filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Final Cut Pro Alternative for Beginners
  • Intuitive user interface & powerful video editing feature
  • Attach clipart like images, elements, text, or video clips to objects to track
  • Advanced features like Tilt Shift, Face off, Mosaic, Jump Cut
  • Enhance videos with 300+ stunning effects

Bagaimana Cara Menggunakan Final Cut Pro X untuk Menghapus Suara Bising di Latar Belakang?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Berdasarkan penelitian, audio memiliki peran yang lebih penting dibandingkan visual dalam sebuah video. Benar, tidak ada yang akan menyukai video yang memiliki trek audio yang tidak ada hubungannya dengan klip atau bahkan tidak ada suara. Hal itu juga berlaku jika Anda merekam sebuah video live. Dalam konteks tersebut, faktor yang paling menjengkelkan adalah suara bising di latar belakang, mikrofon yang tidak sesuai, dan berbagai gangguan di lingkungan bisa memengaruhi kualitas video atau film.

Meskipun Anda merekam di studio yang mumpuni, sedikit suara bising di latar belakang dapat masuk ke video Anda. Oleh karena itu, apakah akan membiarkan suara tersebut atau menghapusnya menjadi keputusan penting. Jika Anda adalah pengguna Mac, Anda dapat menggunakan FCP penghapus suara bising untuk menyelesaikan masalah ini tanpa memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Tilik artikel kami lebih lanjut untuk mengetahui cara menghapus suara bising di latar belakang dengan Final Cut Pro. Selain itu, Anda juga dapat mengenal beberapa plugin untuk mengurangi suara bising pada FCPX.

Anda akan membutuhkan panduan ini untuk mempelajari berbagai cara menghapus suara bising di latar belakang dengan FCPX.

Bagian 1: Bagaimana Cara Menghapus Suara Bising di Latar Belakang Audio dengan Final Cut Pro X?

Ingin tahu bagaimana cara menghapus suara bising di latar belakang dengan Final Cut Pro X? Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah yang bisa Anda ikuti.

Langkah 1: Mulai proyek baru & impor file

Setelah meluncurkan aplikasi Final Cut Pro X di perangkat Mac, pergi ke “File > New > Project”.

Namai proyek tersebut dan atur video di jendela pop-up. Kemudian, Anda bisa mengimpor file video dengan pergi ke “File > Import > Media”.

Langkah 2: Klik opsi audio Enhancer

Sekarang, letakkan video tersebut ke timeline dan jalankan perintah “Modify > Auto Enhance Audio” dari menu di bar atas atau gunakan jalan pintas keyboard “Command-A.”

Pada opsi di atas timeline, ketuk ikon “Magic”, dan buka menu tersebut untuk memilih opsi "Auto Enhancer Audio".

peningkatan-audio

Anda juga akan melihat opsi untuk membuka audio enhancer yang bisa Anda lakukan dengan klik ikon Audio, yang bisa Anda temukan di atas layar Pratinjau.

Langkah 3: Sesuaikan peninjau audio

Anda akan mendapatkan toolbox penguat atau audio enhancer pada sisi kanan layar. Dari sana Anda dapat mengoptimasi atau mengatur berbagai opsi seperti pengaturan keseimbangan, pengaturan keras suara, penghapusan suara bising, dan penghapusan suara deruman.

Menggunakan penghapus suara bising dari FCP sangatlah mudah. Sebelum menghapus suara bising di latar belakang menggunakan Final Cut Pro X, Anda perlu mencentang kotak Penghapusan Suara Bising, lalu atur pointer pada level tertentu. Itulah cara mudah menghapus suara bising di latar belakang menggunakan FCPX.

Opsi menarik yang ditawarkan untuk pengguna Mac adalah penghapusan suara deruman dengan Final Cut Pro. Benar. Pada jendela penguat suara, ada kotak centang terpisah untuk menghapus suara deruman. Anda bisa memilih opsi 50Hz atau 60Hz di sana.

Peningkatan2

Masih bingung? Kalau begitu, cobalah Filmora dan pelajari cara menghapus suara bising di latar belakang dengan mudah!

Download Versi Windows Download Versi Mac

Bagian 2: Plugin Pengurangan Suara Bising untuk Final Cut Pro X

Apakah Anda ingin tahu cara menghapus suara bising di latar belakang dengan cara alternatif lewat Final Cut Pro? Menggunakan plugin peredam suara pada FCPX adalah pilihan terbaik. Di bawah ini telah terdaftar plugin yang sangat direkomendasikan untuk meredam suara pada video Anda.

  • Neat Video

Neat Video adalah plugin peredam suara untuk FCPX yang pertama kami sarankan. Plugin ini membantu Anda untuk menghapus suara bising di latar belakang, suara gemercik, suara digital, dan cacat suara yang lainnya. Plugin ini efektif membersihkan video yang terekam di kamera, pemutar tv, film digital manapun. Para profesional dan penggiat di bidang ini memilih Plugin Neat Video yang dirancang dengan pendekatan profiling suara dan algoritma matematika yang kompleks agar dapat memberikan hasil yang akurat dan efisien. Terlebih lagi, Neat Viedo bekerja lebih cepat dengan memanfaatkan perangkat keras GPU dan CPU secara maksimal.

  • ProDenoise

Dikenalkan lewat Pixel Film Studios, pengguna Final Cut Pro X kini bisa melembutkan dan menghilangkan suara bising atau gemercik dari klip video lewat plugin ProDenoise. Dengan ProDenoise, Anda dapat menajamkan dan membersihkan video Anda dalam beberapa klik saja. Video yang berkualitas baik siap diukir dengan teknik pemulihan dan perlindungan tepi yang detail lewat plugin ProDenoise ini. Anda dapat mengakses fitur menarik dengan plugin ProDenoise seperti deteksi otomatis hujan dan suara bising, kalibrator denoise, peningkat kualitas gambar yang didesain secara khusus untuk pengguna Final Cut Pro X.

  • ERA 5 Noise Remover

Jika Anda menginginkan plugin peredam suara Final Cut Pro gratis, Anda harus mencoba ERA 5 Noise Remover! Plugin ini menawarkan kesempatan coba gratis untuk penggunanya. Di samping itu, plugin ini juga kompatibel dengan Windows dan Mac. Hanya perlu tekan satu tombol, Anda dapat membersihkan suara bising dan mengedit video sesuai keinginan Anda. Plugin ini menghapus suara bising di latar belakang seperti suara deruman, desis, A/C, kipas, atau suara latar belakang manapun. ERA 5 dapat menghilangkan semua suara bising di latar belakang Anda dengan mudah. Plugin ini menawarkan fitur komprehensif seperti penghapus gema ERA, penghapus letupan ERA, dan ERA de-esser, serta fitur-fitur akusonus yang berfungsi secara real time yang bisa membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dalam satu plugin!

Kesimpulan

Inilah cara menghapus suara bising di latar belakang yang mudah menggunakan Final Cut Pro. Apakah Anda memiliki video yang perlu diedit dan dibersihkan dari suara latar belakang yang tidak diperlukan?

Untuk penanganan masalah audio lainnya lewat FCPX, Anda mungkin ingin mempelajari cara mensinkronkan video dan audio lewat FCPX di sini.

Akhir kata, penghapus suara FCP adalah pilihan bawaan terbaik yang patut dicoba. Jangan lupa coba plugin peredam suara untuk FCPX yang sudah disebutkan di atas!

author avatar
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Benjamin Arango Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Benjamin Arango Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Benjamin Arango Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Benjamin Arango

staff Editor