filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Record & Edit Audio Like A Pro
  • Easy-to-use while powerful enough to record and edit YouTube video
  • A large collection of great title & text & overlays
  • Upload to YouTube or Vimeo instantly

Bagaimana Cara Merekam Audio Bagus Tanpa Mikrofon?

Dec 26, 2022• Proven solutions

Kualitas audio lebih penting daripada kualitas video di YouTube. Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya – penonton mungkin dapat memaafkan kualitas video yang berada di bawah standar jika mereka tertarik dengan hal yang sedang Anda katakan, tetapi jika hal tersebut pun sulit untuk dipahami, maka mereka akan meninggalkan video tersebut.

Mendapatkan mikrofon eksternal (bahkan yang berharga 10$ di Amazon) merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan video Anda. Walau demikian, mungkin anggaran anda $0. Atau, mungkin Anda memang tidak memiliki sebuah mikrofon sekarang dan ingin segera membuat video tanpa adanya penundaan apa pun. Bahkan bisa jadi Anda hanya tidak ingin menggunakan mic eksternal saja.

Untungnya, terdapat banyak hal mudah dan gratis yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas rekaman audio Anda bahkan jika Anda tidak menggunakan mikrofon eksternal. Berikut adalah beberapa tips:

1. Pastikan Kamera Anda Berada dalam Jangkauan yang Dekat (sangat dekat)

Masalah terbesar dengan mikrofon yang terpasang di kamera atau ponsel apa pun adalah, karena mikrofon tersebut hadir bersama dengan kamera, maka pada umumnya mikrofon tersebut akan terletak terlalu jauh dari Anda. Mikrofon bawaan dapat merekam audio yang layak dari jarak dekat, tetapi biasanya, kamera Anda akan diatur agar berjarak lebih jauh dari Anda dibandingkan saat Anda menggunakan mikrofon eksternal.

Contohnya, mikrofon kamera Anda mungkin sama bagusnya dengan LAV clip-on, tetapi LAV berada tepat di bibir Anda sementara kamera terletak jauh dari Anda.

Memindahkan kamera/ponsel agar terletak lebih dekat dengan Anda secara fisik akan membuatnya menjadi sulit untuk menampilkan hal lainnya selain kepala dan bahu Anda dalam rekaman Anda, tetapi hal tersebut akan memberikan Anda kualitas audio yang jauh lebih baik.

2.Lakukan Perekaman di Tempat yang Sunyi

Cara terbaik untuk membatasi jumlah kebisingan suara latar dalam rekaman suara Anda adalah dengan melakukan perekaman di suatu tempat yang tidak terdapat kebisingan sekitar. Hal tersebut mungkin tampak sangat mendasar, tetapi ia justru merupakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh banyak orang. Melakukan perekaman dalam kantor rumah Anda merupakan pilihan yang paling mudah dan praktis, meskipun tempat tersebut berada tepat di sebelah dapur yang ramai dengan kesibukkan keluarga Anda, atau di kamar tidur Anda meskipun terdapat jalan raya yang macet dan riuh tepat di luar jendela Anda.

Terkadang hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk audio Anda adalah dengan mencari ruangan tenang yang terdapat dalam rumah Anda di mana persyaratan untuk melakukan perekaman suara lebih baik. Berbicara mengenai persyaratan perekaman…

3. Pilih Ruangan yang Bagus

Memilih ruangan yang bagus lebih penting dibandingkan dengan tingkat kesunyian ruang tersebut. Jika Anda mencoba untuk melakukan perekaman di dalam ruangan yang terlalu besar, suara Anda mungkin akan terdengar jauh, dan jika Anda mencoba untuk melakukannya di ruangan yang terlalu kecil, audio Anda akan menjadi terlalu bergema. Anda membutuhkan ruangan yang tepat.

Anda juga harus memperhatikan hal-hal apa saja yang terdapat dalam ruangan tempat Anda merekam. Hindari permukaan yang keras dan reflektif seperti peralatan dan cermin yang akan memantulkan suara Anda. Kondisi serupa yang membuat suara Anda terdengar lebih bagus saat Anda bernyanyi di dalam kamar mandi akan – sama seperti saat melakukan perekaman di sebuah ruang yang kecil – membuat suara latar Anda terdengar bergema secara tidak menyenangkan.

Carilah ruangan yang memiliki banyak barang lembut di dalamnya, seperti tempat tidur dan sofa.

4. Lindungi Mikrofon Bawaan Anda dari Angin

Jika Anda merekam di luar, maka angin yang menerobos masuk mikrofon bawaan Anda akan berdampak buruk pada audio Anda. Anda dapat melakukan sejumlah hal untuk mengatasi masalah ini dengan menghalangi angin secara fisik.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan hal ini. Jika Anda melakukan perekaman genggam, Anda dapat menutupi sebagian mikrofon kamera atau ponsel dengan jari Anda. Anda tidak dianjurkan untuk menutupi/menekan mikrofon secara sepenuhnya atau audio Anda akan teredam. Hal yang seharusnya Anda lakukan adalah membuat sebuah penghalang untuk memblokir hembusan angin.

Dalam set film, mereka menghalangi angin dengan menutupi mikrofon dengan benda lembut, berbulu dan besar yang disebut sebagai 'dead cats'. Anda juga dapat memblokir suara angin dengan menyematkan sesuatu yang lembut dan berbulu pada mikrofon Anda. Jika mikrofon bawaan kamera Anda berada di depan, maka Anda hanya memerlukan sesuatu yang besar dan halus untuk dikaitkan di sekitar lensa. Anda dapat menggunakan sepotong boa, sebuah pengikat rambut yang lembut dan berbulu - Anda bahkan juga dapat menggunakan sebuah boneka binatang lembut dan berbulu! Apakah Anda memiliki mantel tua dengan bulu halus di sekitar tudungnya? Bulu halus tersebut akan bekerja dengan baik.

Pompom yang digunakan dalam video ini berharga $2, tetapi Anda mungkin telah memiliki sesuatu yang dapat melakukan fungsi serupa!

Jika mikrofon bawaan Anda berada di atas kamera Anda, Anda bisa membeli sesuatu yang disebut sebagai 'micromuff'. Micromuff pada dasarnya adalah velcro berbentuk lingkaran atau persegi panjang dengan untaian bulu panjang di atasnya. Micromuff terbuka di bagian tengahnya sehingga ia tidak akan benar-benar menutupi mikrofon Anda, tetapi bulu halus di sekitarnya akan menghalangi angin yang berhembusan.

Rekam audio yang lebih baik dan hindari hembusan angin dengan micromuff

Gunakan dukungan perekat untuk menempelkan velcro dasar pada kamera Anda. Sisi lain dari velcro menempelkan bahan yang berbulu pada bagian belakang.

Satu-satunya kekurangan micromuff adalah ia berharga kurang lebih $30, dan jika Anda akan mengeluarkan biaya sebesar $30 untuk sebuah peralatan audio maka Anda sebaiknya membeli mikrofon LAV yang murah saja. Saya hanya mengungkit soal micromuff karena ia merupakan sebuah alat dengan desain sederhana yang kemungkinan dapat Anda buat sendiri – Anda hanya memerlukan velcro dengan lapisan perekat dan salah satu sumber berbulu yang baru saja kita bahas tadi.

5. Gunakan Aplikasi Audio Gratis

Jika Anda melakukan perekaman dengan menggunakan sebuah ponsel pintar, Anda dapat mendownload aplikasi gratis yang memperkenankan Anda untuk melakukan penyetelan pada audio saat Anda sedang merekamnya. Dengan aplikasi yang tepat, Anda dapat menyetel gain Anda (volume adalah cara Anda mengontrol audio 'output', dan gain untuk audio 'input'. Dengan menaikkan gain, Anda dapat membuat mikrofon Anda lebih sensitif), tempo, dan berbagai macam hal lainnya. Seringkali, aplikasi perekaman audio Anda juga akan memperkenankan Anda untuk mengedit audio Anda setelah Anda telah selesai melakukan perekaman.

Bahkan jika Anda tidak merekam video dengan menggunakan ponsel pintar Anda, mungkin ada baiknya jika Anda menggunakan ponsel Anda sebagai mikrofon dan merekam file audio terpisah. Anda akan dapat menggunakan aplikasi untuk menyempurnakan rekaman Anda, dan Anda dapat mengatur ponsel Anda agar berjarak lebih dekat dengan Anda layaknnya saat Anda menggunakan mikrofon eksternal, sementara tetap mempertahankan posisi kamera Anda agar tetap terletak sedikit lebih jauh.

Aplikasi audio gratis: Hi-Q MP3 Voice Recorder (Android), RecForge II (Android), Smart Voice Recorder (Android), Audio Memos (iOS), dan Recorder Plus (iOS).

6. Lakukan Pemeriksaan Suara

Setelah Anda merasa bahwa Anda telah menyiapkan setup audio yang bagus – periksalah! Anda tentunya tidak ingin membuat sebuah video lalu baru menyadari bahwa audio Anda tidak terdengar bagus saat memutarnya kembali.

Apakah Anda memiliki tip audio Anda sendiri yang ingin disampaikan? Tinggalkan tip tersebut di kolom komentar!

Topik ini disarankan oleh RS Beauty di forum. Terima kasih atas idenya!

Poles Video YouTube Anda dengan Filmora

Sebagai salah satu software pengedit video yang paling banyak digunakan dalam pengeditan video YouTube, Filmora memperkenankan Anda untuk merekam suara latar dan mengedit audio yang direkam dengan pencampur, equalizer dan menyediakan banyak templat dan efek dengan antarmuka intuitif, yang dapat menghemat banyak waktu. Download versi uji coba gratis dan mulai sekarang.

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like

Richard Bennett

staff Editor

0 Comment(s)