filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

10 Alasan Mengapa Video YouTube Anda Memiliki 0 Penonton & Solusinya

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Ciptakan Video Berkualitas Tinggi - Wondershare Filmora

Pengedit video YouTube yang mudah dan tangguh

Banyak efek video dan audio yang dapat dipilih

Tutorial lengkap disediakan oleh official channel

Banyak pembuat konten bertanya-tanya mengapa mereka memiliki 0 penonton YouTube. Setiap orang menginginkan khalayak untuk menonton video YouTube mereka ketika mereka mengunggahnya di saluran mereka. Panduan ini akan membahas beberapa alasan mengapa video Anda tidak memperoleh penonton sama sekali. Kami juga akan menjelaskan bagaimana Anda dapat memperbaiki setiap masalah sehingga video YouTube Anda dapat mengumpulkan penonton.

Berapa Banyak Video di YouTube yang Memiliki 0 Penonton?

Menurut Pex, sekitar 90% video yang diunggah orang di saluran YouTube mereka tidak pernah mencapai 1.000 penonton. Untuk sebuah situs berbagi video yang mendapatkan lebih dari 5 miliar penonton setiap harinya, hal yang mengejutkan adalah persentase yang tinggi dari video yang diunggah tidak pernah menjangkau audiens yang ditargetkan.

10 Alasan Mengapa Video YouTube Anda Memiliki 0 Penonton & Solusinya

Jika Anda bertanya pada diri Anda sendiri: Mengapa video saya memiliki 0 penonton YouTube? Kami bisa membantu Anda. Berikut adalah sepuluh alasan yang mungkin menyebabkan terjadinya hal itu:

1) Thumbnail Video YouTube Anda Tidak Menarik

video youtube dengan 0 penonton

Thumbnail video adalah hal pertama yang akan dilihat audiens Anda pada hasil pencarian. Ini memungkinkan penonton untuk melihat kilasan foto dari sebuah video saat menjelajahi YouTube. Karena alasan ini, ia berperan dalam membantu Anda mendapatkan lebih banyak penonton di YouTube.

Judul dan thumbnail layaknya papan iklan, karena mereka membantu penonton menentukan apakah mereka akan menonton video Anda di YouTube. Thumbnail dan judul video yang dirancang dengan baik pasti akan menarik lebih banyak followers ke saluran Anda. Sebagai gantinya, lebih banyak orang yang akan menonton video Anda. Selain itu, ini akan membuat konten Anda lebih menarik bagi banyak pengiklan di YouTube.

Sebagian besar video YouTube dengan 0 penonton tidak memiliki gambar atau thumbnail yang menarik. Oleh karena itu, penonton pada akhirnya melewatkan video tersebut.

Cara Memperbaikinya

Buat thumbnail yang kontras dan menarik untuk video YouTube Anda untuk mendapatkan lebih banyak penonton. Hindari memilih tangkapan layar dari video Anda sebagai foto thumbnail Anda. Sebagai gantinya, pastikan Anda menggunakan gambar berkualitas tinggi dan beresolusi tinggi untuk thumbnail Anda.

2) Anda Tidak Konsisten

Konsistensi memberi alasan kepada audiens, subscriber, dan penonton Anda untuk merasa penasaran dengan video YouTube Anda yang selanjutnya. Jika Anda konsisten, para audiens Anda akan selalu tahu apa yang akan mereka dapatkan.

Kegagalan dalam menunjukkan konsistensi akan membuat jumlah penonton Anda menurun secara signifikan. Subscriber Anda tidak akan tahu kapan Anda akan mengepos video selanjutnya di saluran Anda.

Selain itu? Gagal untuk mengunggah video secara teratur dapat merusak peringkat Anda di YouTube. Algoritme YouTube mempertahankan saluran yang mengunggah video secara teratur dan mereka yang konsisten untuk tetap berada di atas.

Cara Memperbaikinya

Putuskan kapan dan video apa yang akan Anda publikasikan dan berpegang teguhlah pada itu. Pastikan untuk tetap berada pada tema yang berhubungan dan pahami jenis video YouTube apa yang akan Anda buat dan unggah. Sebagai gantinya, Anda akan meningkatkan kemungkinan algoritme YouTube untuk memilih saluran Anda dengan cepat.

3) Video Berkualitas Rendah

Video dengan penonton terbanyak di YouTube memiliki kualitas tinggi. Penonton tidak suka menonton video dengan kualitas audio dan video yang buruk. Itu menjadikannya faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengunggah video di YouTube.

Cara Memperbaikinya

Gunakan Filmora untuk membuat video YouTube berkualitas tinggi. Software ini meningkatkan kualitas video beresolusi rendah. Alat ini dapat menghilangkan getaran dalam video Anda agar terlihat profesional. Anda juga dapat menyesuaikan keseimbangan putih, LUT 3D, kecerahan, kontras, dan nuansa.

Anda dapat meningkatkan kualitas audio Anda dengan menyesuaikan pitch, fade-out, fade-in, dan volume output. Bagian terbaiknya adalah: Filmora memungkinkan Anda untuk menghilangkan background noise dan menambahkan overlay, filter, dan transisi pada video Anda.

Coba Gratis

Untuk Win 7 atau versi di atasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

4) Anda Tidak Membuat Konten yang Diinginkan Penonton Anda

mengapa video Anda memiliki 0 penonton

Persentase yang tinggi dari video YouTube dengan 0 penonton adalah karena konten tersebut tidak sesuai dengan penonton Anda. Sebuah saluran YouTube hanya dapat berkembang ketika mendapatkan pengunjung yang ditarget untuk menonton videonya. Untuk alasan tersebut, penonton yang menonton video YouTube Anda harus tertarik dengan tema video Anda agar saluran Anda dapat berkembang secara alami.

Jika video yang Anda buat tidak sesuai dengan penonton Anda, Anda akan selalu mendapatkan 0 penonton YouTube, karena Anda tidak akan bisa menarik para subscriber. Subscriber yang Anda miliki juga akan berhenti menonton video Anda karena mereka yakin video itu tidak akan berguna bagi mereka.

Cara Memperbaikinya

Anda perlu memilih tema Anda dan menganalisis penonton Anda untuk mengetahui topik apa yang mereka minati; Analitik YouTube dapat membantu Anda untuk mengetahui topik mana yang sedang tren. Anda juga dapat memperoleh detail tentang topik yang menarik, memungkinkan Anda untuk membuat konten yang relevan untuk target audiens Anda.

5) Tidak Menanggapi Penonton Anda

mengapa video Anda memiliki 0 penonton - tidak menanggapi penonton Anda

Melibatkan diri dengan penonton Anda akan menciptakan sebuah kepercayaan. Jika Anda tidak menanggapi penonton Anda, mereka mungkin saja akan berhenti menonton video Anda. Dan video Anda selanjutnya dapat berakhir dengan nol penonton.

Cara Memperbaikinya

Aktiflah di saluran Anda, komunitas, dan saluran media sosial lainnya. Balaslah di bagian komentar, dan ini akan memastikan bahwa video yang Anda unggah selanjutnya akan mendapatkan penonton.

6) Video Anda Tidak Dioptimalkan

mengapa video Anda memiliki 0 penonton - video Anda tidak dioptimalkan

Anda tidak dapat hanya mengunggah video dan mengharapkan jutaan penonton tanpa melakukan apa pun. Jika Anda melihat sebuah video YouTube acak dengan 0 penonton, kemungkinan besar Anda akan menyadari jika video itu tidak dioptimalkan. Pengoptimalan YouTube dapat membantu membawa video Anda selangkah lebih maju.

Cara Memperbaikinya

Jika Anda ingin video Anda ditonton, Anda harus melakukan pengoptimalan dengan faktor-faktor di bawah ini:

  • Desain Saluran
  • SEO
  • Volume Pencarian
  • Kata Kunci
  • Target Pasar dan Penonton
  • Thumbnail Khusus

YouTuber paling sukses terus-menerus menerapkan metode pengoptimalan YouTube di atas. Masukkan kata kunci dan judul yang relevan untuk video Anda. Penggunaan sarana online untuk mengoptimalkan video dan saluran Anda dengan teknik terbaru akan membantu Anda untuk memperoleh penonton di YouTube. Alat pengoptimalan YouTube dapat menemukan kata kunci terbaik untuk digunakan pada video Anda.

7) Anda Tidak Menggunakan Tag yang Tepat

mengapa video Anda memiliki 0 penonton - Anda tidak menggunakan tag yang tepat

Selalu ikuti metode pengoptimalan SEO YouTube dan jangan pernah biarkan bagian tag kosong. Saat Anda menggunakan tag, pastikan Anda memilih tag yang tepat. YouTube bekerja seperti Google: Penonton memasukkan kata kunci untuk video YouTube yang mereka cari, dan ia akan menampilkan video yang paling cocok dengan kata kunci tersebut. Semakin YouTube menganggap video Anda relevan, akan semakin tinggi juga posisinya dalam pemeringkatan. Video pada halaman teratas mesin pencari YouTube akan mendapatkan penonton terbanyak, dan video YouTube dengan 0 penonton akan sering muncul di bagian terendah.

Cara Memperbaikinya

Masukkan tag kata kunci tertentu terlebih dahulu saat membuat tag video. Mesin pencari YouTube memprioritaskan tag pertama. Anda dapat menggunakan alat pengoptimalan YouTube mana pun untuk membuat tag. Setelah itu, Anda sekarang dapat memasukkan jenis tag video lainnya, termasuk tag umum dan tag majemuk.

8) Video YouTube Anda Tidak Memberikan Nilai Apa pun kepada Audiens Anda

Nilai adalah salah satu bagian penting dari seorang pembuat konten; ia juga merupakan sebuah aspek vital untuk mengenali apa yang Anda bawakan dalam relasi antara penonton dan YouTube. Penonton akan mengunjungi saluran Anda jika mereka memiliki alasan untuk menonton video yang Anda unggah, baik untuk tujuan informasi ataupun hiburan. Sebelum Anda mengunggah sebuah video, pertimbangkanlah terlebih dahulu dan tanyakan pada diri Anda sendiri apakah orang-orang akan menyukainya.

Cara Memperbaikinya

Pastikan Anda membuat konten yang bernilai, yang akan membuat audiens Anda merasa bermanfaat. Miliki tujuan yang jelas sebelum Anda mulai membuat sebuah video. Selalu ada orang yang tidak memiliki pengetahuan yang Anda miliki, dan mereka akan senang mempelajarinya dari Anda.

Pikirkan tentang apa yang dicari oleh audiens Anda ketika mereka mengunjungi YouTube dan berikanlah apa yang mereka butuhkan. Jangan lupa untuk mencari topik yang sedang tren, topik yang dapat dicari dalam bidang Anda, dan topik terkait. Video Anda harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh penonton Anda. Mereka juga harus memberikan pengalaman yang menyenangkan.

9) Anda Tidak Membagikan Video Anda di Saluran Sosial Anda

mengapa video Anda memiliki 0 penonton - tidak membagikan video youtube ke platform sosial

Platform media sosial adalah sarana yang kuat, yang membantu YouTuber memperoleh lebih banyak pengunjung pada saluran mereka. Sebagai gantinya, video Anda akan mendapatkan penonton. Jika Anda tidak membagikan video Anda di platform media sosial Anda, tidak ada teman dan followers Anda yang akan mengetahuinya, dan Anda dapat berakhir dengan memperoleh 0 penonton YouTube.

Cara Memperbaikinya

Anda dapat memperoleh penonton YouTube dari platform media sosial seperti SubReddits, Facebook, Instagram, Quora, dan banyak lagi. Pastikan untuk mengikuti syarat dan ketentuan dari semua platform ini. Anda juga dapat mempromosikan sendiri video Anda di semua platform ini untuk mendapatkan penonton. Namun, Anda harus hindari mengespam video YouTube Anda di dalam komunitas untuk forum tempat Anda berada.

10) Anda Tidak Sabar

Sebagian besar YouTuber gagal karena mereka tidak cukup sabar untuk menjalankan saluran mereka. Mereka mengunggah sebuah video dan ingin langsung mendapat penonton. Jika Anda serius dalam membuat video di YouTube, maka Anda perlu kesabaran dan tekad. Jika Anda terus mengunggah video secara konsisten, mereka pasti akan mendapatkan penonton.

Cara Memperbaikinya

Setelah Anda mengepos video Anda, beri video itu waktu untuk melihat apakah orang-orang akan menontonnya. Izinkan video Anda berada pada algoritme YouTube dan mesin pencari, dan Anda akan segera melihat keajaibannya.

Kesimpulan:

● Ini adalah alasan utama video Anda memiliki 0 penonton YouTube dan solusinya. Ingatlah bahwa kualitas video Anda dapat mempengaruhi jumlah penonton YouTube Anda. Gunakan Filmora untuk membuat video HD yang akan menarik lebih banyak penonton.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.