filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
filmora-header
Panduan
Persyaratan Sistem
Apa yang Baru
Ulasan
Filmora X vs FilmoraPro
COBA GRATIS
BELI SEKARANG

Pengeditan Gambar

Bercerita dengan gambar adalah cara yang sangat menarik. Dengan Filmora (Filmora Versi X terbaru), menambah, mengelola, dan mengedit gambar menjadi mudah. Fitur editing yang mudah digunakan dan puluhan filter dan efek overlay dapat meningkatkan gambar Anda.

Dalam panduan ini, pelajari cara:

1. Menambahkan Gambar ke Trek Video

Untuk menambahkan gambar ke trek video, posisikan Playhead pada lokasi di mana gambar akan disisipkan. Klik kanan pada gambar di pustaka media dan pilih Insert. Jika Anda ingin menambahkan gambar ke akhir video, maka Anda dapat memilih Append (add to the end).

Anda juga dapat mengeklik gambar di pustaka media dan menyeretnya ke timeline yang Anda inginkan, lalu letakkan file tersebut di sana.

Jika ada bilah hitam di sekitar gambar Anda di pratinjau, berikut cara menghapusnya:

Pergi ke File dan pilih Pengaturan. Di panel Settings, pindah ke tab Editing dan masuk ke Photo Placement, lalu pilih Crop to Fit atau Pan & Zoom. Proses ini akan menerapkan Crop to Fit atau Pan & Zoom ke seluruh gambar Anda.

panel editing gambar

Catatan: Jika Anda ingin menyisipkan gambar ke bagian tengah video klip, Anda perlu memisahkan klip di bagian yang ingin Anda tambahkan file gambar. Dengan begitu, gambar dapat ditempatkan di antara dua klip yang terpisah.

2. Menambahkan Gambar sebagai Overlay

Seret gambar Anda ke trek video yang ada video klip Anda di dalamnya.

Catatan: Trek video 1 berada di layer bawah video Anda. Semua yang Anda tambahkan ke trek video di atasnya (trek video 2 dan seterusnya) akan muncul di atas media mana pun di dalam video trek 1 atau video mana pun dengan nomor terendah (misalnya, gambar di trek video 4 akan berada di layer atas media pada trek video 1-3). Anda dapat menambahkan hingga 100 trek video.

3. Mengedit Gambar

Mengubah Durasi Gambar

Ketika menambahkan gambar ke timeline, durasi default-nya adalah 5 detik. Namun, Anda bisa menambah atau mengurangi durasi tampil gambar tersebut jika Anda ingin.

Ada dua cara mengubah durasi tampilnya sebuah gambar:

  • Seret tepi kiri atau kanan gambar pada timeline (bukan gambar pada pratinjau) untuk mengubah durasinya.
  • Klik kanan pada gambar target dan pilih Duration untuk membuka panel Duration Setting dan menginput durasi baru.

mengubah durasi gambar

Mengubah Posisi Gambar

Seret gambar ke jendela Pratinjau untuk mengatur posisinya. Jika ingin mengubah ukuran gambar, seret lingkaran kecil dan persegi di bagian ujungnya.

Merotasi atau Flip Gambar

Klik dua kali pada gambar di timeline untuk membuka panel Image. Buka Transformasi dan pindahkan penggeser di sebelah Rotasi pada gambar.

rotate-image-filmorax

Untuk flip gambar, klik ikon Balik Horizontal untuk membalikkan gambar dari kiri ke kanan atau ikon Balik Vertikal untuk membalikkan gambar dari atas ke bawah

Menggabungkan Gambar dan Video

Setelah menambahkan gambar sebagai overlay, Anda juga bisa menyesuaikan opasitas (transparansi) dan menambahkan mode blending (membuat video dengan gambar yang digelapkan atau diwarnai bagian latarnya).

mode komposisi gambar

Klik dua kali pada gambar untuk masuk ke bagian Image Settings, lalu buka Komposisi. Pilih mode blending dari menu drop-down (pilihannya terdiri dari Screen, Darken, Multiply, dan banyak lagi). Anda juga dapat memindahkan penggeser Opacity untuk menyesuaikan transparansi pada gambar.

Menyesuaikan Warna Gambar

Klik dua kali pada gambar, kemudian pindah ke tab Color. Dalam menu Color, Anda dapat menyesuaikan suhu gambar, warna, kontras, saturasi, dan kecerahan. Anda juga dapat menerapkan efek LUT 3D. Untuk koreksi warna yang lebih canggih, klik tombol Advanced dan tekan tombol OK untuk menyimpan perubahan.

adjust image color

Terapkan Preset Animasi ke Gambar

Tambahkan animasi ke gambar Anda:

Klik dua kali pada gambar di timeline dan pindah ke tab Animasi. Seret preset animasi ke gambar sesuka hati Anda.

 terapkan gambar animasi

Catatan: Jika Anda ingin mengkustomisasi animasi sendiri, Anda bisa membaca Kustomisasi Animasi dengan Keyframing.