Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Tips YouTube Dicari
1. Tips AI YouTube+
2. Tips Record Screen YouTube+
3. Tips Youtube Marketing+
4. Download Video YouTube+
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Monetisasi Uang dari Video YouTube | Panduan Utama Mengenai Pendapatan Iklan

author

Dec 29, 2023• Solusi yang sudah terbukti

Apakah Anda ingin menghasilkan uang dari YouTube? Anda harus memenuhi beberapa syarat agar bisa mengonversi video Anda menjadi uang dengan pendapatan iklan, tetapi Anda tidak perlu memiliki kanal yang besar.

Di bawah ini merupakan segala sesuatu yang harus Anda ketahui untuk bergabung dalam Program Partner YouTube dan mulai menghasilkan pendapatan iklan:

  1. Memenuhi Persyaratan Program Partner YouTube
  2. Cara Mengajukan Monetisasi di YouTube
  3. Apa yang Dimaksud dengan Konten Ramah Iklan?
  4. Cara Mendapatkan Bayaran Melalui AdSense
  5. Video-video YouTube Apa Saja yang Mendapatkan Bayaran Iklan Tertinggi?
  6. Terminologi Penting (CPM, CPV, CPC)

 

Penjelasan Mengenai Program Partner YouTube

Program Partner YouTube, atau yang dikenal dengan YPP (YouTube Partner Program), memungkinkan para kreator untuk menghasilkan uang dari video YouTube mereka melalui iklan. Jika Anda adalah seorang Partner YouTube, Anda akan menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan sebelum dan saat video Anda diputar.

 

Memenuhi Persyaratan Program Partner YouTube

Untuk memenuhi persyaratan YPP, Anda harus membuktikan telah menciptakan konten secara konsisten dan orisinal, serta ditonton oleh banyak orang. YouTube menganggap Anda berhasil membuktikan diri saat Anda memenuhi persyaratan-persyaratan di bawah ini:

 

  1. 1000 Subscriber
  2. Waktu Tonton Sejumlah 4000 Jam (selama 12 bulan terakhir)

 

Anda masih belum memenuhi kriteria di atas? Berikut ini merupakan daftar berbagai tip yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda mengembangkan kanal Anda.

Jika Anda telah memenuhi persyaratan ini dan disetujui untuk monetisasi, tetapi kemudian anjlok ke bawah kriteria tersebut, kanal Anda tidak akan di-demonetisasi secara otomatis. YouTube akan meninjau konten Anda dan melakukan demonetisasi jika Anda berhenti memposting video. Namun demikian, hal ini pun tidak dilakukan secara otomatis.

 

Catatan: Anda tidak akan mendapatkan monetisasi secara otomatis setelah memenuhi kriteria ini.

Anda bisa mengajukan YPP setelah Anda memenuhi kriteria di atas, tetapi kanal Anda masih akan perlu ditinjau oleh seseorang yang bekerja di YouTube. Peninjau tersebut akan mencari:

 

  1. Konten pornografi atau seksual
  2. Konten membahayakan, mengancam, atau penuh kebencian
  3. Konten kekerasan atau grafis
  4. Pelecehan atau cyberbulying
  5. Metadata yang menyesatkan, spam, atau penipuan
  6. Pelanggaran hak cipta atau plagiarisme
  7. Pelanggaran privasi
  8. Subscribers palsu
  9. Pelanggaran pedoman lainnya

 

Jika konten Anda melanggar salah satu dari Pedoman Komunitas YouTube, monetisasi Anda kemungkinan akan ditolak. Pelajari lebih lengkap mengenai Pedoman Komunitas YouTube di sini.

 

Cara Mengajukan Monetisasi di YouTube

Begitu Anda memenuhi persyaratan sebagai YPP, Anda bisa mengajukan monetisasi dengan mudah.

 

  1. Buka Creator Studio, pilih 'Channel' > 'Status and features'.
  2. Di bawah ‘Monetization’, klik 'Enable' dan ikuti langkah-langkah yang muncul untuk menyetujui persyaratan YouTube.
  3. Tunggu persetujuan.

 

Jika pengajuan Anda disetujui, Anda bisa mulai menghasilkan uang begitu Anda selesai membuat akun AdSense Anda!

Jika pengajuan Anda ditolak, Anda bisa mengajukan ulang setelah 30 hari.

Untuk memastikan agar pengajuan Anda disetujui pada kesempatan selanjutnya, tinjaulah seluruh kebijakan yang berkaitan dengan YouTube (kebijakan Program Partner, Ketentuan Layanan, kebijakan spam, dan Pedoman Komunitas). Setelah itu, hapuslah konten yang mungkin membuat pengajuan Anda ditolak.

 

Sebelum memulai monetisasi, Anda harus menautkan kanal Anda dengan akun AdSense. Namun untuk membuat akun AdSense, usia Anda harus di atas 18 tahun. Kreator YouTube dengan usia di bawah 18 tahun bisa menautkan kanal mereka pada akun AdSense milik orang tua atau wali mereka.

Berikut ini merupakan cara-cara untuk mendaftar AdSense melalui YouTube:

 

  1. Di bawah 'Channel' > 'Status and features' dalam Creator Studio Anda, carilah 'Paid content'. Klik pada bagian ‘active AdSense account’.
  2. Pada layar ‘Monetization’ berikutnya, klik Selanjutnya untuk membuka AdSense.
  3. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi apakah Anda ingin menggunakan akun Google yang Anda gunakan saat ini untuk AdSense, atau menggunakan akun lain.
  4. Langkah berikutnya adalah 'Your Website'. Ini akan diisi secara otomatis dalam kanal Anda. Klik 'Accept association' jika sudah benar.

 

Catatan: Anda hanya bisa membuat satu akun AdSense. Karena itu, jangan pernah membuat akun lain jika Anda sudah memilikinya. Akun yang sama bisa diblokir, sehingga akan menghentikan monetisasi video Anda.

 

Apa yang Dimaksud dengan Konten Ramah Iklan?

Tidak semua konten yang memenuhi kriteria Pedoman Komunitas YouTube akan dianggap sebagai 'ramah iklan'. Hal ini karena perusahaan-perusahaan tidak ingin iklan mereka diputar pada konten yang tidak sesuai dengan nilai merek mereka.

YouTube mungkin akan menonaktifkan iklan pada video manapun jika dianggap tidak ramah iklan. Video-video yang ditandai sebagai tidak layak dimasuki iklan (tetapi tidak terbatas pada):

 

  1. Video yang mengandung subjek kontroversial atau sensitif.
  2. Video yang menggambarkan penggunaan obat-obatan terlarang atau produk berbahaya.
  3. Video yang mendorong perilaku yang berbahaya atau menyakiti orang lain.
  4. Video dengan kata-kata makian (tetapi tidak SEMUA video yang mengandung kata-kata makian – jumlah kata makian itu sendiri dan konteksnya menjadi faktor penentu).
  5. Video yang mengandung ujaran kebencian.
  6. Video yang menceritakan karakter-karakter hiburan keluarga (seperti para putri Disney) yang terlibat dalam perilaku tidak senonoh (meski itu hanya sindiran).

 

Jika Anda ingin memastikan bahwa seluruh konten Anda ramah iklan, di bawah ini merupakan cara-cara terbaik yang dianjurkan oleh YouTube:

 

  1. Hormatilah penonton Anda, serta siapa pun atau grup mana pun yang Anda sertakan atau bahas dalam video Anda.
  2. Sampaikan rasa hormat ini pada thumbnail dan judul video Anda, dan pastikan agar thumbnail dan metadata-nya menggambarkan konten video Anda secara akurat.
  3. Jangan pernah berusaha untuk memonetisasi video yang sudah mengandung iklan (misalnya penempatan produk berbayar).

 

Cara Mendapatkan Bayaran Melalui AdSense

Anda harus menghasilkan paling tidak $100 untuk bisa menerima bayaran dari AdSense.

Misalnya, jika Anda hanya menghasilkan $10 per bulan, Anda tidak akan bisa menerima pembayaran bulan itu. Anda tidak akan kehilangan uang $10 itu, melainkan Anda akan menerimanya ketika total pendapatan Anda sudah mencapai atau melebihi $100.

Anda pun harus memberikan informasi pajak Anda pada AdSense, serta memverifikasi identitas dan alamat Anda untuk mulai mendapatkan bayaran.

Cara terpopuler untuk mendapatkan bayaran melalui AdSense adalah melalui Transfer Dana Elektronik, atau yang dikenal dengan EFT (Electronic Funds Transfer). Anda harus menautkan akun bank Anda ke akun AdSense untuk menerima bayaran Anda.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut:

 

  1. Masuk ke akun AdSense.
  2. Klik Pengaturan pada menu di sebelah kiri, lalu pilih Pembayaran.
  3. Pada halaman Pembayaran, klik Opsi Kelola Pembayaran.
  4. Pilih Tambahkan metode pembayaran.
  5. Anda akan diminta untuk menambahkan rincian akun bank Anda.
  6. Pastikan nama pada akun AdSense Anda sesuai dengan nama pada akun bank Anda (jika usia Anda di bawah 18 tahun dan tidak bisa membuat akun AdSense Anda sendiri, ini berarti bahwa Anda menggunakan akun bank milik orang tua atau wali Anda).

 

Video-video YouTube Apa Saja yang Mendapatkan Bayaran Iklan Tertinggi?

Setiap iklan memberikan bayaran yang berbeda dan tidak semua video bisa memikat iklan dengan bayaran tertinggi.

Seberapa besar uang yang bisa dihasilkan dari video Anda tergantung pada:

 

  1. Ukuran kanal Anda
  2. Niche Anda di YouTube
  3. Topik video tersebut secara spesifik

 

Mungkin bukanlah suatu kejutan jika ukuran kanal Anda berpengaruh. Merek-merek besar ingin memutar iklan mereka di video yang mendapatkan lebih banyak penonton.

Besar atau tidaknya potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari niche YouTube Anda tergantung pada beberapa hal:

 

  1. Ada berapa banyak kanal lain dalam niche Anda?

 

Semakin banyak orang yang membuat video yang mirip dengan Anda, semakin kecil pula pendapatan iklan yang bisa Anda hasilkan.

 

  1. Seberapa banyak produk yang murah atau mahal, yang diiklankan dalam niche Anda?

 

Jika produk-produk tersebut gratis atau murah (misalnya game daring gratis), tentu pendapatan Anda akan terbatas. Dalam niche-niche besar seperti gaming, beberapa iklan dengan bayaran yang lebih tinggi akan mengincar kanal yang paling populer, sementara iklan dengan bayaran rendah akan tersebar di antara yang lainnya.

Jika Anda memiliki niche yang sangat spesifik, misalnya mobil-mobil mewah, maka kompetitor Anda akan lebih sedikit, dan iklan yang tersedia pun kemungkinan besar untuk produk-produk mahal (dan karena itu, iklan-iklan itu pun dengan sendirinya akan memberikan bayaran yang lebih tinggi).

Namun demikian, meski Anda berada dalam niche besar, Anda masih bisa membuat video mengenai topik tertentu untuk menarik iklan dengan bayaran yang lebih tinggi dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Perhatikan analitik pada Creator Studio Anda untuk mempelajari video Anda mana yang menghasilkan pendapatan paling besar. Setelah itu, buatlah lebih banyak video dengan topik yang mirip untuk meningkatkan penghasilan Anda.

 

Faktor lain yang bisa memengaruhi iklan apa yang akan muncul di video Anda yaitu kebiasaan menonton dari setiap penonton. Hal ini disebabkan karena YouTube akan menampilkan iklan yang paling relevan dengan minat mereka.

 

Terminologi Penting (CPM, CPV, CPC)

Banyak orang menyangka jika pendapatan iklan Anda ditentukan oleh jumlah total video Anda dilihat oleh para penonton. Hal ini tidak benar, karena pendapatan iklan Anda ditentukan oleh tayangan iklan.

Seberapa besar pendapatan yang Anda hasilkan dari iklan yang ditayangkan di video Anda tergantung pada tiga hal di bawah ini:

 

CPC: ‘cost per click’. Sebagian besar iklan di YouTube berdasarkan CPC, yang berarti bahwa tayangan iklan hanya dihitung berdasarkan berapa kali iklan itu diklik.

CPV: ‘cost per view’. Iklan yang bisa dilewati tanpa menonton seluruhnya adalah satu-satunya iklan di YouTube yang dihitung berdasarkan berapa kali iklan tersebut ditayangkan, tanpa diklik. Tayangan iklan ini akan dihitung saat penonton menyaksikan iklan tersebut selama 30 detik alih-alih melewatinya.

CPM: ‘cost per mille’ or ‘cost per thousand’. Ini mengacu pada seberapa besar uang yang akan dibayarkan untuk 1000 kali penayangan iklan.

Ada banyak hal yang memengaruhi CPM Anda, termasuk iklan itu sendiri dan ukuran kanal Anda. AdSense memiliki peraturan yang menyatakan bahwa Anda tidak boleh memberi tahu CPM Anda kepada siapa pun, sehingga Anda kesulitan menentukan seberapa besar yang seharusnya Anda dapatkan.

 

Catatan: jangan pernah mengklik iklan di video Anda sendiri atau menyuruh penonton/teman-teman Anda untuk melakukan ini. Jika jumlah klik Anda lebih besar dari apa yang dianggap wajar oleh AdSense, mereka mungkin akan memblokir Anda.

 

Situs sepertiSocial Blade memberikan perkiraan pendapatan dari kanal mana pun yang ingin Anda cari. Memeriksa kanal untuk target Anda dalam waktu dekat bisa membantu Anda untuk menentukan perkiraan pendapatan Anda sendiri.

 

Apa Anda bisa memonetisasi video Anda? Berapa banyak lagi subscriber atau waktu tonton yang masih Anda perlukan?

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
Anda Mungkin Berminat
author

Richard Bennett

staff Editor

(Klik untuk menilai posting ini)

Nilai umum4.5(105berpartisipasi)