filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

5 Perekam Layar Terbaik untuk Windows 11

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Jika Anda pengguna Windows 11 dan sedang mencari perekam layar untuk merekam aktivitas layar Anda, Anda memiliki beberapa pilihan. Pertama-tama, Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan Xbox Game Bar sebagai perekam layar Windows 11 untuk merekam permainan Anda. Anda juga dapat menginstal aplikasi perekam video apa pun dari Microsoft Store sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga dapat menggunakan Microsoft PowerPoint untuk merekam aktivitas layar Anda dengan mudah. Tapi sebagian besar pengguna Windows 11 lebih memilih software perekam layar dari pihak ketiga. OBS Studio tersedia secara gratis tetapi Filmora merupakan perekam video terbaik untuk Windows 11. Berikut daftar lengkap perekam layar terbaik untuk Windows 11.

1. Xbox Game Bar

Tidak perlu menginstal aplikasi apa pun di Windows 11 jika Anda ingin merekam permainan Anda. Karena telah terdapat perekam layar bawaan yang disebut Xbox Game Bar. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka pengguna yang jelas dan intuitif. Terdapat banyak opsi dan pengaturan berguna yang tersedia untuk perekaman yang lebih baik. Anda juga dapat merekam tangkapan layar serta memutar ulang secara langsung. Anda dapat memantau kinerja sistem Anda saat merekam melalui widget-nya. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar di Windows dengan Game Bar.

Langkah 1: Tekan tombol Windows + G secara bersamaan untuk menjalankan Xbox Game Bar di PC Windows 11 Anda.

Langkah 2: Setelah Anda siap dengan layar yang ingin Anda rekam, klik tombol Record pada toolbar Capture. Atau Anda dapat menekan tombol Windows + Alt + R secara bersamaan untuk mulai merekam.

windows game bar

Langkah 3: Tekan tombol Windows + Alt + R saat Anda ingin berhenti merekam. Video yang sudah direkam akan tersedia di bagian Widget > Galeri.

2. Perekam Layar untuk Windows 11

Tersedia berbagai macam aplikasi perekam layar Windows 11 di Microsoft Store, yang Anda dapat gunakan untuk merekam layar Anda di Windows 11 dengan mudah. Kami telah memilih aplikasi Screen Recorder for Windows 11 yang merupakan perekam layar gratis dan Anda dapat merekam layar Anda dengan resolusi HD tanpa adanya watermark. Tidak ada batasan waktu perekaman dan aplikasi ini sangat mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar Anda dengan aplikasi Screen Recorder for Windows 11.

Langkah 1: Download dan instal "Screen Recorder for Windows 11" dari Microsoft Store.

screen recorder for windows 11

Langkah 2: Buka aplikasi dan klik tombol Record untuk merekam layar Anda dalam mode full screen.

tombol record pada screen recorder for windows 11

Langkah 3: Untuk berhenti merekam, klik tombol Stop pada Control panel. Video yang direkam akan tersimpan di dalam folder Video di komputer Anda.

3. PowerPoint

Sebagian besar pengguna Windows menginstal Microsoft Office di PC mereka untuk pekerjaan sehari-hari. Anda mendapatkan Microsoft PowerPoint beserta aplikasi Office lainnya, dan Anda bisa merekam layar Anda dengan PowerPoint secara langsung. Akan tetapi PowerPoint bukanlah sebuah alat penangkap layar Windows 11 yang lengkap, oleh karena itu, pilihan dan fiturnya terbatas. Namun Anda dapat merekam layar secara langsung, dan kemudahannya sangat disukai oleh para pemula. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar Anda dengan PowerPoint di Windows 11.

Langkah 1: Buka PowerPoint dan buka tab Insert> opsi Screen Recording.

powerpoint menyisipkan perekaman layar

Langkah 2: Control Dock akan muncul di layarmu. Pilih area perekaman dan aktifkan opsi Audio and Record Pointer.

ppt control dock

Langkah 3: Klik tombol Record pada Control Dock untuk mulai merekam.

Langkah 4: Untuk berhenti merekam, klik tombol Stop pada Control Dock.

Video yang sudah direkam akan ditambahkan ke slide Anda. Silahkan klik kanan pada video dan klik "Save Media As" untuk menyimpannya di dalam hard drive Anda.

4. Filmora

Jika Anda mencari perekam video Windows 11 yang profesional, kami merekomendasikan Wondershare Filmora. Ini adalah perekam video premium sekaligus pengedit video. Anda bisa merekam layar dan permainan Anda serta video webcam bersamaan dengan audio dari sumber yang berbeda. Tidak akan terjadi lag saat proses perekaman pada resolusi dan bitrate tinggi. Anda dapat mengedit rekaman Anda dengan pengedit video profesional bawaannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar Anda dengan Filmora.

Coba Gratis

Untuk Win 7 atau versi di atasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

Langkah 1: Download dan instal Wondershare Filmora. Buka Filmora dan klik opsi PC Screen untuk merekam layar Anda.

filmora merekam layar pc

Langkah 2: Pilih area layar perekaman dan pilih sumber audio. Anda dapat mengaktifkan opsi "Record Camera Stream" untuk merekam video webcam Anda.

pengaturan perekaman filmora

Langkah 3: Klik tombol Record atau tekan F9 untuk mulai merekam. Anda akan mengalami buffer selama beberapa detik untuk beralih ke aplikasi Anda untuk merekam.

atur audio

Langkah 4: Edit rekaman Anda dan klik tombol Export untuk menyimpan rekaman di dalam hard drive Anda.

5. OBS Studio

Jika Anda mencari software perekam layar Windows 11 gratis, OBS Studiolah favoritnya. Ia merupakan software open-source, dan memiliki fitur yang setara dengan yang Anda dapatkan di perekam layar premium. Anda dapat merekam layar dengan resolusi tinggi, dan Anda dapat mengambil video dari perangkat eksternal manapun. Pengaturannya sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut langkah-langkah merekam layar dengan OBS Studio di PC Windows 11.

Langkah 1: Download dan instal OBS Studio. Instal dan buka aplikasi OBS di PC Windows 11 Anda.

Langkah 2: Buka tab Sources, klik ikon "+". Pilih opsi Display Capture untuk merekam layarmu.

obs menampilkan tangkapan layar

Langkah 3: Anda harus memberi label pada sesi tangkapan layar Anda. Klik tombol Ok.

obs klik tombol ok

Langkah 4: Setelah Anda siap dengan layar yang akan direkam, klik tombol Start Recording yang terdapat di bagian Controls untuk mulai merekam.

obs klik tombol start recording

Langkah 5: Untuk berhenti merekam, klik tombol Stop Recording di bagian tab Controls.

FAQ terkait

1. Apakah Windows 11 memiliki perekam layar?

Ya, Windows 11 hadir dengan perekam layar bernama Xbox Game Bar. Selain itu, ada beberapa aplikasi perekam layar yang tersedia di Microsoft Store. Anda juga dapat menggunakan PowerPoint di Windows 11 untuk merekam aktivitas layar Anda.

2. Apa perekam layar gratis terbaik untuk Windows 11?

Wondershare Filmora adalah perekam layar terbaik untuk Windows 11. Anda bisa merekam dengan resolusi 4K jika Anda memiliki monitor 4K, dan Anda bisa mengedit rekaman Anda seperti seorang profesional. Bahkan, Anda dapat merekam layar serta video webcam bersama dengan sistem dan audio eksternal. Tampilan antarmuka penggunanya jelas, dan Anda dapat menyimpan rekaman Anda dalam format file yang berbeda.

3. Bagaimana cara merekam layar pada Windows 11 dengan audio?

Anda dapat merekam layar Anda di Windows 11 dengan Xbox Game Bar. Ini adalah aplikasi perekam layar bawaan yang telah terinstal pada Windows 11. Anda dapat merekam layar Anda dengan suara dari sistem dan juga audio dari mikrofon eksternal.

Kesimpulan:

Merekam layar di PC Windows 11 sudah menjadi mudah bagi para pengguna. Jika Anda ingin merekam permainan secara langsung, Anda dapat menggunakan Windows Game Bar yang telah tersedia. Anda juga dapat menginstal aplikasi perekam layar dari Microsoft Store. Jika Anda sudah menginstal Microsoft Office, Anda dapat menggunakan PowerPoint untuk merekam layar. OBS Studio adalah perekam layar gratis dengan fitur-fitur canggih. Tetapi kami merekomendasikan Filmora sebagai software penangkap layar terbaik untuk Windows 11.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.