filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

10 Normalisasi Audio Terbaik untuk Windows. Jangan sampai terlewatkan!

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Normalisasi audio merupakan alat yang dapat membantu untuk mengubah volume dari suara secara menyeluruh dengan jumlah tertentu untuk mencapai tingkatan yang telah ditentukan. Secara singkat, aplikasi ini dapat didefinisikan dengan: menaikkan volume dari file audio tanpa harus merusak kualitas audio itu sendiri.

Biasanya, menormalisasikan suatu suara dilakukan untuk dua alasan. Pertama adalah untuk meningkatkan suara dari file audio yang terlalu hening tanpa mengubah rentang dinamis supaya bisa didengar lebih jernih. Sementara alasan berikutnya adalah untuk menyamakan volume dengan file audio yang berbeda.

Karena suara audio menjadi meningkat selama proses menormalisasikan audio, maka noise dari sebuah audio juga akan meningkat. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa normalisasi telah dilakukan secara benar dengan batasan yang tepat.

10 Normalisasi Audio Terbaik untuk Windows

Normalisasi audio biasa digunakan saat masa-masa awal di mana banyak orang yang menikmati audio digital. Kinerja berbagai komponen audio terbatas dalam rasio sinyal terhadap noice serta jangkauan dinamis. Karena itu, menormalisasi suara dapat mengatasi hal tersebut.

Normalisasi masih menjadi fitur berguna di mana sangat membantu untuk menyamakan volume dalam file yang berbeda. Mari kita lihat beberapa normalisasi audio terbaik yang tersedia untuk Windows.

1. Wondershare Filmora

Coba Gratis

Untuk Win 7 atau versi terbaru (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi terbaru

Wondershare Filmora merupakan aplikasi pengedit video populer yang digunakan secara luas dengan fitur-fitur pengeditan video dan audio yang melebar. 'Audio Normalization' di Filmora merupakan fitur terintergrasi AI dimana dapat menganalisa volume dalam semua klip yang telah Anda pilih. Secara otomatis, fitur ini dapat menyesuaikan volume hingga 23.0LUFS, di mana merupakan tingkat kenyaringan standar dari program audio Eropa.

Cara untuk menghidupkan fitur 'Auto Normalization' di Filmora:

Buka 'linimasa', kemudian klik dua kali di klip audio yang ingin Anda normalisasikan. Pada jendela yang muncul, bukalah audio, lalu pilih 'Audio Normalization', dan klik 'OK'.

Audio akan dianalisa yang kemudian akan dinormalisasikan secara otomatis dalam beberapa waktu.

2. Audacity

Audacity merupakan software audio gratis dengan sumber terbuka yang dapat digunakan untuk seluruh sistem operasi. Antarmuka serta kompatibilitas sederhana untuk berbagai perangkat adalah alasan kenapa software ini begitu terkenal.

Fitur menormalisasikan suara di Audacity dapat digunakan untuk mengatur getaran lemah dari trek manapun. Audacity juga dapat digunakan untuk menyesuaikan keseimbangan antara saluran kanan dan kiri dari setiap stereo trek.

Buka Audacity, lalu tekan 'Efek' yang ada di bagian teratas bilah alat, kemudian pilih 'Normalisasi'. Tiga pilihan berbeda akan tersedia untuk Anda pilih.

Anda bisa menghapus 'DC offset', lalu menormalisasikan saluran stereo sendiri, atau menormalisasikan getaran lemah secara maksimum hingga ke desibel yang Anda inginkan.

3. Adobe Premiere Pro

Seperti yang Anda ketahui, Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi pengedit video luar biasa yang digunakan oleh pemula dan juga profesional. Untuk menormalisasikan audio di Adobe Premiere Pro, buka 'linimasa', kemudian tekan kanan di berkas audio, lalu tekan di 'Penguatan Audio'...

Jendela kecil akan muncul, di mana Anda bisa memilih opsi 'Normalisasikan dengan Maksimal' ke: pilihan. dB dapat disesuaikan secara manual sesuai dengan keinginan Anda.

Klik 'OK' setelah selesai melakukan penyesuaian yang diperlukan, kemudian perubahan pun akan terjadi dalam sekejap.

4. MP3Gain

MP3Gain merupakan alat normalisasi audio di mana dapat menganalisa serta menyesuaikan volume dari file mp3 sehingga setiap file memiliki volume yang sama. Mereka juga menjamin akan kualitas orisinil setelah proses menormalisasikan suara.

Usai memasang MP3Gain di perangkat Anda, cukup buka saja aplikasinya. Pilih 'Pilihan', kemudian 'Tampilan Nama File', dan 'Tampilkan Hanya File'. Lalu tekan di 'Tambah File', dan tambahkan file yang hendak Anda normalisasikan ke MP3Gain.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memutar sejumlah lagu di volume yang sama, dan keharusan untuk menyesuaikan volume di awal setiap lagu dapat dihindari.

5. VLC Video Player

Meskipun mungkin Anda lebih mengenal VLC sebagai pemutar video, namun di dalam sana juga terdapat banyak fitur yang dapat memberikan perubahan pada audio dan video dalam suatu file.

Pemutar ini memiliki fitur normalisasi bawaan di mana dapat dinyalakan ketika dibutuhkan. Buka pemutar, Tekan 'Alat' di bilah alat teratas, kemudian buka pilihan 'Preferensi'. Pilih 'Tampilkan Semua Pengaturan' di bagian kanan bawah, kemudian pilih 'Filter' di bawah 'Audio' dari panel kiri. Centang pilihan 'Normalisasikan Volume', dan tekan tombol 'Simpan'.

Tingkat volume juga bisa disesuaikan di 'Normalisasikan Volume' dibawah pilihan 'Filter'.

6. Final Cut Pro

Final Cut Pro X merupakan aplikasi video nonlinier serta nondestruktif dimana seringkali digunakan di perangkat Apple. Aplikasi ini memungkinkan untuk melakukan rendering, pemutaran, serta transkode yang telah ditingkatkan.

Untuk menormalisasikan audio di Final Cut Pro X, buka aplikasi dan tekan pilihan 'Modifikasi', kemudian klik 'Audio', sebelum akhirnya tekan 'Tingkatkan Penguatan Normalisasi.

Sedangkan untuk menormalisasikan lebih dari satu klip audio, pastikan bahwa tingkatan audio dari setiap klip sudah disetel ke 0 dB. Semua dapat selesai dengan menekan tombol 'Edit', kemudian 'Hapus Atribut'. Jadi untuk hasil yang lebih baik, pastikan bahwa tingkatan audio dari setiap klip telah disetel ke 0 dB sebelum melakukan normalisasi.

7. Handbrake

Handbrake merupakan sumber terbuka konversi digital video di mana dapat mengonversi format video ke codec apa pun yang diinginkan. Selain itu, Handbrake juga memiliki beberapa fitur untuk mengedit video dan audio. Fitur menormalisasikan suara di Handbrake memunginkan penggunanya untuk menyesuaikan jangkauan dinamis dari suatu format audio.

Untuk mencapai tingkatan penguatan audio di Handbrake, pilih 'Sumber' di aplikasi, dan pastikan berkas video dan tujuan sudah benar. Kemudian klik di pilihan 'Audio' dan sesuaikan penguatan.

8. Reaper

Reaper merupakan aplikasi produksi audio lengkap yang memberikan fitur pengeditan audio yang ekstensif, termasuk juga perekaman MIDI, pengeditan, pencampuran, pemrosesan audio, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan tingkatan volume ke tingkatan tertinggi menggunakan normalisasi audio di Reaper, buka aplikasi dan impor file audio.

Reaper menawarkan pintasan pada keyboard untuk menerapkan fitur-fitur yang berbeda, dan menormalisasikan audio di komputer. Pintasan tersebut adalah Control + Shift + N.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menormalisasikan audio secara manual dengan menggunakan tombol di mana dapat digunakan sesuai dengan keinginan pengguna.

9. AIMP

AIMP merupakan pemutar audio gratis yang banyak digunakan oleh pengguna Android dan Windows untuk menikmati musik. Pemutar ini menawarkan fitur menormalisasikan audio di mana dapat diterapkan ke semua file secara otomatis melalui pilihan yang telah dipilih sebelumnya.

Supaya bisa melakukan hal itu, buka 'DSP manager' di AIMP, kemudian tekan panel 'Normalisasikan Volume'. Tandai pilihan 'Normalisasikan' volume dan buatlah perubahan di pengaturan tersebut.

Anda dapat menyesuaikan tujuan tingkatan volume, di atas ambang preamp, atau di bawah ambang preamp yang ada di pengaturan. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengubah nilai penguatan audio.

10. Movavi

Movavi adalah aplikasi pengedit video dengan antarmuka intuitif serta memiliki banyak koleksi efek. Menormalisasikan audio dengan menggunakan Movavi sangatlah simpel, dan untuk melakukan hal itu, cukup buka aplikasi, dan impor file ke 'linimasa'.

Klik dua kali pada file di 'linimasa', dan klik 'Properti Klip'. Di panel 'Umum', centang kotak 'Normalisasi', dan seluruh trek audio akan dinormalisasikan.

Apa normalisasi audio terbaik bagi Anda?

Normalisasi audio dapat digunakan untuk berbagai jenis tujuan. Sebagian orang menggunakannya untuk memutar lagu tanpa harus menyesuaikan audio untuk setiap lagu secara manual, dan beberapa menggunakannya untuk meningkatkan volume lagu, di mana lagu tersebut memiliki volume yang sangat kecil. Sedangkan beberapa orang lainnya menggunakannya dengan tujuan digunakan untuk mengedit video.

Daftar aplikasi dengan fitur normalisasi suara telah ditambahkan di atas, sehingga Anda dapat memilih salah satu dari mereka sesuai dengan tujuan Anda. Beberapa aplikasi seperti Wondershare Filmora dan Final Cut Pro X, menawarkan fitur pengeditan audio yang ekstensif dan menormalisasikan audio, di mana sangat membantu dalam proses pengeditan video. Jika Anda ingin meningkatkan volume dari suatu file selagi file tersebut diputar, maka Anda bisa memilih VLC, MP3Gain, dan yang lainnya. Semoga saran kami dapat membantu Anda dalam mendapatkan pengalaman dengan audio yang lebih baik.

Editor Video Serbaguna - Wondershare Filmora

Editor yang mudah digunakan, namun juga sangat luar biasa.

Tersedia efek yang tak terhitung jumlahnya yang dapat dipilih

Toturial yang rinci telah disediakan oleh channel resmi

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.