filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
How to Make Money on YouTube without Ads
  • Create high-quality video content
  • Hear your audience's voice
  • Get discovered by brands

Cara Menghasilkan Uang di YouTube Tanpa Menggunakan Iklan

Jan 04, 2023• Proven solutions

Di artikel ini, kita akan membahas 4 cara menghasilkan uang di YouTube tanpa iklan.

Namun, mengapa menggunakan cara lain? Memangnya kenapa jika hanya fokus pada iklan?

Semakin banyak orang mencari uang dengan menciptakan video YouTube. Menurut YouTube Partner Program, YouTube telah mengamati 40% dari jumlah kanal yang dari tahun ke tahun menghasilkan penghasilan jutaan dari keterlibatan iklan viewer.

Penyunting Video YouTube Terbaik --Wondershare Filmora

Lebih dari ribuan jam konten diunggah di YouTube per harinya dan banyak orang terobsesi mendapatkan uang melalui monetisasi video. Seharusnya terdapat jeda waktu minimum antara perekaman video, pengeditan, dan pengunggahan video ke kanal Anda. Wondershare Filmora Video Editor dapat mempercepat pengeditan video Anda. Tidak hanya antarmuka yang sederhana dan intuitif, Wondershare Filmora Video Editor memiliki alat pengeditan dasar dan profesional seperti cutting, trimming, crop&zoom, banyak koleksi efek video dan musik bebas royalti, dan Anda pun dapat langsung mengunggah video di YouTube setelah proses editing. Fitur ini membuat Filmora menonjol dan menjadi aplikasi favorit dalam mengedit video YouTube.

Apa itu YouTube Partner Program (YPP)?

YPP menjadikan YouTuber dapat menghasilkan uang dari iklanyang muncul sebelum atau selama video.

 

Berapa Jumlah Uang yang Dapat Dihasilkan YouTuber yang Bersumber dari Iklan?

Jumlah ini tergantung pada kanal dan viewer, karena YouTuber tidak menghasilkan uang demi view, tetapi dari seberapa sering viewer terlibat dengan iklan. Jika viewer menonton iklan lebih dari 30 detik atau mengklik iklan, maka YouTuber tersebut akan menghasilkan uang.

Berikut adalah perkiraan umum tentang jumlah yang dapat dihasilkan YouTuber dari iklan setelah memenuhi syarat:

- 68% dari pengeluaran iklan pengiklan dibagi ke pembuat video. Jika pengiklan menghabiskan $100, pembuat konten memperoleh $68.

- $0,18 adalah jumlah tarif rata-rata per tampilan iklan.

- 1000 tampilan iklan ekuivalen dengan sekitar $18

- 1000 penayangan video akan dinilai setara antara $2-$5

 

Mengapa Menghasilkan Uang Bersumber dari Iklan Sangat Sulit Bagi YouTuber

Bagi YouTuber baru, mengandalkan pendapatan dari iklan YouTube akan semakin sulit. Sebelum YouTuber tersebut dapat menghasilkan satu sen, mereka harus memenuhi syarat tertentu terlebih dahulu.

 

Aturan Monetisasi (per Januari 2018):

- Para kreator konten memerlukan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan sebelum dapat mengaktifkan monetisasi

- YouTube membayar para YouTuber dalam kenaikan $100

 

Ketika YouTuber tersebut telah mengaktifkan monetisasi, maka proses itu baru permulaan. YouTuber perlu menciptakan konten bagus secara konsisten. Supaya mendapat $100 untuk pembayaran awal, YouTuber perlu rata-rata 50.000 views. Proses sebanyak itu hanya mendapat $100! Banyak view dan tidak dibayar besar. Tentunya hampir tidak cukup untuk berhenti dari pekerjaan Anda sehari-hari.

Oleh karena itu, penting bagi YouTuber memiliki cara alternatif menghasilkan uang di YouTube dan tidak bergantung pada iklan dari video Anda. Langsung saja, berikut ini 4 cara lain menghasilkan uang di YouTube:

 

1. Menjual Produk atau Layanan Anda:

YouTube adalah salah satu cara paling efektif dalam memasarkan dan menjual produk dan layanan Anda jika Anda menggunakan YouTube dengan efektif dan memicu pengguna untuk klik dan membeli.

Berikut adalah contoh-contoh produk dan layanan yang Anda dapat tawarkan:

Produk:

- eBook

- Karya seni

- Konten berlisensi

- Kursus online

- Cenderamata kanal/merek

 

YouTuber Jake Paul

YouTuber, Jake Paul menggunakan platform eCommerce Fanjoy untuk menjual produknya.

 

Layanan:

- Konsultasi (perencana strategi, penasihat keuangan, dan lainnya.)

- Pekerjaan kontraktor (perancang, pengembang, dan lainnya.)

- Pendidikan (tutor, pelatih, dan lainnya.)

- Peluang Pertunjukan/Pembicara (pembicara motivasi, musisi, dan lainnya.)

 

YouTuber Sunny Lenarduzzi

YouTuber dan pengusaha, Sunny Lenarduzzi memanfaatkan YouTube sebagai platform untuk mendapatkan klien bagi bisnis konsultasi miliknya.

 

Cara Menjual Sebuah Produk atau Layanan di YouTube

YouTube adalah platform yang luas dan jika Anda tidak tahu apa yang Anda jual, Anda mungkin menciptakan video untuk viewer yang tidak tertarik untuk produk Anda.

Berikut cara Anda menjual produk atau layanan Anda di YouTube:

 

1. Konten Anda harus ditemukan oleh orang yang sesuai: Jika orang yang tidak sesuai pasar menemukan konten Anda, maka tidak akan ada penjualan. Agar video Anda disaksikan orang yang sesuai, Anda perlu melakukan riset tentang audiens yang menjadi target Anda dan kata kunci yang digunakan ketika mencari produk atau layanan Anda.

Jika Anda menjual eBook meditasi dan layanan panduan meditasi, ketik beberapa kata kunci yang sesuai pada kolom pencarian YouTube. Hasil yang muncul adalah beberapa pencarian populer:

meditasi

Dari hasil pencarian, ambil kata kunci yang kira-kira sesuai bagi Anda dan masukkan kata tersebut ke aplikasi seperti Ubersuggest untuk menemukan kata kunci lain yang terkait. Aplikasi ini akan membantu Anda menciptakan konten yang mudah ditemukan dan akan menarik minat pembeli potensial atas produk yang Anda jual.

 

2. Konten Anda harus memiliki nilai: Anda tidak dapat langsung mulai dengan Call to Action atau langsung berusaha menjual ke penonton Anda. Pertama-tama, Anda harus membangun kepercayaan dan membuktikan produk yang Anda jual memiliki nilai.

ContohlahModern Health Monk, pelatih penurunan berat badan.

 

 

Dalam video tersebut, Modern Health Monk menawarkan tips membuat jurnal yang dapat membantu viewer meraih tujuan masing-masing. Cara Modern Health Monk menghasilkan uang adalah melalui orang-orang yang mendaftar untuk kursus yang dibuat. Kursus Modern Health Monk adalah produk yang dijual, tetapi sang YouTuber tidak menyebutkan produk yang dijual itu. Modern Health Monk tahu bahwa viewersnya tidak menonton dirinya untuk mendaftar kursus. Para viewers mempelajari apa yang ditawarkan Modern Health Monk.

Video tersebut berdurasi lebih dari 9 menit dan tidak sekali pun Modern Health Monk menyuruh audiensnya untuk membeli produk apa pun. Namun, YouTuber tersebut akhirnya mendorong viewer untuk mengunduh eBook secara gratis. Menjual adalah fokus pada sebuah permainan di jangka panjang.

 

3. Konten Anda harus mengarahkan audiens ke tempat mereka dapat membeli produk: Anda tidak ingin memaksa pengguna lewat, tetapi Anda ingin tanda penjualan produk terlihat. Anda harus mengarahkan viewer ke tempat mereka dapat membeli produk Anda. YouTube memiliki sejumlah cara mengarahkan viewer Anda dalam hal tersebut.

Tautan pada kotak deskripsi:

tautan pada kotak deskripsi

YouTube Card:

tutorial youtube card

detail youtube card

Anda dapat menambahkan satu atau beberapa card untuk mengarahkan viewer ke situs web Anda atau ke video terkait lain.

 

Tombol Call to action:

tombol call to action

Ketika viewer berada di situs web Anda, pastikan jalurnya juga terlihat jelas. Miliki call to action yang jelas pada suatu tempat di situs web Anda. Di sinilah proses viewer Anda menjadi pelanggan.

 

Namun, Bagaimana jika Anda Belum Memiliki Produk Atau Layanan untuk Dijual?

Memang ada beberapa YouTuber yang langsung memulai dengan produk dan layanan sekaligus menemukan pelanggan kemudian menjual melalui YouTube, banyak YouTuber juga yang sebaliknya menemukan audiens mereka terlebih dahulu.

Awalnya, Lilly Singh tidak menggunakan kanal YouTubenya untuk menjual buku, How to Be a Bawse: A Guide to Conquering Life. Kanal YouTube Lilly memberinya audiens dan membuktikan kepada penerbit bahwa terdapat permintaan yang cukup bagi Lilly untuk menulis buku yang diminati orang.

 

Selagi mengembangkan audiens Anda akan menemukan adanya permintaan atas produk atau layanan tertentu yang belum muncul. Di sinilah Anda menjadi seorang wirausaha dan memikirkan sesuatu hal yang audiens Anda mau bayar dan Anda harus mewujudkannya. Anehnya ketika kesempatan itu tiba, tidak akan aneh lagi jika penonton Anda akan meminta Anda untuk membuat atau menyediakan produk tersebut.

Contohnya, Remi Cruz, YouTuber dengan lebih dari 2,2 juta subscribers. Remi menciptakan merek kecantikan dan masker wajah buatan sendiri, Honey Pop, yang terjadi semata-mata setelah meluangkan waktu memahami audiens yang mendukung dirinya.

 

2. Pemasaran Afiliasi:

Sejumlah bisnis menyadari bahwa terdapat lebih banyak pengguna yang menyaksikan YouTube dibandingkan sebelumnya — setelah Google, YouTube adalah tempat terpopuler kedua bagi masyarakat dalam meneliti apa yang harus dibeli — dan pemengaruh serta ulasan adalah metode efektif dalam memperoleh penjualan. Anda dapat memanfaatkan afiliasi tersebut dengan bergabung dalam pemasaran afiliasi sebagai YouTuber.

 

Cara Kerja Pemasaran Afiliasi di YouTube?

Sebagai YouTuber, Anda dapat mengutarakan pendapat Anda tentang produk atau layanan, dan jika ada produk yang Anda rekomendasikan, maka Anda cukup dengan menambah tautan yang dipersonalisasi pada halaman produk, sehingga Anda bisa memperoleh komisi atas setiap penjualan produk melalui tautan Anda.

Tingkat komisi afiliasi rata-rata berada di antara 5% hingga 30%, terlepas dari banyak variabel. Beberapa barang dengan jangkauan harga rendah akan memperoleh komisi lebih tinggi, sedangkan barang dengan harga lebih tinggi akan memperoleh komisi lebih rendah.

tautan afliasi

Afiliasi dari seorang YouTuber Perjalanan, Sorelle Amoreterhubung dengan peralatan vloggingnya.

 

Perhatikan bahwa penonton sangat mungkin menerima rekomendasi dari orang yang mereka percaya. Anda tidak akan membeli komputer dari ahli gizi dan Anda pun tidak akan membeli vitamin dari seorang gamer, maka pertimbangkan keahlian Anda dan produk yang Anda paling mampu menjelaskannya.

 

Jenis Video Terbaik untuk Pemasaran Afiliasi?

Tidak ada batasan dalam membuat video pemasaran afiliasi yang bagus, tetapi terdapat patokan.

Pahamilah tujuan video tersebut. Jika video tersebut tentang mikrofon vlogging, maka masuk akal jika memiliki tautan afiliasi atas mikrofon favorit Anda. Peluangnya adalah penonton video tersebut mungkin memikirkan untuk membeli mikrofon baru, sehingga tautan ini bermanfaat bagi penonton.

Berikut ini beberapa jenis video yang berpeluang menghasilkan pemasaran afiliasi yang bagus:

- Ulasan produk

- 10 Teratas

- Tutorial

- Murah vs mahal

- Apa yang harus dikemas…

 

Cara Mendapat Tautan Pemasaran Afiliasi untuk YouTube?

Program pemasaran afiliasi yang Anda pilih untuk pendaftaran akan bergantung dengan produk yang Anda ingin tautkan melalui konten Anda. Lakukan riset tentang penawaran setiap jaringan yang berkaitan dengan niche kanal Anda.

Berikut ini adalah daftar 4 jaringan pemasaran afiliasi terpopuler:

- Amazon Associates

- Rakuten

- ShareASale

- PeerFly

Anda juga dapat bermitra secara langsung sebanyak mungkin, seperti Sephora dan Canon, tentu memiliki program afiliasi sendiri.

 

3. Kesepakatan Merek atau Sponsor:

Kita sering terpikirkan akan ada penjualan setiap kali mendengar kreator konten mendapat kesepakatan merek dan sponsor, tetapi stigma tersebut tidak berdasar jika merek dan konten selaras. Seiring bertumbuhnya kanal Anda, Anda akan mulai mengenali merek yang sesuai dengan nilai Anda — dan nilai viewer Anda — dan yang tidak sesuai dengan Anda.

Saat ini, semakin banyak merek berkolaborasi dengan kreator konten YouTube, karena kreator 4x lebih efektif dalam membuat merek tersebut jadi lebih familiar dibandingkan kolaborasi dengan selebriti tradisional.

Pada iklan kampanye Beats by Dre #BuiltForBosses, YouTuber Liza Koshy melampaui jumlah like dari Tom Brady dan DJ Khaled.

gunakan likes

Kanal YouTube dengan 1.000 subscriber bisa saja mendapatkan kesepakatan merek, meskipun perlu upaya signifikan di YouTube agar mendapatkan pengikut. Mendapatkan dukungan dari merek merupakan permainan dalam angka, dan menurutVideo Creators, jumlah minimal view per video tidak boleh lebih rendah dari 2.000 jika Anda menempuh cara ini.

 

Cara Ditemukan Oleh Merek

Pembuat keputusan di balik merek mungkin tidak mengetahui pemengaruh dengan pengikut yang berjumlah lebih sedikit — yaitu pemengaruh yang baru saja menembus angka 5.000 subscriber. Kemungkinan suatu merek menjangkau Anda, sebagai kreator kecil, mustahil.

Jika Anda ingin mendapatkan kesepakatan merek dan menjadi pemengaruh di YouTube, maka Anda harus mudah ditemukan dan berada di Jaringan Pemasaran Pemengaruh, seperti Famebit.

merek famebit

Cara Kerja Platform Pemasaran Pemengaruh Seperti Famebit

Ketika Anda mendaftar ke Famebit atau platform pemasaran pemengaruh lain, Anda berpeluang tampil di depan merek yang mencari pemengaruh yang menyebarkan produk atau layanan merek tersebut.

Tahapan mendapatkan kesepakatan dengan merek:

  1. Temukan merek dan kampanye yang sesuai dengan penonton Anda.
  2. Promosikan ide kreatif Anda dan lakukan presentasi proposal ke merek sesuai dengan persyaratan (ulasan produk, 30-60 shoutout, dan lain-lain.)
  3. Jika Anda diterima, Anda akan dipekerjakan dan akan memulai kolaborasi dengan merek untuk memproduksi konten tersebut.
  4. Bangun konten kita.
  5. Dapatkan persetujuan dari merek.
  6. Dibayar!

 

Tidak seperti pemasaran selebritas, kreator konten YouTube telah menunjukkan kepada merek tersebut selama bertahun-tahun bahwa kreator konten adalah seseorang yang inventif dan pandai menampilkan merek kepada audiens untuk hasil terbaik. Kemandirian ini yang membuat pemasaran influencer YouTube menjadi istimewa.

 

4. Crowdfunding:

Jika Anda menciptakan konten berharga dan memiliki pendukung setia, Anda dapat memikirkan alternatif crowdfunding. Anda tidak perlu terkenal untuk mulai meminta sumbangan, janji, atau dukungan dari penggemar Anda. Terdapat permintaan atas konten berkualitas dan jika Anda membuat konten yang bernilai, bahkan di layanan gratis seperti YouTube, penonton akan sukarela membayar untuk mendukung konten tersebut.

Namun, bagaimana cara Anda agar dapat melakukan pendekatan crowdfunding supaya tidak terlihat seperti meminta-minta?

3 Macam Crowdfunding yang Populer:

- Insentif Berjenjang: Anda dapat memberikan insentif untuk penggemar Anda dalam berbagai tingkatan. Contohnya: donasi sebesar $2-$10 menghasilkan sapaan di video Anda berikutnya, donasi sebesar $20-$100 memberi penggemar Anda tempat eksklusif ketika streaming langsung, dan penawaran yang lebih menggugah lagi ketika jumlah donasi meningkat.

- Membership: Metode crowdfunding ini membuat penggemar Anda dapat menyumbang berkali-kali. Perlakukan kanal Anda layaknya HBO dan suguhkan konten bernilai lebih tinggi. Anggota Anda di YouTube akan menjadi yang orang pertama melihat peningkatan kualitas dan frekuensi pekerjaan Anda.

- Berbasis proyek: Apakah ada proyek khusus yang Anda renungkan, kejar dukungan untuk proyek tersebut. Video berdurasi panjang atau yang sudah lama ditunggu penggemar Anda, dengan menyoroti proyek yang dinanti-nanti, Anda pun dapat mendapatkan lebih banyak dukungan secara finansial.

 

Sejak Sept-Okt 2011, kanal YouTube Freddiew (lebih dikenal RocketJump) membuka Kickstarter untuk melakukan urun dana sehingga kanal tersebut dapat menghasilkan serial web berjudul Video Game High School. Dalam 30 hari, kanal tersebut mampu melampaui target $75.000 dengan $273.725 dan 5.661 pihak yang mendukung. Hasilnya adalah serial web untuk beberapa musim, pertama kali dipublikasikan ke YouTube di Mei 2012.

 

Tanpa crowdfunding, proyek tersebut tidak mungkin diproduksi dan dipublikasikan bagi viewer dalam waktu singkat.

 

Tetapkan Tujuan Crowdfunding untuk Memicu Donasi

Pernahkah Anda menghampiri teman Anda dan meminta $5? Apa yang mereka katakan?

"Untuk apa?"

Kita akan lebih bersedia menyumbang uang jika tahu akan disalurkan ke mana uang tersebut. Biarkan penonton Anda tahu rencana Anda dalam membelanjakan dana dan bagaimana mereka pun akan mendapatkan keuntungan dengan menyumbang. Salah satu cara yang teruji menyemangati penonton adalah memiliki tujuan, misalnya perjalanan ke konferensi, dan video khusus yang akan dibuat untuk menyoroti acara tersebut.

 

Tetapkan Nilai Target $$

Jika target Anda kecil, pesan Anda tidak akan sepenuhnya bermanfaat bagi penonton Anda. Pahami jumlah uang yang Anda perlukan dalam menciptakan video atau mengejar proyek yang lebih ambisius. Apa yang Anda butuhkan untuk tumbuh dan membuat kanal terbaik semampu Anda.

 

Bagaimana Cara Kerja Patreon bagi para YouTuber?

Dalam crowdfunding bagi YouTuber, Patreon adalah platform pilihan. Platform lain seperti Kickstarter atau GoFundMe berfokus pada pengejaran kewirausahaan, proyek besar, atau amal, sedangkan Patreon dirancang untuk mendukung pencipta karya dan memberi penghargaan serta memberi insentif kepada penyumbang.

 

 

Kesimpulan:

Terdapat banyak cara menghasilkan uang dari YouTube, saya mendorong Anda agar mencoba beberapa strategi berbeda dan melihat cara kerjanya juga strategi yang paling sesuai dengan kanal dan viewer Anda.

  1. Mengarahkan viewer Anda ke situs web Anda supaya viewer dapat membayar produk atau layanan yang ditawarkan oleh Anda.
  2. Daftarkan diri ke program afiliasi seperti Amazon Associates dan ciptakan konten produk yang menarik.
  3. Temukanlah merek yang sesuai dengan nilai kanal Anda dan bagikan ide melalui platform pemasaran dari para pemengaruh, contohnya Famebit.
  4. Buka halaman Patreon dan motivasi viewer agar berdonasi untuk mendapatkan insentif atau mendukung proyek yang lebih besar dan lebih baik.

Ada pertanyaan seputar menghasilkan uang di YouTube? Tinggalkan komentar di bawah ini. Kami dengan senang hati akan membantu Anda agar dibayar atas video yang Anda buat.

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like

Richard Bennett

staff Editor

0 Comment(s)