filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Alternative to Final Cut Pro for Beginners
  • Unleash creativity with various effects.
  • Use audio ducking to enhance vocal.
  • Use stunning split screen templates to crush your social media post.

Bagaimana Cara Mengosongkan Ruang Disk di Final Cut Pro X?

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Pastikanlah 10% ruang penyimpanan Anda kosong sebelum Anda mulai bekerja menggunakan Mac. Karena tanpa ruang kosong, pekerjaan Anda akan menjadi lambat. Terkadang Anda perlu menghapus beberapa data yang menempati penyimpanan ekstra agar Mac Anda dapat bekerja dengan lancar.

Jangan pernah mengabaikan error atau peringatan tentang ruang disk yang penuh. Pada artikel ini, kami akan membahas semua cara memperbaiki ruang disk pada final cut Pro X. Selain itu, artikel ini juga akan membahas berbagai cara untuk memeriksa ruang penyimpanan mac, dan cara mengosongkan ruang di FCPX dan Mac.

Panduan Cepat:

Bagian 1: Bagaimana cara mengosongkan ruang dari Perpustakaan Final Cut Pro?

 

Proses ini hanya membutuhkan tiga langkah, dan berikut langkah-langkahnya.

Download Versi WindowsDownload Versi Mac

Langkah1: Ingatlah untuk menghapus klip yang tidak digunakan dan juga media orisinilnya

Hapuslah semua klip yang tidak digunakan dan juga media asli untuk menyediakan ruang di final cut pro Anda. Hapus file perpustakaan yang dihasilkan dan juga file-file render. Pastikan untuk memeriksa file render baik yang sudah digunakan maupun tidak sebelum menghapusnya.

 delete-reder-files

Langkah 2: Bagaimana cara menghemat ruang dengan file dan opsi transcoding?

Selama bekerja, final cut pro akan selalu membuat file rekaman, proxy, dan juga render. Untuk menghemat ruang, Anda perlu menghapus file-file tersebut. Anda disarankan untuk menghapus file render yang dihasilkan sebelum memindahkan perpustakaannya ke dalam Final Cut pro. Selain itu, Mac akan memulihkan semua file-file tersebut saat Anda membuka proyek tersebut di lain waktu

Langkah 3: Bagaimana cara menghentikan rendering latar belakang dan cara menghapus file render pada Fcpx?

Terkadang Final cut pro X akan membuat video dan audio yang bersifat sementara. Render latar belakang akan dimulai tepat setelah 5 detik Anda berhenti menggunakan mac. Anda dapat mengontrol rendering latar belakang pada Final cut pro secara manual. Ketika Anda ingin memiliki lebih banyak kontrol, Anda bisa menonaktifkan rendering pada FCP dan memilih klip mana yang ingin Anda render. Anda dapat mengubah preferensi untuk menonaktifkan atau mengaktifkan rendering melalui pengaturan FCPx. Setelah Anda menonaktifkan rendering, Anda dapat memilih spesifik klip yang ingin dirender.

Buka menu preferensi pada mac Anda dan render klip yang disorot pada timeline Fcpx Anda. Gunakan pintasan control+R untuk merender file.

Untuk menghapus file render pada Fcpx, Anda bisa menghapus file yang dihasilkan. File> file yang dihasilkan. Lalu, sebuah jendela akan muncul, dan Klik ok pada hapus file render.

 setting-reder-file

 

Bagian 2: Apa yang harus dilakukan dengan error “ruang disk tidak cukup” meskipun Anda mempunyai cukup ruang pada Mac?

Terkadang final cut pro X akan menunjukkan error ruang disk tidak cukup pada FCP X meskipun Anda masih memiliki banyak ruang. Tolong!

Pernahkah Anda mengalami error karena tidak memiliki cukup ruang pada destinasi yang tersedia setiap kali Anda mengimpor sesuatu ke FCP X?

Panduan Cepat Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut

  1. Klik dan pilih perpustakaan pada FCPX
  2. Kemudian masuk ke menu File dan pilih "Hapus file perpustakaan yang dihasilkan"
  3. Selanjutnya, Pilih semua file render dan proxy
  4. Anda mungkin tidak akan menggunakan file yang dioptimalkan, karena itu pilihlah file yang dioptimalkan
  5. Keluar dari FCPX.
  6. Untuk memuat ulang, tahan tombol opsi dan command secara bersamaan
  7. Hapus file preferensi
  8. Jika errornya berlanjut, jalankan folder utilitas yang ada pada folder Aplikasi.
  9. Jalankan Pertolongan pertama pada semua unit.
  10. Jika errornya masih berlanjut juga, dapatkan salinan disk, dan perbaiki direktori pada semua drive.

Bagian 3: Berapa banyak ruang yang digunakan FCPX pada Mac?

 

Saat ini, karena kita sudah memiliki hard drive dan multi-terabyte, banyak dari kita berhenti mengecek ruang disk. Bahkan biasanya banyak orang-orang yang tidak mau repot dan justru menunggu sampai mendapatkan peringatan bahwa disk sudah penuh.

Terkadang drive terbesar juga akhirnya secara bertahap terisi penuh. Jika Anda belum memeriksa ruang disk Anda, gunakanlah Mac Anda dan ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini. Anda mungkin terkejut tentang seberapa banyak ruang yang dapat diambil oleh FCPX.

Begini cara Anda melakukannya:

Opsi 1: Memeriksa penyimpanan mac melalui "Tentang Mac"

Sekarang proses pemeriksaan penyimpanan sudah cukup mudah. Anda bisa menemukannya pada sebagian besar MAC versi terbaru.

Klik pada logo mac dan kemudian klik "Tentang mac".

Klik "penyimpanan" dan Anda akan melihat bagan referensi yang ditumpuk untuk menggambarkan kapasitas disk dan jumlah absolut penyimpanan yang diambil oleh berbagai kategori informasi. Selain itu, Anda akan menemukan ruang yang belum bisa diakses oleh Anda.

  

Opsi 2: Memeriksa penyimpanan mac melalui "Utilitas disk"

Jika Anda adalah pengguna Mac, Anda mungkin tahu bahwa terdapat aplikasi utilitas disk pada Mac. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pembacaan ruang yang tersedia lewat aplikasi tersebut.

Buka Finder Anda dan klik "Aplikasi" pada sisi kiri.

Atau klik kaca pembesar pada bagian kanan atas untuk menemukan utilitas disk.

Anda akan menemukan utilitas pada Aplikasi. Aplikasi > utilitas.

Setelah utilitas disk terbuka, Anda dapat melihat sisa ruang yang terpakai. Ingatlah untuk memasukkan nama hard drive Anda pada daftar. Jendela pop-up yang terbuka juga akan memberi tahu Anda ruang kosong perangkat apapun yang terhubung pada Mac Anda.

 check-Mac-space

 

Opsi 3: Memeriksa penyimpanan dari Finder

Anda bisa mendapatkan pratinjau tentang perangkat penyimpanan Anda dengan mengklik item pada Finder dan menekan bilah spasi pada keyboard Anda. Misalkan Anda perlu memeriksa dokumen tertentu tanpa membukanya.

Pilih dokumen itu dan tekan bilah spasi. Anda akan tahu apa yang ada di dalamnya bahkan tanpa membukanya.

Panduan Cepat Beginilah cara melakukannya

  1. Buka Finder dan pilih Finder> Preferences, selanjutnya Klik General, ubah pengaturan dan Anda akan melihat perangkat penyimpanan pada desktop.
  2. Untuk memeriksa ruang yang tersedia atau tersisa, klik pada bilah spasi. Saat Anda mengkliknya, jendela pop-up akan menunjukkan kepada Anda ruang yang tersisa.
  3. Tekan bilah spasi lagi untuk menutup jendela atau Anda dapat melakukannya melalui command. Tekan Command-W.
  4. Nyalakan bilah status finder pada jendela Anda. Seandainya Anda ingin sering memeriksa ruang disk.
  5. Buka jendela Finder dan selanjutnya buka menu tampilan. Saat Anda memilih opsi tampilkan bilah status, Anda akan melihat jumlah item dalam folder. Di beberapa kasus lain, Anda akan melihat folder di mana Anda akan mengetahui tentang ruang yang tersisa ataupun kosong

Jika Anda sedang mencari alternatif yang lebih ringan untuk Final Cut Pro, cobalah Filmora untuk menghemat lebih banyak ruang!

Download Versi Windows Download Versi Mac

 

Jadi, apakah FCPX Anda bisa digunakan? Dapatkan tutorial FCPX di sini!

Bagian 4: Bagaimana cara mengosongkan ruang pada Mac?

Cari tahu apa yang menempati ruang Mac Anda agar Anda dapat menghemat ruang untuk final cut pro. Kenali cara menangani kapasitas Mac Anda. Ajari diri Anda cara pendekatan yang ideal untuk mengosongkan ruang pada Mac.

Saat ini, Mac memiliki kapasitas yang terbatas karena SSD yang ada di dalamnya. Jika ada hard drive di dalam Mac, maka kita bisa memiliki kapasitas ruang yang besar. Belakangan ini, video beresolusi tinggi, musik, dan rekaman fungsional lainnya membutuhkan kapasitas memori yang lebih banyak. Ketika Anda kehabisan ruang, hal itu dapat menghambat pekerjaan dan pemrosesan data Anda.

Cepat kosongkan ruang mac Anda.

Jika Anda sedang terburu-buru, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengosongkan ruang pada mac Anda dengan cepat.

  1. Pilih folder download dan buka itu di Finder. Sekarang, pilih dan buang folder berisi konten yang tidak Anda butuhkan.
  2. Pindahlah ke folder home dan bukalah jendela Finder yang baru. Tekan command-F.
  3. Klik menu drop-down dan pilih "lainnya." Lihatlah kotak yang muncul di samping "Ukuran dokumen". Tekan ok. Pilih "greater than" pada menu dropdown selanjutnya. Pilihlah file yang tidak diinginkan atau yang tidak lagi berguna untuk dibuang ke tempat sampah.
  4. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memindahkan file-file yang tidak pernah Anda buka dalam setahun terakhir ke tempat sampah.
  5. Jika desktop Anda memiliki banyak file yang tidak terpakai dan memakan tempat, hapus folder tersebut dari desktop.

Cara membersihkan sampah pada Mac

Ada banyak cara untuk membersihkan sampah rekaman pada Mac. Anda mungkin memiliki berbagai jenis sampah pada Mac Anda. Berikut adalah solusi sederhana untuk menghilangkan sampah dari Mac Anda. Selain menempati ruang, sampah juga dapat memperlambat PC, ponsel, dan Mac Anda.

Membersihkan file cache: Setiap Mac memiliki beberapa file yang tersimpan yang dikenal sebagai file cache. Beberapa file sementara akan disimpan pada Mac untuk mempercepat software Apple. Sebaiknya bersihkan file tersebut sebelum mereka menumpuk dan menghambat kinerja mac Anda.

  • Tekan command +shift+G setelah membuka Finder.
  • Masukkan perintah ini pada field box~/Library/Caches.
  • Lihatlah semua file yang muncul pada jendela
  • Pilih semua file yang ingin dihapus, dan Anda dapat menghapusnya satu per satu
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda pada jendela yang muncul

Sama halnya dengan membersihkan file log sistem dari mac Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka folder. Sebelum memilih Go, masukkan /var/log/.
  2. Anda dapat melihat semua file sistem. Sekarang, Anda dapat menghapus file yang tidak diinginkan dengan mudah.

Bersihkan dengan Clean MyMacX

Anda sekarang bisa membersihkan mac Anda dengan aplikasi ini. Download aplikasi secara gratis. Setelah meluncurkannya, lihatlah fitur yang ada di sebelah kiri dan klik sampah sistem. Lakukan pemindaian dan periksa sisi berlawanan dari file cache pengguna dan hapus item yang ingin Anda hapus. Terakhir, tekan clean untuk membersihkannya. Sekarang, Mac Anda akan terlihat seperti baru lagi. Clean MyMacX membersihkan semua sampah dan membuat mac Anda bebas dari kekacauan.

Kesimpulan

Pindahkan klip yang tidak diinginkan dan tidak digunakan dari Mac final cut pro X Anda. Bahkan Anda dapat mengosongkan penyimpanan dengan cara menghapus keseluruhan video. Beberapa file media akan tetap berada pada perpustakaan karena banyak proyek yang menggunakan media yang sama.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.