Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Filmora Video Editor
Buat video dengan mudah menggunakan AI.
  • Berbagai alat pengeditan AI untuk meningkatkan efisiensi pembuatan video Anda.
  • Tawarkan templat populer dan sumber daya kreatif bebas royalti.
  • Fungsionalitas lintas platform untuk mengedit di mana saja.

Bagaimana Cara untuk Mengecek Hak Cipta pada Video TikTok

Nah, Anda mungkin telah berhasil membuat video TikTok yang menakjubkan dengan gerakan tari yang sempurna dan lip-sync yang akurat. Namun, apa yang terjadi? Video Anda malah disenyapkan atau bahkan dihapus! Kesal sekali rasanya!

Apa sih alasannya?

Pelanggaran hak cipta, atau lebih sederhananya, Anda telah menggunakan musik tanpa izin dari penyanyinya!

Hal ini juga termasuk dengan suara eksternal yang bukan bagian dari perpustakaan TikTok.

Jadi, mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang harus kita lakukan untuk dapat menghindari hal ini?

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu belajar bagaimana cara memeriksa hak cipta video TikTok sebelum mengupload video Anda.

Dan, di dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda secara tepat mengapa Anda perlu mengikuti hak cipta TikTok, dan bagaimana cara memeriksanya sebelum Anda mengupload video ke platform tersebut.

Mengapa Anda Perlu Mengikuti Hak Cipta Tiktok?

Untuk menghindari pemblokiran akun Anda!

Nah, TikTok sendiri memiliki perpustakaan suara yang luas dengan izin hukum yang tepat, yang mana tersedia untuk digunakan oleh para penggunanya dalam video mereka. Namun, terkadang orang-orang menggunakan musik mereka sendiri dalam video-video tersebut.

Suara eksternal bisa jadi berhak cipta ataupun tidak.

Jika video tersebut tidak memiliki hak cipta, maka semuanya baik-baik saja. Tapi jika secara tidak sengaja Anda menggunakan video yang berhak cipta, TikTok secara otomatis dapat mendeteksinya, dan akan mensenyapkan video Anda, atau bahkan menghapusnya video tersebut sepenuhnya. Jika hak cipta terdeteksi saat Anda mengupload video, platform akan mencegah Anda untuk menguploadnya.

Untuk berjaga-jaga, kami sarankan Anda untuk menggunakan suara yang sudah ada di perpustakaan TikTok.

Tapi, bagaimana jika Anda ingin menggunakan suara eksternal? Apakah ada cara untuk memeriksa hak cipta video TikTok sebelum Anda menguploadnya?

Ya, memang ada! Dan di bagian berikutnya, kami akan memberi tahu Anda semua tentang hal ini.

Wondershare Filmora

Mulailah gunakan aplikasi Filmora, aplikasi dengan penggunaan yang mudah, kinerja yang baik, antarmuka yang intuitif, dan berbagai efek yang tak terhitung jumlahnya!

filmora

Periksa Hak Cipta Video Tiktok Sebelum Anda mengupload Video

Setiap kali Anda mengupload video ke TikTok, Anda mendapatkan opsi untuk dapat menjalankan pemeriksaan hak cipta. Tetapi opsi ini hanya tersedia di browser desktop.

Oleh karena itu, jika Anda mengupload suara selain dari perpustakaan TikTok, Anda dapat memeriksa apakah suara tersebut berhak cipta atau tidak dari komputer Anda.

Beginilah cara melakukannya:

Langkah ke-1

Pergilah ke versi situs web Tiktok melalui Chrome, dan klik "Log in" di bagian sudut kanan atas halaman. Anda juga dapat mengklik "Log in" di bawah opsi "Following" di bagian sebelah kiri.

masuk ke versi situs web tiktok

Langkah ke-2

Sebuah jendela pop-up akan muncul yang meminta Anda untuk mendaftar atau masuk ke TikTok menggunakan email, Facebook, Twitter, Google, Apple, atau Instagram. Anda dapat memilih opsi yang menurut Anda paling mudah dilakukan.

masuk ke tiktok via email

Langkah ke-3

Klik opsi "Upload" yang ditunjukkan oleh awan dengan gambar panah.

klik pada opsi "upload"

Langkah ke-4

Klik “Select Video to Upload” dan pilih video dari penyimpanan komputer Anda.

pilih video dari komputer untuk diupload

Langkah ke-5

Setelah video diupload, tambahkan caption dengan hashtag dan pilih sampul untuk video Anda.

tambahkan caption ke video Anda

Langkah ke-6

Langkah berikutnya adalah memilih apakah video Anda dapat dilihat oleh publik atau teman-teman Anda, atau apakah Anda ingin mempublikasikannya sebagai video pribadi yang tidak dapat dilihat oleh siapa pun.

mengubah pengaturan privasi untuk video Anda

Langkah ke-7

Anda juga dapat mengizinkan atau membatasi pengguna untuk berkomentar pada video Anda, membuat duet, atau menstitch video Anda.

mengizinkan atau membatasi pengguna untuk berkomentar pada video Anda

Langkah ke-8

Sekarang, saatnya Anda melakukan pemeriksaan hak cipta pada video tersebut. Nyalakan tombol "Run a copyright check" dan tunggu untuk melihat apakah ada masalah yang muncul.

Nyalakan tombol

Seperti yang Anda lihat, video ini tidak memiliki masalah terkait hak cipta, jadi aman untuk diupload.

video ini tidak memiliki masalah terkait dengan hak cipta

Namun, jika video Anda bermasalah, Anda dapat mencoba menggunakan suara dari perpustakaan bawaan TikTok dan Anda pun dapat mengupload video tanpa perlu takut dengan masalah hak cipta.

klik opsi "post"

Kesimpulan

Membuat video TikTok mungkin merupakan hal yang sangat menyenangkan, namun kita harus tetap mengikuti aturan, terutama yang berkaitan dengan penggunaan materi berhak cipta. Menurut kebijakan TikTok, jika video menggunakan suara yang berhak cipta, video tersebut akan disenyapkan, dan jika video itu sendiri berhak cipta, misalnya klip dari film atau lagu, video tersebut akan dihapus.

Namun, jika Anda terus mengupload konten berhak cipta setelah menerima pemberitahuan mengenai pelanggaran hak cipta dari TikTok, maka hal ini dapat menyebabkan akun Anda dihapus secara permanen!

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memeriksa hak cipta video TikTok sebelum menguploadnya melalui langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

Jadi, lakukanlah pemeriksaan hak cipta agar Anda dapat mengupload video dengan aman!

Artikel Rekomendasi:

20 Lagu Rap TikTok Populer yang Mungkin Pernah Anda Dengarkan

Apakah Anda mencari lagu rap TikTok yang paling viral? Klik di sini untuk mengetahui lagu-lagu rap terbaik dan rapper terbaik yang menciptakan lagu-lagu tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Slow Mo di Tik Tok?

Anda pasti sudah melihat ratusan video Tik Tok Slow Motion sekarang. Hal ini sudah menjadi tren. Semua orang suka membuat atau menonton video slow motion demi estetika yang luar biasa. Tapi tahukah Anda cara membuatnya di Tik Tok? Jangan khawatir. Kami akan menunjukkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Tik Tok.

7 Emoji TikTok Terbaik dan Cara Menemukan Emoji Rahasia TikTok

Emoji merupakan alat kita sehari-hari di berbagai platform media sosial, terutama TikTok. Artikel ini berisi informasi yang diperlukan untuk menemukan emoji-emoji TikTok.

Panduan Lengkap: Rekomendasi Elemen Tiktok untuk Anda

Jika Anda ingin membuat video TikTok untuk menjadi viral, untuk mendapatkan followers, atau untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, maka Anda perlu membuat konten, keterangan, dan sampul video yang baik. Berikut adalah panduan lengkap elemen TikTok untuk membantu Anda membuat video yang menarik.

6 Konverter TikTok ke MP3 Terbaik di tahun 2023

Apakah Anda mencari alat yang berguna untuk mendownload mp3 TikTok? Kami telah membuat daftar yang terdiri dari 6 konverter TikTok ke MP3 terbaik dan mereview alat ini berdasarkan beberapa faktor. Baca terus artikel ini!

Cara Mudah Bergabung ke dalam Live TikTok Seseorang

Temukan cara sederhana untuk bergabung ke dalam live TikTok seseorang melalui artikel ini.

Semua tentang Anime di TikTok: Tarian, Lagu, Meme, dan Filter

Anime apa yang populer di TikTok? Baca artikel ini untuk mengetahui tarian, lagu, meme, wallpaper, dan filter anime TikTok yang sedang tren. Selamat datang di dunia anime TikTok!