filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Daftar format video yang didukung oleh WhatsApp yang mungkin ingin anda ketahui

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Diantara platform komunikasi lainnya, WhatsApp sangat terkenal. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melakukan komunikasi dengan orang tercinta yang tinggal sangat jauh melalui pesan, suara, dan panggilan video. Tidak seperti platform lainnya, WhatsApp memiliki banyak pengguna yang menyukainya.

Dengan WhatsApp, anda tidak hanya dapat berkomunikasi namun juga dapat berbagi data media. Anda dapat membagikan meme favorit anda, video-video lucu, dan berbagai hal lainnya melalui WhatsApp. Jika anda ingin membagikan video namun gagal, mungkin format video tidak didukung oleh WhatsApp. Untuk mempelajari mengenai format video yang didukung WhatsApp, tetap lanjutkan membaca artikel ini.

Bagian 1. Pengenalan tentang format video yang didukung oleh WhatsApp

Apakah anda menghadapi masalah dengan video WhatsApp dalam membagikannya? Mungkin karena format video WhatsApp mendukung format video tertentu. Anda harus memiliki video dengan format yang didukung, untuk menggunakan dan membagikannya.

format video yang didukung oleh WhatsApp

WhatsApp mendukung ukuran file maksimum hingga 16MB yang setara dengan video 90 detik hingga 3 menit. Jika kita bandingkan dengan status WhatsApp, bisa mencapai durasi video 30 detik. WhatsApp mendukung format dan MPEG-4 codec untuk video dan audio, AAC, dan AC3.

Selanjutnya, format video yang didukung WhatsApp termasuk MP4, MKV, AVI, MOV, dan juga 3GP. Apakah anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang format ini? Ayo saya bantu.

MP4

Ini adalah format paling umum yang sering digunakan baik untuk berkas video dan juga audio. Selain itu, MP4 juga menyimpan data seperti terjemahan, gambar , dan sebagainya. Menariknya, format ini juga mendukung streaming.

MKV

MKV adalah wadah terbuka, format bebas. Format ini dapat menampung video, gambar, audio, dan juga subtitle yang tidak terbatas. Ditambah lagi, format ini digunakan secara luas untuk menyimpan konten multimedia seperti acara TV atau film favoritmu.

AVI

Audio Video Interleave adalah format video lain selanjutnya yang didukung oleh WhatsApp. Apakah anda tahu bahwa format AVI mendukung sinkronisasi audio dengan video playback? Berkas formatnya menyimpan video maupun data suara dalam wadah berkas.

MOV

Apple mengembangkan berkas format MOV yang dapat menampung berbagai konten media seperti audio, video, dan bahkan text. Data tersimpan pada berkas yang sama namun jalur yang berbeda. Berkas format ini sering digunakan dalam perangkat lunak pengedit video.

3GP

3GP adalah Third Generation Partnership Project (3GPP), wadah multimedia untuk pelayanan multimedia. Format ini sangat cocok pada ponsel 3G, tetapi juga dapat digunakan pada ponsel 2G maupun 4G. 3GP juga termasuk format video yang didukung oleh WhatsApp.

Bagian 2. Tips bagaimana mengkonversi video untuk WhatsApp

Sekarang anda telah mengetahui mengenai format video yang didukung oleh WhatsApp, bolehkah kami memberikan tips cara mengkonversi berkas format? Jika anda memiliki video yang tidak didukung oleh WhatsApp, bagian berikutnya dari artikel ini akan membantu kamu untuk mengenalkan Wondershare UniConverter. Perangkat lunak pengkonversi video adalah GPU accelerated, dan menjamin untuk menjaga kualitas video asli.

UniConverter menawarkan kecepatan konversi 90x lebih cepat. Anda dapat mengkonversi video dari dan ke format yang berbeda dan juga untuk perangkat yang lainnya. Selain itu, dengan UniConverter, anda dapat mengkonversi beberapa berkas media sekaligus. Apakah anda tahu apalagi yang ditawarkan UniConverter? Perangkat lunak ini bukan hanya untuk mengkonversi video; lebih dari itu; anda dapat menggunakan penghilang latar belakang, mengedit terjemahan, pemangkas cerdas, dan sebagainya.

Selain mengkonversi video anda ke format video WhatsApp, dengan UniConverter, anda juga dapat mengkonversi video anda ke berbagai format web terkenal seperti Facebook, Instagram, Vimeo, YouTube, Amazon, dan juga eBay. Apakah anda tahu hal yang menarik mengenai UniConverter? Tentunya, ini juga mendukung berbagai berkas 4K dan 3D. Jika anda terkesan dengan UniConverter, mari lanjutkan dan inilah langkah-langkah untuk menggunakan perangkat lunak ini:

Langkah 1: Untuk memulai, buka Wondershare UniConverter pada perangkatmu dan pastikan anda telah memilih opsi 'Converter' dari menu sebelah kiri. Setelah itu, dari sebelah kanan, masukkan berkas video yang ingin anda kerjakan.

akses konversi

Langkah 2: Sekarang, menuju bagian bawah dari layar, cari opsi 'Output Format'. Buka dan lanjutkan ke bagian 'Video'. Disitu, dari daftar berbagai berkas format, pilih format video yang didukung untuk WhatsApp dari kiri dan kanan, pilih resolusinya.

pilih format video anda

Langkah 3: UniConverter terkenal dengan kecepatan konversinya; untuk itu, tekan 'High-Speed Conversion' di sudut kanan atas. Selanjutnya, tentukan lokasi untuk penyimpanan berkas di bawah dengan menggunakan bagian 'File Location'. Setelah selesai, tekan tombol 'Convert' untuk mendapatkan format video yang telah dikonversi.

memulai proses konversi

Langkah 3. Trik cara edit video untuk WhatsApp

Apakah anda berencana untuk mengedit video WhatsApp anda? Jika iya, maka kami memiliki sedikit masukan untuk anda; mari kami perkenalkan Wondershare Filmora Video Editor. Perangkat lunak ini dapat mengubah permainan pengeditan anda dengan fitur-fiturnya yang fenomenal dan elemen pengeditan yang luar biasa.

Apakah anda ingin mengetahui fitur dan elemen apa yang sedang kita bicarakan? Mari kami beri tahu. Wondershare Filmora menawarkan efek-efek dan transisi berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan video anda. Dan juga, anda akan mendapatkan banyak pilihan dan elemen pengeditan lain yang dapat digunakan.

Filmora memiliki tampilan yang mudah dan jelas; pengguna dapat dengan mudah mempelajari perangkat lunak ini dan menggunakannya. Selain itu, pengedit videonya memungkinkan anda untuk memilih format yang anda inginkan dan kemudian membuat berkasnya. Anda mendapatkan berbagai fitur keren seperti latar belakang green screen, split-screen, join video, dan masih banyak lagi.

Gratis belajar

For Win 7 or later (64-bit)

Gratis belajar

For macOS 10.12 or later

Menariknya, perangkat lunak ini menawarkan elemen sesuai dengan tren dan perayaan yang sedang berlangsung, seperti natal, hari kasih sayang, ulang tahun, dan sebagainya. Apakah anda ingin menggunakan Filmora untuk mengedit video WhatsApp anda? Untuk panduannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Langkah 1: Untuk mengedit, buka Wondershare Filmora di perangkat anda dan masukkan berkas video dengan menggunakan tab 'File'. Setelah itu, arahkan kursor ke pilihan 'Import Media' dan pilih opsi 'Import Media Files'.

masukkan berkas video anda

Langkah 2: Setelah menemukan berkas yang anda inginkan, masukkan video. Setelah berhasil memasukkan video, tekan dan geser berkas dari bagian 'Project Media' menuju 'Timeline' agar anda dapat memulai pengeditan.

tambahkan video ke timeline

Langkah 3: Hal menyenangkan dimulai! Anda dapat mengedit dan mengubah berkas video anda dengan menambahkan berbagai efek suara yang ditawarkan Filmora. Pengguna dapat menggunakan efek dari menu 'Audio'.

tambahkan efek suara

Langkah 4: Apakah anda khawatir mengenai judul? Jangan khawatir, karena Filmora menawarkan berbagai macam format judul yang dapat anda pilih dan dapat disesuaikan. Cukup buka menu 'Titles' dari daftar menu diatas dan gunakan.

gunakan judul dalam video

Langkah 5: Apa arti pengeditan tanpa transisi dan efek yang keren? Filmora hadir dengan efek dan transisi video yang unik dan berbeda yang dapat anda gunakan dengan menggunakan menu 'Effects' dan 'Transitions'.

 tambahkan efek dan transisi di video

Langkah 6: Setelah anda puas mengedit, sekarang waktunya untuk membuat berkas video. Tekan tombol 'Export' dan pilih format video yang didukung WhatsApp untuk menyimpan berkas.

export video

Kesimpulan

Jika anda pernah bermasalah dengan video WhatsApp, artikel ini cocok untuk anda. Kami telah membahas secara terperinci mengenai format video yang didukung WhatsApp. Tidak hanya itu, kami juga membahas tentang konversi video yang dapat anda gunakan untuk mengkonversi format video. Selain itu, kami juga membagikan pengedit video untuk mengedit video WhatsApp anda. Apakah anda siap untuk sedikit kejutan?

Mari kita bahas pengedit video Wondershare Filmora, raja pengeditan yang mengubah secara drastis video anda dan membuatnya menarik. Perangkat lunak ini bukan sekedar pengeditan biasa; ia memungkinkan anda untuk memangkas, memotong, menggabungkan, menukar video anda bersama dengan pilihan pengeditan lainnya.

Apakah anda tahu perangkat lunak yang bagus untuk motion tracking? Wondershare Filmora menawarkan berbagai macam fitur menarik seperti Key Framing, Silence Detection, Green Screen, Color Match, dan yang lainnya. Jika anda ingin membuat video menarik dengan efek dan fitur yang menarik, maka Filmora wajib untuk dicoba.

Wondershare Filmora

Mulailah dengan mudah bersama kinerja Filmora yang tangguh, tampilan yang mudah dimengerti, dan efek yang tidak terbatas!

filmora
author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.