Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Bagaimana cara menggunakan efek green screen Instagram

author avatar

May 30, 2024• Proven solutions

Green screen IG adalah efek unik yang bisa digunakan untuk menambah efek khusus ke videomu. Dengan beberapa sentuhan, kamu bisa terbang ke tempat eksotis atau muncul di adegan film keren secara virtual. Namun, banyak orang tidak sadar bagaimana cara menggunakan efek green screen Instagram. Dan hal yang serupa bisa dikatakan untuk fungsi Instagram Reels, yang memperbolehkanmu membuat klip pendekmu sendiri dan membagikan atau mempostingnya di aplikasi. Maka dari itu, di artikel ini, kami akan mencari tahu bagaimana kamu bisa memanfaatkan efek green screen Instagram dan Instagram Reels!


Bagian 1: Bagaimana cara menggunakan efek green screen di IG

green screen Instagram adalah salah satu hal yang paling sering dibicarakan mengenai Instagram sejak tahun lalu. Hal itu memungkinkan efek bergaya Hollywood sebagai background ketika kamu duduk di rumah. Kamu sekarang bisa bepergian ke destinasi yang berbeda secara virtual dengan menggunakan efek green screen. Kamu juga bisa mengimpor stiker lain dan poster klasik ke dalam backgroundmu untuk membantu produk green screen tersebut.

Background hijau tersebut dapat diganti dengan berbagai pemandangan atau background apapun yang bisa kamu bayangkan. Sekarang, jika kamu mau membuat sebuah video Snap atau Instagram di destinasi yang penuh petualangan, kamu tidak harus pergi ke sana. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan background virtual dengan bantuan efek green screen Instagram.

Jika kamu belum pernah mendengar tentang efek green screen Instagram, maka jangan khawatir. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan efek ini di Instagram, dan untuk ini, kami akan mengupasnya untukmu. Pada bagian ini, kami akan mendiskusikan metode bertahap untuk menggunakan efek green screen Instagram. Kalau begitu, mari kita mulai:

Langkah 1: Luncurkan Instagram

Hal pertama yang harus dilakukan, luncurkan aplikasi Instagram di ponselmu untuk memulai. Sekarang klik ikon +kecil di gambar profilmu untuk memulai sebuah Instagram Story.

Langkah 2: Jelajahi opsi efek

Kamu akan melihat prompt efek, dan kamu perlu menggeser ke kanan sampai kamu mendapatkan opsi Jelajahi Efek.

Langkah 3: Cari green screen

Sekarang ketuk pada opsi pencarian dan ketik green screen. Beberapa efek akan muncul setelah pencarian, tapi kita membutuhkan efek green screen instagram, yaitu yang ditawarkan oleh Instagram. Tandai efek itu supaya dapat kamu simpan untuk digunakan.

Filter green screen Ins

Langkah 4: Ketuk pada tambahkan media

Ketuk pada opsi tambahkan media untuk ditambahkan ke background. Unggah sebuah video atau gambar untuk backgroundnya. Setelah itu, tarik dirimu ke area di mana kamu ingin melihat dirimu sendiri.

tambahkan filter green screen Ins

Langkah 6: Tambahkan ke Story atau unduh

Sekarang entah kamu ingin menambahkannya ke Story Instagram-mu dengan mengetuk opsi di kiri bawah atau mengunduhnya ke perpustakaan ponselmu dengan cara klik opsi unduh.

unduh video green screen Ins

Bagian 2: Bagaimana cara menggunakan green screen di Instagram Reel

Instagram telah meluncurkan Instagram Reel, dan semenjak itu, orang-orang menjadi gila karenanya. Tapi dengan menjadi fitur baru, tidak banyak yang diketahui tentangnya. Instagram telah menambahkan beberapa fitur baru pada fungsi Reels yang membiarkan pengguna merekam video mereka dan mengunggahnya langsung menggunakan aplikasi Instagram. Salah satu fitur unggulannya adalah efek green screen Instagram.

Fitur green screen pada Instagram Reels memungkinkanmu untuk menambahkan background virtual ke video dan gambarmu. Kamu bisa saja duduk di ruanganmu, tapi fitur ini dapat membuatmu terlihat kamu sedang liburan di suatu tempat. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengimpor media sebagai backgroundmu. Kamu juga dapat menggunakan filter sebagai backgroundmu untuk membuatnya menjadi lebih menarik.

Beberapa kreator telah mengunggah filter green screen mereka untuk Instagram Reels. Terlebih lagi, Instagram telah secara resmi membuat efek green screen untuk penggunanya. Tapi kamu perlu tahu bagaimana cara menggunakan green screen di Instagram Reel sebelum kamu memulai. Langkah-langkah berikut dapat membantumu:

Langkah 1: Luncurkan aplikasi

Kamu harus meluncurkan aplikasi Instagram di ponselmu untuk menggunakan efek green screen Instagram.

Langkah 2: Ketuk pada Story

Klik pada gambar profil di pojok kiri atas, bernama ceritamu, untuk memulainya. Sekarang, geser ke kanan sampai kamu menemukan opsi Reels.

Langkah 3: Pilih Reels

Sekarang pilih opsi Reels. Sebuah panel akan muncul di sisi kanan, dan kamu harus memilih efek dari sana. Ingatlah kalau efek green screen belum tersedia, jadi kamu harus mencarinya. Geser sampai ke bagian paling kanan hingga kamu menemukan opsi Jelajah Efek.

Langkah 4: Cari green screen

Sekarang, cari green screen di menu pencarian lalu klik opsi pertama untuk melihat efek green screen resmi. Sekarang unduh efek tersebut menggunakan opsi unduh.

Langkah 5: Tambahkan media

Sekarang unggah mediamu menggunakan opsi tambahkan media. Sekarang tarik dirimu ke tempat di mana kamu ingin melihat dirimu sendiri. Kamu juga dapat menambahkan stiker dan GIF sebagai background. Setelah itu, kamu sudah siap untuk video Reels-mu.

Video di bawah ini menunjukkan beberapa trik green screen menarik, jangan sampai ketinggalan.

Download Versi Win Download Versi Mac

Langkah 3: Bagaimana cara menghapus background dari video Instagram tanpa efek green screen

Instagram telah memperbaharui aplikasinya untuk mendukung bentuk video yang lebih panjang bernama IGTV untuk pembuat konten. Terima kasih ke pada IGTV, Instagram sekarang mendukung video lebih panjang dari 60 detik di feed utama. IGTV hanya mendukung video berdimensi terbatas, yaitu, rasio minimal 4:5 dan maksimal 9:16.

Akan tetapi, Instagram juga mendukung video lanskap, video potret, dan video kotak. Menjadi pembuat konten, kamu memerlukan editor video yang baik untuk mengedit dan menghapus background dari video Instagram-mu. Kami akan merekomendasikan Filmora untuk mengedit video Instagram-mu. Ada beberapa keunggulan jika mengedit video IGTV melalui Filmora:

  • Kamu bisa kustomisasi videomu atau potret ke rasio apapun selai rasio umum. Hal ini bisa dilakukan dengan membuka Setelan file proyek dan memasukkan rasio yang kamu mau untuk kustomisasi proyekmu.
  • Dia mendukung beberapa format video audio dan memungkinkanmu untuk menyesuaikan kecepatan bingkai, kecepatan video, dll. Kamu bisa langsung mengunggah video di Instagram dan media sosial lain setelah kamu selesai mengedit.
  • Dia juga memiliki filter bawaan yang didesain secara khusus untuk video IGTV. Dia juga memiliki banyak efek khusus untuk membuat videomu terlihat profesional.
  • Kamu bisa kustomisasi videomu dan menambah teks seru serta subtitel untuk membuatnya lebih menarik.
  • Video akhirnya dapat langsung diekspor ke platform media sosial.

Al Portrait di Filmora adalah cara terbaik untuk menghapus background video Instagram tanpa efek green screen Instagram. Dia dapat menghapus background video IGTV tanpa memengaruhi pergerakan dan pencahayaan. Langkah-langkah berikut bisa membantumu mengetahui bagaimana cara menggunakannya untuk menghapus background.

Langkah 1: Impor media

Impor media yang mau kamu unggah ke Instagram ke Filmora. Lalu pilih AI Portrait dari efek pada menu.

tambahkan media ke Filmora

Langkah 2: Tambahkan efek AI Portrait untuk menghapus background video

AI Portrait bukanlah modul gratis, jadi kamu harus membeli atau mencobanya gratis. Ada berbagai aset di bawah AI Portrait, untuk menghapus background video dan mengisolasi manusianya, kamu perlu menambahkan segmentasi manusia ke linimasa. Putar video sekali untuk memeriksa segmentasi efek yang sudah kamu terapkan di videomu.

tambah efek segmentasi manusia di Filmora

Langkah 3: Sesuaikan efek

Efek berbeda memiliki setelan berbeda sehingga kamu bisa menyesuaikan efek sesuai kenyamananmu. Kamu harus klik dua kali pada video di linimasa lalu pergi ke efek video untuk menyesuaikan setelan Persentase, Ketebalan Sisi, Fitur Sisi, dan Alpha pada efek. Kamu juga bisa memilihkan perubahan yang sudah kamu buat dengan menekan tombol Restore.

tambahkan efek segmentasi manusia

Sekarang kamu telah memiliki video tanpa background, kamu bisa menambahkan background-mu sendiri untuk disusun bersama.

susun video green screen

Langkah 4: Ekspor video

Setelah kamu selesai dengan semua itu, kamu perlu mengekspor video ke desktop lebih dulu lalu mengunggahnya ke Instagram dari desktop. Tonton video tutorial di bawah ini untuk mencari tahu lebih banyak penggunaan kreatif dari Filmora AI Portrait.

Download Versi Win Download Versi Mac

Kesimpulan

Instagram telah membuka pintu dengan meluncurkan efek green screen Instagram untuk orang bersenang-senang ketika duduk di rumah. Tapi hanya beberapa orang yang tahu bagaimana cara menggunakan efek green screen di Instagram atau Instagram Reels.

Untuk menyelesaikan masalah ini, kamu telah membahas panduan langkah demi langkah untuk menggunakan efek green screen di Instagram. Kami sangat menrekomendasikan Ai Portrait dari Filmora untuk menghapus background dengan mulus dan cepat supaya mencapai video akhir berkualitas tinggi.

author avatar
Shanoon Cox
Shanoon Cox adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Bagaimana cara membuat ukuran video yang ideal untuk Instagram?

Apakah Anda ingin menggunakan rasio aspek Video Instagram dengan tepat? Apakah Anda sedang mencari software yang efisien untuk melakukan hal ini? Nah, Anda telah tiba di tempat yang tepat untuk menemukan software sempurna yang dapat memenuhi kebutuhan Anda secara optimal.

by Shanoon Cox May 10, 2024 19:54 PM

Batas Durasi Video Instagram - Setiap Detil yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda bingung dengan batasan durasi video Instagram? Berikut adalah batas waktu yang tepat yang perlu Anda ketahui, serta beberapa solusi untuk membantu Anda mengelabui batasan tersebut.

by Shanoon Cox May 10, 2024 19:53 PM

Tips Berguna untuk Membuat Video Instagram Anda Viral

Apakah Anda ingin tahu tentang video viral di Instagram? Bersiaplah untuk mempelajari tentang video viral terbaik di platform Instagram. Anda dapat menggulir ke bawah untuk mengetahui lebih lanjut.

by Shanoon Cox May 10, 2024 19:52 PM

author avatar

Shanoon Cox

staff Editor