filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best YouTube Video Editor for Beginners
  • Easy-to-use while powerful enough to create YouTube videos
  • A large collection of great title & text & overlays
  • Stabilize shaky videos with a few clicks

Aksesori Kamera Ponsel Pintar yang Wajib Dicoba oleh Para Vlogger untuk Meningkatkan Video Mereka

Dec 26, 2022• Proven solutions

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi kamera ponsel pintar, semakin banyak pula orang yang menggunakan ponsel pintar mereka sebagai perangkat utama untuk vlogging mereka. Hal ini disebabkan karena ponsel pintar mudah digunakan dan tidak terlalu menarik banyak perhatian. Namun demikian, sebagian besar ponsel pintar tidak dibuat secara khusus untuk membuat vlog, jadi masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel pintar Anda mampu membuat vlog dengan nyaman. Di bawah ini merupakan sembilan aksesori kamera ponsel pintar terbaik bagi para vlogger.


Daftar Isi

1. PENGISI DAYA PORTABEL
2. DUDUKAN TRIPOD
3. CASING ANTI GRAVITASI
4. SELFIE RING LIGHT
5. DIRECTIONAL MICROPHONE
6. PERANGKAT LENSA
7. PERLENGKAPAN MEREKAM VIDEO
8. PERLENGKAPAN MEREKAM VIDEO
9. GIMBAL

1. Pengisi Daya Portabel RAVPower

Pengisi Daya Portabel RAVPower

Membuat vlog memerlukan daya yang cukup besar. Karena itu, Anda akan memerlukan pengisi daya portabel untuk mengisi ulang daya ponsel Anda ketika hendak digunakan untuk membuat vlog seharian. RAVPower dapat menyimpan daya lebih dari 20.000 mAh dan memiliki beberapa colokan USB. Dengan penyimpanan daya sebesar itu, Anda bisa mengisi daya ponsel pintar Anda hingga penuh sebanyak 6 kali atau bahkan lebih! Saya sendiri punya satu dan alat ini sangat membantu saat saya melakukan perjalanan. Harga untuk sebuah pengisi daya portabel 22,000 mAh sekitar $42 USD.

2. Dudukan Tripod Arkon

Dudukan Tripod Arkon

Dudukan tripod Arkon yang harga pasarannya sekitar $20 USD, merupakan pilihan tripod portabel yang bagus. Dudukan tripod ini bisa ditekuk seperti tripod Joby GorillaPod, yang harganya lebih mahal, jadi Anda bisa melilitkannya pada berbagai jenis dudukan. Anda pun akan mendapatkan dudukan untuk ponsel pintar Anda saat membeli dudukan tripod Arkon, sementara Joby menjualnya secara terpisah. Selain itu, dudukan ponsel ini dapat diputar, sehingga Anda bisa memposisikan ponsel pintar Anda untuk merekam video dalam mode widescreen ataupun portrait.

3. Casing Anti Gravitasi Mega Tiny

Casing Anti Gravitasi Mega Tiny

Untuk semua permukaan datar yang tidak bisa dililit oleh kaki dudukan tripod Arkon yang dapat ditekuk, casing anti gravitasi dari Mega Tiny dapat membantu Anda untuk memegang ponsel Anda dengan posisi yang tetap. Casing ini bisa menempel pada kaca, cermin, logam, dan masih banyak lagi. Harganya berkisar dari $20 hingga $30 USD.

4. Selfie Ring Light FLII

Selfie Ring Light FLII

Walaupun teknologi kamera ponsel pintar saat ini sudah maju, hasil rekamannya masih kurang baik saat Anda merekam video dengan penerangan yang redup. Dalam keadaan seperti ini, hasil rekaman Anda akan berbintik-bintik karena sensor kamera ponsel Anda yang kecil, hal teknis yang tidak dapat dihindari oleh pihak pabrik untuk menjaga ukuran ponsel tetap kecil. Anda bisa menggunakan selfie ring light keluaran FLII, sebuah aksesori yang mudah digunakan, agar Anda bisa mendapatkan penerangan yang lebih baik. Ring light ini dijepitkan pada ponsel Anda dan akan memancarkan cahaya putih yang netral. Anda bisa memasangnya pada sisi mana pun dari ponsel Anda, tergantung apakah Anda ingin menggunakan kamera bagian belakang atau bagian depan. Selfie ring light ini dijual dengan harga sekitar $16 USD.

5. RODE VideoMic Me

5. RODE VideoMic Me

Mikrofon bawaan pada ponsel Anda sama sensitifnya terhadap suara yang berasal dari bagian belakang maupun dari bagian depan ponsel Anda. Hal ini bisa menimbulkan masalah saat Anda sedang berusaha membuat vlog dengan mode selfie, sementara di sisi lain terdapat suara bising dari suatu konser. RODE VideoMic Me merupakan sebuah aksesori ponsel pintar yang bisa meningkatkan kualitas suara yang Anda rekam dari ponsel Anda dalam situasi seperti ini. Mikrofon directional shotgun mini ini dijual sekitar $60 USD, bisa disambungkan melalui lubang earphone pada ponsel Anda. Pada kondisi berangin, RODE VideoMic Me ini dilengkapi dengan dead cat windshield yang efektif untuk meminimalisasi suara angin. Namun pada kondisi di dalam ruangan yang tenang dan Anda adalah satu-satunya orang yang berbicara,kemampuan alat ini setara dengan mikrofon internal pada ponsel Anda. Anda pun harus menyetel ponsel Anda pada mode airplane untuk mencegah Rode VideoMic Me merekam suara klik yang tidak diinginkan akibat proses belakang layar yang dijalankan oleh ponsel Anda. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menggunakan alat ini untuk siaran langsung.

6. Perangkat Lensa Aukey Optic 3-in-1

Perangkat Lensa Ponsel Pintar Aukey Optic 3-in-1

Aukey mengeluarkan lensa 3-in-1 yang bisa ditempel pada ponsel pintar Anda agar Anda bisa membuat vlog dengan focal length yang berbeda. Perangkat 3-in 1 ini dilengkapi dengan lensa wide-angle, lensa fisheye, dan lensa makro. Jepitan bawaannya yang cukup panjang membuat lensa-lensa ini bisa dipasang di kamera ponsel mana pun, bukan hanya iPhone yang posisi kameranya berada di dekat pinggiran ponsel. Untuk memaksimalkan penggunaan lensa-lensa ini, Anda harus melepas casing pelindung ponsel Anda. Walaupun Anda bisa menggunakan lensa-lensa ini, baik di bagian depan maupun di bagian belakang ponsel Anda, rangka logam ketiga lensa ini kemungkinan besar akan terlihat pada hasil rekaman Anda saat Anda menggunakannya pada kamera bagian depan Anda. Karena itu, hasil rekaman Anda akan tampak berbentuk lingkaran walaupun Anda menggunakan format persegi panjang dengan rasio 16:9. Lensa-lensa ini dijual dengan harga sekitar $30 USD.

7. iOgrapher Go untuk Android and iPhone

iOgrapher Go

Ada banyak aksesori lain yang bisa Anda gunakan jika Anda tidak membatasinya pada aksesori kamera ponsel pintar saja. Peralatan suara dan pencahayaan yang dibuat untuk kamera pun memiliki performa yang jauh lebih baik. Kebanyakan aksesori ini dibuat untuk disambung ke "sepatu" kamera (dudukan tempat dipasangnya aksesori pada bagian paling atas kamera). Ponsel pintar tidak memiliki dudukan seperti ini. Itu sebabnya, Anda memerlukan perlengkapan kamera yang dilengkapi dengan dudukan untuk ponsel pintar Anda jika Anda ingin menggunakan aksesori-aksesori dengan kualitas yang lebih tinggi ini. Semua ini bisa didapatkan dengan menggunakan iOgrapher Go dengan harga sekitar $60 USD. Anda akan mendapatkan tiga buah dudukan saat membeli aksesori ini.

8. Manfrotto TwistGrip System

Manfrotto TwistGrip System

Manfrotto TwistGrip System memiliki fungsi yang mirip dengan iOgrapher Go yang baru saja dibahas di atas. Anda pun akan mendapatkan tiga buah dudukan saat membeli ini. Kelebihan TwistGrip System dibandingkan iOgrapher Go adalah karena jauh lebih portabel. Ketiga bagian yang terhubung ini bisa Anda lepas untuk menghemat ruang penyimpanan di tas Anda. Sistem ini dijual sekitar $50 USD.

9. Zhiyun Smooth-Q 3-Axis Handheld Gimbal Stabilizer untuk Ponsel Pintar

Zhiyun Smooth-Q

Dari semua aksesori kamera ponsel pintar yang saya miliki, stabilizer gimbal Zhiyun Smooth-Q adalah favorit saya. Gimbal ini sangat efektif untuk membantu Anda merekam video dengan stabil. Dengan menggunakan aplikasi bawaannya, Anda bahkan bisa menyetel gimbal ini untuk menggeser dan memutar ponsel pintar Anda dari posisi awal ke posisi akhir dengan mulus, sehingga memungkinkan Anda untuk merekam video timelapse yang indah. Anda bisa mendapatkan perangkat ini dengan harga sekitar $100 USD.

Sempurnakan Video YouTube Anda dengan Filmora

Sebagai salah satu perangkat lunak pengeditan video yang paling banyak digunakan untuk mengedit video YouTube, Filmora menyediakan banyak format dan efek dengan antarmuka yang mudah digunakan, yang dapat menghemat banyak waktu Anda. Unduhlah versi coba gratisnya dan mulai sekarang juga.

Download Filmora9 Win Version Download Filmora9 Mac Version

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like

Richard Bennett

staff Editor

0 Comment(s)