filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best iMovie alternative for Mac and Windows to create videos with intuitive interface and powerful features
  • Easy-to-use wizard-style interface
  • Wide support for almost all popular video formats
  • 300+ built-in stunning visual effects
  • Trim, split, cut, combine, crop, rotate and pan & zoom effects in a few clicks

Bagaimana Cara Membuat atau Mengedit Video Vertikal dalam iMovie pada Mac?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Dari Instagram hingga Tiktok, saat ini video vertikal dapat dilihat hampir di seluruh platform media sosial. Walaupun demikian, sebagian besar pengedit video hanya mendukung video horizontal dan akan secara otomatis menampilkan bar hitam di bagian samping saat mengekspor video tersebut. Kabar baiknya adalah sekarang Anda dapat dengan mudah membuat video vertikal menjadi horizontal dalam iMovie. Lanjut membaca untuk mengetahui persamaannya dan temukan bagaimana cara membuat sebuah video vertikal dalam iMovie layaknya seorang profesional.

Bagaimana Memproses atau Mengedit Video Vertikal dalam iMovie pada Mac?

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, iMovie hanya mendukung pengeditan film dalam bentuk horizontal secara bawaan. Oleh karena itu, jika Anda mengedit sebuah video vertikal dalam iMovie, maka ia akan secara otomatis memasukkan bar hitam di bagian samping video tersebut. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas dari opsi bawaannya untuk mengerjakan video vertikal dalam iMovie pada Mac atau iPhone. Untuk mempelajari cara membuat sebuah video vertikal dalam iMovie, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Impor Video ke iMovie

Pertama, Anda dapat membuka aplikasi iMovie pada Mac Anda dan pilih untuk mengerjakan sebuah proyek baru. Sekarang Anda dapat menyeret dan melepas video apapun dari Finder ke tampilan antarmuka iMovie atau klik tombol Impor untuk menelusuri dan memuat video pilihan Anda.

Langkah 2: Mengedit Video Vertikal dalam iMovie

Setelah video dimuat, Anda dapat memilih thumbnail-nya, menyeret dan melepas video tersebut ke timeline yang berada di bagian bawah. Kemudian, Anda dapat memilih video tersebut dan melihat opsi pengeditan yang tersedia di jendela pratinjau.

Sekarang, Anda dapat mengklik ikon crop (di atas jendela pratinjau). Di sini, Anda dapat mengklik pada shortcut putar kanan/kiri untuk memperbaiki posisi video vertikal di dalam iMovie.

Di samping itu, Anda juga dapat menjelajahi filter yang tersedia di iMovie untuk membuat perubahan di dalam video tersebut. Contohnya, terdapat filter "Terbalik" di dalam iMovie yang dapat Anda gunakan untuk mengubah orientasi video.

Langkah 3: Mengekspor dan Melihat Video

Ini dia! Setelah mengerjakan video vertikal dalam iMovie, Anda dapat mengklik ikon Ekspor di bagian atas. Ini akan membuat video Anda tersimpan di penyimpanan lokal Mac, atau Anda dapat langsung mengunggah video tersebut ke media sosial Anda.

Terlebihnya lagi, Anda dapat menggunakan bantuan QuickTime Mac untuk melihat videonya. Di sini, Anda dapat menuju Menu > Edit dan memilih untuk memutar video yang telah diedit ke kanan atau ke kiri untuk memperbaiki orientasinya.

Tip: Mengedit sebuah Video Vertikal dalam iMovie pada iPhone

Anda juga dapat menggunakan aplikasi iMovie di perangkat iOS Anda untuk mengedit sebuah video vertikal di saat Anda membutuhkannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka aplikasi iMovie dan mengimpor video pilihan Anda. Sekarang, Anda dapat menggunakan jari-jari Anda untuk mencubit dan memutar thumbnail-nya. Di samping itu, Anda juga dapat menyentuh tombol putar di bagian bawah untuk membalik video vertikal Anda sesuai kebutuhan Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Wondershare Filmora untuk Mengedit Video Vertikal?

Karena iMovie adalah aplikasi pengedit video yang mendasar, ia mungkin tidak dapat memenuhi persyaratan pascaproduksi Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Wondershare Filmora pada Mac Anda untuk melakukan semua jenis pengeditan video. Apikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan memiliki sejumlah opsi pengeditan yang canggih.

  • Anda dapat menemukan semua opsi pengeditan umum di Filmora, seperti crop, split, memutar, menggabungkan, dan membalikkan video Anda secara instan.
  • Terdapat ratusan transisi, filter, overlay, caption, dan efek lainnya yang siap Anda gunakan untuk video Anda.
  • Jika Anda menginginkannya, Anda juga dapat menjelajahi berbagai macam stok foto, musik, video, dan sebagainya di FIlmora dan mengimpor file apa pun ke dalam proyek Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan voiceover ke dalam video Anda dan bahkan mengedit lagu tema melalui Pencampur Audionya.
  • Beberapa fitur canggih dari Filmora adalah pendeteksi adegan, motion tracking, mengedit green screen, pan dan zoom, audio ducking dan masih banyak lagi.

Jika Anda juga ingin mengedit video vertikal pada Mac Anda dan menggunakan sumber menakjubkan milik Filmora, maka cukup ikuti latihan dasar ini:

Langkah 1: Impor Video Apapun untuk Diedit di Filmora

Pertama, Anda dapat membuka aplikasi Wondershare Filmora di Mac Anda dan klik ikon Impor dari home. Ini mengizinkan Anda untuk menelusuri dan mengimpor file video atau media apa pun di Filmora.

Langkah 2: Mulai Mengedit Video di Filmora

Setelah Anda memuat video ke dalam Filmora, Anda dapat menyeret dan melepaskannya ke timeline di bagian bawah untuk mulai mengedit. Jendela pratinjau di bagian samping akan menampilkan video tersebut agar Anda dapat melihat dan memeriksa efek yang ditambahkan.

Sekarang, yang Anda butuhkan adalah memilih klip pada timeline dan klik dua kali untuk mendapatkan beragam opsi pengeditan. Di sini, Anda dapat menuju ke bagian Video > Transform untuk mengecek opsi yang tersedia. Anda dapat mengklik opsi Membalik untuk membuat video vertikal atau horizontal. Terdapat juga fitur memutar untuk mengganti orientasi video ke sudut yang diinginkan (seperti 90 atau 180 derajat).

Langkah 3: Mengekspor Video yang Telah Diedit dari Filmora

Selesai! Setelah Anda selesai mengedit video, klik tombol Ekspor di bagian atas dan pilih format dan resolusi video yang diinginkan untuk menyimpan video.

Langkah ini merupakan akhir dari artikel ekstensif kami mengenai bagaimana cara membuat video vertikal menjadi horizontal dalam iMovie. Seperti yang Anda lihat, kami telah menyediakan solusi mendetail untuk mengedit video vertikal dalam iMovie pada Mac. Selain itu, jika Anda tidak menemukan fitur yang diinginkan untuk memproses sebuah video vertikal dalam iMovie, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Wondershare Filmora. Dari ratusan transisi hingga beberapa dari opsi pengeditan video tercanggih, Wondershare Filmora adalah pengedit video untuk Mac yang tepat bagi para pemula dan profesional.

author avatar
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Liza Brown

chief Editor