filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Final Cut Pro Alternative for Beginners
  • Intuitive user interface & powerful video editing feature
  • Attach clipart like images, elements, text, or video clips to objects to track
  • Advanced features like Tilt Shift, Face off, Mosaic, Jump Cut
  • Enhance videos with 300+ stunning effects

Cara Memperbaiki Plugin yang Tidak Berfungsi pada Final Cut Pro X?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Final Cut Pro X adalah salah satu alat pengeditan video yang paling andal, multifungsi, dan tangguh. Yang membuat program ini lebih kuat dan berguna bagi editor video adalah ratusan plugin pihak ketiga yang dengan mudah ditambah ke program.

Dilengkapi dengan plugin, para ahli kreatif dapat menambah efek video yang luar biasa dan meningkatkan kualitas video dengan mudah. Meskipun plugin ini memiliki beberapa keuntungan, plugin ini juga dapat bermasalah dengan pengguna karena berulah dan tidak berfungsi dengan baik.

Seiring peningkatan permintaan untuk Final Cut Pro X, kegagalan fungsi plugin ini juga kerap menyebabkan frustrasi di kalangan pengguna. Oleh karena itu, dalam posting blog ini, kami telah membuat daftar beberapa penyebab umum kegagalan plugin ini dan cara memperbaiki kerusakan, kesalahan, atau gagal fungsi.

Ya, Anda mungkin ingin menemukan lebih banyak plugin gratis, lihat di sini.

Mengapa Plugin Tidak Berfungsi di Final Cut Pro X?

Para editor video pemula harus tahu dulu apa fungsi plugin ini dan cara plugin dapat menambah nilai pada video. Plugin ini merupakan komponen tambahan yang dapat memperluas kemampuan sebuah aplikasi. Dengan membiarkan pengguna melakukan hal menyenangkan dan tambahan pengeditan video, pengguna dapat membuat audiens terkesan dengan menggunakan transisi dan efek video lain. Namun, keunggulan ini hanya bermanfaat ketika plugin mulai dijalankan. Jika tidak bekerja atau macet, plugin ini justru akan menyulitkan pengguna atau editor video.

top-10-free-fcpx-plugins-alex-4d

Berikut adalah beberapa alasan umum yang menyebabkan plugin Anda bisa jadi tidak berfungsi penuh atau tidak berfungsi sama sekali.

  • Konfigurasi atau pengaturan pada Final Cut Pro X yang tidak tepat
  • Bertentangan dengan templat plugin
  • Kode plugin yang salah yang diciptakan oleh pengembang pemula
  • Tidak kompatibel dengan versi terbaru dari Final Cut Pro
  • Instalasi plugin tidak rampung sepenuhnya

Di antara banyak alasan kegagalan plugin, salah satu alasan yang paling umum adalah kode yang salah atau buruk. Lagi pula, tidak ada yang bisa menghindari pengembang pemula karena dapat memunculkan kode aneh, sehingga menyebabkan masalah kerusakan plugin. Jika kode salah, kesalahan bukan terletak pada pengguna. Oleh karena itu, Anda sebaiknya meminta saran dari pusat bantuan situs plugin atau meminta ahli dari pusat bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, plugin terus diperbarui oleh pengembang sehingga pengguna yang ingin menginstal plugin terbaru harus terlebih dahulu melihat kompatibilitas plugin dengan versi Final Cut Pro X. Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak versi terbaru, terdapat kemungkinan plugin bisa jadi macet. Sebaiknya Anda menghubungi ahlinya atau cukup menginstal versi terbaru dari plugin yang paling didukung Final Cut Pro X.

Jika plugin Anda tidak berfungsi, kemungkinan besar karena penyebab yang telah dijelaskan tadi. Namun, Anda wajib memperbaiki masalah ini, oleh karena itu, di bagian berikutnya kami telah membahas beberapa cara pemecahan masalah untuk memperbaiki plugin yang terus berhenti atau tidak berfungsi.

Nah, waktunya memperkenalkan aplikasi pengeditan canggih lain, Filmora. Aplikasi ini ramah bagi pemula dan Anda selalu dapat menemukan berbagai sumber di pustaka di dalam aplikasi!

Download Versi Windows Download Versi Mac

Cara Memperbaiki Plugin yang Tidak Berfungsi di Final Cut Pro X?

Bayangkan ketika Anda sedang memakai versi terbaru Final Cut Pro dan mengunduh beberapa transisi baru untuk video Anda, tetapi tampilan video macet, tidak berfungsi atau tidak muncul seperti yang keinginan Anda. Kejadian ini bisa sangat membuat frustasi dan mengesalkan bagi pengguna terutama ketika pengguna harus menyiapkan video yang diedit dalam waktu singkat.

color-finale-2

Untungnya, terdapat cara mudah memperbaiki masalah ketika plugin tidak berfungsi dengan baik di dalam Final Cut Pro X. Biasanya, masalah dapat diperbaiki dengan memperbarui dan menginstal ulang plugin di sistem Anda. Namun, jika cara itu tidak berhasil, pikirkan daftar elemen di bawah ini yang Anda harus pertimbangkan untuk memperbaiki masalah seputar generator, efek, transisi, dan judul pada Final Cut Pro X.

  • Mencari di Bagian yang Tepat - Saat mencari plugin, Anda harus selalu memastikan mencari plugin pada bagian Final Cut Pro X yang tepat. Misalnya, jika Anda mencari efek, pastikan Anda memeriksanya di panel efek.
  • Instalasi yang Tepat - Tips berikutnya yang Anda harus sadari adalah pemasangan plugin yang benar dan tepat. Anda harus mengikuti langkah instalasi plugin untuk menghindari kesalahan penginstalan pada Final Cut Pro X Anda.
  • Lokalisasi Folder - Sekarang hadir lokalisasi folder yaitu penempatan folder. Pastikan folder efek gerak, template, generator, transisi, dan judul dilokalisasi.
  • Penempatan Efek dan Transisi - Saat menempatkan judul dan generator Anda, Anda harus memastikan bahwa kedua menu berada di bagian atas timeline Anda, tetapi dapat terjadi transisi di antara dua klip pada timeline dan efek tersebut dapat dimasukkan langsung ke dalam klip video.
  • Hapus Plugin dari mana pun - Jika hal itu terus mengganggu, sebaiknya pertimbangkan untuk menghapus plugin di sistem Anda. Hapus dari folder 'finder' dan 'trash', lalu unduh ulang, instal ulang, dan nyalakan ulang sistem Anda.
  • Cari Bantuan dari Kreator Plugin- Jika tip di atas tidak ada yang membantu, Anda harus beralih ke penyedia layanan atau pembuat plugin yang dapat menawarkan pendampingan ahli.

Semua editor video yang secara khusus mendapat tanda kesalahan peringatan merah dalam perangkat lunak Final Cut Pro X harus menyadari terdapat masalah dengan file asli, bukan di plugin. Oleh karena itu, coba perbaiki file asli dulu.

Kesimpulan Akhir

Final Cut Pro X adalah peralatan perangkat lunak yang bermanfaat dan dilengkapi dengan plugin yang sangat efektif, sehingga membuat video yang sangat berkesan bagi pemirsa. Namun, sejumlah pengguna mengeluhkan masalah kerusakan plugin dan bisa diselesaikan dengan mengikuti tip yang tercantum di posting blog ini. Hubungi ahli jika masalah tetap tidak selesai meski telah menerapkan metode yang dibahas di atas.

author avatar
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Benjamin Arango Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Benjamin Arango Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Benjamin Arango Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Benjamin Arango

staff Editor