filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Bagaimana Hapus Noise Latar Belakang di Audacity?

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Permintaan yang sering muncul akan anda dapatkan dari pembuat video adalah cara menghapus noise yang mengganggu seperti gemuruh atau dengungan dari klip aslinya. Hampir setiap waktu, audio berkualitas tinggi selama perekaman film jadi menantang karena percakapan sering susah untuk di dengar atau membuatnya jadi tidak jelas karena noise disekitarnya, seperti suara mengerikan dari penyejuk udara atau kipas angin.

Untuk menghilangkan semua noise tidak menyenangkan ini, fitur Mengurangi Noise dengan Audacity akan membantu dengan tujuan utamanya hapus noise latar belakang yang tidak diinginkan untuk video anda di kemudian hari. Tanpa basa basi lagi, mari kita mulai!

Bagian 1: Hal yang Perlu Anda Siapkan untuk Mengurangi Noise Latar Belakang

Disini terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda menerapkan pengurangan noise untuk klip anda:

1. Sampel Noise

Sampel yang baik dari noise yang ingin anda hapus itu mungkin merupakan aspek yang paling penting dari prosedur hapus noise di Audacity.

Sampel ini akan dipakai oleh Audacity untuk memahami noise dan bangun profile noise. Perekaman noise semestinya berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan harus terhindar dari noise lainnya.

2. Hindari Salin Tempel Bagian Noise Terkecil dalam Kalimat yang Anda Ucapkan

Ketika ada bagian terkecil dari noise antara penekanan kata anda dalam audio, tolong jangan salin/tempelnya untuk buat potongan suara lebih signifikan untuk diperiksa pada Audacity.

Anda tidak akan memberikan Audacity informasi apapun yang akan bisa membantunya membuat profil noise yang layak. Profil noise ini bisa membantu Audacity untuk memberitahu perbedaan antara ucapan dan noise.

3. Dibutuhkan Minimum 2048 Data Sampel

Untuk membangun profil noise, fungsi Mengurangi Noise membutuhkan minimal 2048 data sampel. Sebuah file audio dengan contoh frekuensi dari 44,1 kHz sekitar lima ratus per detik.

Ingat bahwa suara level minor itu yang dibutuhkan Audacity untuk hasilkan profil noise, tetapi, anda harus sediakan sampel dari noise dalam jumlah besar, Audacity baru bisa melakukan pekerjaan dengan baik untuk menghasilkan profil noise yang cocok. Sebagai hasilnya, cobalah untuk menangkap beberapa detik dari noise latar belakang jika kondisi memungkinkan.

4. Membuat Tingkatan Merekam dan Rekam dengan "Sunyi"

Atur volume audio anda dan tangkap beberapa prioritas "sunyi" untuk sebelum bernarasi merupakan cara terbaik untuk mencapainya. Ketika anda telah selesai berbicara, biarkan kamera/alat perekam anda tetap berjalan selama beberapa saat.

Jangan pindahkan atau buat suara apapun saat menangkap noise latar belakang, dan tetap mendengarkan untuk noise lainnya. Anda hanya perlu untuk menangkap noise disekitar anda selama beberapa saat lamanya; cukup dua sampai lima detik saja.

Bagian 2: Bagaimana Hapus Noise Latar Belakang di Audicity pada Windows dan Mac?

Untuk anda pengguna Windows atau macOS, kami akan tunjukkan kepada anda proses langkah-langkah mencapai hasil anda dengan menggunakan bagian dari kedua software lewat panduan hapus musik latar belakang dengan Audicity.

Hapus noise latar belakang di Audicity pada Windows

Langkah ke 1: Pada rekaman anda, pilihlah beberapa momen suara. Setiap segmen dari noise yang tidak bisa bergabung dengan noise lainnya haruslah dihindari.

Hapus bg noise Audacity

Langkah ke 2: Dari menu Efek, pilih Mengurangi Noise.

Pilihan hilangkan opsi noise Audacity

Langkah ke 3: Pilih opsi Dapatkan Profil Noise dimanapun efek Mengurangi Noise akan muncul di layar.

Dapat profil noise Audacity

Catat: Pilih dimana saja untuk terapkan penghapusan noise ke seluruh bentuk gelombang atau hanya sebagiannya saja.

Langkah ke 4: Akses ke jendela efek Mengurangi Noise, pergi ke Efek > Mengurangi Noise. Naikkan tingkat dari mengurangi noise secara berkala sembil meninjau hasilnya.

Audacity mengurangi tingkat noise

Langkah ke 5: Pergi ke bagian File untuk Ekspor dan Simpan hasilnya. Audacity tidak akan simpan klip suara ketika anda pilih Simpan Projek; sebaliknya, anda harus pilih Ekspor. Pilih tipe file yang ingin anda simpan dan lokasi dimana anda ingin menyimpannya. Pilih Simpan setelah memberikan Nama FIle.

Ekspor Audacity tanpa ada noise

Hilangkan noise latar belakang pada Audacity dalam Mac

Langkah 1: Buat file audio yang berisi nuansa nada ruangan. Ketika anda tidak memiliki trek terpisah dari tempat nada, gunakan hasil rekaman hening selama beberapa saat di dalamnya. Klik-dan-geser untuk pilih segmen hening selama beberapa menit dengan menggunakan Pilihan Alat.

Moment keheningan pilihan Audacity

Langkah 2: Pilih Mengurangi Noise Dari label Efek. Pilih label Dapatkan Profil Noise baru dibawah label Langkah 1. Layar akan tertutup, dan Audacity akan mengambil contoh profil noise dari area yang terindikasi.

Dapatkan profil noise Audacity

Langkah 3: Klik-dan-geser untuk pilih seluruh file, yang memerlukan pengurangan noise dengan Pilihan Alat. Untuk membuka kembali fungsinya, buka label Efek dan pilih Mengurangi Noise. Buat modifikasinya untuk mengikuti parameternya dibawah langkah ke 2:

  • Kurangi dan Residu
  • Memperlancar Frekuensi (band)
  • Sensitifitas
  • Mengurangi Noise
hilangkan bg noise dalam Audacity mac

Langkah 4: Untuk mendengarkan bagaimana file akan terlihat dengan parameter yang dipilih, pilihlah Tinjau kembali. Sesuaikan kembali sampai anda bisa mengurangi suara noise tanpa adanya gangguan sama sekali. Ketika anda telah selesai, pilih Kurangi dan klik OK.

Bagian 3: Kenapa Pengurangan Noise di Audacity Tidak Bekerja?

Mungkin saja fungsi Pengurangan Noise tidak mengijinkan anda membersihkan rekaman anda karena ada audio anda yang tidak cocok. Gangguannya harus terus berlanjut, tidak acak atau berubah-ubah, agar fungsi Pengurangan Noise Audacity bisa bekerja.

Sebagai contohnya, fungsi Pengurangan Noise tidak akan membantu jika audio anda dibuat di lingkungan yang sibuk dengan noise yang unik seperti percakapan di latar belakang, noise kemacetan lalu lintas, atau ruang pameran atau museum. Fitur Pengurangan Noise dalam Audacity tidak bisa mengatasi dengan gangguan yang beragam seperti itu. Anda perlu merubah cara rekaman anda jika anda mulai menangkap suara dalam situasi seperti itu.

Dalam menghadapi situasi seperti itu, fungsi Pengurangan Noise Audacity, mungkin akan berkerja dibawah performa standarnya.

  • Noise khususnya di latar belakang, termasuk kemacetan atau orang.
  • Ketika harmonisasi antara suara dan bunyi sebanding.
  • Terdapat variasi suara ketika dimana ada fluktuasi di noise.
  • Volume dari bunyi dapat seimbang atau lebih rendah dari noise latar belakang.
  • Ketika noise tidak teratur atau berubah-ubah secara terus menerus.
  • Suaranya membuat telinga sakit.
  • Suara merupakan satu klik atau terus bermunculan.

Bagian 4: Bagaimana Mencegah Noise Latar Belakang dalam Perekaman Audio?

Walaupun Audacity mengizinkan eliminasi noise dengan sangat mudah, tapi tetap saja membutuhkan level tambahan yang butuh waktu untuk memperhalus produksi podcast anda. Tips ini bisa membantu anda menghindari pengurangan noise dan memangkas sejumlah waktu yang anda habiskan untuk memprosesnya.

1. Kurangi Noise Kipas Komputer

Kapanpun komputer menjadi terlalu panas, akan terdengar banyak noise. Anda harus membatasi sejumlah software yang aktif dan tempatkan mic anda jauh dari keyboard untuk membantu kurangi dampak dan menghindari kipas yang akan bernyala.

Namun, bahkan setelah anda teliti semua panduannya, rekaman suara yang tidak diinginkan mungkin akan tetap muncul pada program anda. Untungnya, software kontemporer membantu masalah ini agar bisa diatasi dengan mudah.

2. Kurangi Jarak dan Mendekat ke Mic

Kurangi Jarak (Sensitivitas pada mikrofon) dan perdekat jaraknya. Berbicara langsung ke mikrofon tidak akan distorsi audio anda jika anda mengurangi jarak, dan akan membantu mikrofon anda untuk fokus hanya pada bunyi nada anda.

Bonus Tip: Atur tingkat kepekaan dari rekaman anda (atau DAW) seperti puncak nada bicara anda antara -12 dan 10db.

3. Menggunakan Mikrofon Serbaguna

Mikrofon kondensor dan dinamis adalah dua tipe mikrofon yang biasa digunakan pada podcast. Mikrofon Kondensor merupakan instrumen yang signifikan lebih sensitif secara rata-rata untuk menangkap suasana noise, dimana mikrofon yang dinamis harus punya jarak frekuensi yang dekat, agar bisa kurangi tangkapan noise disekitarnya.

4. Optimalkan Lingkungan Rekaman Anda

Aspek yang paling signifikan dan krusial dari kualitas suara podcast anda adalah dimana ketika anda menangkapnya. Untuk optimalkan ruang podcast pribadi anda, kami rekomendasikan pilih tempat yang tenang, jauh dari area padat seperti sistem HVAC, kendaraan, perangkat keras eksternal, suara latar, motor, dan gangguan lainnya. Anda mungkin bisa tingkatkan nada ruangan anda dengan menggunakan penyerapan suara alami seperti gorden, permadani, karpet, dan sofa.

Bagian 5: Bagaimana Hapus Noise Latar Belakang di Filmora?

Walaupun terdapat banyak software yang tersedia untuk mengeliminasi noise sekitar, kami sangat menyarankan Filmora Wondershare Editor Video untuk edit audio dan video di dalam satu tempat.

Untuk tambahan kemampuan pengeditan video standar, Filmora baru-baru ini di desain ulang supaya disertai peningkatan bentuk gelombang, kunci utama volume, puncak metering, dan transisi audio, memberikan anda pengeditan audio antarmuka yang lebih baik.

Coba gratis

Untuk Win 7 atau versi terbaru (64 bit)

Coba gratis

Untuk OS mac 10.12 atau versi terbaru

Editor Video Filmora akan dengan cepat menghapus suara di sekelilingnya baik dari kedua sumber suara/video. Anda bisa juga hapus suara dari video dengan editor video yang cukup sederhana, pergunakan fungsi Audio Equalizer atau Audio Mixer untuk memodifikasi audio selanjutnya, lalu Ekspor dan simpan audio di file Mp3. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Dalam Linimasa Wondershare Filmora menu, Import rekaman anda. Trim rekaman setelah dilihat pratinjau dan menghapus bagian yang anda tidak inginkan untuk di simpan.

hilangkan bg noise menggunakan Filmora - impor

Langkah 2: Untuk eliminasi noise disekitar secepatnya, klik dua kali pada file video, dan ke panel Audio untuk pilih opsi Hapus Noise Latar Belakang. Anda akan temukan noise latar belakang telah dihapus secara otomatis.

hilangkan bg noise menggunakan Filmora - hapus

Langkah 3: Setelah memeriksa hasilnya, pilih Ekspor untuk download klip yang telah dikurangi-noise ke dekstop anda atau bisa segera unggah ke YouTube atau Vimeo.

hilangkan bg noise menggunakan Filmora - ekspor

Kesimpulan

Jadi, sekarang anda mengetahuinya. Dalam panduan Hapus Noise Latar Belakang Audacity, kami akan meninjau kembali setiap metode yang mungkin akan anda terapkan untuk menghindari dari noise latar belakang yang tidak diperlukan di Audacity. Dan jika hasil yang diharapkan belum tercapai, kami merekomendasikan untuk menggunakan software pengeditan Wondershare Filmora. Tidak hanya akan membantu anda menghapus noise disekeliling yang tidak diinginkan, tapi juga akan izinkan anda untuk sesuaikan file audio atau video anda lebih lanjut.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.