filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Cara Merekan Layar di Laptop Dell

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Jika Anda adalah pengguna laptop Dell, pasti ada masanya saat kamu ingin merekam aktifitas layarmu dan mengirimkannya ke teman dan kolegamu. Anda harus merekam layar di laptop Dell ketika ingin membuat video tutorial dan post online. Faktanya, Anda bahkan bisa merekam permainanmu di Laptop Dellmu dan mengunggahnya di platform video streaming.

Untuk merekam layar laptop Dell, Anda membutuhkan perekam layar. Ada beberapa perekam layar yang gratis dan premium tersedia. Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi perekam layar khusus di laptop Dellmu, Anda juga dapat memilih perekam layar online. Di artikel ini, kami telah mengilustrasikan cara merekam layar di laptop Dell dengan berbagai cara memungkinkan.

Cara 1. Rekam dengan Game Bar

Kemungkinan besar Anda telah menginstal Windows 10 di laptop Dellmu. Windows 10 hadir dengan perekam layar bawaan yang disebut Game Bar. Anda dapat merekam layar dan mengambil screenshot sesuai kebutuhanmu. Bahkan Anda dapat merekam audio mic external. Selain itu, Anda dapat melihat perfoma sistem dari widgetnya. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat copy dan paste di mana saja. Selain itu, Anda dapat membagikannya di Twitter secara langsung. Berikut adalah langkah cara merekam layar di laptop Dell menggunakan Windows Game Bar.

Langkah 1: Tekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar di layar laptop Dell Anda.

Langkah 2: Siapkan layar yang ingin Anda rekam. Ketika sudah siap, klik tombol Record di toolbar Capture untuk mulai merekam. Atau, Anda dapat menekan tombol Windows + Alt + R bersamaan untuk mulai merekam.

layar laptop dell game bar

Langkah 3: Tekan Windows + Alt + R bersama untuk berhenti merekam. File yang terekam tersedia di Widgets > Gallery.

Cara 2. Menggunakan VLC Screen Recorder

Walaupun Window Media Player adalah media player bawaan di Windows, pengguna lebih tertarik dengan VLC Media Player. Karena VLC Media Player mendukung format file yang lebih banyak dan lebih banyak pengaturan yang tersedia seperti meningkatkan suara audio. Yang terpenting, kamu dapat menggunakan VLC Media Player untuk merekam layar di laptop Dell dan melihat hasil rekaman dengan mudah di VLC Media Player. Berikut adalah langkah merekam layar di laptop Dell menggunakan VLC Media Player.

Langkah 1: Buka VLC Media Player dan pergi ke pilihan Media> Convert/Save.

vlc screen recorder

Langkah 2: Buka tab Capture Device dan ubah Capture Mode ke Desktop.

vlc capture device tab

Langkah 3: Di bawah bagian Destination, klik Browser untuk memilih folder tujuan serta nama file tujuan.

bagian vlc destination

Langkah 4: Terakhir, klik tombol Start untuk mulai merekam layar Anda. Anda dapat berhenti merekam kapan saja. Video yang terekam akan tersedia di destination file yang kamu pilih sebelumnya.

Cara 3. Rekam Layar Dell dengan OBS

OBS Studio adalah perekam layar open-source yang dapat merekam layar di laptop Dell. Softwarenya tersedia gratis dan memiliki pengaturan konfigurasi yang canggih. Anda dapat merekam layar sambil live stream di berbagai platform online melalui OBS Studio. Selain itu, Anda dapat merekam video dari perangkat eksternal merekam video. Berikut adalah langkah cara merekam layar di laptop Dell menggunakan OBS Studio.

Langkah 1: Download dan install OBS Studio. Luncurkan OBS Studio.

Langkah 2: Buka tab Sources dan klik ikon "+". Pilih Display Capture dari menu.

obs display capture

Langkah 3: Beri nama sesi rekaman layarmu dan klik tombol Ok. Jika Anda memiliki beragam unit Display, kamu dapat memilih salah satu yang ingin direkam.

obs klik tombol ok

Langkah 4: Anda dapat melihat layar tampilan di OBS window. Klik tombol Start Recording di bawah tab Controls. Rekaman akan mulai di background.

obs klik di tombol start recording

Langkah 5: Setelah Anda ingin berhenti merekam, buka OBS Studio dan klik Stop Recording.

Cara 4. Gunakan Screencast-O-Matic untuk Merekam Dell

Jika Anda tidak menginginkan perekam layar khusus untuk laptop Dell Anda, Anda dapat menggunakan perekam layar online di laptop Dell Anda. Kami merekomendasikan Screencast-O-Matic di mana Anda harus menginstal web launcher dan setelah itu, Anda dapat merekam layar dari situs web resminya. Anda dapat merekam layar serta webcam bersama sistem audio dan audio mikrofon untuk mengisi suara. Berikut adalah langkah cara merekam layar pada laptop Dell menggunakan Screencast-O-Matic.

Langkah 1: Kunjungi "screencast-o-matic.com" dan klik tombol Record for Free.

screencast o-matic untuk merekam dell

Langkah 2: Klik di Launch Free Recorder dan download web launchernya. Install web launchernya.

screencast meluncurkan perekam gratis

Langkah 3. Sekarang, kunjungi "screencast-o-matic.com/screen-recorder" dan klik Launch Free Recorder.

screencast o-matic com

Langkah 4: Setelah Anda memiliki Screencast-O-Matic, pilih pilihan Screen. Lakukan perubahan pada parameter sesuai kebutuhan.

pilihan screencast screen

Langkah 5: Untuk mulai merekam, klik tombol Rec di sudut kiri atas.

untuk screencast klik pada tombol rec

Langkah 6: Untuk berhenti merekam, klik Pause disertai tombol Done.

screencast pause

Cara 5. Rekam layar laptop Dell dengan Filmora

Perekam layar terbaik untuk laptop Dell adalah Wondershare Filmora. Ini adalah perekam layar premium dan Anda dapat edit rekamanmu seperti profesional. Anda dapat merekam layarmu dengan webcam dan rekam audio dari sumber yang berbeda. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan dan simpan rekamanmu di berbagai format. Video editor ini digunakan para profesional karena pilihan dan alatnya membuat video menjadi sangat menarik. Berikut adalah langkah merekam layar di laptop Dell.

Coba gratis

Untuk Win 7 atau lebih baru (64-bit)

Coba gratis

Untuk macOS 10.12 atau lebih baru

Langkah 1: Download dan instal Wondershare Filmora untuk Windows. Luncurkan Filmora dan klik Layar PC untuk merekam layar.

filmora merekam layar pc

Langkah 2: Pilih area layar rekaman dan pilih sumber audio. Pilihan “Record Camera Stream” tersedia jika Anda ingin merekam webcam beserta layar.

pengaturan rekaman filmora

Langkah 3: Klik tombol Record untuk mulai merekam ketika Anda siap. Tekan tombol F9 untuk berhenti merekam layar ketika selesai. Kamu dapat edit secara langsung dan ekspor di format file yang diinginkan.

ekspor projectnya

Kesimpulan

Kita telah menyimpulkan beragam cara untuk merekam layar di laptop Dell Anda. Anda dapat menggunakan Game Bar bawaan di Windows 10 jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi third-party. Jika Anda memiliki VLC Media Player yang terinstall, Anda dapat langsung menggunakannya sebagai perekam layar. OBS Studio adalah perekam layar yang bagus di mana Anda juga dapat melakukan streaming langsung. Screencast-O-Matic adalah perekam layar online yang dapat andalkan juga. Tetapi perekam layar terbaik adalah Wondershare Filmora di mana Anda dapat merekam dan mengedit video Anda langsung.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.