filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Video Editing Software for YouTube
  • Modern & Easy to Use.
  • Over 300 effects for YouTubers.
  • Exclusive filters and overlays for beauty, travel, cooking videos, etc.
  • 100+ royalty-free music at your choice.
  • Export to local disk or upload to YouTube directly.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang YouTube Shorts Fund

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Semenjak Snapchat meluncurkan format tersebut dan TikTok juga mengikuti jejak yang sama, maka video vertikal berdurasi pendek saat ini dapat ditemukan dimana saja, termasuk platform favorit kita semua, yaitu YouTube. Instagram mengikuti video serupa dengan fitur-fitur Reel dan Story nya, serta Facebook meniru format serupa dengan Facebook Stories.

Maka dari itu, tren video vertikal meledak selama masa pandemi.

YouTube Shorts adalah fitur baru yang membantu para kreator untuk mengunggah video vertikal berdurasi pendek ke dalam platform, dengan berbagai macam peningkatan seperti TikTok, mulai dari teks penuh warna, foto, dan juga penambahan musik.

filmora

YouTube Shorts Fund sangat identik dengan YouTube Shorts. Ini merupakan konsep yang menarik untuk dipelajari karena juga terkait dengan platform yang besar tersebut.

Apa bagian terbaik dari YouTube Shorts? YouTube telah memberikan perhatian mereka dalam membantu para kreator monetisasi Shorts dan mengubahnya menjadi aliran pendapatan yang pasti. Oleh karena itu, perusahaan ini memutuskan untuk membayar para kreator minimal $100 juta untuk monetisasi YouTube Shorts mereka selama 2022.

Berikut ini kami akan memberi tahu Anda bagaimana cara menghasilkan uang melalui YouTube Shorts serta beberapa tips monetisasi. Silakan menonton video di bawah ini:

Bagian 1: Apa itu YouTube Shorts Fund?

YouTube Shorts Fund merupakan bagian dari skema monetisasi YouTube Shorts. Terdapat dana $100 juta yang terdistribusi selama 2021-2022.

Berdasarkan situs web resmi YouTube, semua orang dapat berpartisipasi dalam pendanaan ini hanya dengan membuat video singkat yang unik dan menarik, serta mampu menghibur pengguna YouTube.

Setiap bulan, YouTube menghubungi para kreator yang video singkatnya mendapatkan penayangan serta perhatian terbanyak untuk memberikan penghargaan terhadap kontribusi mereka. YouTube juga meminta mereka untuk memberikan ulasan dalam upaya pengembangan produk yang YouTube miliki. Jadi, aktivitas ini berkaitan dengan kelayakan YouTube Shorts Fund.

Meskipun begitu, YouTube Shorts Fund ini secara umum tidak terbatas hanya diperuntukkan untuk para kreator dari program YouTube saja. Kreator tersebut harus layak untuk berpartisipasi jika mereka mengikuti semua Panduan Komunitas dan membuat konten orisinil untuk video singkatnya.

Selain itu, YouTube terus membagikan detail-detail tambahan selagi mereka lebih dekat dengan konsep tersebut.

Masa Depan Monetisasi Video Singkat

Seperti yang telah didiskusikan sebelumnya, YouTube Shorts Fund merupakan langkah pertama di dalam perjalanan mereka dalam membangun YouTube Shorts, dengan model monetisasi.

Bahkan pihak YouTube sangat bersemangat untuk mulai memberikan penghargaan terhadap para kreator untuk kontribusi mereka melalui YouTube Shorts Fund. Tidak hanya itu, mereka akan memperluas pemutar video singkat mereka ke semua bidang YouTube untuk membantu masyarakat dalam mencari seniman baru, kreator, dan video singkat untuk dinikmati.

Secara singkat, YouTube telah membantu seluruh generasi kreator dan seniman dalam mengubah kreativitasnya menjadi bisnis dengan memanfaatkan YouTube Shorts Fund. YouTube telah membayar lebih dari $30 miliar ke para seniman, kreator, serta perusahaan media selama tiga tahun belakangan ini. Mereka tetap berkomitmen untuk mendukung para kreator muda di generasi yang akan datang saat memperkenalkan YouTube Shorts Fund.

Bagian 2: Bagaimana Cara Bergabung/Mendaftar ke YouTube Shorts Fund?

Pertama-tama, ketahuilah bahwa setiap kreator di platform ini pantas untuk mengetahui kelayakan dari YouTube Shorts Fund.

Channel Anda harus mematuhi semua persyaratan kelayakan yang ada untuk dapat mengaktifkan monetisasi YouTube Shorts.

Kanal Anda juga harus memiliki banyak pelanggan dan empat ribu jam penayangan untuk dapat bergabung dengan Program Partner YouTube ini. Akan tetapi, situasi ini sedikit berbeda jika membicarakan tentang kelayakan YouTube Shorts.

YouTube Shorts Fund hanya memberikan satu persyaratan kriteria kelayakan untuk dapat mengetahui cara bergabung dengan YouTube Shorts Fund. Anda harus membuat konten orisinil yang dapat menghibur penonton.

Anda tidak harus menjadi bagian dari Program Partner YouTube, dan channel Anda juga tidak harus memenuhi persyaratan untuk monetisasi. Shorts Fund terbuka untuk setiap kreator.

YouTube akan secara langsung menghubungi para kreator mengenai dananya.

Selama ini, tidak ada pengaplikasian secara langsung untuk YouTube Shorts Fund. Para kreator tidak bisa meminta undangan atau mendaftarkan diri mereka sendiri ke dalam pendanaan. Satu-satunya cara agar Anda dapat bergabung adalah dengan melalui undangan langsung dari pihak YouTube.

YouTube akan membagikan dana ini dari Short Fund secara bergiliran. Para kreator yang sudah mencapai jumlah penayangan dan memiliki perhatian tertinggi di dalam YouTube Shorts, maka mereka akan mendapatkan penghargaan. YouTube berencana untuk menghubungi para kreator setiap bulan.

Hal ini akan membantu Anda agar terus membuat konten yang bagus sebagai persiapan untuk YouTube Shorts fund.

Cara terbaik adalah dengan terus mengunggah konten yang luar biasa. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk terus membuat YouTube Shorts berkualitas yang menarik perhatian penonton secara luas. Video singkat ini dapat meningkatkan jumlah penonton Anda sehingga channel YouTube Anda akan berada di radar YouTube.

YouTube Shorts fund merupakan kesempatan yang ideal bagi para kreator dari segala tingkatan untuk mengaktifkan monetisasi YouTube Shorts.

Bagian 3: Bagaimana Cara Mengklaim Pembayaran Bonus dari YouTube Shorts Fund?

Untuk mengetahui bagaimana cara mengklaim bonus dari YouTube Shorts fund, Anda diharuskan untuk melalui beberapa langkah berikut ini:

  • Menerima persyaratan
  • Menghubungkan ke akun AdSense yang aktif

Para kreator yang tidak mempunyai akun AdSense dapat mengaturnya secara langsung di YouTube sebagai bagian dari prosedur klaim. Setelah Anda berhasil mengklaim YouTube Shorts fund Anda atau mengklaim pembayaran bonus, maka jumlah tersebut akan ditambahkan ke biaya AdSense bulanan Anda.

Hal ini merupakan keputusan yang adil bagi channel-channel yang membuat atau mempublikasikan konten non-orisinil, yaitu video yang diunggah kembali dari kanal lain, dan video dengan logo serta watermark dari platform media sosial lain, sehingga channel tersebut tidak cukup layak untuk mengklaim pembayaran bonus dari YouTube Shorts fund.

Sebagai tambahan dari YouTube Shorts fund, YouTube menyediakan metode lain di mana para kreator bisa memiliki pendapatan lebih dari konten YouTube mereka dan membangun bisnis melalui platform tersebut. Hal ini mencakup barang dagangan, iklan, YouTube BrandConnect, serta keanggotaan channel, dan yang lainnya.

Bagian 4: FAQ tentang YouTube Shorts Fund

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang YouTube Shorts fund untuk dijadikan referensi Anda.

1. Bagaimana cara membuat YouTube Shorts menjadi viral?

Jika Anda ingin menjadi viral di YouTube Shorts secara cepat, maka Anda harus mengikuti prosedur secara konsisten. Pemasaran digital bukanlah roket sains. Untuk seseorang, butuh satu hari untuk menjadi viral, tapi untuk yang lain butuh waktu setahun untuk menjadi viral. Anda hanya perlu membuat konten yang luar biasa dan unik secara konsisten.

2. Berapa lama durasi YouTube Shorts?

YouTube Shorts memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 60 detik dengan kamera multi-segmen.

3. Bisakah YouTube Shorts mempunyai hak cipta?

Bisa! Akan tetapi, Anda dapat menambahkan apa pun dari audio YouTube ke musik yang bebas hak cipta ke dalam konten video YouTube Shorts Anda.

4. Mengapa YouTube Shorts saya tidak mendapatkan banyak penayangan?

Pikirkan kembali langkah yang telah Anda lakukan jika Anda tidak mendapatkan penayangan di YouTube Shorts.

Alasan umum untuk hal ini adalah karena Anda tidak menarik perhatian penonton. Semakin pendek konten, maka semakin berharga setiap detiknya. Atau, mungkin saja pelanggan Anda lebih menyukai konten yang berdurasi panjang.

5. Apakah Anda bisa mengunggah video ke YouTube Shorts?

Video yang berdurasi lebih dari 60 detik harus dipotong dengan pengedit video. Untuk video yang berdurasi lebih panjang dari 60 detik, maka Anda harus menekan tombolEdit ke dalam video untuk memotong video menjadi 60 detik atau kurang.

Kesimpulan

Jika Anda telah membuat video vertikal berdurasi pendek atau mempunyai kanal YouTube, maka cobalah YouTube Shorts. Hal ini dapat mengaktifkan monetisasi YouTube Shorts fund atau membangun pendapatan lebih untuk kanal Anda dan basis pelanggan Anda.

Jika Anda tidak pernah menggunakan YouTube sebelumnya, maka akan menjadi alasan yang baik untuk mencoba YouTube Shorts. Menjelajahi YouTube dapat menjadi sebuah tantangan - dengan cakupan yang cukup luas dan monetisasi yang cepat, YouTube menyediakan banyak keuntungan bagi para kreator video singkat.

Kebanyakan orang mungkin tidak akan tertarik jika perusahaan lain meluncurkan platform video vertikal berdurasi pendek. Namun karena Shorts hadir dan berasal dari sebuah platform besar seperti YouTube - yang mempunyai jumlah penonton yang besar, memiliki keramahan bagi para kreator, dan dengan dukungan dari Google - kreator video dan individu kreatif harus mencoba platform baru ini. Selain itu, penambahan dana $100 juta YouTube Shorts fund di dalam dukungan finansial adalah keuntungan ekstra.

page_title:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang YouTube Shorts Fund

author avatar
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Shanoon Cox

staff Editor