filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best Video Editor for Vlogging
  • Intuitive interface while powerful enough to create YouTube video.
  • Various types of effects to make your videos stand out.
  • Export, share, or Upload to YouTube in no time.

10 Ide Video YouTube Mudah yang Mampu Dibuat Semua Orang

Jan 04, 2023• Proven solutions

Apakah Anda perlu ide video yang mudah agar kanal Anda tetap aktif? Kumpulan ide video YouTube yang segar diperlukan untuk kanal yang sukses, tetapi menghasilkan ide-ide baru ternyata ringan di lisan, berat di pelaksanaannya. Saat Anda bingung, hal terbaik yang Anda dapat dilakukan adalah jaga ide Anda agar tetap sederhana. Fokus dalam melibatkan penonton ketimbang memunculkan ide yang begitu orisinal yang belum pernah dicoba siapa pun – video Anda akan orisinal karena Andalah yang membuat video tersebut dan Anda itu unik.

Banyak yang mengatakan kalau lebih sedikit itu lebih baik, mari kita lihat cara Anda dapat menerapkan prinsip ini untuk berlatih dan membuat video YouTube yang keren dari ide-ide sederhana.

  1. Perkenalkan diri Anda
  2. Lakukan Vlog tentang Hari Anda
  3. Nyatakan Pendapat
  4. Ulas Apa pun
  5. Lagu / Film Favorit Anda / Dan sebagainya.
  6. Apa Isi Ponsel Anda?
  7. Buatlah Tayangan Slide
  8. Membuat Tutorial
  9. 10 Hal Tentang Diri Anda
  10. Video Keluhan

1. Perkenalkan diri Anda

Perkenalkan Anda terhadap dunia dan hal yang Anda lakukan. Jika Anda berencana untuk memulai kanal YouTube, atau Anda telah memposting video tentang suatu topik tetapi Anda belum memperkenalkan diri secara formal, cara ini merupakan ide bagus untuk membuat video pengantar. Memproduksi video YouTube dengan tema tersebut bisa jadi akan memperkenalkan diri Anda kepada subscriber Anda di masa depan dan menggambarkan kanal Anda.

Jenis video ini menjadi cuplikan kanal yang bagus dan cara yang baik untuk menyoroti topik yang Anda akan bahas di kanal Anda nantinya.

2. Lakukan Vlog tentang Hari Anda

Apa pun yang terjadi dalam keseharian Anda dapat menjadi topik bagi vlog YouTube Anda. Kemacetan lalu lintas, hewan peliharaan nakal yang terus mencuri sepatu Anda, atau banyak hal konyol yang Anda harus lakukan dalam satu hari, semua itu dapat menjadi topik video yang diunggah ke kanal YouTube Anda. Berterus terang dan spontan adalah metode yang mudah menarik perhatian penonton, tetapi Anda perlu membatasi durasi vlog hanya beberapa menit supaya memastikan penonton menonton video sampai akhir.

Usahakan membuat video yang dinamis secara visual karena jika Anda hanya duduk atau berdiri kemudian berbicara di depan kamera selama beberapa menit tidak akan menghasilkan hal menarik di layar.

3. Nyatakan Pendapat

Budaya media sosial memungkinkan kita menerima berita secara instan dan membuat kita bereaksi dengan cara apa pun. Jika Anda tidak menyukai pembaruan terbaru dari video game favorit Anda atau Anda bersemangat dengan produk riasan yang akan segera dirilis, buatlah video tentang hal tersebut dan nyatakan pendapat Anda dengan komunitas pengikut Anda di YouTube.

Video yang menyatakan opini adalah pembuka percakapan yang baik. Menyatakan pendapat melalui video YouTube bisa jadi membuat Anda memperoleh banyak komentar dan bahkan menginspirasi orang lain untuk bertindak.

Anda dapat mengungkapkan pendapat Anda tentang hampir semua topik, tetapi menunjukkan sikap hormat saat berpendapat adalah hal yang terbaik jika Anda tidak ingin bermasalah dengan YouTube.

4. Ulas Apa pun

Di mana pun di sekeliling Anda, terdapat barang yang Anda dapat ulas. Apple Watch dan musim terbaru Game of Thrones adalah pilihan yang sama-sama bagus untuk menjadi bahan video ulasan. Namun, saat membuat video ulasan Anda perlu memastikan keakuratan informasi yang Anda miliki, oleh karena itu sebaiknya membuat video ulasan tentang topik yang Anda kuasai.

Mengulas video juga bisa jadi menjadi sumber pendapatan karena banyak perusahaan yang mensponsori YouTuber untuk melakukan ulasan produk perusahaan tersebut.

5. Lagu / Film Favorit Anda / Dan sebagainya.

Apakah Anda fans-nya Tarantino? Mengapa tidak? Ketika Anda sulit menemukan inspirasi untuk video Anda, coba bayangkan hal-hal yang Anda sukai. Subscriber Anda tertarik dengan Anda, oleh karena itu mereka pun akan penasaran tentang film atau album musik yang menjadi favorit Anda. Buku, film, dan musik adalah sumber ide yang tidak ada hentinya karena selalu ada lagu atau film baru yang Anda dapat bahas dalam video Anda.

Anda dapat membuat video seperti '5 lagu favorit saya' atau menjelaskan secara detail tentang satu lagu favorit saja.

6. Apa Isi Ponsel Anda?

Terdapat lebih dari dua miliar pengguna ponsel cerdas di seluruh dunia pada tahun 2017 dan jumlah ini akan terus naik dalam beberapa tahun ke depan. Terlebih lagi, ribuan YouTuber sudah memproduksi video dalam jumlah banyak mengenai aplikasi atau perangkat ponsel cerdas terbaru.

Membahas aplikasi yang paling Anda sukai bisa menjadi ide bagus jika Anda ingin menarik lebih banyak pengunjung ke kanal YouTube Anda. Namun, Anda harus memposisikan diri secara jelas tentang apakah segmen ini mengenai gaya hidup atau video gaya vlog yang membahas topik terkait genre teknologi, atau jika Anda seorang YouTuber teknologi, supaya tidak membingungkan audiens Anda (Anda tidak ingin penonton mulai mengharapkan ulasan aplikasi jika hal itu bukan kebiasaan Anda).

7. Buatlah Tayangan Slide

Anda tidak perlu terus membuat video baru karena Anda pun cukup mengambil musik bebas royalti dan membuat tayangan slide dari kumpulan foto Anda yang lama atau baru. Format tayangan slide akan memungkinkan Anda mencoba hal berbeda pada kanal YouTube Anda, sedangkan foto yang Anda pakai dalam tayangan slide dapat menggambarkan secara jelas tentang Anda dan apa yang Anda lakukan demi viewer Anda.

Jika Anda seorang penyuka fotografi, Anda juga dapat merencanakan seluruh tampilan slide kemudian membuat video pendek tentang cara Anda menciptakan gambar pada tampilan slide tersebut.

8. Membuat Tutorial

Edukasi adalah satu-satunya harapan kita bagi dunia yang lebih baik, jadi jika Anda tahu cara menjelaskan sesuatu dengan baik, maka bagikanlah pengetahuan Anda. Tutorial adalah alat edukasi ampuh yang membuat Anda mampu membimbing seseorang melalui proses pembuatan origami keseluruhan, memecahkan masalah pengeditan video yang rumit, melakukan perawatan sepeda motor, atau banyak lagi.

Kanal YouTube yang menampilkan tutorial sering memiliki jutaan pengikut, karena YouTube adalah tempat populer untuk dikunjungi ketika Anda memerlukan informasi.

9. 10 Hal Tentang Diri Anda

Bersikap terbuka itu penting, oleh karena itu, mengapa Anda tidak membagikan 10 hal tentang diri Anda yang kira-kira menarik bagi audiens Anda atau hal yang menurut Anda penting untuk diketahui orang lain. Struktur dengan 10 hal teratas ini sering digunakan dalam video YouTube karena hal tersebut memberikan ritme jelas pada klip video dan ada peningkatan ketegangan di dalam videonya.

Jenis video ini cenderung menciptakan hubungan yang lebih baik dengan viewer Anda karena viewer merasa seakan mengenal figur di balik layar tersebut.

10. Video Keluhan

Melakukan beberapa hal ketika Anda marah biasanya dipandang sebagai hal yang buruk, tetapi jika Anda merasakan perasaan yang sangat kuat tentang subjek tertentu, membuat video keluhan bisa menjadi ide yang baik. Mengeluh bukan berarti marah-marah, melainkan bisa tentang sesuatu yang membuat Anda bingung atau sesuatu yang tidak terlupakan karena begitu hebat. Jenis video ini dapat membuat kanal YouTube Anda memperoleh banyak komentar, like, dan subscriber.

Jangan mencoba memalsukan keluhan Anda karena video tersebut hanya berhasil jika Anda melakukannya secara alami. Membuat skrip video keluhan mungkin merupakan tugas kreatif yang menarik, tetapi reaksi spontan atas video tersebut selalu lebih efektif. Jika Anda ingin menyampaikan video dengan lebih terstruktur dan terencana atas topik yang Anda sukai, format video tersebut lebih mirip seperti video opini.

Apakah Anda punya ide video yang mudah bagi kreator lainnya yang bisa dicoba?

Mulai Mengedit Video dengan Perangkat Lunak yang Ramah bagi Pemula

Jika Anda memulai kanal YouTube tetapi tidak memiliki pengalaman mengedit video, Wondershare Filmora tentu akan membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut. Download Filmora sekarang!

Download Versi Windows Download Versi Mac

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like

Richard Bennett

staff Editor

0 Comment(s)