Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Cara Menonton Video YouTube yang Sudah Dihapus Secara Online dengan 2 Cara | Panduan Utama

author avatar

Dec 08, 2023• Proven solutions

Download Versi WinDownload Versi Mac

YouTube menampilkan berbagai macam konten dari perusahaan dan konten buatan pengguna mulai dari musik hingga video DIY. Seiring dengan semua aliran besar ini, ada skenario di mana konten video yang kamu suka atau ingin tonton dihapus karena alasan apa pun. Baik kanal pengunggah yang menghapus videonya, atau YouTube terkadang menghapus videonya karena melanggar salah satu aturan di platform – menampilkan pesan singkat “Maaf, video ini tidak lagi tersedia”. Kamu bakal berpikir mungkin tidak akan bisa lagi untuk mengakses video YouTube yang sudah dihapus, yang sangat ingin kamu tonton. Meskipun mungkin benar sampai batas tertentu, pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar dihapus dari internet. Untuk membantumu menonton video YouTube yang sudah dihapus, kami akan membahas dua metode paling praktis di bawah ini. Jadi, mari kita mulai.

Kamu mungkin akan tertarik dengan Cara Membuat Daftar Putar Video yang Diunggah dan Video Orang Lain di YouTube>>>

Bagian 1: Tonton Video YouTube yang Sudah Dihapus dengan URL

Internet Archive (dikenal juga sebagai Wayback Machine) adalah sistem pengarsipan situs web yang telah mengumpulkan dan membuat katalog situs web sejak tahun 1996. Ini berarti sistemnya telah secara efektif menyimpan tata letak dan data situsnya saat ini. Arsip dunia tentang masa lalu Web yang sangat besar ini sudah mengumpulkan lebih dari 100 terabyte penyimpanan dengan sekitar 10 miliar halaman web.

Di situs web archive.org, kamu bisa menemukan banyak "snapshot" situs web favoritmu pada suatu waktu di masa lalu. Untuk kasus ini, kita perlu menemukan dan menonton video YouTube yang sudah dihapus, jadi untuk itu, yang kita butuhkan hanyalah link video tersebut, dan kemungkinan besar kita dapat menemukannya di archive.org. Langkah-langkah untuk menemukan dan memulihkan video YouTube yang sudah dihapus ternyata sederhana dan caranya adalah sebagai berikut.

1. Pertama-tama, temukan URL di email YouTube milikmu, akun yang tersambung dengan kanal jika kamu mencari video yang kamu unggah. Kamu bisa mencari link tersebut di riwayat browser, di riwayat YouTube, atau kamu mungkin pernah membagikan link tersebut di media sosial.

 Temukan video YouTube yang sudah dihapus melalui riwayat

Jika kamu ingin menonton video YouTube yang sudah dihapus dengan menggunakan Wayback Machine, kamu harus menemukan link ke video yang ingin kamu akses; tanpa URL, kamu tidak akan bisa mengakses video YouTube yang sudah dihapus.

2. Buka situs web archive.org dan tempelkan URL video YouTube di bilah pencarian dan tekan enter.

buka way back machine

3. Setelah kamu menemukan videomu di arsip internet, kamu bisa melihat detail video tersebut.

temukan video yang sudah dihapus

4. Kamu tidak akan bisa langsung memutar videonya, tetapi kamu harusnya bisa mengunduhnya. Lalu, klik video untuk menemukan opsi untuk mengunduh videonya.

unduh video yang sudah dihapus

Metode ini biasanya berhasil karena Wayback machine cukup aktif dan secara teratur menyusuri web untuk mengarsipkan situs-situs yang ada. Namun terkadang, metode ini mungkin tidak berhasil dan membutuhkan cara yang lebih canggih untuk menonton video YouTube yang sudah dihapus.

Bagian 2: Tonton Video YouTube yang Sudah Dihapus tanpa URL

Tetapi bagaimana kalau kamu tidak memiliki URL untuk video YouTube yang sudah dihapus? Internet adalah jaringan desa global. Semua yang ada di internet itu terhubung, dan hubungan itu membuatnya lebih berguna, contohnya, meskipun sebuah video di YouTube mungkin sudah dihapus, kamu bisa mengakses dan menonton video YouTube yang sudah dihapus tanpa URL karena orang selalu mereplikasi video dan membagikannya di kanal YouTube lain atau platform media sosial lainnya. Untuk memastikan bahwa kamu bisa menonton video YouTube favoritmu lagi, kami akan menjelajahi internet yang luas dan menemukan video YouTube yang sudah dihapus itu tadi.

Metode ini bisa menjadi sedikit rumit dan mengharuskanmu memberikan perhatian penuh untuk menemukan video yang sangat ingin kamu tonton sehingga kamu sampai di artikel ini.

1. Buka tab baru di browsermu dan buka bilah pencarian Google. Kami akan menggunakan teknik dari kotak alat pakar SEO – Google Search Operators.

2. Di bilah pencarian, ketik “site:www.youtube.com + nama videonya”

3. Dengan cara ini Google akan menelusuri semua nama video yang relevan hanya dari database YouTube dan mendekatkan kami untuk menemukan video YouTube kami yang sudah dihapus.

google menelusuri url

4. Jika kamu mengetahui bahwa video tersebut pernah dibagikan oleh orang lain di Facebook atau platform media sosial lainnya, kamu bisa mengubah URL situs di bilah pencarian, mengganti YouTube dengan Facebook, misalnya.

5. Setelah kamu menemukan URL videonya, kamu cukup kembali ke metode pertama yang telah kita bahas dan tempelkan URL tersebut ke dalam arsip internet. Arsipnya nanti akan memberimu videonya dan kamu bisa menikmati menonton video YouTube yang sudah dihapus itu tadi.

Catatan: Jika kamu masih tidak bisa menemukan videonya menggunakan metode ini, kami mohon maaf karena video tersebut mungkin sudah dihapus sepenuhnya dari server, dan kamu tidak dapat mengaksesnya lagi.

Bagian 3: Tips Bonus—Buat Video YouTube Milikmu Sendiri dengan Wondershare Filmora

Ingin membuat video youtube lagi? Wondershare Filmora adalah platform yang relatif ringan dan kuat, kamu akan mendapatkan antarmuka yang intuitif dan kemampuan untuk membuat konten yang unik dan sangat bagus. Untuk membantumu dalam membuat video YouTube milikmu sendiri dengan Filmora, kita akan memberikan pengenalan singkat tentang alur dan fitur-fiturnya terlebih dahulu:

  • Mengatur media dengan folder dan proyek
  • Menggunting dan memotong rekaman mentah
  • Lapisan Tidak Terbatas
  • Efek visual dan filter
  • Menambahkan/menghilangkan audio dan musik
  • Tambahkan teks dan ikon kreatif dengan berbagai template untuk dipilih
  • Alat untuk koreksi warna tingkat lanjut
  • Ekspor video ke YouTube secara langsung dan didukung berbagai format keluaran

Buat video YouTube hanya dengan beberapa klik menggunakan Wondershare Filmora:

1. Unduh dan instal Wondershare Filmora di komputermu dengan mengetuk wizard unduhan di bawah ini. Jangan lupa untuk bergabung dengan Komunitas Video Wondershare untuk terhubung dengan pembuat video lainnya.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

2. Buka Wondershare Filmora, tambahkan videomu ke Media Library. Dan kamu juga akan disambut dengan antarmuka yang halus dan sederhana dengan kontrol untuk semuanya seperti transisi, judul, klip lapisan, soundtrack, dan banyak lagi.

impor video resep

3. Tambahkan videomu ke timeline, lalu buka tab Judul, dan kamu akan melihat ratusan template judul dan teks. Pilih template yang kamu sukai dan tambahkan ke video.

tambahkan judul youtube

4. Kemudian kamu juga bisa membuka tab Efek dan menerapkan filter yang menakjubkan ke video

tambahkan filter youtube

5. Setelah selesai, kamu bisa mengklik Ekspor dan mengunggah video yang sudah kamu buat ke YouTube secara langsung.

unggah video ke youtube secara instan

Pengguna versi gratis akan memiliki watermark pada video yang diekspor.

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menggunakan keterampilanmu dan menghemat waktu dengan menggunakan Filmora. Waktu yang kamu potong bisa digunakan untuk membuat lebih banyak konten dan mengedit video luar biasa lainnya untuk memperlihatkan kreativitasmu kepada teman-temanmu.

Kesimpulan

YouTube telah tertanam begitu dalam di kehidupan kita sehari-hari sehingga rata-rata sesi menonton di seluler bisa berlangsung hingga lebih dari 40 menit. Untuk memuaskan hasrat kita untuk konten video, YouTube telah menjadi satu-satunya platform gratis. Tetapi bahkan jika lagu atau film favoritmu sudah dihapus, kamu tidak perlu khawatir karena kami telah mengumpulkan solusi terbaik untuk menonton video YouTube yang sudah dihapus dan bahkan dapat memulihkan video YouTube yang sudah dihapus itu tadi untuk dinikmati bersama teman dan keluarga kalian. Tinggalkan komentarmu di bawah jika kamu menyukai artikel ini.

Download Versi WinDownload Versi Mac

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Cara Menyeimbangkan YouTube dengan Pekerjaan Penuh Waktu

YouTuber DIY Joshelle Jackson berbicara tentang keseimbangan antara menjadi kreator dan memiliki pekerjaan penuh waktu

by Richard Bennett Dec 11, 2023 17:25 PM

Cara Para Pemula Membuat Sebuah Video Keren untuk YouTube di Mac

Tidak ada orang yang ingin penonton berkomentar, "Video ini agak norak, perbaikilah dengan benar", karena komentar ini pasti akan menyakiti hati Anda. Oleh karena itu, pahamilah teknik terbaik yang cocok untuk Anda serta software yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan tingkat keahlian Anda.

by Richard Bennett Dec 11, 2023 15:31 PM

Bagaimana Cara Menggunakan Adobe Premiere untuk Mengupload Video YouTube?

Apakah Anda mengalami masalah kualitas saat mengupload video ke YouTube dengan Adobe Premiere? Coba ini.

by Richard Bennett Dec 11, 2023 15:31 PM

author avatar

Richard Bennett

staff Editor