filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best YouTube Video Editor
  • Free subtitles and templates to create your own script
  • Hundreds of royalty free music available
  • Customizable audio-video controls

Cara Menulis Skrip untuk Video YouTube

Dec 26, 2022• Proven solutions

Sedang bingung memikirkan cara menulis skrip untuk video YouTube?

Anda punya ide menarik untuk membuat video, tetapi tidak tahu cara mengekspresikannya di depan kamera. Apakah Anda sedang mencari cara agar video Anda menarik? Ya, salah satu cara untuk mewujudkannya adalah membuat skrip yang terstruktur. Entah itu video 30 detik atau film berdurasi panjang, sebuah skrip akan memandu Anda dalam proses pembuatan video. Berikut ini adalah beberapa tip yang bisa Anda pelajari terkait penulisan skrip untuk video YouTube.

  1. Sebelum Menulis Skrip YouTube Anda
  2. Menulis Sebuah Skrip untuk Video YouTube
  3. Setelah Menulis Skrip Video YouTube Anda
  4. Tip Bonus- Tambahkan Takarir di Video YouTube Anda dengan Menggunakan Wondershare Filmora

Sebelum Menulis Skrip YouTube Anda

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menulis skrip YouTube:

1. Kumpulkan Ide

Sebelum menulis skrip, sebaiknya Anda mengumpulkan ide. Jika ada yang menarik atau ada hal yang lucu, langsung tuliskan hal tersebut. Bawalah alat dan buku tulis kemana saja, dengan begitu Anda tidak akan lupa menuliskan ide.

2. Cari Tempat yang Tidak Mengganggu Perhatian

Setelah mengumpulkan cukup ide untuk video YouTube, langkah berikutnya adalah mencari tempat untuk menulis dengan tenang yang menginspirasi Anda. Hindari segala bentuk pengalihan perhatian supaya Anda dapat menuliskan segala pikiran dan ide ke dalam kertas.

Menulis Sebuah Skrip untuk Video YouTube

Setelah siap menulis, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

1. Buat kerangka garis besar untuk cerita yang ingin Anda sampaikan

Langkah pertama dalam menulis skrip adalah mengembangkan garis besar untuk cerita Anda. Mungkin Anda menganggap langkah tersebut tidak diperlukan, tetapi itu adalah salah satu langkah terpenting untuk menulis sebuah skrip. Kerangka garis besar tersebut akan membantu Anda untuk membuat produk video yang lebih baik dibandingkan membuat video secara spontan. Satu tip untuk menulis skrip video YouTube adalah membuat kerangka garis besar terkait awal, tengah, dan akhir sebuah video. Setelah semua elemen cerita terpenuhi, mulailah membuat draf skrip yang pertama.

2. Tentukan gaya video

Memilih gaya untuk video bergantung pada penonton Anda. Anda boleh berasumsi bahwa para penonton menginginkan sesuatu yang unik, informatif, dan membuat mereka merasa terlibat. Terkadang, mereka menginginkan video yang sifatnya personal dan bisa mereka pahami. Video yang menghibur juga bisa Anda pertimbangkan ketika menulis sebuah skrip.

3. Teruslah menulis

Saat mulai menulis, Anda harus ingat untuk terus menulis entah apa pun yang terjadi. Tulislah apa pun yang muncul di benak Anda. Setelah itu, bacalah apa yang sudah Anda tulis. Jika Anda merasa ada yang perlu diubah, ubahlah. Jika Anda mendapatkan inspirasi baru dan kemudian merasa ada yang kurang pada skrip Anda, maka tambahkanlah inspirasi tersebut.

4. Pastikan skrip memiliki struktur yang baik

Mempelajari cara menulis skrip dengan struktur yang baik merupakan hal yang penting. Bagilah skrip menjadi empat bagian: Pembukaan, Pokok, Badan, dan Penutup.

Pada bagian Pembukaan, tuliskanlah beberapa pertanyaan sederhana yang bisa dijawab di bagian Badan. Gunakanlah bagian Pokok untuk menyampaikan hal apa saja yang akan dibahas dalam video kepada para penonton. Bagian Badan akan berisi konten utama video. Bagian ini meliputi semua hal yang harus diketahui para penonton. Akhirnya, tutuplah video dengan menunjukkan detail media sosial dan teaser untuk video berikutnya.

Catatan:

  • Buatlah Video Padat

Pada video bergaya vlog personal, Anda mungkin akan mengatakan tentang banyak hal yang dirasa menarik dan itulah yang dicari oleh penonton dalam video jenis itu. Namun, jika Anda ingin mengedukasi penonton Anda, akan lebih bermanfaat jika Anda membuat video padat dan jelas.

Katakan pada para penonton tentang hal inti yang ingin Anda lakukan sebelum lanjut membuat video.

  • Jadilah interaktif

Berbicaralah dengan mereka, jangan anggap mereka tidak ada.

Saat menulis skrip dan fokus pada informasi yang ingin Anda sampaikan, mudah bagi Anda untuk membuat percakapan itu menjadi tidak personal.

Ingatlah untuk memanggil penonton Anda dengan sebutan 'kamu', bukan 'kalian semua' (ingat, Anda berbicara dengan penonton secara individual, bukan kolektif) dan masukkan momen-momen yang melibatkan penonton dalam video Anda. Ajak penonton Anda untuk berpikir aktif. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk meninggalkan komentar pada video Anda.

Setelah Menulis Skrip Video YouTube Anda

Setelah menulis skrip, langkah berikutnya adalah mengajak teman yang Anda percayai atau anggota keluarga untuk membaca skrip tersebut. Mintalah timbal balik dari mereka, termasuk jika mereka punya tambahan ide. Bersikaplah terbuka menerima timbal balik mereka

Inilah tip-tip yang harus Anda ingat ketika menuliskan skrip untuk sebuah video YouTube.

Tambahkan Takarir di Video YouTube Anda dengan Menggunakan Wondershare Filmora

Membuat takarir dengan Wondershare Filmora sangatlah mudah. Seorang pemula dapat dengan mudah menambahkan teks yang relevan ke dalam video yang mereka edit dengan Filmora. Anda hanya butuh meluncurkan Wondershare Filmora dan mengimpor video yang ingin Anda edit. Sekarang, pergi ke tab 'Titles' lalu pilih templat yang ingin Anda gunakan. Tariklah templat tersebut ke timeline, lalu klik 'Apply'. Dengan cara ini, Anda dapat menambahkan teks dan judul dengan mudah ke video Anda dan memanfaatkan huruf untuk menarasikan cerita Anda.

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like

Richard Bennett

staff Editor

0 Comment(s)