filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best iMovie alternative for Mac and Windows to mirror/flip videos
  • Easy-to-use wizard-style interface
  • Wide support for almost all popular video formats
  • 300+ built-in stunning visual effects
  • Trim, split, cut, combine, crop, rotate and pan & zoom effects in a few clicks

Bagaimana Cara Mirroring/Membalikkan Video Menggunakan iMovie di Mac?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Secara umum kami merujuk ke gambar rekaman yang dibalik secara vertikal ketika kami mengatakan "membalik". Ini termasuk dalam membalikkan sebuah film (tapi Anda biasanya akan membalik sebuah video jika video itu sudah terbalik posisinya, dan Anda ingin membenarkannya menjadi dari atas ke bawah). Refleksi horisontal biasa digunakan saat "mirroring" video. Jika ada seseorang di video Anda yang sedang berjalan dari sisi kiri ke kanan layar, maka mirroring akan membuat mereka menjadi berjalan mundur. Ini akan membawa keuntungan untuk berbagai macam alasan, contohnya jika Anda merekam di depan kaca. Jika Anda memutar sebuah video, maka Anda hanya memutar video itu sebanyak 90 derajat hingga tepat seperti yang Anda inginkan. Mirroring memiliki arti yang sama dengan membalik video. Keduanya sama-sama merefleksikan video yang ada, baik itu secara horisontal maupun vertikal.

Mengetahui cara memutar video adalah suatu keahlian yang penting untuk dimiliki. Anda dapat mengonversi video vertikal menjadi horisontal dan begitu juga sebaliknya menggunakan beragam program yang tersedia. Ini sangat membantu ketika Anda ingin mengunggah video di media sosial dan menyadari jika rekaman Anda terbalik. Inilah cara Anda untuk melakukannya di Mac jika Anda berada di situasi yang sama.

Mari kita lihat bagaimana cara membalik video di iMovie pada Mac sekarang.

Bagian 1. Bagaimana Cara Mirroring Video di iMovie pada Mac?

Anda dapat mengubah bagian kiri menjadi kanan dan sebaliknya dengan membalik video. Bukan hal yang aneh untuk menemukan beberapa video direkam dengan arah yang salah. Sebagai hasilnya, Anda butuh membalik video secara vertikal atau pun horisontal. Mengapa Anda ingin membalik sebuah film? Membalik memungkinkan Anda untuk mengubah dampak visual sebuah gambar secara halus. Jika film berisikan pergerakan, mengubahnya untuk bergerak dari kiri ke kanan memberikan tampilan yang lebih alami (karena kita membaca dari kiri ke kanan). Gerakan akan muncul dengan lebih lambat jika ia dibalik dari kanan ke kiri. Demikian pula, juru bicara di sisi kanan layar memiliki dampak visual yang lebih baik daripada juru bicara yang ada di sebelah kiri. Anda bahkan dapat membalik hanya bagian tertentu dari suatu film, yang membuat Anda memiliki kontrol lebih banyak atas hasil akhirnya.

Ketika membuat film Anda di iMovie, Anda mungkin ingin mencoba sesuatu yang berbeda dengan membalik klip Anda. Ini dapat memberikan kreasi Anda beberapa efek yang luar biasa. Atau, Anda mungkin perlu memutar klip Anda agar terlihat lebih tepat. Bagaimanapun juga, pengguna Mac akan dengan mudah memutar, memiringkan, dan membalik video di iMovie. Pembelajaran ini akan menunjukkan Anda seberapa mudah cara melakukannya.

Sebuah klip dapat dibalik secara vertikal atau horisontal, dan tentunya juga dapat diputar ke kiri atau kanan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, beberapa posisi dapat meningkatkan efek yang ada di dalam film Anda. Subjek harus berdiri di sisi kanan karena kita membaca dari kiri ke kanan, dan memiliki orang di bagian kanan akan terlihat lebih tangguh. Demikian pula, saat menggeser video, lebih baik menggesernya dari kiri ke kanan. Alasan lain yang mungkin Anda butuhkan untuk membalik video adalah jika Anda membuat kesalahan ketika mengimpor atau merekam. Anda mungkin mengimpor video dari ponsel dan menemukan kalau video itu terbalik, dan supaya video Anda dapat dimengerti para penonton, Anda harus membaliknya.

Jadi buka iMovie yang ada di Mac Anda, dan ikuti petunjuk yang ada di bawah.

Putar klip video di iMovie

Langkah #1. DI bagian bawah timeline, temukan dan pilih klip Anda. Klip Anda akan kemudian disorot dengan warna kuning.

Langkah #2. Di browser toolbar yang ada di atas Tinjau, klik tombol Potong.

Langkah #3. Memutar klip searah jarum jam atau melawan jarum jam dengan menekan tombol Putar.

Untuk membalik klip Anda secara vertikal, ulangi instruksi di atas, tapi kali ini klik tombol Putar dua kali.

Balik klip yang ada di iMovie secara horisontal

Langkah #1. Di dalam timeline bagian bawah, temukan dan pilih klip Anda.

Langkah #2. DI dalam toolbar browser di atas Tinjau, klik tombol Klip filter dan efek audio.

Langkah #3. Pilih Balik dari jendela Filter Klip.

Di dalam situasi tertentu, memutar atau membalik klip Anda sangatlah dibutuhkan. Sedangkan di saat lain, ini bisa membuat efek yang luar biasa. Bagaimanapun juga, ini adalah fitur yang berguna untuk diingat ketika menggunakan iMovie.

Bagian 2. Cara yang Lebih Mudah untuk Mirroring/Membalik Video di Mac dengan Alternatif iMovie

Sangat mungkin terjadi untuk Anda mengambil foto yang fantastis atau film pemandangan dari arah yang salah. Banyak orang membuat kesalahan ini karena mereka tidak selalu memikirkan orientasi saat membuat film. Apakah ada cara yang lebih sederhana untuk membalik/memutar video supaya Anda tidak perlu memutar kepala Anda ke sisi samping hanya untuk melihatnya? Jawabannya sudah pasti ada.

Apa yang Anda butuhkan untuk mirroring atau membalik video dengan mudah dan cepat adalah pengedit video yang kompeten seperti Wondershare Filmora. Program ini dibentuk dengan sangat sederhana untuk memutar film searah jarum jam atau melawan jarum jam, secara horisontal atau vertikal. Sebagai tambahan, software membalik ini juga memiliki beragam alat pengedit video, efek, dan pengantar/kredit.

Di bagian selanjutnya, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan aplikasi pengedit video ini untuk membalikkan video. Dimohon untuk mengunggah Filmora terlebih dahulu, baru kemudian mengikuti proses prosedur yang tertulis di bawah.

Langkah 1 Unggah klip video Anda

Untuk memulai, klik "Proyek Baru" setelah membuka Filmora. Klik "Impor" untuk mencari folder file di komputer Anda, atau langsung geser klip video ke dalam perpustakaan media. Setelah Anda selesai mengimpor semua videonya, klik keluku yang ada di panel sebelah kiri untuk melihat pratinjau di layar jendela bagian kanan. Pengedit video ini mendukung beragam format video dan audio, seperti MOV, MP4, AVI, WMV, DV, dan format-format lainnya. Lalu, dari perpustakaan media, geser file video Anda ke timeline video.

Langkah 2. Putar seluruh video

Lalu, buka jendela pengedit, klik video yang ada di dalam timeline dua kali. Beralih ke tab Video di jendela yang ditampilkan, lalu buka opsi Transform yang ada di atas. Klik tombol Ubah untuk menampilkan opsi ubah: Putar, Balik, Skala, dan Posisi. Anda dapat mengubah pengaturan Putar dan Balik serta mengetes efeknya secara real-time di kotak pratinjau untuk menemukan efek yang diinginkan. Meskipun hanya ada 4 tombol yang tersedia, Anda dapat menghasilkan lebih banyak alternatif dengan menggabungkan mereka.

Putar: Anda dapat memutar video dari sudut manapun dengan memasukkan nilai sudut atau mengatur penggesernya. Memutar slide 90 derajat searah jarum jam dan melawan arah jarum jam, 180 derajat, 270 derajat, dan masih banyak lagi.

Flip: Secara horisontal, dari kiri ke kanan; secara vertikal, dari kanan ke kiri, secara horisontal, dari kanan ke kiri; secara vertikal, dari kanan ke kiri. Secara horisontal, dari kiri ke kanan, secara vertikal dari kanan ke kiri, secara horisontal, dari kanan ke kiri, secara vertikal dari kanan ke kiri

Anda dapat menggunakan fitur memutar dan membalik secara bersamaan untuk membalik video menjadi vertikal dan memutarnya 90 derajat mengikuti arah jarum jam atau 90 derajat melawan arah jarum jam.

Sebagai tambahannya, Anda dapat mengatur lokasi dan skala video. Ini adalah langkah di mana seluruh video Anda akan dibalik.

Hanya satu bagian dari video yang akan dibalik

Anda mungkin hanya perlu membalik suatu bagian dari klip video Anda, seperti contohnya hanya membalik klip 1 menit dari video itu, daripada membalik seluruh film. Jika begitu, Anda akan membutuhkan alat pemisah video untuk memisahkan file dan membalik salah satunya secara terpisah mengikuti langkah-langkah di atas. Anda hanya perlu memindahkan playhead ke poin yang ingin Anda balik, dan pilih simbol "Gunting" yang ada di bar menu.

Langkah 3. Simpan video yang sudah dibalik

Setelah Anda puas dengan hasilnya, klik "Ekspor" di bagian sudut atas kanan untuk menyimpan video yang sudah di balik. Tombol itu akan memunculkan jendela pop-up di mana Anda bisa memilih format yang diinginkan dan preset yang sudah ditentukan sebelumnya untuk pemutar portabel Anda. Anda juga dapat menyimpan hasil kerja Anda dengan mengunggahnya di Youtube atau menyalinnya ke dalam DVD, lakukan cara yang sesuai dengan keinginan Anda.

Terakhir, klik Ekspor dan biarkan aplikasi pembalik ini bekerja.

Anda bisa melakukan lebih dari membalik file video dengan Filmora. Anda dapat menggunakan spesial efek, latar belakang musik, dan efek gambar dalam gambar, dan masih banyak lagi.

Filmora cocok untuk Anda yang malas mempelajari software pengedit video baru, atau jika Anda tidak ingin mencoba-coba lagi dan hanya ingin pekerjaan Anda cepat selesai. Filmora terkenal dengan kemudahannya untuk dipelajari dan harganya yang ekonomis. Ia dapat membantu Anda menyelesaikan tugas Anda dengan cepat.

Anda dapat memutar posisi video Anda di Filmora dari sudut mana pun yang Anda inginkan. Terlebih lagi, Anda dapat dengan mudah memperbesar atau memotong salah satu bagian video yang tidak ingin Anda lihat. Ini juga termasuk dengan rasio aspek yang sudah ditentukan seperti 16:9, 9:16, 4:5, 1:1, dan sebaginya, yang mana bisa membantu Anda memilih dengan cepat rasio aspek yang ideal untuk Youtube, Instagram, dan platform media sosial lainnya.

Kesimpulan

Mirroring atau membalik video bukanlah hal yang sulit, seperti yang sudah Anda lihat di dalam panduan ini.

Anda mungkin ingin mencoba sesuatu yang berbeda dan membalik video Anda ketika membuat video dengan iMovie. Ini dapat memberikan video Anda fitur yang bagus. Anda dapat menggunakan iMovie dan alternatif terbaiknya untuk memutar klip ke kanan atau kiri, juga membaliknya secara vertikal atau horisontal dengan mengikuti instruksi yang sudah di garis bawahi di artikel ini.

author avatar
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Liza Brown

chief Editor