filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Berdayakan Kreativitas Video Anda
  • Rasio aspek berbeda untuk video ponsel pintar
  • Kontrol video dan audio yang fleksibel
  • Ekspor video ke smartphone secara langsung

Aplikasi Kamera Terbaik untuk Foto dan Rekam Video di iPhone dan Ponsel Android

Dec 26, 2022• Proven solutions

Kamera ponsel pintar, terutama model terbaru, mampu dalam merekam video dengan hasil yang sangat bagus. Tergantung dari jenis video yang Anda buat, Anda bisa saja tidak butuh menggunakan kamera terpisah.

Mayoritas dari kamera ponsel sudah merekam full HD sekarang, dan beberapa bahkan sudah bisa fitur 4K. Merekam akan jadi hal yang sangat sulit dilakukan dalam kondisi yang kurang ideal, contohnya pencahayaan yang kurang. Anda tidak bisa membuat penyesuaian dan kustomisasi di pengaturan pada kamera ponsel cerdas seperti yang bisa anda lakukan di DSLR.

Anda tidak punya tingkatan kendali yang sama.

Tapi jangan khawatir - ada 5 aplikasi camera yang akan mengizinkan Anda untuk rekam video dan bahkan bisa lebih kreatif berdasarkan cara Anda menggunakan kamera ponsel Anda.

Bagian 1: Tips Bonus Cara Buat Video Anda Sendiri menggunakan Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah editor video yang sangat mengagumkan baik untuk staf profesional maupun pemula. Aplikasi ini adalah Antarmuka intuitif, rendering garis waktu yang cepat, pengaturan warna tingkat lanjut, dan efek video yang mengejutkan, dll yang menjadikan video Anda semakin menonjol! Download saja dan edit video ponsel cerdas Anda menggunakan Wondershare Filmora!

Download Filmora9 Win Version Download Filmora9 Mac Version

Bagian 2: 5 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Rekam Video di iPhone dan Android

Mari kita selami!

1. Open Camera - Gratis, Hanya untuk Android

open camera

Aplikasi kamera ini memberi Anda kendali pencahayaan, kilat, fokus, ISO, kecepatan foto, senter, dan keseimbangan warna putih. Banyaknya kendali yang dimiliki semuanya tergantung pada Anda. Jika mengatur semuanya secara manual akan merepotkan buat Anda, Anda bisa gunakan mode otomatis atau semi manual daripada menggunakan mode manual.

Fitur ini adalah aplikasi kamera yang baik dalam merekam selang waktu. Fitur yang mudah dibandingkan beberapa aplikasi yang lain di dalam daftar, karena sangat mudah untuk dipergunakan.

2. ProShot - $4, iOS atau Android

proshot app

Pro Shot membuat Anda bisa sesuaikan kecepatan bingkai, yang sangat penting ketika Anda ingin untuk rekam gerakan lambat atau video dengan jeda waktu. Anda juga bisa sesuaikan tingkat kecerahannya ketika merekam. Salah satu fitur yang paling berguna dari aplikasi kamera ini adalah bisa sediakan waktu yang nyata melalui pengukur level suara, jadi Anda tidak perlu terkejut dengan hasil suara rekaman yang kurang baik saat menonton video Anda kembali.

3. ProCamera - $5, Hanya iOS

aplikasi procamera

Aplikasi ini yang paling sering direkomendasikan sebagai aplikasi kamera untuk iPhone. Aplikasi ini mempermudah Anda untuk sesuaikan fokus, iOS, dan juga pencahayaan. Anda juga bisa mencoba filter yang berbeda dan efek yang ada di aplikasi. Hanya satu kelemahan dari aplikasi ini yaitu beberapa aplikasi tersebut punya fitur yang paling berguna, seperti Lowlight Plus yang merupakan aplikasi berbayar.

4. Sun Seeker - $10, iOS atau Android

aplikasi sun seeker

Sering kali saat Anda foto dengan ponsel Anda, Anda akan memotret di luar ruangan. Ketika Anda foto di luar ruangan, hal terpenting yang Anda perlu diperhatikan adalah memperhatikan bias sinar matahari. Sun seeker adalah aplikasi sempurna untuk mengetahui dimana posisi matahari berada di langit pada waktu tertentu, sehingga bisa memberi informasi kepada Anda waktu terbaik untuk keluar dan membuat video.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat video dengan pencahayaan alami, cek Tips Pencahayaan dalam Ruangan.

Selain untuk melacak posisi matahari, Sun seeker menyediakan tampilan yang nyata dari jalurnya, dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi pencahayaan di lokasi tertentu.

5. FiLMiC Pro - $10, iOS atau Android

aplikasi filmic pro

Aplikasi ini mungkin merupakan aplikasi kamera serba guna terbaik yang tersedia. Aplikasi ini memberi Anda kontrol yang sama seperti mengendalikan atas kamera ponsel cerdas Anda seperti yang ada miliki di DSLR. Anda bisa menyesuaikan secara manual fokusnya, pencahayaan, ISO, kecepatan foto, warna dan temperatur warna. Disini bahkan ada filter audio dengan proses suara, jadi Anda bisa mengambil audio yang lebih baik ketika Anda sedang merekam sehingga mengurangi waktu edit.

Kata-Kata Penutup

Karena kamera telepon sudah berkinerja dengan baik, lebih mudah untuk lakukan penyesuaian daripada membuatnya menjadi lebih rumit. Tetapi, akan ada kondisi dimana Anda butuh untuk melakukan penyesuaian. Apakah video yang Anda buat dalam ruangan di malam hari punya kualitas yang rendah daripada yang direkam di siang hari, contohnya? Jika Anda bisa atur standar ke ISO yang tinggi, Anda akan bisa memperbaikinya.

Contoh lain: beberapa hari yang lalu, ada pertanyaan tentang merekam video dengan layar hijau di perangkat seluler. Satu dari anggota komunitas, Vivekpanwar, mengalami masalah mengenai hasil yang buram. Hasil yang buram tidak selalu mengganggu dalam video yang normal, tetapi menjadi akan masalah yang besar ketika Anda menerapkan efek kunci Chroma. Cara terbaik untuk menghindari hasil yang buram adalah dengan mengatur kecepatan foto, dimana Anda bisa melakukannya ketika anda download Aplikasi kamera yang berkualitas.

page_title:

5 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Foto dan Rekam Video di iPhone dan Android

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like

Richard Bennett

staff Editor

0 Comment(s)