filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

10 Software/Konverter Suara ke Teks Terbaik untuk Windows [2022]

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Konverter Suara ke Teks Terbaik dan Pengedit Video

Fungsi yang dimiliki Filmora's Speech To Text (STT) dapat membuat Anda menyalin suara menjadi subtitel hanya dengan satu klik. Anda dapat menghemat banyak waktu dalam penulisan subtitel dan menambah efisiensi editan Anda dengan menggunakan konverter suara ke teks.

filmora

Belakangan ini teknologi sudah meningkat secara eksponen, menyebabkan orang-orang selalu berada di depan komputer, baik untuk menulis maupun mengerjakan tugas. Orang-orang pun sering kelelahan mengetik dokumen atau mengklik saat bermain game setelah beberapa waktu. Atau, kecepatan mengetik beberapa orang terlalu pelan untuk dapat diharapkan menyelesaikan tugas secara tepat waktu. Di sinilah software konversi suara ke teks datang membantu.

Terima kasih pada kemajuan teknologi, software konverter suara ke teks bisa digunakan untuk menyalin atau mengubah audio menjadi teks. Terdapat beberapa alat yang tersedia secara online atau dapat didownload sebagai software.

Mari kita bicarakan beberapa alat terbaik untuk mengubah audio menjadi teks.

10 Software konverter suara ke teks untuk Windows

Berhubung semua konverter suara ke teks selalu muncul dengan berbagai macam serangkaian fitur utama yang terkadang bisa menjadi kekurangan, merupakan hal yang bijak untuk meninjau beberapa konverter terlebih dulu sebelum memilih satu yang benar-benar cocok. Berikut adalah daftar 10 konverter suara ke teks terbaik.

  • 1. Windows Dictation

  • 2. Window's Speech Recognition

  • 3. Dragon Professional Individual

  • 4. Google Docs Voice Typing

  • 5. NaturalReader

  • 6. Braina Pro

  • 7. Speechnotes

  • 8. Sobolsoft

  • 9. Bear File Converter

  • 10. Voice Finger

1. Windows Dictation

Harga: Gratis

Menggunakan alat pengenal ucapan bawaan dari Windows, Windows dictation dengan mudah mengonversi apapun yang Anda katakan menjadi teks. Alat ini sangatlah mudah digunakan, dan di sana juga terdapat beberapa macam perintah yang bisa digunakan untuk mengontrol teks dan menulis dengan akurasi yang menakjubkan tanpa harus mengakses keyboard. Untuk memulai menggunakan software pengubah suara ke teks ini, tekan ikon Windows+H dan aktifkan sakelar pengaturan pengenal suara online. Sederetan peralatan akan muncul dengan ikon mikrofon. Katakan Mulai mendikte dan klik mikrofon untuk mengubah audio menjadi teks. Dengan mengatakan Berhenti mendikte, Anda dapat menyelesaikan proses ini. Tapi sayangnya, Anda membutuhkan koneksi internet aktif untuk menggunakan diktator ini.

2. Window's Speech Recognition (WSR)

Harga: Gratis

Pengguna Windows dapat menikmati software perubah suara menjadi teks yang sudah ada di dalam sistem ini. Sangat mudah dan cepat untuk mengaktivasi perangkat ini sebelum mulai menggunakannya. Melalui software Window's Speech Recognition, pengguna dapat mengonversi audio menjadi teks dengan beberapa macam program, browser, dan aplikasi. Ini juga bisa digunakan untuk membuka dan menutup program, mengatur kalender, atau bahkan mencari dan memainkan lagu. Untuk mengaktifkan, tekan Windows Speech Recognition di kolom pencarian. Anda harus melalui beberapa langkah untuk membuat komputer mengenali suara Anda, sebelum akhirnya perangkat siap untuk digunakan.

3. Dragon Professional Individual

Harga: $500 untuk versi profesional dan perusahaan/ $49.99 untuk versi standar

Seperti namanya, software konverter suara ke teks ini adalah alat profesional yang dapat membuat hidup penulis menjadi lebih mudah. Perangkat ini berisikan fitur mengedit dengan kecepatan mengetik 160 kata per menit nya. Ia menawarkan tingkat keakuratan hingga 99% dan dapat bekerja di beberapa macam program termasuk juga browser. Setelah instalasi, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan mengubah audio menjadi teks. Rekaman audio yang mengandung pembicara tunggal dapat disalin dengan cepat menggunakan alat ini.

4. Google Docs Voice Typing

Harga: Gratis

Software konverter suara ke teks bawaan dari Google ini berada di Google Docs yang tersedia di browser. Dengan alat yang gratis dan bagus ini, Anda bisa bekerja dengan cepat tanpa harus mengetik apapun. Tersedia sekitar 100 macam perintah suara yang bisa membantu Anda dalam segi edit dan juga format. Baik jika Anda ingin memasukkan poin-poin, mengganti baris, ataupun menggaris bawahi suatu kata, software konverter suara menjadi teks milik Google ini adalah pilihan yang tepat. Tersedia di dalam web, tetapi tidak dapat didownload. Untuk menggunakannya, Anda tinggal pergi ke Google Docs dan klik Alat, lalu tekan Ketik Suara. Lalu, aktifkan mikrofon dan mulai berbicara.

5. NaturalReader

Harga: Pribadi: $99.50 (sekali pembayaran)

NaturalReader adalah salah satu bentuk software konverter suara ke teks yang dapat membaca atau mengatur berbagai format dokumen sehingga pengguna tidak perlu melakukan hal itu. Ini membantu pengubahan teks menjadi file audio seperti MP3. Anda bahkan dapat mengubah pelafalan kata yang Anda inginkan. NaturalReader menawarkan versi online dan juga versi yang dapat didownload. Tersedia versi gratis, namun hanya mencakup beberapa fitur.

6. Braina Pro

Harga: $169/seumur hidup (penawaran terbatas) atau $59 per tahun

Braina Pro bukan hanya konverter suara ke teks, tapi lebih sebagai asisten virtual. Braina Pro dapat mengatur alarm, membuka dan menutup file, atau menyelesaikan beberapa tugas yang ada di komputer Anda. Software ini juga menawarkan aplikasi seluler yang bisa digunakan untuk mengontrol PC tanpa harus mengaksesnya secara langsung. Braina Pro menyediakan lebih dari 90 bahasa. Tapi, Anda membutuhkan koneksi internet yang aktif untuk melakukannya. Tinggal berlangganan dan download aplikasinya, lalu buka dan klik ikon mikrofon. Klik dan katakan Masuk ke dalam mode dikte untuk mulai menggunakan aplikasinya.

7. Speechnotes

Harga: Gratis

Speechnotes adalah konverter suara ke teks yang sangat bagus dan efisien. Speechnotes sangat mudah untuk diakses karena Anda tidak perlu mendownload, mendaftar, ataupun berlangganan. Dengan membuka tautan online Speechnotes di Chrome, Anda dapat langsung mengklik ikon mikrofon dan mulai memproses konversi audio ke teks. Di sana terdapat banyak perintah dan jalan pintas yang sering digunakan yang berada di sebelah kiri layar. Ditambah lagi, Speechnotes secara otomatis menggunakan huruf kapital untuk memulai kalimat dan menyimpan dokumen. Setelah selesai, teks dapat langsung disimpan di file lokal atau diekspor ke Google Drive.

8. Sobolsoft

Harga: Gratis (500 menit/bulan)

Dengan Sobolsoft, Anda dapat dengan mudah serta mulus mengonversi audio menjadi file teks dan menyimpannya. Versi gratisnya memberikan 500 menit audio percakapan setiap bulannya. Setelah instalasi, Anda dapat mengunggah file audio dan klik di konversi untuk memulai proses. Selain itu, beberapa file audio dapat diupload dan diubah menjadi teks secara bersamaan. Setelah proses transkripsi, teks dapat diedit dan disimpan. Tapi sayangnya, hanya file MP3 yang dapat diubah melalui Sobolsoft.

9. Bear File Converter

Harga: Gratis

Bear File Converter ialah peralatan lengkap yang menyediakan berbagai macam layanan, termasuk konverter suara menjadi teks. Bear File Converter tersedia online dan dapat digunakan secara gratis. Anda hanya dapat mengunggah file audio yang tidak lebih dari 3 megabyte dan klik ubah. Software konverter suara ke teks ini menyediakan format file audio seperti MP3, OGG, WAV, WMA, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan file audio URL. Klik ubah untuk mulai memproses. File ini akan disimpan ke perangkat dalam bentuk file tulisan.

bear file converter

10. Voice Finger

Harga: $9.99

Voice Finger adalah software konverter suara ke teks yang sangat bagus dan mudah untuk digunakan, software ini dapat mempermudah pengerjaan berbagai macam pekerjaan di komputer. Dengan alat ini, Anda bisa menikmati bermain game tanpa harus menggunakan tangan dan menyelesaikan tugas tanpa harus memegang mouse. Semua klik dan kunci khusus dapat dilakukan dengan mudah dengan Voice Finger. Software konverter suara ke teks ini adalah solusi paling utama untuk pemain game atau orang yang berhubungan dengan tugas yang memiliki banyak tulisan, karena software ini membuat semuanya menjadi mudah. Baik Anda ingin memindahkan kursor, mengetik dokumen, atau mengklik untuk menembak di sebuah permainan, Voice Finger dapat membantu Anda. Tinggal download software ini dan mulai menggunakannya. Tersedia juga versi gratisnya.

voice finger converter

Kesimpulan

Sebelum Anda berlangganan atau membeli sembarang software konverter suara ke teks, disarankan untuk mempertimbangkan beberapa opsi yang sesuai dan kemudian pilih satu yang cocok dengan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin memakai software konverter suara ke teks di saat Anda sedang ada di luar dan tidak memiliki akses internet, ingat untuk mengecek apakah software itu dapat digunakan secara offline atau tidak.

Anda bisa membaca ulasan singkat kami mengenai software terbaik untuk mengubah suara ke teks yang bisa menghemat waktu dan usaha Anda selagi memaksimalkan produktivitas Anda.

author
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.