filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Bagaimana Cara Memeriksa Hak Cipta Video Tiktok Sebelum Mengunggah?

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Jadi, Anda telah berhasil membuat sebuah video TikTok yang mengagumkan dengan gerakan tarian yang sempurna dan sinkronisasi bibir yang akurat. Tapi apa-apaan ini? Video Anda dihapus! Sangat menyedihkan!

Alasannya?

Pelanggaran hak cipta, atau singkatnya, menggunakan musik tanpa izin penyanyinya!

Hal ini termasuk suara eksternal yang bukan merupakan bagian dari library TikTok.

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari hal ini?

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mempelajari cara memeriksa hak cipta video TikTok sebelum mengunggahnya.

Dan dalam artikel ini, kami akan memberitahu Anda alasan mengapa Anda harus mengikuti hak cipta TikTok, dan cara untuk memeriksanya sebelum memposting sebuah video.

Mengapa Anda Harus Mengikuti Hak Cipta TikTok?

Untuk menghindari terjadinya pemblokiran!

TikTok memiliki banyak macam suara dengan otorisasi hukum sah yang tersedia bagi para pengguna untuk digunakan dalam video mereka. Namun, orang-orang terkadang menggunakan musik mereka sendiri dalam video.

Suara eksternal tersebut bisa saja memiliki hak cipta.

Jika suara tersebut tidak memiliki hak cipta, maka segalanya pun akan baik-baik saja. Tetapi jika Anda secara tidak sengaja menggunakan sebuah video yang memiliki hak cipta, TikTok akan mendeteksinya secara otomatis, dan mematikan suara video Anda atau menghapusnya sepenuhnya. Jika hak cipta terdeteksi saat memposting, maka platform akan langsung mencegah Anda untuk mengunggahnya.

Agar tetap aman, kami menyarankan Anda untuk menggunakan suara yang telah disediakan di library TikTok.

Tetapi, bagaimana jika Anda ingin menggunakan suara eksternal? Apakah ada cara untuk memeriksa hak cipta video TikTok sebelum mengunggah?

Ya, ada! Dan di bagian selanjutnya, kami akan memberi tahu Anda segalanya mengenai hal tersebut.

Periksa Hak Cipta Video Tiktok Sebelum Mengunggah

Setiap kali Anda memposting video ke TikTok, Anda memiliki opsi untuk menjalankan pemeriksaan hak cipta video tersebut. Namun opsi ini hanya tersedia di browser desktop.

Oleh karena itu, jika Anda memposting suara yang tidak tersedia di library TikTok, Anda dapat memeriksa status hak cipta suara tersebut dari PC Anda.

Inilah caranya:

Langkah 1

Buka Tiktok versi situs web dari Chrome, dan klik “Log In” di pojok kanan atas halaman. Anda juga dapat mengklik "Log In" di bawah opsi "Following" yang terletak di sebelah kiri.

masuk ke situs versi web tiktok

Langkah 2

Anda akan mendapatkan sebuah popup yang meminta Anda untuk mendaftar Tiktok atau masuk menggunakan email, Facebook, Twitter, Google, Apple, atau Instagram Anda. Anda dapat memilih opsi mana pun sesuai dengan kenyamanan Anda.

masuk ke tiktok melalui email

Langkah 3

Klik opsi "Upload" yang ditunjukkan oleh sebuah awan dengan panah.

ketuk opsi "upload"

Langkah 4

Klik "Select Video to Upload" dan pilih video dari tempat penyimpanan PC Anda.

pilih video dari pc untuk diunggah

Langkah 5

Setelah video telah diunggah, tambahkan keterangan dengan hashtag dan pilih cover untuk video Anda.

tambahkan caption untuk video

Langkah 6

Langkah selanjutnya adalah memilih agar video Anda dapat dilihat oleh publik, teman ataupun disembunyikan dari semua orang.

ubah pengaturan privasi untuk video

Langkah 7

Anda juga dapat mengizinkan atau melarang pengguna untuk mengomentari video Anda, melakukan duet, atau menggabungkan video Anda.

izinkan atau larang pengguna untuk mengomentari video

Langkah 8

Kini Anda telah tiba pada bagian di mana Anda menjalankan pemeriksaan hak cipta pada video. Aktifkan pilihan untuk "Run a Copyright Check" lalu tunggu dan lihat apakah terdapat masalah pada video.

Aktifkan pilihan

Seperti yang Anda lihat, video ini tidak memiliki masalah terkait hak cipta, oleh karena itu, video tersebut pun aman untuk di posting.

video tidak memiliki masalah terkait hak cipta

Namun, jika video Anda mengalami masalah, maka Anda dapat mencoba menggunakan suara dari library TikTok dan lanjut memposting video Anda tanpa merasakan sedikit pun perasaan khawatir.

klik opsi "post"

Kesimpulan

Meskipun membuat video TikTok merupakan sebuah kegiatan yang cukup menyenangkan, kita harus mengikuti aturannya, terutama yang berkaitan dengan penggunaan materi berhak cipta. Menurut kebijakan TikTok, jika sebuah video memiliki suara berhak cipta, maka suara video akan dimatikan, dan jika video itu sendiri memiliki hak cipta, seperti klip dari film atau lagu, maka video tersebut akan dihapus.

Namun, jika Anda terus memposting konten berhak cipta bahkan setelah menerima peringatan pelanggaran hak cipta dari TikTok, maka hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya penutupan akun Anda!

Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui cara untuk memeriksa hak cipta video TikTok sebelum mengunggah melalui langkah-langkah yang dijelaskan di artikel ini.

Jadi, jalankan pemeriksaan hak cipta dan berhati-hatilah!

author
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.