filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best Video Editing Software on Windows PC for Beginners
  • A wide support for different formats.
  • Various motion elements, royalty-free music and transitions.
  • Burn to DVD or upload to YouTube.

Aplikasi Stabilisator Video Gratis dan Terbaik untuk Android

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Stabilkan Video Goyah Setelah Merekam Dengan Mudah

Wondershare Filmora adalah salah satu software pengeditan video paling populer di kalangan YouTuber, yang menyediakan alat stabilisasi video untuk menghilangkan goyangan dari video hanya dalam sekali klik. Download dan cobalah sekarang.

Sekarang, kita semua menggunakan kamera dan ponsel untuk mengabadikan banyak peristiwa penting dalam hidup kita. Namun terkadang video yang direkam akan goyah karena berbagai macam faktor seperti gerakan tangan yang tiba-tiba, kurangnya stabilisasi pada peralatan perekaman kita, dan sebagainya.

Para pengguna bisa menggunakan aplikasi stabilisator video untuk mengatasi masalah ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pengguna bisa dengan cepat menghaluskan area video yang goyah di smartphone Android mereka. Namun, mencari Stabilisator Video Android yang sempurna masih merupakan tugas yang sulit, karena banyaknya aplikasi yang beredar di pasaran. Tetapi jangan khawatir, beberapa stabilisator video terbaik akan diulas di dalam artikel ini. Mari kita bahas bersama!

Bagian 1: Apa Perbedaan Antara OIS dan EIS?

Kebanyakan individu lebih menyukai OIS daripada EIS. Pendekatan perangkat keras selalu lebih disukai daripada platform software, karena EIS pada dasarnya adalah solusi perbaikan yang menyebabkan penurunan resolusi pada gambar dengan memotongnya dan memperkirakan akan terlihat seperti apa tampilannya jika stabil. OIS juga dapat bekerja lebih baik meskipun dalam kondisi yang kurang cahaya. Aplikasi stabilisator video terbaik untuk android adalah yang dapat menggabungkan kedua pendekatan tersebut.

Selain itu, OIS dan EIS memiliki pengaruh yang penting untuk stabilisasi video. Ada beberapa orang, bukan banyak orang yang lebih menyukai Electronic Image Stabilization (EIS) untuk menstabilkan video mereka, karena dapat mengubah sinyal optik menjadi sinyal digital. Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kedua teknologi stabilisasi tersebut, setelah Anda membaca apa yang tertulis di bawah ini:

Electronic Image Stabilization (EIS)

Secara mendasar, Electronic image stabilization beroperasi pada premis yang berbeda, dengan masalah yang ditangani pada lapisan pengkodean setelah cahaya diubah menjadi sinyal digital.

Optical Image Stabilization (OIS)

Pendekatan ini menstabilkan gambar dengan mengubah jalur optik detektor. Karena ini adalah koreksi yang bersifat real-time, maka tidak ada perubahan atau degradasi yang terjadi pada gambar. Komponen lensa diputar sedemikian rupa sehingga membuatnya sejajar dengan bidang gambar.

Bagian 2: Aplikasi Stabilisator Video Gratis dan Terbaik untuk Android

Anda berada di halaman yang tepat, jika Anda membutuhkan bantuan dalam memilih aplikasi stabilisasi video terbaik untuk proyek Anda yang berikutnya. Berikut ini adalah lima aplikasi stabilisator video android terbaik di pasaran dan cara menggunakannya untuk menstabilkan video Anda. Sekarang, lihatlah apa yang membedakan aplikasi tersebut dari pesaingnya.

1. Google Photos

Google Photos adalah aplikasi pertama dalam daftar kami, karena merupakan aplikasi bawaan dan dapat langsung menstabilkan durasi video apa pun. Selain itu, Google Photos juga termasuk alat untuk mengedit film dan foto. Google Photos adalah software pengunggah dan penyimpanan foto sederhana untuk Android, yang juga bisa digunakan sebagai stabilisator video.

Software ini memiliki fitur stabilisasi khusus untuk menstabilkan video yang goyah dengan mudah. Selain menstabilkan, Google Photos juga bisa digunakan untuk trim, memberi label, dan memodifikasi video. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk menghilangkan audio dari video jika mereka menginginkannya. Berkat aplikasi bawaan ini, Anda bisa menstabilkan video android dengan mudah.

Fitur-fitur

  • Memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan durasi berapa pun
  • Membantu Anda untuk mengekspor bingkai video sebagai gambar
  • Anda bisa mengubah warna pada profil video Anda
  • Menyesuaikan kecerahan, kontras, kejenuhan, dll.

Sekarang, ikuti petunjuk berikut ini untuk menstabilkan video menggunakan alat stabilisator video Google Photos di Android.

Langkah 1: Luncurkan aplikasi dan pilih video yang ingin Anda stabilkan.

Langkah 2: Buka menu Edit dan pilih pilihan Video untuk melihat ikon stabilisator.

Langkah 3: Sekarang, dengan menggunakan garis waktu video, pilih bagian video yang ingin Anda stabilkan dan sentuh lambang Stabilisator untuk memulai proses stabilisasi video.

Langkah 4: Untuk menyimpan video yang telah distabilkan, gunakan pilihan Simpan Salinan.

2. PowerDirector

PowerDirector adalah salah satu aplikasi stabilisator video terbaik dari semua opsi yang tersedia di Android. Menggunakan software pengeditan video ini untuk tujuan mengubah film yang goyah menjadi film yang menarik sangatlah sederhana, dan hasilnya juga sangat luas biasa. Aplikasi PowerDirector berisikan stabilisator video dengan kemampuan yang bisa disesuaikan untuk mengurangi goyangan pada kamera.

Antarmukanya yang sederhana, memungkinkan para pembuat film pemula dan berpengalaman untuk menggunakan alat stabilisasi video ini dengan mudah.

powerdirector video editor android

Fitur-fitur

  • Memiliki antarmuka yang sederhana dan inovatif
  • Memungkinkan Anda untuk menstabilkan video dengan kemampuan dalam menyesuaikan
  • Menunjang beberapa format input untuk video
  • Menampilkan beberapa fitur pengeditan untuk membuat video Anda lebih atraktif

Sekarang, ikuti petunjuk berikut ini untuk menstabilkan video dengan menggunakan PowerDirector:

Langkah 1: Luncurkan aplikasi dan impor video yang ingin Anda stabilkan. Masukkan video ke garis waktu.

Langkah 2: Klik Edit, dan pilih alat Stabilisator dari sana.

Langkah 3: Sekarang, sesuaikan Efek Gerak melalui penggeser untuk menstabilkan dan menyimpan video yang telah diedit.

3. Shaky Video Stabilizer

Shaky Video Stabilizer adalah software stabilisator video Android yang sepenuhnya Gratis. Para pengguna bisa menggunakan alat ini untuk menstabilkan berbagai macam rekaman video yang goyah. Ditambah lagi, aplikasi ini mendukung format video yang juga didukung oleh Android, seperti MP4, 3GP, MKV, dll.

Untuk menstabilkan video, aplikasi ini memiliki alat analisis video internal dan pengaturan yang berbeda (kegoyangan, kelancaran, akurasi, dan sebagainya), yang harus ditentukan para pengguna untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, juga menyertakan pemutar video yang berguna untuk memutar video sebelum dan sesudah stabilisasi. Dibandingkan dengan aplikasi yang lain, software ini membutuhkan waktu lebih lama untuk menstabilkan video.

aplikasi stabilisasi video kallossoft shaky android

Fitur-fitur

  • Memungkinkan Anda untuk melakukan Trim video dengan mudah
  • Anda bisa crop video menggunakan alat Crop
  • Memungkinkan Anda untuk meninjau video dalam mode pratinjau
  • Mendukung format video dengan tipikal format yang juga didukung oleh Android

Sekarang, ikuti petunjuk berikut ini untuk menstabilkan video dengan menggunakan aplikasi ini.

Langkah 1: Buka aplikasi ini dan klik ikon Pilih Video untuk menjelajahi dan mengunggah film dari Perpustakaan.

Langkah 2: Setelah itu, para pengguna harus menentukan pengaturan Analisis, yaitu Kegoyahan (Rendah, Sedang, atau Tinggi), Ukuran Langkah, dan Akurasi.

Langkah 3: Kemudian, tentukan pengaturan Penghalusan antara 1 (kehalusan rendah) hingga 30 (kehalusan tinggi), Perbesar, dan Crop.

Langkah 4: Yang terakhir, tekan tombol Hijau untuk memulai proses stabilisasi video.

4. Microsoft Hyperlapse Mobile

Software Stabilisator video Gratis lainnya untuk Android adalah Microsoft Hyperlapse Mobile. Sesuai dengan namanya, Aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk menstabilkan film hyper-lapse. Namun, para pengguna bisa memasukkan film biasa ke dalamnya dan menstabilkannya.

Memungkinkan para pengguna untuk meningkatkan kecepatan video dan mengonversi film biasa menjadi rekaman hyper-lapse. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki pemutar pratinjau untuk meninjau video input dengan berbagai macam tingkatan. Setelah menyelesaikan stabilisasi video, para pengguna bisa menyimpan film output dalam versi 720p dan 1080p. Bisa digunakan untuk mendistribusikan video yang distabilkan ke berbagai macam channel media sosial dengan cepat.

Fitur-fitur

  • Memungkinkan Anda untuk mengekspor video UHD setelah distabilkan
  • Membantu Anda mengonversi film biasa menjadi rekaman hyper-lapse
  • Anda bisa membagikan video Anda ke berbagai macam platform media berbagi
  • Memiliki antarmuka yang mudah dan gratis untuk digunakan

Sekarang, ikuti petunjuk berikut ini untuk menstabilkan video dengan menggunakan aplikasi ini:

Langkah 1: Untuk mengunggah video yang goyah, buka aplikasi ini dan klik ikon Impor. Para pengguna juga bisa menggunakan tombol Rekam untuk membuat dan menstabilkan video.

Langkah 2: Sekarang, pilih segmen video yang ingin Anda stabilkan.

Langkah 3: Sentuh lambang Centang Kanan dan gunakan penggeser kecepatan untuk mengubah kecepatan video.

Langkah 4: Yang terakhir, klik tombol Centang Kanan untuk memulai proses stabilisasi video.

5. Video Stabilizer Dshake

Software Stabilisator video gratis lainnya untuk Android adalah Video Stabilisator Dshake. Pengguna bisa menggunakan program ini untuk menstabilkan video-video kecil dengan cepat. Proyek ini menggabungkan metode yang kompleks untuk mengidentifikasi area video yang tidak jernih, kemudian menstabilkannya secara otomatis. Tidak seperti program lain yang setara dengannya, program ini dapat menganalisis dan menstabilkan video tanpa membutuhkan campur tangan manusia.

Para penggunanya bisa melakukan crop video menggunakan metode crop Tetap dan Adaptif dari aplikasi ini. Versi gratis dari aplikasi ini hanya dapat menstabilkan film dengan durasi hingga 20 detik saja. Orang-orang harus berlangganan versi berbayar untuk menghilangkan pembatasan ini. Selain itu, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi stabilisator video yang paling dasar, dan memungkinkan siapa saja untuk menstabilkan film secara instan.

aplikasi stabilisator video deshake android

Fitur-fitur

  • Menstabilkan video secara otomatis
  • Pengoperasian yang aman dan cepat
  • Edisi ini terdiri dari beberapa fitur untuk pengeditan

Sekarang, ikuti petunjuk di bawah ini untuk menstabilkan video menggunakan software ini.

Langkah 1: Luncurkan aplikasi ini dan pilih video dengan menekan tombol Tambah.

Langkah 2: Saat Anda mengunggah video, software ini akan memulai teknik analisis video dan menampilkan sampel video yang telah distabilkan.

Langkah 3: Setelah analisis selesai, ketuk tombol Simpan untuk memulai proses stabilisasi video.

Kesimpulan

Stabilisasi Video merupakan kebutuhan untuk saat ini, karena Anda tidak selalu merekam video yang stabil, terutama di smartphone Android. Karena itulah hadir stabilisator video android. Namun untuk mencari aplikasi stabilisator yang sempurna merupakan pekerjaan yang sulit. Untuk mengatasinya, Anda akan mencari beberapa stabilisator video android pilihan beserta cara menggunakannya di dalam artikel ini. Mulailah menghapus bagian video yang goyah dengan mudah!

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.