filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

5 Emulator PS1 Terbaik untuk PC

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Sony merilis konsol mandiri pertama untuk video game, bernama Playstation1 (dijuluki PS1), pada tahun 2001. PlayStation 2 dirilis untuk bersaing dengan Nintendo SNES, yang menguasai pasar video-game konsol selama bertahun-tahun. Sony meluncurkan konsol game pertamanya setelah bertahun-tahun melakukan reorganisasi dan kerjasama, termasuk dengan Nintendo. Konsol itu sangat sukses sampai ia berhasil menggantikan konsol-konsol sebelumnya.

Dengan emulator PS1 untuk PC, Anda dapat memainkan game PlayStation 1. Mainkan game PlayStation favorit Anda di komputer dengan BIOS orisinil, BIOS Anda sendiri, dan game Anda sendiri. Dengan membaca artikel di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa emulator PS1 terbaik yang dapat membuat Anda bernostalgia. Bahkan lebih baik lagi jika Anda memiliki kaset game orisinilnya. Yang Anda butuhkan hanyalah salinan kaset tersebut.

1.RetroArch Emulator

emulator-ps1-retroarch

Emulator ini menawarkan berbagai solusi dan merupakan sebuah emulator untuk bermain video game PS1, menjadikannya salah satu emulator ps 1 terbaik dan terlengkap. Versi stabilnya pertama kali dirilis pada tahun 2020, hampir satu dekade setelah pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Dan yang lebih menarik lagi, aplikasi ini gratis, open-source, dan bisa mendukung konsol gaming, pemutar media, mesin game, dan lain-lain. Yang tentunya menjadikan emulator ini emulator yang sangat bisa diandalkan.

Fitur:

  • Bisa digunakan di berbagai platform, seperti Windows, Linux dan macOS.
  • Sebagai emulator yang cepat, portabel, dan ringan, RetroArch hanya memerlukan sedikit dan hampir tidak ada penyesuaian saat dipakai dan berfungsi dengan baik.
  • Dalam hal penyimpanan game, kecepatan refresh, pemuatan game, dan resolusi layar, ini adalah salah satu emulator PS1 terbaik di pasaran.

2.Matsu Emulator

emulator-ps1-matsu

Ada juga Matsu Emulator, yang didasari oleh platform PSX/PSOne. Selain fakta bahwa ia merupakan salah satu emulator terbaik di dunia, emulator ini juga cukup stabil dan aman. Semakin banyak fitur telah ditambahkan ke perangkat lunak ini. Tapi, walaupun emulator ini bekerja dengan sangat baik, tapi versi gratisnya memiliki sangat banyak iklan. Jika Anda membeli edisi pro dalam game, Anda dapat menghapus iklan di dalamnya. Tapi jika Anda memang bersedia mengeluarkan uang untuk sebuah emulator, kami merekomendasikan ePSXe atau FPse. Jika Anda bisa bersabar dengan iklan-iklannya, Anda akan merasa bahwa Matsu Emulator adalah sebuah program yang bisa diandalkan dan efisien.

Fitur:

  • Mempunyai fitur keypad virtual di layar serta mendukung penggunaan gamepad.
  • Kualitas suaranya sangat bagus.
  • Selain bisa mempercepat game, emulator ini juga mendukung pemutaran ulang game.
  • Pengguna bisa menggunakan hingga 16 slot di Matsu Emulator.

3.Mednafen

poster-mednafen-ps1

Game dijalankan menggunakan OpenGL dan SDL di Mednafen, sebuah emulator multi-sistem. Pengguna dapat memetakan ulang tombol hotkey dan input sistem virtual ke joystick atau keyboard, atau keduanya secara bersamaan. Emulator ini juga mendukung pemutaran ulang secara real-time dan menyimpan progress pada beberapa status. Emulator ini juga dapat membuat Anda menangkap layar secara instan. Gambar hasilnya akan disimpan dalam format PNG.

Sebagian besar inti Mednafen adalah bagian dari aplikasi lain, tetapi ada juga yang memang asli dari aplikasi ini. Dalam hal kualitas, presisi, dan kompatibilitas, inti aslinya (dibuat untuk menjalankan game PS1, Sega Saturn, dan Nintendo Virtual Boy) patut diberi acungan jempol. Antarmuka baris perintah Mednafen sangat mudah digunakan. Selain itu, emulator ini juga mendukung beberapa GUI pihak ketiga untuk membuat konfigurasi menjadi lebih mudah. Misalnya, MedLaunch menawarkan perpustakaan games yang dinamis dengan pencarian DAT dan online scraping, serta kemampuan untuk mengonfigurasi pengontrol.

Fitur:

  • Emulasi multi-platform memungkinkan game dimainkan di PlayStation One serta konsol game lainnya.
  • Kompatibel dengan sebagian besar konsol game, termasuk PlayStation One, kompatibilitasnya sangat akurat.
  • Asalkan Anda memiliki BIOS dan ROM PlayStation yang tepat, emulator ini dapat diatur dengan cepat dan mudah.
  • Emulator Mednafen mendukung penggunaan cheat dalam game.

4.ePSXe

poster-epsxe-ps1

Anda dapat memainkan game PlayStation di ponsel Android dan PC Anda dengan menggunakan ePSXe (singkatan dari enhanced PSX emulator). Ada berbagai macam perangkat yang didukung, menjadikannya alat yang cepat, akurat, dan sangat serbaguna. Dalam hitungan detik, Anda dapat mulai bermain game setelah mengonfigurasi programnya. Hal ini hanya perlu dilakukan dengan menyalin file BIOS dari konsol Anda, mengatur pengontrol, dan menyesuaikan kunci-kuncinya.

Gamenya biasanya dapat langsung berjalan lancar tanpa banyak konfigurasi dan error. Saat game Anda tidak dapat memuat atau mengalami lag, Anda dapat memperbaikinya dengan menerapkan patch ePSXe (dalam format .ppf).

Fitur:

  • Perangkat lunak ini memberikan pengalaman analog yang mirip dengan bermain video game di PlayStation One itu sendiri, tetapi langsung di komputer pribadi Anda.
  • Opsi pengontrolnya dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Ini memungkinkan Anda untuk menjeda, melanjutkan, dan menyimpan gameplay Anda dari titik terakhir Anda meninggalkannya.
  • Mode dual-player dan split-screen juga tersedia. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gamepad eksternal untuk memainkan video game favorit Anda.

5.Biz Hawk

poster-biz-hawk-ps1

Ada banyak alat untuk pengujian kecepatan dan emulasi. Selain menjalankan game dari berbagai konsol klasik, BizHawk adalah emulator multi-sistem open-source. Aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk merekam audio dan video dalam game.

Selain PSP, platform tersebut juga dapat mendukung Nintendo 64, Game Gear, SEGA Master System, ZX Spectrum, Neo Geo Pocket, NES, Commodore 64, dan masih banyak lagi. Dengan memungkinkan Anda untuk memperlambat atau bahkan menjeda emulasi, BizHawk ini dapat dianggap sebagai emulator yang unik, karena memungkinkan Anda untuk memajukan game frame demi frame. Dengan sistem debugging seperti ini, Anda dapat menganalisis emulasi hingga milimeter dan mengalahkan rekor waktu atau skor tinggi dengan memanfaatkan emulasi video game Anda sebaik mungkin.

Fitur:

  • Dukungan untuk mode layar penuh
  • Kontrol untuk menembak yang beroperasi secara otomatis atau cepat
  • Ada kuota tak terbatas untuk menyimpan status game
  • Melangkah, memutar, dan mengontrol kecepatan.

Putusan Akhir

Jika Anda mencari emulator PlayStation 1 yang dapat memberikan Anda pengalaman yang sama dengan konsol, di sini kami telah membuat daftar 5 emulator ps1 terbaik. Perlu diingat bahwa ini adalah daftar emulator ps1 untuk PC dan bisa digunakan pada sistem operasi yang berbeda-beda. Memilih emulator PS1 yang tepat sangatlah mudah, Anda tinggal mengecek daftar game yang didukung agar Anda dapat memainkan game favorit masa kecil Anda dengan langsung mendownload dan menginstal untuk mulai bermain.

Coba Gratis

Untuk Windows 7 atau versi di atasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.