan. Ajukan pertanyaan kepada mereka, biarkan mereka merasa terlibat dalam prosesnya. Hindari berbicara dengan nada yang terkesan tidak ramah. Hal ini akan membuat mereka bosan saat mendengarkan atau melihat video tersebut.

  • Pastikan untuk mempertahankan durasi video yang tepat

Lebih baik berdurasi pendek daripada panjang. Pernahkah Anda menonton film panjang yang membosankan? Perasaannya mirip seperti saat Anda melihat video edukasi yang berdurasi panjang.

Videonya harus jelas untuk bisa memanfaatkan keuntungan dari bentuk pembelajaran seperti ini. Durasi video perlu dibuat dengan tepat agar mudah dipahami oleh murid. Tergantung pada topiknya, video Anda bisa berdurasi antara 2 - 20 menit.

Yang terpenting, jangan mencoba berbuat terlalu banyak dan gunakanlah konsep yang lebih lugas serta mudah dipahami.

  • Tetap fokus

Buat video Anda lebih terfokus dan hindari topik yang terlalu banyak dapat membantu dalam penyampaian informasi, yang mana memainkan peran penting dalam cara mengatur durasi video dan menjaga minat penonton. Video yang menyimpang dari topik kemungkinan akan berakhir dengan tidak mampu mengkomunikasikan inti masalah dan tidak akan mencapai tujuannya.

  • Pusatkan minat Anda pada kebutuhan murid

Konten edukasi apa pun harus dipusatkan untuk memenuhi kebutuhan murid. Hal ini lebih dari sekadar membuat konten, namun mencakup keseluruhan dalam pemenuhan kebutuhan murid Anda.

Bagian 3. Bagaimana Cara Membuat Video Edukasi yang Hebat untuk YouTube?

Pembuat video terbaik dan paling direkomendasikan untuk membuat video edukasi yang bagus adalah Wondershare Filmora. Ini adalah pembuat video yang memungkinkan Anda membuat video dengan efek seperti transisi, filter, elemen gerakan, dan judul pada video Anda.

Penilaian warna dan kontrol kecepatan setiap klip di video Anda dapat dilakukan menggunakan Filmora. Anda dapat menerapkan fitur lain seperti screen record, opsi split-screen, audio ducking, keyframing, motion tracking, dan masih banyak lagi dengan antarmuka yang mudah digunakan agar sesuai dengan minat murid.

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Anda dapat menggunakan Filmora untuk membuat video edukasi yang bagus untuk ditampilkan di YouTube. Ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah ke-1. Buka Filmora dan pilih rasio aspek

Buka Filmora dengan mengklik dua kali pada ikon tersebut, dan mulailah mengerjakan proyek baru dengan memilih rasio aspek proyek.

Langkah ke-2. Buat proyek baru dan impor footage

Klik ikon “New Project” di layar welcome screen program dan tunggu beberapa saat untuk memuat layar pengeditan.

Kemudian, pilih rasio aspek yang Anda inginkan dan klik ikon impor rekaman yang terletak di sudut kiri pengedit video.

Langkah ke-3. Atur materi proyek Anda

Di bagian bawah tab "My Project", klik "add a new folder". Di folder baru itu, susun footage berdasarkan abjad. Ini akan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari file dan meningkatkan efisiensi.

Langkah ke-4. Pratinjau dan edit video Anda

Tekan ikon putar untuk melihat pratinjau klip video. Trim klip video Anda ke ukuran video yang diinginkan dengan menyeret ujung klip video ke kiri atau ke kanan.

Kemudian tambahkan teks dan efek ke video jika memang diperlukan. Efek luar biasa dapat ditambahkan ke setiap klip video untuk membuat video yang luar biasa.

Langkah ke-5. Ekspor dan bagikan video

Jika Anda sudah puas dengan hasil video yang dibuat, klik tombol Export. Pilih opsi YouTube untuk mengupload dengan mudah dari program Filmora.

Kesimpulan

Tidak perlu diragukan lagi, proses pembuatan video edukasi mengharuskan Anda memperhatikan beberapa detail untuk menghasilkan video edukasi yang unggul dan mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Setelah Anda mempelajari apa yang dimaksud dengan membuat video edukasi, Anda pun sudah tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana cara melakukannya.

Nah, dengan langkah-langkah di atas, cara membuat video edukasi yang bagus untuk YouTube sudah terjawab. Sekarang, Anda dapat mulai membuat sendiri video edukasi yang menakjubkan.

author avatar
Marion Dubois
Marion Dubois is a writer and a lover of all things video.
Anda Mungkin Berminat
Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Suara Airpods yang terlalu kecil?

Berikut ini adalah semua solusi yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut dan mendapatkan hasil terbaik dari Airpods Anda.

by Marion Dubois May 21, 2024 15:51 PM

Logo Reveal untuk Mac

Apakah Anda ingin menganimasikan logo merek Anda agar terlihat profesional? Pelajari bagaimana Wondershare Filmora dapat membantu menciptakan animasi logo reveal yang sempurna.

by Marion Dubois May 06, 2024 17:30 PM

Penggaris untuk Pengeditan Video – Mac

Jika Anda ingin melakukan pengeditan berskala yang presisi pada video Anda, Filmora telah meluncurkan fitur penggaris untuk pengeditan video bagi para pengguna Mac.

by Marion Dubois May 06, 2024 17:30 PM

author avatar

Marion Dubois

staff Editor