filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
One of the best alternative to Final Cut Pro helps you edit professional videos in an easy way.
  • Unleash creativity with Hollywood effects
  • Easily make animation with keyframes
  • Customizable worktplace

16 Aplikasi Alternatif Final Cut Pro Terbaik untuk Windows [2022]

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Final Cut Pro (sekarang Final Cut Pro X) adalah software pengedit video yang sangat bagus untuk pasca-produksi bagi pengguna Mac. Software ini memungkinkan Anda untuk mengedit video dan audio, melakukan gradasi warna tingkat lanjut, membuat dan mengedit closed captions, dan masih banyak lagi. Biasanya, Final Cut Pro menampilkan semua alat yang Anda perlukan untuk mengedit dan mengirimkan video dari awal sampai akhir.

Namun, Final Cut Pro X dirancang hanya untuk pengguna Mac dan membutuhkan Mac dengan versi macOS 10.13.6 atau versi di atasnya. Anda tidak dapat mendownload dan menggunakan Final Cut Pro di Windows, terlebih lagi, Final Cut Pro X ini berharga $300.

Ada banyak sekali software pengedit video gratis untuk Windows, jadi jika Anda sedang mencari software pengedit video yang mirip dengan Final Cut Pro untuk PC Windows Anda, Anda sedang berada di halaman yang tepat. Saya telah melakukan beberapa riset dan memperbarui aplikasi alternatif terbaik untuk Final Cut Pro untuk Windows di bawah ini. Anda bisa memilih alternatif software pengedit video yang tepat untuk Final Cut Pro berdasarkan pengalaman editing Anda, sistem Windows yang Anda miliki (Windows 10 / Windows 8 / Windows 7), serta anggaran biaya Anda.

Pilihan Cepat: Software pengedit video gratis alternatif dari Final Cut Pro adalah pilihan yang tepat jika Anda memiliki anggaran biaya yang terbatas. Namun, jika Anda ingin memiliki pengalaman mengedit video yang sama di Windows atau Mac, saya sangat merekomendasikan Wondershare Filmora.

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

Bagian 1: 8 Aplikasi Alternatif Final Cut Pro Gratis Terbaik untuk Windows 7/8/10 & Mac & Linux

Berhubung kebanyakan pengguna Final Cut Pro X mungkin sudah tahu bahwa iMovie adalah aplikasi pengeditan video gratis di Mac, iPhone, dan iPad, maka saya tidak akan mencantumkannya di bawah sini meskipun menurut saya software ini adalah salah satu software pengedit video yang bagus bagi pengguna Mac . Berdasarkan pengalaman dan riset saya, saya telah menemukan beberapa software pengedit video gratis sebagai alternatif dari Final Cut Pro X untuk pemula dan juga profesional.

Catatan: semua software pengedit video yang tercantum di bawah ini tidak diurutkan dalam urutan tertentu.

1. Avidemux [Alternatif Gratis & Sederhana untuk Final Cut Pro X]

Alternatif Final Cut Pro X Gratis - Avidemux

Cocok untuk Pemula

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama Avidemux

  • Mendukung berbagai format file video, termasuk AVI, MPEG, MP4, DVD, dan ASF.
  • Software yang sangat sederhana dan tidak rumit.
  • Mudah untuk mengencoding file video dan audio

Tampilan dari software ini sangatlah sederhana, yang membuatnya menjadi solusi sempurna untuk pengeditan video dasar seperti cutting, trimming, encoding, dan beberapa teknik dasar lainnya.

Fitur pengeditan lainnya tersembunyi di Video Filter Manager di mana Anda bisa memotong durasi, memutar, membalik dan menambahkan bingkai, logo, atau bahkan menduplikat frame untuk durasi tertentu. Terlebih lagi, Anda bisa menambahkan hardcode subtitle dalam format SRT, ASS, dan SSA ke video atau memodifikasi saturasi, kecerahan, dan warna video yang Anda edit.

Di samping itu, pada tampilannya tidak ada timeline dan tidak intuitif bagi saya. Saat melakukan pratinjau, Anda hanya bisa meninjau filter terpilih yang telah diterapkan, tetapi tidak semua filter diterapkan. Ini kurang praktis bagi saya.

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang memiliki kebutuhan yang sangat mendasar dan perlu belajar dengan cepat, karena ia tidak memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak ruang kontrol. Keuntungan dari software pengeditan ini adalah video dan audionya disimpan dalam satu file dengan menggunakan format wadahnya.

2. Shotcut [Final Cut Pro X Gratis Terbaik untuk Windows bagi Pemula]

Cocok untuk Pemula

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama Shotcut

  • Memberikan dukungan format file yang besar.
  • Banyak pilihan filter audio dan video.
  • Sangat hebat dan diperkaya banyak fitur.
  • Mendukung resolusi 4K.

Jika Anda hanya menggunakan Windows Movie Maker untuk mengedit video dan ingin pindah ke software lain, maka software ini adalah solusi terbaik untuk Anda, karenanya kami tidak merekomendasikan software ini untuk project tingkat lanjut. Software ini mirip dengan Avidemux yang dibahas sebelumnya, karena Anda tidak perlu membayar apa pun setelah mendownloadnya. Tampilannya sangat disesuaikan dan mudah digunakan dengan panel yang dapat dipasang dan dilepas.

Mendukung ratusan format, 4K, dan resolusi HD melalui FFmpeg project yang menghilangkan langkah untuk mengimpor file. Software ini menggabungkan filter dan efek khusus yang mudah dikelola. Software ini merupakan salah satu pengedit video gratis terbaik yang akan membantu pekerjaan Anda. Dibandingkan dengan Avidemux, Shotcut memiliki tampilan antarmuka yang lebih intuitif, lebih banyak tool pengeditan, dan memberi Anda lebih banyak ruang kontrol. Saya sangat merekomendasikannya sebagai salah satu software pengedit video yang gratis serta alternatif dari Final Cut Pro X untuk Windows, Mac, dan Linux terbaik.

3. Blender

Cocok untuk Profesional

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama Blender:

  • Beberapa fiturnya yang luar biasa, termasuk luma waveform, live review, chroma vectorscope, dan tampilan histogram.
  • Mendukung pencampuran audio, visualisasi bentuk gelombang, dan video scrubbing.
  • Anda dapat menggunakan 32 slot berbeda untuk menambahkan video, audio, gambar, adegan, dan efek.
  • Mendukung banyak filter, kontrol kecepatan, key-frames, dan transisi.

Blender adalah program open-source yang sepenuhnya gratis untuk digunakan. Ia dirancang sebagai software pembuat animasi 3D, tapi juga hadir sebagai aplikasi pengedit video yang sangat bagus. Ia akan memenuhi kebutuhan dasar Anda untuk mengedit video, seperti pemotongan video dan penyambungan video, tetapi ia juga dapat digunakan untuk penyempurnaan video, seperti video masking. Ini menjadikannya sebagai aplikasi pengedit video yang benar-benar cocok untuk pemula, tanpa fitur rumit seperti Final Cut Pro X.

4. HitFilm Express

Cocok untuk Pemula dan Profesional

Platform: Windows, Mac

Fitur Utama HitFilm Express

  • Mendukung sepenuhnya video dengan resolusi 8K
  • Tampilan antarmuka yang intuitif untuk sebagian besar fitur yang sering digunakan
  • Koreksi warna yang luar biasa, Fungsionalitas dan penguasaan audio yang Profesional

HitFilm Express adalah salah satu solusi terbaik untuk pengeditan video 8K profesional saat ini, ia telah menjadi software pengedit video profesional all-in-one dengan efek visual, audio, dan pengeditan video pasca-editing. HitFilm Express memiliki banyak fitur video profesional seperti video slicing, video trimming, serta membuat video. Bisa dikatakan ini adalah software pengedit video gratis tercanggih dan telah digunakan oleh beberapa produksi TV dan film juga.

Berhubung software ini sangat cocok untuk para profesional, tampilan antarmuka pengguna yang spontan telah disediakan, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk pemula. Fitur terbaik yang dimilikinya yang diincar oleh banyak editor dari semua software adalah kualitas gambarnya yang memukau, penguasaan audio profesional, serta koreksi warna. Jadi, jika Anda mencari audio berkualitas tinggi dan tampilan yang memukau, aplikasi ini dirancang untuk Anda.

5. Lightworks

Cocok untuk Profesional

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama Lightworks

  • Tampilan antarmuka yang dirancang dengan baik, banyak fitur canggih.
  • Mendukung format video dan audio terbaru.
  • Fungsi auto-save yang instan.
  • Ekspor ke resolusi 720p untuk YouTube.

Software ini telah digunakan secara luas di produksi film Hollywood yang lumayan terkenal seperti LA Confidential, Pulp Fiction, Shutter Island, Hugo, dan The Wolf of Wall Street. Software pengedit video Lightworks ini gratis, tetapi memiliki fitur tambahan dalam versi Pro dengan biaya $25 per bulan. Namun, versi gratisnya masih memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna profesional.

Lightworks adalah salah satu pengedit video yang luar biasa, dengan fitur unggulan yang mencakup koreksi warna tingkat profesional, pengambilan video, dan dukungan format ekstensif. Anda dapat mengubah desain default dan beralih ke layout keyboard Final Cut Pro atau Avid.

Jika Anda menggunakan versi gratisnya, Anda harus tahu bahwa Anda hanya dapat mengekspor file MPEG-4 dengan resolusi hingga 720p. Fitur bagus lainnya yang hanya ditemukan dalam versi Pro adalah Anda dapat mengedit video Youtube dan video 4K. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari software ini dan fitur andalannya, Anda harus paham teknologi dan merupakan editor profesional. Singkatnya, software ini bukan untuk pemula.

Software pengedit video alternatif untuk Final Cut Pro yang gratis di atas adalah pilihan yang tepat jika Anda memiliki anggaran biaya yang terbatas. Harap perhatikan bahwa beberapa program software pengedit video profesional memiliki persyaratan sistem yang tinggi untuk dapat menggunakan beberapa fitur-fiturnya (seperti saat menggunakan Fusion, disarankan untuk memiliki memori sistem 16 GB).

6. OpenShot

Cocok untuk Pengguna Baru

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama OpenShot

  • Pemangkasan dan penggabungan video
  • Pemetaan waktu berbasis kurva
  • Kontrol kecepatan video (cepat dan lambat)
  • Rotasi dan perubahan ukuran dalam kualitas yang berbeda

OpenShot adalah editor lintas platform yang dapat diinstal pada Windows, Mac, dan Linux. Ia merupakan software pengedit video open-source yang sederhana dan cepat. Program ini mencakup berbagai fitur yang mudah diterapkan. Mengapa begitu? Karena OpenShot memiliki fungsi tarik dan lepaskan untuk membuat pengeditan lebih cepat.

Selain itu, ia hadir dengan 400+ efek video siap pakai bawaan. Dengan demikian, Anda bisa menambahkan filter, judul, dan transisi untuk membuat video Anda lebih menarik dan bermakna. Selain itu, Anda bisa menikmati animasi siap pakai dengan menambahkannya ke klip. Salah satu fitur terbaik dari OpenShot adalah setelah mengedit video, Anda bisa langsung mengunggahnya ke Instagram, Facebook, YouTube, dan masih banyak lagi.

7. Kdenlive

Bagus untuk pengguna tingkat menengah

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama Kdenlive

  • Pengeditan multi-track
  • Tampilan antarmuka yang bertema
  • Mendukung font-family
  • Pengeditan proxy
  • Efek keyframeable

Kdenlive adalah salah satu software pengedit non-linear multifungsi terbaik. Ia merupakan platform sumber terbuka gratis untuk pengguna Mac, Windows, dan Linux. Software ini dimuat dengan beberapa tool dan fitur yang berguna. Misalnya, adanya multi-track timeline, dan software ini mendukung monitor video ganda. Dengan cara yang sama, ia memiliki tata letak yang dapat disesuaikan serta transaksi dan efek dasar.

Ditambah lagi, beberapa fitur lainnya yang cocok untuk pemula dan pengguna tingkat menengah untuk membuat video mereka terlihat menyenangkan. Karakteristik ini termasuk judul 2D, berbagi video, backup otomatis, efek waktu, dan slow motion. Anda juga dapat melakukan pengeditan audio dasar di Kdenlive.

8. Flixier

Pilihan yang Tepat untuk Pemula

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Fitur Utama Flixier

  • Motion graphic
  • Rekaman webcam
  • Lebih dari 50 transisi
  • Kolaborasi real-time
  • Green screen dan efek video

Flixier adalah software pengedit video yang bagus yang dapat digunakan di browser Anda. Anda tidak perlu mendownloadnya ke komputer Anda untuk menggunakannya. Selain itu, ada banyak opsi pengeditan yang bagus, seperti stok foto, ikon untuk berlangganan/mengkuti, dan transisi. Itulah mengapa perangkat lunak ini merupakan salah satu editor video lintas platform terbaik, yang bahkan bekerja dengan sempurna di Chromebook.

Hal luar biasa lainnya dari aplikasi pengedit video berbasis cloud ini adalah kecepatannya. Ya! Ia merupakan Usain Bolt dari software pengedit video online. Tampilan antarmukanya penuh dengan opsi, yang membuat segalanya menjadi mudah dan cepat. Selain itu, proses ekspor dan renderingnya cukup cepat. Anda bisa memilih video dari hard drive komputer Anda atau cukup menempelkan URL video untuk mulai mengedit klip dalam beberapa detik.

Bagian 2: 8 Alternatif Final Cut Pro X Berbayar Terbaik di Windows

Terkadang, solusi yang berbayar dapat menghemat waktu Anda dan menawarkan lebih banyak ruang untuk berkreativitas. Di bagian berikutnya, kami telah menemukan beberapa software pengedit video berbayar yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif Final Cut Pro X. Beberapa di antaranya mudah digunakan dan sudah cukup bagus, Anda bisa mengunduh versi uji coba gratisnya terlebih dahulu untuk mencoba sebelum membayar.

1. Filmora Video Editor

Cocok untuk para Pemula dan Semi-Pro

Platform: Windows dan Mac

Harga: $49,99 (langganan 1 tahun); $79,99 untuk selamanya

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

Fitur Utama Filmora

  • Dapat disesuaikan khusus untuk pemula.
  • Desainnya intuitif dan mudah digunakan.
  • Memiliki banyak filter, transisi, elemen dan overlay, template teks bawaan, dan koleksi audio

Filmora merupakan salah satu software pengedit video untuk pemula sebagai alternatif Final Cut Pro X yang terbaik. Tampilan antarmukanya gelap, sangat mirip dengan Final Cut Pro X, dan proses pengeditan serta trimming-nya juga mirip dengan Final Cut Pro 7.

Desain tampilan antarmuka yang intuitif membuatnya sangat mudah digunakan untuk para editor video dan membuat pengeditan video menjadi sangat menarik dan menyenangkan. Ia dapat selalu membuat imajinasi Anda menjadi nyata dengan fitur-fiturnya yang sederhana.

Anda bisa melakukan pengeditan video dasar menggunakan software sederhana ini, termasuk namun tidak terbatas pada penyetelan warna, penghilangan noise, stabilisasi video, dan dukungan untuk pengeditan 4K. Terlepas dari kebutuhan pengeditan video dasar, Anda juga dapat mengubah latar dan menggunakan fitur split-screen untuk memungkinkan Anda mengedit video pada beberapa klip rekaman. Anda bisa mengunduh versi uji coba secara gratis dan mencoba untuk menjelajahi lebih banyak ruang untuk berkreativitas.

Gaya dan warna font selalu menjadi fitur utama yang diincar oleh para editor video dalam software yang mereka gunakan, itulah sebabnya software ini memiliki fungsi pengeditan teks yang unik yang menyediakan beragam font yang dapat digunakan dalam pengeditan video.

2. Wondershare Filmora Pro [Alternatif FCPX Paling Mirip & Mudah Digunakan]

Cocok untuk para profesional

Platform: Windows dan Mac

Harga: $79,99 seumur hidup (penjualan dihentikan sejak Juli 2022).

Fitur Utama Filmora Pro

  • Tracks tidak terbatas
  • Pelabelan klip
  • Tool pengeditan tingkat lanjut

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

Meskipun Filmora Pro tidak lagi dijual mulai 1 Juli 2022, pengguna sebelumnya tetap dapat menikmati fitur dan peningkatannya. Ini merupakan software pengedit video yang bagus bagi orang yang ingin mengedit video profesional dengan mudah. Dengan tampilan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat menemukan fitur yang mereka inginkan dengan cepat. Pengguna dapat membuat berbagai efek visual seperti sambaran petir dan hujan hanya dengan menyeret dan melepaskannya.

Ia memiliki fitur koreksi dan gradasi warna yang mudah digunakan. Pengguna dapat menggunakan color wheel, LUT, dan lainnya untuk menyesuaikan pengaturan warna. Anda juga bisa menggunakan koreksi warna otomatis untuk mendapatkan warna yang terbaik dengan cepat. Keyframing yang halus akan memberi Anda lebih banyak ruang kontrol atas teks/judul dan animasi.

Yang paling penting, Filmora menawarkan berbagai video tutorial gratis yang mudah diikuti. Anda juga bisa mempelajari Filmora dari awal sampai akhir dengan materi kursusnya. Download saja di Windows untuk mencoba!

3. Wondershare Filmii

Cocok untuk editor pemula

Platform: Windows

Biaya: $9.99/bulan atau 34.99/tahun

Fitur Utama Wondershare Filmii

  • Template cerdas untuk kreasi yang cepat.
  • Banyak koleksi filter dan elemen motion.
  • Berbagai macam tema untuk dipilih.

Wondershare Filmii tidak seperti editor video lainnya. Ia dikemas dengan template cerdas untuk pembuatan video yang menarik dengan mudah dan cepat. Jika Anda ingin membuat video bergaya Hollywood untuk memperindah akun media sosial Anda atau mengejutkan orang yang Anda cintai, Filmii dapat membantu Anda. Dari teks menarik yang dapat disesuaikan hingga filter estetik, semuanya hanya dengan sekali klik.

Bagian luar biasa lainnya dari Filmii adalah Anda bisa memilih mode pembuatan cepat atau mode pengeditan tingkat lanjut untuk mempersonalisasi video sesuai keinginan Anda secara mendetail. Pertama-tama, ia memungkinkan Anda menggunakan template untuk memulai, kemudian mengubahnya menjadi video yang unik dengan menggunakan opsi pengeditan tingkat lanjut. Secara keseluruhan, Filmii adalah editor video yang terbaik untuk meningkatkan kreativitas Anda.

4. Vegas Pro

Cocok untuk para Profesional

Platform: Windows

Harga: $599 untuk seumur hidup

Fitur Utama Vegas Pro Vegas Pro

  • Kemampuan audio multi-track.
  • Filter plug-in dan efek video.
  • Kecepatan dan fleksibilitas

Vegas Pro adalah software utama dalam industri pengeditan video. Ia menawarkan fungsi profesional untuk membuat, mengubah, dan menyempurnakan film, serta materi audio. Fitur canggih dan kemampuan mengeditnya memungkinkan Anda untuk membuat video dengan mudah. Ia dapat meningkatkan GPU, memberikan proses kerja timeline secara naluriah, format untuk menyimpan jendela, dan melakukan penyesuaian dalam video.

Ia juga mendukung pengeditan 360 derajat, 4K UHD, dan penyesuaian 3D. Software ini sangat mahal dengan kisaran harga mulai dari $698, tetapi mereka sering memberikan diskon dari harga ini. Tingginya harga software ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa banyak editor video tidak memilih software ini untuk pekerjaan mereka.

Anda mungkin suka: Sony Vegas VS Adobe Premiere, Mana yang Lebih Baik?

5. Adobe Premiere Pro

Cocok untuk para Profesional

Platform: Windows dan Mac

Harga: $20.99 per bulan

Fitur Utama Adobe Premiere Pro

  • Memiliki semua tool pengeditan video yang dicari oleh para editor video.
  • Kualitas video ekspor yang dominan.
  • Integrasi yang mudah dengan aplikasi Adobe; tampilan antarmuka yang mudah digunakan

Adobe Premiere Pro adalah software ideal bagi para editor video yang telah menghabiskan banyak waktu di software pengedit video berbayar dan siap untuk melakukan peningkatan. Berdasarkan harga dan fitur-fiturnya, ia merupakan alternatif terbaik untuk Final Cut Pro bagi para profesional. Dengan Adobe Premiere Pro, Anda bisa mengakses fitur untuk pengeditan dasar dan tingkat lanjut. Ini memungkinkan Anda untuk mengedit banyak video secara bersamaan dan mentransfer klip dengan mudah dari satu video ke video lainnya.

Fitur menakjubkan dari software ini adalah tool Lumetri Color yang memungkinkan Anda untuk modifikasi warna seperti Photoshop. Produk Adobe diberi label Creative Cloud, yang berarti platformnya dapat diakses secara online dari semua perangkat yang terhubung. Selain itu, ia mendukung perangkat, platform, dan kamera apa pun.

Fitur multi-kameranya memungkinkan Anda untuk bekerja dengan berbagai jumlah sudut kamera yang tidak terbatas, yang tidak bisa ditemukan di sebagian besar software lain. Ia dapat mengimpor dan mengekspor gambar bergerak dari software lain seperti Final Cut Pro. Terakhir, software ini dapat berkoordinasi dengan tool Adobe lainnya untuk memberi Anda serangkaian kreativitas yang luar biasa.

Adobe Premiere Pro perlu disebutkan di sini meskipun jika Anda tidak menyukainya. Kita tidak bisa menyangkal bahwa ia adalah aplikasi pengedit video yang sangat hebat di Windows. Software ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di Windows. Dengan Premiere Rush, Adobe Premiere Pro memiliki pembaruan besar baru-baru ini. Ia adalah produk terkemuka untuk mengedit video 8K. Anda juga dapat menggunakan Rush untuk mengedit video di ponsel Anda dan mengimpornya ke PC Anda untuk mengedit lebih lanjut, jika diperlukan.

Adobe Premiere Pro

6. PowerDirector

Pilihan ideal untuk para Pemula dan Profesional

Platform: Mac dan Windows

Harga: $139.99 untuk seumur hidup

Fitur Utama PowerDirector

  • Keyframing
  • Chroma Key
  • Mendeteksi objek
  • Masking dan blending
  • Judul yang dapat disesuaikan
  • AI Motion tracking (versi terbaru)
  • 80K+ gambar, video, dan musik bebas royalti

PowerDirector adalah software berbayar dengan banyak fitur luar biasa, termasuk stiker, animasi, transisi, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendownload software ini di komputer Windows atau Mac milik Anda. Meskipun beberapa alternatif gratis dan berbayar tidak mendukung pengeditan video 4K, PowerDirector memungkinkan Anda untuk melakukannya tanpa perlu repot-repot. Jadi, Anda bisa mengharapkan pengeditan video berkualitas tinggi dalam 4K 60fps.

Hal yang paling menarik tentang software ini adalah opsi add-on. Anda bisa mendownload banyak add-on/plugin untuk membuat PowerDirector Anda menjadi lebih kreatif. Ditambah lagi, untuk mendapatkan add-on itu gampang, karena beberapa add-on sudah tersedia di situs web resminya.

Selain itu, software ini menawarkan animasi dan efek teks yang sudah diinstal sebelumnya. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa memainkan dan mengubah pengaturan efek bawaan ini dengan mudah.

7. DaVinci Resolve

Sangat luar biasa untuk para Profesional

Platform: Windows, Mac, dan Linux

Harga: $295 untuk seumur hidup

Fitur Utama DaVinci Resolve

  • Kolaborasi cloud
  • Pengelolaan media yang sederhana
  • Streaming jarak jauh
  • Object masking
  • Depth map
  • Pelacakan permukaan melengkung

DaVinci Resolve (versi 18) adalah salah satu software pengedit video yang banyak digunakan di Hollywood. Ia merupakan software lintas platform untuk pengguna Linux, Mac, dan Windo

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.