filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Alternative to Final Cut Pro for Beginners
  • Unleash creativity with various effects.
  • Use audio ducking to enhance vocal.
  • Use stunning split screen templates to crush your social media post.

Mana Yang Anda Butuhkan: LumaFusion atau Final Cut Pro X?

author avatar

Dec 27, 2022• Proven solutions

Saat Anda dihadapkan pada dua perangkat lunak pengedit video berperforma tinggi seperti LumaFusion dan Final Cut Pro X mungkin bukan perkara mudah untuk memilih salah satunya.

LumaFusion awalnya hanyalah aplikasi pengedit video yang mumpuni di iOS yang diadaptasi ke iPad dan iPhone. Di saat yang sama, Final Cut Pro X didesain untuk beroperasi di Mac.

Dengan kompatibilitas terbaru LumaFusion di M1 MacBook Air yang muncul di 2020, ada banyak kekhawatiran dari pengguna ahli di mana dalam waktu dekat raksasa pengedit iOS Pro ini akan bersaing ketat. Apalagi jika, Final Cut Pro mendapatkan pembaruan yang lebih mutakhir.

Artikel ini akan memberi Anda perbandingan singkat tetapi tetap komprehensif terhadap kedua perangkat lunak pengedit ini, apa saja yang akan Anda hadapi, dan saran profesional yang bisa membantu Anda memilih salah satu sesuai kebutuhan mengedit Anda. Ikuti saya dalam perjalanan singkat ke dunia kreatif LumaFusion dan Final Cut Pro X.

Kelebihan dan Kekurangan Final Cut Pro X dan LumaFusion

Kelebihan LumaFusion

Kelebihan Final Cut Pro X

Portabel. Anda bisa mengakses semua fitur di ponsel

Mengizinkan simpan otomatis berkala

Beroperasi di H.265 yang dua kali lebih cepat dibandingkan H.264.

Berintegrasi dengan baik dengan produk studio

antarmuka yang jelas; mudah dinavigasi

Antarmuka dan layout yang profesional dan kaya

Dapat melakukan pemotongan media yang tidak digunakan sebelum ekspor.

Dilengkapi dengan transisi khusus

Meningkatkan keseimbangan dan performa

Proses sinkron yang baik dengan produk Apple lainnya

Respons cepat sambil mencari blok cerita

Cocok untuk manipulasi video berteknologi tinggi

Kekurangan LumaFusion

Kekurangan Final Cut Pro X

Sulit dioperasikan dengan proyek berukuran besar dan yang memiliki multi tugas

Relatif mahal

Fitur lanjutan seperti pelacak gerakan dan missing

Tool lanjutan tidak ramah pengguna pemula

Keuntungan seperti kontrol sentuh terbatas untuk Mac

Eksklusif untuk Mac

LumaFusion lebih mudah digunakan karena fleksibilitas antarmuka penggunanya, oleh karena itu sebagian besar pengguna yang tidak membutuhkan fitur manipulasi video lanjutan memilih untuk menggunakannya. Anda hanya perlu menarik dan menaruh video di aplikasi tersebut, kemudian proses pengeditan akan berjalan.

Akan tetapi, karena Final Cut Pro X mengadopsi fitur dan efek lanjutan, aplikasi ini disarankan untuk pengguna profesional yang ingin mengedit proyek, yang membutuhkan manipulasi besar dan pengeditan kompleks. Mari berharap agar pembaruan terakhir LumaFusion membuka peluang kompatibilitas dengan Mac.

Namun, untuk sementara waktu, jika Anda membutuhkan proses editing dengan seluruh fitur profesional dan set tool dengan manipulasi tinggi, maka Final Cut Pro adalah opsi terbaik untuk Anda.

Perbandingan harga Final Cut Pro X dan LumaFusion

Harga Final Cut Pro X

Final Cut Pro X menyediakan opsi coba gratis 90 hari pada versi terbarunya. Tentu saja, hal ini hanya tersedia secara eksklusif di App Store Mac.

Selama masa percobaan, Anda tidak akan mendapatkan akses ke 100+ efek suara bebas royalti yang ada di versi premium. Akan tetapi, Anda masih bisa menggunakan fitur unik untuk mengedit lainnya, seperti koreksi warna, menambah efek, mengorganisir, mengedit, serta mengimpor dan mengekspor file dalam berbagai format.

Harga FCPX

Selama masa percobaan 90 hari, Anda bisa membeli Final Cut Pro X yang dilengkapi dengan bawaan Logic Pro seharga $299, atau coba Bundel Pro Apps untuk Pendidikan yang mencakup pra-instal Final Cut Pro X, Logic Pro, Compressor, MainStage, dan Motion hanya dengan harga $199. Bundel ini akan memberikan Anda pembaruan secara langsung dan otomatis saat pembelian. Final Cut Pro dilengkapi dengan lisensi berdurasi 6 tahun.

Harga LumaFusion

Dibandingkan aplikasi pengedit video yang berada dalam kategori yang sama, LumaFusion memiliki sistem harga yang fleksibel. Para pengguna lebih memilih aplikasi dengan kreativitas dan antarmuka yang sederhana, hal itu terlihat jelas dengan banyaknya pengguna yang memilih untuk menikmati fleksibilitas sistem yang ditawarkan LumaFusion.

Untuk perangkat lunak fantastis semacam ini, yang menawarkan banyak pengeditan dalam satu waktu dengan efek profesional dan efek yang sangat detail, audio, dan warna, serta sekali bayar dengan harga semurah $29.99, LumaFusion menjadi sebuah aplikasi yang sempurna.

harga lumafusion

Meskipun tidak ada kebijakan masa percobaan, pembaruan dan perbaikan terbaru LumaFusion dapat menjadikannya aplikasi yang mendominasi dunia pengeditan.

Di samping itu, Anda selalu bisa mencoba Filmora secara gratis yang populer di kalangan pemula dan profesional!

Download Versi Windows Download Versi Mac

Final Cut Pro X atau LumaFusion: Antarmuka

Final Cut Pro X

Banyak fitur yang disukai para profesional ada di versi Final Cut Pro. Lebih tepatnya, fitur lanjutan seperti tinjauan Magnetik Timeline tanpa trek dan tool yang baik untuk membelah dan memotong video yang membuat aplikasi ini makin menakjubkan. Anda dapat mengedit, membelah, dan memotong video dengan beberapa kali klik pada tetikus Anda serta melakukan undo pada perintah manapun dengan mudah.

Antarmuka FCPX

Final Cut Pro X dilengkapi dengan tool yang memiliki efisiensi tinggi yaitu Compound Clips. Fitur ini membantu Anda mengelompokkan klip, efek, dan audio dalam satu ruang sehingga mereka menjadi rangkaian yang tersinkronkan secara sempurna.

Fitur ini juga dilengkapi dengan fitur Roles yang membantu menjelaskan klip tertentu, dari judul video, dialog, efek, dll. Compound Clips adalah tool pengorganisir yang bagus agar Anda dapat mengidentifikasi trek apa yang sedang Anda putar.

LumaFusion

LumaFusion terkenal karena portabilitas dan antarmukanya yang mudah digunakan. Inilah mengapa saya merekomendasikan aplikasi ini untuk pemula. Akan tetapi, LumaFusion memiliki kesamaan dengan kebanyakan tool pengedit video profesional. Aplikasi ini memiliki fitur antarmuka mengedit seperti monitor tinjauan, panel pencarian, klip sumber yang membantu Anda mengidentifikasi pengeditan timeline di dalam beberapa trek timelinenya.

Antarmuka LumaFusion

Meskipun banyak pengguna memilih LumaFusion dibandingkan dengan aplikasi editing berbasis ponsel lainnya, banyak orang berpikir aplikasi ini dikenalkan secara penuh pada versi Mac karena tombol-tombolnya terkesan lebih kompleks untuk sebuah aplikasi. Hal itu juga karena kegunaan layar tinjauan hampir tidak relevan karena kurang besar ketika ditampilkan di layar ponsel.

Akan tetapi, fitur tarik dan taruh membuat LumaFusion mudah disukai karena antarmukanya yang tidak terlihat kompleks jika dibandingkan dengan tool lainnya.

Ringkasan Final Cut Pro X atau LumaFusion

Apakah LumaFusion layak dipilih?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Tim LumaFusion telah mencoba yang terbaik untuk mengembangkan tool yang hebat ini. Dengan kecepatannya dalam menyambut banyak fitur lanjutan, tool ini bisa menjadi perangkat lunak pengedit yang paling sering digunakan di iOS. Sayangnya, saat ini Anda tidak dapat menjalankan LumaFusion di Android atau Windows. Namun, semoga pembaruan dan penyesuaian berikutnya dapat mengenalkan aplikasi ini di perangkat lainnya dan memiliki kompatibilitas dengan OS.

Terakhir, jika Anda mencari aplikasi dengan biaya rendah untuk mengerjakan proyek kecil dengan sedikit tekanan tetapi membutuhkan lebih banyak produktivitas, maka LumaFusion adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Kemungkinan besar Anda akan mengurangi tekanan membawa layar yang besar dan juga mengurangi menekan tetikus Anda hingga 70%.

Selain itu, dengan sekali bayar $29, Anda dapat menghemat uang sambil menikmati proses mengedit selamanya! Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, jika Anda mencari perangkat lunak atau tool pengedit untuk mengurus proyek besar dengan efek lanjutan, opsi ini bukanlah pilihan Anda.

Mengapa Anda harus mencoba Final Cut Pro X?

Opsi mengedit berdefinisi tinggi, efek audio profesional, dan setidaknya 1300 efek suara bebas royalti adalah beberapa alasan editor profesional memilih Final Cut. Meskipun semua perangkat lunak memiliki kekurangan, Final Cut Pro X telah terbukti efisien sebagai tool lanjutan untuk para profesional yang ingin memberikan hal terbaik. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih rumit tetapi memberikan efek dan manipulasi yang lebih detail dengan beberapa klik dan pola penarikan sederhana.

Jadi, jika Anda mencari perangkat lunak untuk mengurus proyek mengedit dalam jumlah besar, Final Cut Pro X adalah pilihan yang lebih tepat untuk Anda. Meskipun harganya sebesar $199 untuk opsi Pro Bundel, aplikasi ini layak untuk dibeli.

Setiap cabang Final Cut Pro X cocok untuk pengguna profesional karena pendesain aplikasi ini fokus dalam membuat proyek kompleks menjadi ideal. Inilah mengapa banyak editor profesional memilihnya. Akan tetapi, antarmuka pengguna yang fleksibel dari LumaFusion lebih banyak disukai akhir-akhir ini.

Nyatanya, kedua aplikasi ini memberikan layanan yang sama dengan tingkat yang sangat mahir. Namun, pilihan Anda sangat bergantung pada kebutuhan Anda. Jadi, pertama-tama, pertimbangkan faktor kebutuhan Anda sebelum membeli salah satu aplikasi tersebut.

author avatar
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Shanoon Cox

staff Editor