Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

3 Cara Mudah untuk Mendownload Thumbnail YouTube [Online/Win/Mac]

author avatar

May 30, 2024• Proven solutions

Sebuah thumbnail YouTube adalah versi kecil dari video yang dilihat penonton pertama kali saat sedang mencari konten yang bersangkutan. Thumbnail YouTube adalah klip-klip kecil dengan foto-foto mencolok yang bisa diklik untuk melihat konten videonya. Orang-orang punya alasan yang beragam untuk mendownload thumbnail YouTube. Salah satunya adalah Anda mungkin sudah mengunggah videonya dan ingin menyimpan thumbnailnya di komputer. Yang lain mungkin ingin mendownload thumbnail YouTube untuk pekerjaan, mendesain, membuat blog, atau hanya untuk berbagi ke teman-teman. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang tiga cara mudah untuk mendownload thumbnail YouTube. Anda akan mempelajari tentang:

1. Bagaimana Cara Mendownload Thumbnail dari Video YouTube Anda Sendiri?

Jika Anda ingin mendownload thumbnail dari video YouTube Anda sendiri, yang perlu Anda lakukan adalah:

    • Buka manajer video.
    • Klik tombol Edit di samping video.

edit thumbnail

    • Geser mouse ke thumbnail dan akan muncul beberapa opsi. Klik Download gambar

download gambar

    • Foto thumbnail dari video Anda akan muncul. Klik kanan, pilih Simpan Gambar Sebagai, dan Anda perlu memilih lokasi tempat menyimpan fotonya, dan itulah yang diperlukan untuk mendownload thumbnail YouTube dari video Anda.

simpan foto

2. Bagaimana Cara Mendownload Thumbnail YouTube dengan Downloader Online?

Alternatif lainnya, Anda juga bisa mendownload thumbnail YouTube dari software pengunduh thumbnail YouTube online. Gratis dan tidak perlu masuk ke layanan apa pun. Berikut caranya:

    • Klik di Sini untuk membuka Pengunduh Thumbnail YouTube online.
    • Salin tautan URL dari video YouTube Anda dan tempelkan di kotaknya. Lalu klik Download Sekarang

Pengunduh thumbnail

    • Setelah mengklik download, akan tersedia beberapa pilihan resolusi untuk disimpan ke komputer atau Smartphone. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk memilih ukuran yang kompatibel dengan perangkat Anda

download thumbnail

  • Setelah mengklik download, akan muncul kotak simpan sebagai untuk memilih tempat penyimpanan thumbnail. Anda bisa memilih namanya sesuka hati atau biarkan menggunakan nama awal.

3. Bagaimana Cara Mendownload Thumbnail Youtube menggunakan URL Kustom?

Anda juga bisa mendownload thumbnail YouTube dengan tautan langsung. Mari lihat bagaimana caranya:

    • Dapatkan ID video YouTubenya. Buka video YouTube dan tautan panjang dengan huruf dan angka acak akan muncul setelah tanda sama dengan. Ini adalah ID video yang diperlukan untuk mendownload thumbnailnya.

salin tautan youtube

    • Semua thumbnail YouTube bisa diakses dengan URL yang sama. Anda hanya perlu pergi ke url di foto di bawah ini.

url kustom

    • Salin nomor acak yang merupakan ID video di atas dan tempelkan di bagian ID lalu klik enter.

tempelkan link

    • Ketika videonya sudah terbuka, klik kanan di mana saja dan pilih simpan foto sebagai untuk mendownload thumbnail YouTube di komputer Anda. URL inilah yang akan memberikan Anda resolusi video terbaik yang Anda inginkan.

simpan foto

4. Peringatan dan Pemberitahuan

Jika videonya milik orang lain, maka hak ciptanya adalah milik orang itu. Sangat umum bagi seseorang untuk mencuri karya orang lain dan mengunggahnya sebagai milik sendiri yang mana adalah sebuah pelanggaran. Bahkan jika Anda menaruh catatan berisi sumber video, videonya tetap akan menjadi milik mereka dan bukan milik Anda. Anda harus memiliki izin dari pemiliknya, apalagi jika ingin menggunakannya untuk kepentingan iklan. Jika tidak, Anda akan melanggar hak mereka dan dapat dituntut secara hukum.

YouTube sangat tegas pada karya yang melanggar hak cipta dan dengan cepat akan menghapus dan mem-block video-video seperti itu. Jika seseorang tersadar bahwa Anda menggunakan thumbnail atau video mereka dan melaporkannya, YouTube akan menghapus video tersebut. Sangat mungkin bagi Anda untuk menghubungi pemilik videonya untuk meminta izin beserta alasannya.

5. Bonus Tip-Membuat Thumbnail YouTube Gratis

Ada banyak cara untuk membuat thumbnail YouTube yang menarik perhatian penonton. Kita akan melihat bagaimana mudahnya membuat thumbnail yang bagus di Canva. Canva memiliki antarmuka yang canggih dan mudah digunakan. Berikut caranya:

  • Pilih template yang cocok di perpustakaan Canva yang memiliki banyak desain thumbnail YouTube. Ada pilihan yang sangat banyak untuk memilih desain yang paling cocok dengan selera Anda atau desain template dari awal jika Anda mengetahui caranya.
  • Pilih elemen desain grafis profesional yang ingin dimasukkan. Ada 2 juta foto yang dapat Anda gunakan di sini. Anda bisa menemukan bingkai, ikon, spanduk kustomisasi untuk membuat thumbnail YouTube di sini.
  • Pada placeholder di mana Anda bisa dimasukkan pesan, ada banyak font gratis untuk dipilih.
  • Anda bisa mengkustomisasi thumbnail YouTube Anda dengan mengganti warna, font, atau latar belakang untuk memberinya penampilan yang luar biasa.
  • Bagikan atau download thumbnail YouTube yang telah selesai dibuat.

Tidak ingin berpindah antar software untuk membuat thumbnail YouTube? Coba Filmora.

Bagi beberapa orang, berpindah antar software cukup menyulitkan. Karenanya, coba Filmora! Anda tidak hanya bisa mengedit video, tapi juga bisa membuat thumbnail. Pelajari bagaimana cara membuat thumbnail di Filmora dengan gratis dan cobalah fitur-fitur pengeditannya sendiri.

Download Versi WindowsDownload Versi Mac

Catatan:
Konten dari video harus dimasukkan sebagai foto di thumbnail YouTube untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Caption yang dipilih di thumbnail harus menarik dan relevan dengan kontennya. Detail-detail kecil inilah yang Anda masukkan untuk membuat thumbnail YouTube yang menarik penonton ke video Anda.

Anda mungkin suka: 10 Pembuat Thumbnail YouTube Gratis Terbaik

Kesimpulan

Ada perbedaan kecil dalam berbagai cara untuk mendownload thumbnail YouTube karena semuanya mudah dimengerti. Anda juga bisa menggunakan ekstensi yang ditambahkan ke web untuk melakukan hal yang sama dengan hasil yang mirip. Bagian yang sulit di sini adalah cara membuat thumbnail YouTube karena mungkin memerlukan sentuhan seorang ahli. Thumbnail YouTube memainkan peran penting dalam SEO sehingga perlu untuk mengkonsultasikannya dengan orang yang lebih terampil untuk peran itu jika Anda tidak sanggup melakukannya. Para ahli juga memahami tren dan akan memberi Anda petunjuk yang sesuai.

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
8 Channel YouTube dengan Pertumbuhan Tercepat di tahun 2024

Apakah Anda penggemar YouTube dan ingin tahu channel YouTube mana yang menduduki puncak pada daftar teratas di tahun 2010? Temukan channel YouTube dengan pertumbuhan tercepat di artikel ini.

by Richard Bennett May 10, 2024 19:53 PM

10 Saluran Bisnis YouTube Terbaik dan Cara untuk Membuatnya dengan Mudah

Apa itu saluran bisnis YouTube? Bagaimana cara membuat saluran bisnis di YouTube? Baca panduan lengkap ini dan dapatkan inspirasi dari saluran bisnis paling sukses di YouTube.

by Richard Bennett May 10, 2024 19:53 PM

5 Strategi Video Marketing YouTube Paling Efektif

Dan pada panduan ini, kami akan membahas beberapa strategi video marketing YouTube yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak subscriber dan mengembangkan merek Anda.

by Richard Bennett May 23, 2024 16:24 PM

author avatar

Richard Bennett

staff Editor