filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Ulasan VSDC Free Video Editor

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Jika Anda adalah pengguna Windows dan Anda mencari aplikasi mengedit video gratis tanpa watermark, VSDC free video editor jelas merupakan aplikasi yang hebat. Di luar sana hanya ada sedikit aplikasi mengedit video yang gratis dan memberikan hasil video tanpa watermark, serta tanpa ada batasan durasi video. VSDC video editor merupakan salah satu bagian dari kelompok editor video non-liner di mana Anda dapat menggabungkan, memadukan, dan menimpa klip video, foto, objek sesuai kebutuhan Anda.

Untuk pemula, VSDC free video editor tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu aplikasi mengedit video terbaik. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis format video dan audio, begitu pula kode. Persyaratan sistemnya sangat mendasar, yang membuatnya sangat cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah? Tetapi bisakah Anda mengandalkan VSDC editor saat Anda membutuhkan aplikasi mengedit video yang sedikit lebih canggih? Bacalah ulasan kami mengenai VSDC editor dan temukan alternatif yang lebih baik.

Bagian 1. Bagaimana cara mendownload dan menginstal VSDC?

Hanya pengguna Windows saat ini yang bisa mendownload VSDC editor. Aplikasi ini dibuat khusus untuk mereka yang memiliki komputer dengan spesifikasi rendah dan dengan sistem operasi Windows yang lebih lama. Software ini kompatibel dengan Windows 2000 hingga Windows 11. Persyaratan minimum RAM-nya adalah 128MB dengan ruang disk kosong 200 MB. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menginstal VSDC editor.

Langkah 1: Bukalah penjelajah web Anda dan kunjungi ‘www.videosoftdev.com/free-video-editor/download”.

Langkah 2: Klik tombol Download Video Editor dan pilihlah 32-bit atau 64-bit sesuai dengan versi komputer Anda. Jika Anda memiliki Windows XP, Anda harus download VSDC video editor versi 6.4, bukan versi yang terbaru agar cocok.

Langkah 3: Berikanlah instaler filenya waktu agar terdownload secara sempurna. Filenya hanya 100MB, jadi seharusnya tidak memakan waktu lama. Setelah mengunduh installer, buka dan ikuti panduan yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses instal.

Langkah 4: Setelah semua instalasi selesai, nyalakan VSDC video editor. Anda akan mendapatkan opsi untuk membuat proyek baru dan menangkap layar, mulai edit video yang sudah ada dan ekspor proyek yang sudah selesai dengan format yang sesuai.

Bagian 2. Fitur Penting VSDC

Ada dua versi VSDC video editor yang tersedia -- Free video editor dan Pro video editor. Versi gratisnya mempunyai fitur yang terbatas sedangkan versi pro memiliki fitur yang lebih profesional. Kami akan memulainya dengan menjelaskan fitur penting dari VSDC Free Video Editor.

Persyaratan Sistem yang Rendah - Salah satu alasan mengapa VSDC sangat populer adalah karena ia tidak meminta konfigurasi sistem tinggi layaknya aplikasi pengedit video lainnya. Jika Anda memiliki komputer dengan spesifikasi rendah dan dengan sistem operasi Windows yang sudah ketinggalan zaman, Anda dapat menggunakan VSDC video editor tanpa masalah.

Pengeditan Dasar – Di antara alat pengeditan dasar, Anda dapat memotong, memangkas, membagi, dan menggabungkan klip video. Ada opsi untuk memutar dan merubah ukuran video juga. Anda juga bisa mengoreksi warna dan menimpa overlay apa saja pada video. Selain dari itu, Anda juga bisa mengedit video 36 derajat dengan fungsi zoom dan bagan.

Efek -- VSDC mempunyai banyak efek video, audio dan teks. Anda juga bisa menambahkan objek ke video dan mengaplikasikan filter yang sudah dibuat. Terdapat juga transisi yang bisa diterapkan di antara klip video dan slide. Anda juga bisa memakai efek green sreen untuk mengganti latar video anda. Terdapat efek split-screen yang spesial dan efek picture-in-picture yang cukup menarik.

Merekam Video -- VSDC video editor sama-sama kompeten dalam menangkap layar video dari webcam Anda maupun merekam layar video Anda. Dan juga, terdapat opsi yang dikhususkan untuk membuat slideshow video dari foto. Anda bahkan bisa merekam suara dan menjadikannya pengisi suara video jika Anda mau.

Format File - VSDC mendukung semua format file populer untuk mengimpor dan mengekspor file video dan audio. Ada berbagai profil ekspor yang tersedia sehingga Anda dapat menyimpan video yang diedit untuk perangkat yang berbeda dengan nyaman.

Selain itu, jika Anda memilih versi Pro, Anda akan mendapatkan fungsi motion tracking, video masking, video stabilization dan lebih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya yang lebih canggih.

Bagian 3. Cara Mengedit Video Menggunakan VSDC

Jika Anda memiliki rekaman video dan ingin mengeditnya dengan aplikasi pengedit video VSDC, langkah-langkahnya cukup sederhana. Anda bahkan dapat merekam webcam dan merekam layar dengan audio jika Anda ingin memulai semuanya dari awal. Pada bagian pengeditan, Anda bisa memisahkan file video yang besar, menggabungkan klip video, menambahkan transisi di tengah-tengah, menambahkan objek di video serta memotong dan memutar video. Ada banyak efek yang bisa Anda terapkan juga untuk meningkatkan konten video Anda. Berikut adalah langkah untuk mengedit video dengan VSDC editor.

Langkah 1 : Buka VSDC Video Editor dan klik opsi Proyek Kosong Beri nama untuk proyeknya, ganti parameternya dan klik Selesai.

vsdc edit video

Langkah 2: Klik opsi Tambah Objek yang ada di atas dan pilih Video Impor klip video yang telah disimpan di perangkat keras Anda. Serta, Anda juga bisa memilih Tambah Objek > Audio untuk menambahkan file audio.

vsdc tambah objek

Langkah 3: Semua file media yang telah diimpor akan muncul di timeline Jika Anda memiliki beberapa klip video, Anda bisa mengganti posisi klipnya di timeline. Sehingga ketika satu klip video selesai, yang berikutnya akan langsung mulai.

Langkah 4: Jika Anda ingin menambahkan transisi di antara klip video, pergilah ke Efek Video> Transisi> pilih efek yang Anda ingin aplikasikan. Cek parameter di layar seperti durasi dan klik tombol Ok.

vsdc transisi

Langkah 5: Jika Anda mau menambahkan objek, pergilah ke Tambah Objek dan pilih bentuk, teks, animasi, bagan dan banyak lagi. Anda juga bisa menambahkan Efek Audio beserta Efek Teks dari bagian bar atas.

Langkah 6: Ketika Anda sudah puas dengan cuplikan video yang telah diedit, pergilah ke Ekspor Proyek dan cek semua parameter. Klik opsi Ekspor Proyek

vsdc ekspor proyek

Bagian 4. Alternatif Terbaik untuk VSDC Video Editor

Karena VSDC video editor ini sepenuhnya gratis, tidak ada salahnya untuk mendownload dan mencobanya. Tapi dengan segera, Anda akan mengerti bahwa pengedit video ini memiliki batasan dalam alat dan fitur yang tersedia. Jika Anda ingin mendapatkan alat-alat yang lebih canggih, Anda harus beralih ke versi yang Pro. Tapi, masih terdapat banyak aplikasi pengedit video premium yang lebih baik. Kami merekomendasikan Wondershare Filmora sebagai alternatif lebih baik daripada VSDC video editor.

Filmora sangat populer di kalangan pengedit video profesional karena ia memiliki antarmuka yang intuitif dan tidak menuntut komputer dengan spesifikasi tinggi. Ada banyak transisi, efek, filter dan objek yang tersedia untuk ditambahkan ke editan Anda. Anda dapat melakukan semua pengeditan video standar bahkan tingkat lanjut untuk mengembangkan video Anda ke level berikutnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit video di Filmora.

COBA GRATIS

Untuk Win 7 atau versi di atasnya (64-bit)

COBA GRATIS

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

Langkah 1: Download dan instal Filmora, aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac Buka Filmora dan klik Proyek Baru Impor semua file media Anda ke folder Proyek Media dengan gerakan menyeret dan melepaskan.

impor file filmora

Langkah 2: Susun klip video dan klip audio di timeline dengan menyeret dan melepaskannya. Anda harus meletakkan file video dan audio pada jalur yang berbeda. Disini Anda bisa melakukan pengeditan standar seperti memangkas, memotong, memisahkan dan menggabungkan video.

timeline filmora

Langkah 3: Untuk menambahkan transisi di antara klip video, pergilah ke Transisi yang terletak di bar atas, kemudian seret dan letakkan transisi apapun di antara klip. Cek Judul, Efek dan Elemen dari bagian bar atas, dan masukan mereka di timeline di mana Anda merasa sesuai.

filmora edit video

Langkah 4: Mainkan video tersebut untuk mengecek apakah semuanya sudah sempurna, lalu klik tombol Ekspor untuk menyimpan video Anda ke perangkat keras.

filmora ekspor video Anda

Bagian 5. Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang VSDC

1. Apakah VSDC video editor benar-benar gratis?

Ya, VSDC video editor sepenuhnya gratis untuk dipakai. Tetapi, tersedia versi pro dengan fitur yang lebih banyak. Namun, versi gratisnya juga tidak menempatkan watermark di hasil video dan memiliki semua peralatan standar untuk mengedit video tanpa batasan apapun.

2. Apakah VSDC lebih baik daripada Adobe Premiere Pro?

Tidak, VSDC tidak lebih baik daripada Adobe Premiere Pro. VSDC merupakan aplikasi pengedit video yang gratis sedangkan Adobe Premiere Pro lebih premium. Jadi, tentu saja Adobe Premiere Pro memiliki fitur dan fungsi yang lebih banyak. Tapi, jika dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro, VSDC lebih cocok untuk pemula dan untuk orang-orang yang memiliki komputer dengan spesifikasi rendah.

3. Apakah VSDC aman?

Ya, VSDC Video Editor aman dan stabil untuk dipakai. Namun, ada insiden pada tahun 2019 di mana situs web resmi aplikasi VSDC video editor diretas. Tetapi softwarenya sendiri aman untuk digunakan di komputer Windows.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.