Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Tips YouTube Dicari
1. Tips AI YouTube+
2. Tips Record Screen YouTube+
3. Tips Youtube Marketing+
4. Download Video YouTube+
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Cara Mendapatkan Bayaran di YouTube - Dari AdSense ke Rekening Bank Anda

author

May 23, 2024• Solusi yang sudah terbukti

YouTube lebih dari sekadar sebuah jejaring sosial berbagi video; berikut merupakan cara untuk mendapatkan bayaran di YouTube. Memiliki channel YouTube yang aktif dengan jumlah views bulanan yang cukup banyak dapat memberikan Anda penghasilan melalui iklan. Jika saluran Anda dipersiapkan dengan benar, Google dapat memasang iklan di video YouTube Anda dan Anda pun dapat memperoleh uang berdasarkan dengan jumlah orang yang melihat atau mengklik (tergantung pada iklan) iklan tersebut saat menonton video Anda.

  1. Persyaratan untuk Monetisasi YouTube
  2. Bagaimana Cara Mengaktifkan Monetisasi Untuk Channel YouTube Anda
  3. Menautkan Rekening Bank Anda ke Akun AdSense Anda
  4. Menerima Pembayaran

Banyak vlogger yang menerima setoran bank dari hasil pendapatan berbasis iklan mereka setiap bulannya secara langsung. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara untuk memonetisasi Channel YouTube Anda dan cara untuk menerima pembayaran ke rekening bank Anda.

Meningkatkan Video YouTube Anda dengan Filmora

Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang dengan video YouTube, video Anda harus mencolok. Untuk mencapai hal tersebut, Anda harus menggunakan software pengeditan video yang tangguh. Di sini, saya merekomendasikan pengedit video Wondershare Filmora. Sebagai salah satu software pengedit video yang paling banyak digunakan di kalangan para YouTuber, Filmora menyediakan banyak templat dan efek yang memperkenankan Anda untuk melakukan pengeditan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

Bagian 1: Persyaratan untuk Monetisasi YouTube

Memenuhi persyaratan minimum untuk monetisasi YouTube mungkin merupakan bagian tersulit dari keseluruhan proses ini. Sekitar satu bulan yang lalu, Anda diharuskan untuk memiliki 10.000 views di channel YouTube Anda selama masa penggunaannya agar dapat memenuhi syarat untuk monetisasi. Namun, pada awal tahun ini, Google telah mengubah pemenuhan persyaratan mereka dan membuatnya menjadi lebih ketat.

Mulai 20 Februari 2018, channel-channel YouTube harus mengumpulkan 4000 jam 'waktu tonton' selama 12 bulan terakhir dan tidak kurang dari 1000 pelanggan agar dapat memenuhi syarat untuk monetisasi. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan ini, Anda tidak dapat bergabung dengan Program Partner YouTube dan memonetisasi channel YouTube Anda.

Jadi, langkah pertama untuk mencapai keberhasilan monetisasi di YouTube adalah dengan benar-benar mengembangkan channel Anda. Anda perlu membuat video yang dapat menarik dan memusatkan perhatian penonton Anda. Anda juga perlu membuat agar mereka berkenan untuk mensubscribe channel Anda karena inilah hal yang akan mengembangkan channel YouTube Anda seiring berjalannya waktu.

Bagian 2: Bagaimana Cara Mengaktifkan Monetisasi untuk Saluran YouTube Anda

Inilah proses langkah demi langkah untuk memonetisasi Channel YouTube Anda, bagi mereka yang memenuhi syarat.

  1. Masuk ke akun YouTube Anda.
  1. Temukan ikon akun Anda di sudut kanan atas. Klik untuk menemukan tombol 'Creator Studio'.
  1. Klik tombol 'Creator Studio'.
  1. Klik opsi 'Channel' di menu sebelah kiri.
  1. Anda akan melihat sebuah menu pilihan yang terletak di bawah 'Channel'. Klik 'Status dan Fitur'. Ini sebenarnya merupakan pilihan pertama pada menu. Pilihan ini akan terbuka secara default setelah Anda mengklik tombol 'Channel'.
  1. Telusuri halaman 'Status dan Fitur' dan klik tombol 'Aktifkan' yang terdapat di samping monetisasi.

 aktifkan monetisasi youtube

  1. Mengklik tombol 'Aktifkan' akan mengarahkan Anda pada halaman lain yang menampilkan penjelasan mengenai pedoman untuk monetisasi. Bacalah pedoman tersebut secara saksama dan pahami hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam monetisasi YouTube.
  1. Setelah Anda telah selesai membaca pedomannya, klik tombol 'Aktifkan akun saya' untuk melanjutkan proses. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta Anda untuk bergabung dengan Program Partner YouTube.
  1. Baca seluruh persyaratan Program Partner YouTube, centang kolom kotak yang sesuai, dan klik tombol 'terima'.
  1. Anda akan diminta untuk menautkan akun AdSense.
  1. Hubungkan akun AdSense Anda jika Anda memilikinya atau buat akun yang baru.
  1. Setelah selesai menautkan akun AdSense, Anda akan dialihkan kembali ke YouTube. Di sana, pilih jenis iklan yang ingin Anda jalankan di bawah 'Preferensi Monetisasi'.
  1. Klik tombol kirim dan tunggu hasil pertimbangan pihak YouTube untuk mengetahui apakah akun Anda layak untuk dimonetisasi.

Menurut YouTube, dapat diperlukan waktu hingga satu minggu lamanya untuk membuat sebuah keputusan mengenai pendaftaran Anda.

YouTube tidak akan meninjau permohonan monetisasi Anda sampai Anda memenuhi kriteria kelayakannya. Bahkan setelah memenuhinya pun, pendaftaran Anda bisa saja tetap ditolak jika video Anda tidak mengikuti pedoman komunitas (yaitu chanel yang hanya memposting ulang konten channel lain tidak akan dimonetisasi).

Tidak semua video dapat dimonetisasi. Meskipun terdapat cara-cara yang sah untuk membuat video yang terdiri dari gambar dan rekaman milik orang lain, ketahuilah bahwa video seperti itu tidak akan selalu memenuhi syarat untuk monetisasi. YouTube hanya akan memonetisasi video yang Anda miliki. Oleh karena itu, memposting video yang bukan merupakan milik Anda atau yang berisi konten berhak cipta dapat menyebabkan terjadinya penolakan permohonan monetisasi Anda.

Bagian 3: Menautkan Rekening Bank Anda Ke Akun AdSense Anda

AdSense menyediakan berbagai macam opsi pembayaran termasuk cek yang dikirim melalui pos dan transfer Western Union. Namun, ketersediaan opsi-opsi ini bergantung pada lokasi keberadaan Anda. AdSense melakukan pembayaran melalui transfer elektronik (EFT – Transfer dana elektronik) ke hampir setiap negara di dunia, dan ini merupakan pilihan pembayaran yang paling disukai oleh kebanyakan orang.

Agar penghasilan Anda dapat disetorkan secara langsung ke akun Anda melalui EFT, Anda harus menautkan rekening bank Anda ke akun AdSense Anda.

Berikut merupakan panduan langkah demi langkah untuk menautkan rekening bank Anda ke akun AdSense Anda.

  1. Masuk ke AdSense melalui: http://www.google.com/adsense/start
  1. Klik tombol 'Pengaturan' di menu panel kiri
  1. Di bawah tombol 'Pengaturan', klik 'Pembayaran'.
  1. Pada halaman 'Pembayaran', klik 'Kelola opsi pembayaran'.
  1. Klik ‘Tambahkan metode pembayaran’.
  1. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan detail rekening bank Anda. Umumnya, Anda akan diminta untuk menyediakan informasi berikut:
    1. Nama pada rekening/nama pemegang rekening
    2. Nomor rekening bank
    3. Nama Bank
    4. Kode SWIFT Bank
    5. Tergantung dengan lokasi keberadaan Anda, informasi tambahan mungkin akan diperlukan.
  1. Pastikan nama di akun AdSense Anda sesuai dengan nama di rekening bank yang Anda berikan. Untuk mengedit nama AdSense Anda, klik tombol ‘Kelola pengaturan’ yang juga berada di halaman Pembayaran.

Bagian 4: Menerima Pembayaran

Untuk mendapatkan bayaran dari AdSense, jumlah uang Anda harus setidaknya mencapai jumlah minim pembayaran sebanyak $100. Anda mungkin ingin menetapkan jumlah minim pembayaran yang lebih tinggi tetapi terdapat aturan yang menyatakan bahwa, penghasilan di bawah $100 tidak akan diproses untuk pembayaran (Anda masih tetap akan menerima uang tersebut, tetapi Anda harus menunggu hingga jumlah uang Anda telah bertambah dan mencapai $100 untuk mendapatkan bayaran).

Selain itu, ingatlah bahwa AdSense mengikuti siklus pembayaran bulanan. Ini mengartikan bahwa penghasilan selama sebulan (dengan mengasumsikan bahwa mereka memenuhi persyaratan jumlah minimal pembayaran) akan dibayarkan bulan depan. Biasanya, pembayaran setoran langsung akan diproses antara tanggal 21dan 26 setiap bulannya. Meskipun demikian, diperlukan waktu hingga 10 hari lamanya untuk menerima pembayaran elektronik.

Selain mencapai jumlah minim pembayaran, pastikan Anda tidak memiliki penangguhan pembayaran di akun AdSense Anda. Penangguhan pembayaran dapat menyebabkan terjadinya penahanan penghasilan Anda bahkan jika Anda telah mencapai jumlah minim pembayaran.

Untuk menghindari penangguhan pembayaran, pastikan Anda telah memberikan informasi pajak yang diperlukan, verifikasi identitas dan alamat Anda, pastikan rekening bank yang ditautkan ke AdSense telah diverifikasi, dan pastikan Anda tidak melanggar pedoman dan aturan komunitas YouTube.

Kesimpulan

Tergantung pada keterampilan vlogging Anda dan sifat konten Anda (beberapa jenis video mendapatkan lebih banyak perhatian daripada yang lainnya), mungkin akan diperlukan waktu yang cukup lama sebelum Anda dapat memenuhi syarat untuk monetisasi. Dan bahkan saat Anda telah berhasil memonetisasi channel Anda, mendapatkan cukup banyak views untuk mencapai jumlah minim pembayaran dapat menjadi suatu hal yang sulit pula.

Jangan biarkan hal ini mematahkan semangat Anda untuk terus berusaha mendapatkan penghasilan dari channel YouTube Anda. Terus pusatkan perhatian Anda pada pembuatan channel YouTube yang ingin ditonton oleh orang-orang. Begitulah cara untuk mendapatkan bayaran di YouTube - pertahankan channel Anda untuk jangka waktu yang cukup lama agar channel tersebut dapat berkembang.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.
author

Richard Bennett

staff Editor

(Klik untuk menilai posting ini)

Nilai umum4.5(105berpartisipasi)