filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Editor Video 4K Gratis Terbaik yang Harus Anda Coba di tahun 2022

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Video Ultra HD, juga dikenal sebagai video 4K, dengan resolusi 3840 2160 piksel. Resolusi ini menjadi populer di tahun 2016 dan telah melampaui HD dan ultra-HD sehingga menjadi video dengan resolusi tertinggi. Sebagian besar video direkam dalam HD, tetapi seiring perkembangan teknologi kamera, video 4K tampak semakin umum. Karena tingkat detail tambahan yang diperoleh kamera, video 4K adalah file berukuran besar yang memungkinkan Anda untuk lebih banyak mengedit.

Beberapa software pengeditan video 4K gratis telah dikembangkan untuk membuat pengeditan video menjadi mudah belakangan ini. Aplikasi Pengedit video 4K gratis ini memungkinkan Anda untuk mengimpor, mengedit, dan mengekspor video dengan mudah. Artikel ini akan memberikan Anda beberapa aplikasi pengedit video 4K gratis terbaik yang harus Anda coba di tahun 2022.

Bagian 1: 5 Software Pengedit Video 4K Gratis Terbaik untuk Windows dan Mac

1. iMovie

OS yang didukung: iPhone, iPad, and Mac

iMovie adalah salah satu software pengedit video 4K gratis yang paling populer. Dengan iMovie, Anda dapat membuat video yang terlihat profesional bahkan tanpa perlu memiliki pengalaman mengedit sama sekali. Anda dapat mengimpor gambar dan video dengan resolusi 4K ke iMovie, kemudian memangkas, membagi dan menambahkan judul, transisi, filter-filter atau efek-efek ke video dengan cara seret dan lepas. Terlebih lagi, Anda dapat mengimpor dan mengekspor video dengan 60 frame per detik di iMovie.

iMovie adalah software pengeditan video yang dapat mengimpor footage video dari kamera video digital yang menggunakan format MiniDV. Dapat memutar DV, HDV, AVCHD, iFrame, Animation Codec, and format video lainnya. Anda dapat mengimpor video 4K secara langsung ke iMovie dan mengekspornya menjadi video 4K dalam 24fps/30fps/60fps. Anda juga dapat membagikan video 4K ke YouTube secara langsung dari iMovie.

Kelebihan:

1. Peralihan di berbagai perangkat:

Editor video 4K gratis ini dirancang untuk bekerja sama dengan menggunakan perangkat yang berbeda (iPhone, iPad & Mac). Anda dapat memulai sebuah proyek di iPhone Anda, kemudian mentransfernya ke iPad Anda menggunakan AirDrop atau iCloud Drive. Ini memungkinkan Anda untuk membagikan apa yang telah Anda kerjakan di perangkat yang berbeda, dan Anda juga dapat mengirimkan project Anda dari iPad Anda ke MacBook atau iMac Anda.

2. Fitur pengedit yang canggih:

Apa yang membuat editor video 4K gratis ini istimewa adalah kemampuannya untuk menambahkan fungsi pengedit yang inovatif pada saat membuat dan mengedit video Anda. Pada dasarnya, setiap aplikasi pengedit video harus menawarkan fitur dasar mengedit; namun, iMovie memungkinkan Anda untuk bekerja dengan fungsi yang lebih canggih seperti split-screen, gambar di dalam gambar, dan efek green screen.

3. Menyimpan semua file asli

Keuntungan bekerja dengan berbagai perangkat yang berbeda memberikan kesempatan untuk menyimpan semua file asli. Ini menghemat waktu Anda karena Anda dapat mengimpor segala media yang Anda butuhkan untuk memulai project Anda di editor video tanpa kehilangan file aslinya.

Kekurangan:

  • File terdistorsi: Jika Anda tidak mengikuti proses impor dan ekspor, filenya mungkin akan terdistorsi, menghasilkan gambar yang kurang jelas.
  • Hanya tersedia di perangkat IOS/macOS/iPad

2. VSDC

OS yang didukung: Windows 2000/XP/2003/Vista/7/8/10

VSDC adalah editor video 4K gratis yang memungkinkan editor level pemula untuk mengedit. Aplikasi ini mendukung rekaman voice-over, merekam tampilan layar komputer, mengedit file video dan suara. Dengan VSDC, Anda dapat menggabungkan beberapa layer footage video menjadi satu komposisi. Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan efek gambar dalam gambar dan mengubah penampilan atau posisinya.

VSDC mengijinkan Anda untuk mengimpor file video 4K, audio, dan gambar. Untuk berhasil mengimpor file-file ini; Klik ‘Shift + I' untuk menambahkan gambar, 'Shift A' untuk menambahkan file audio, dan 'Shift V' untuk menambahkan file video. VSDC mengijinkan Anda untuk mengekspor video 4K ke Komputer atau membagikannya ke platform web seperti YouTube. Untuk mengekspor file ini, arahkan kursor ke tab ekspor project di bagian atas, dan atur profile menjadi kualitas yang tertinggi. Klik tombol Edit profile dan pilih preset 4K dari daftar. Pilih ukuran kualitas video dan audio, kemudian simpan video sebagai 4K.

Kelebihan:

  • Semua peralatan untuk mengedit video tersedia
  • Efek Visual yang Luar Biasa
  • Pemrosesan Teks yang Efisien
  • Banyak mode Blending

Kekurangan:

  • Fitur pengeditan Pro tidak ada
  • Hanya tersedia di Windows
  • Tidak tersedia bentuk gelombang audio dan fitur akselerasi hardware

3. ShotCut

OS yang didukung: Windows, Mac, and Linux.

Shotcut adalah aplikasi pengedit video 4K lainnya yang gratis dibuat untuk perangkat Linux, Macintosh, dan Windows. Aplikasi ini memiliki dukungan yang luas pada fitur-fiturnya yang sangat berguna. Software pengedit video 4K ini mungkin bukan program paling menarik yang Anda lihat, tetapi aplikasi ini dapat membantu membuat proses pengeditan menjadi lancar dan mudah.

Software pengeditan video profesional ini mendukung hampir semua format suara dan audio, termasuk ProRes, DNxHD, dan 4K, dan memungkinkan Anda untuk memangkas, memotong, memasukkan dan menimpa video dan audio. Dengan efek videonya, Anda dapat melakukan koreksi warna dan grading, menambahkan efek fade-in dan fade-out, memundurkan klip, dan bahkan mengedit video 360°.

Berikut ini adalah video panduan dari YouTuber Kevin Stratvert, yang menyediakan hampir semua informasi mengenai bagaimana cara menggunakan Shotcut, termasuk bagaimana cara membuat sebuah project, menambahkan media, mengedit clip, dan mengekspor.

Kelebihan:

  • Mudah Diakses: aplikasi pengedit video 4K ini adalah open soruce. Pengguna dapat mudah mengubah source code, memungkinkan proses mengedit menjadi mudah dan jelas.
  • Shotcut memiliki semua instrumen yang dibutuhkan untuk memberikan hasil yang bagus kepada para penggunanya. Aplikasi ini memiliki semua elemen software pengeditan video yang bagus dan banyak pilihan pendukung lainnya.
  • Shotcut menawarkan tampilan antarmuka yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda menyelesaikan project dengan cepat sambil diperiksa oleh anggota tim Anda. Panel tampilannya memberikan akses pengguna ke menu mulainya menjadi cepat, dan menu tampilannya yang memutuskan fitur mana yang akan muncul di layar. Filter video dan audio dari software ini adalah fitur yang paling menakjubkan dari semua fitur yang ada. Filter ini dapat diubah, dan mereka dapat digabungkan dan dilayer dengan berbagai cara. Sekarang, penyesuaian video pun menjadi lebih mudah berkat kotak centang dan sistem slider yang mudah digunakan. Shotcut adalah aplikasi yang sangat bagus sehingga membuat efek yang paling rumit pun jadi mudah dimengerti oleh para pengguna pada umumnya.

Kekurangan:

  • Platform ini mungkin sedikit membingungkan ketika penggunaan software untuk pertama kalinya karena tampilan antarmuka yang tidak intuitif.

4. LightWorks

OS yang didukung: Windows, Linux, and macOS

Lightworks adalah aplikasi pengedit video lainnya yang dapat mengedit video 4K dari EditShare untuk orang-orang yang memiliki pengalaman mengedit. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan intuitif, dan Anda akan menemukan tab LOG, EDIT, VFX, dan AUDIO di bagian atas tampilan antarmukanya. Aplikasi ini juga mengintegrasikan beberapa file audio bebas royalti berbayar, jadi Anda tidak perlu mencari lagu latar dari tempat lain. Software ini memiliki beberapa fitur pengeditan canggih seperti pengeditan Multicam dan ekspor dalam batch. Bahkan aplikasi ini mendukung plugin pihak ketiga, seperti Boris FX, Boris Graffiti, dan GenArts Sapphire. Ini memungkinkan pengguna untuk bebas mengedit video, bahkan sampai memangkas video ke ukuran yang Anda inginkan.

Namun, jika Anda ingin mengekspor video dalam resolusi 4K, Anda harus membayar, karena hanya terbatas untuk pengguna Lightworks Pro.

Kelebihan:

  • Software ini memungkinkan klip video lebih mudah diimpor dan menyediakan platform di mana klip video ini dapat diputar. Hal ini memungkinkan karena editor video 4K ini menyediakan tampilan antarmuka yang terbuat dari panel seperti bins, timeline, dan edit review.
  • Lightworks menyediakan cara yang mudah untuk menerapkan berbagai efek dari klip video yang berbeda secara terkoordinasi. Software ini menggunakan framework berbasis hub untuk mengumpulkan klip video dan rekaman, yang diperlukan untuk klip video dengan berbagai efek dan trek.
  • Pengarahan di software ini, menu klik kanan memungkinkan pengguna untuk mengekspor video secara langsung ke YouTube. Selain itu, software ini dapat secara otomatis menyimpan pekerjaan Anda, sehingga Anda tidak akan kehilangan file yang telah Anda kerjakan.

Kekurangan:

  • Opsi ekspor berkualitas buruk ketika menggunakan versi gratis (hanya 720p)
  • Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya

5. Filmora Alat Pemotong Instan

OS yang di Dukung: Windows and Mac

Coba Gratis

Untuk Windows 7 atau versi di atasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

Filmora adalah salah satu aplikasi pengedit video terbaik untuk pemula untuk membuat video terlihat profesional dengan cara yang modern. Salah satu keuntungan terbesar dalam penggunaan Filmora adalah sumber dayanya. Anda dapat mencari berbagai sumber daya di bar pencarian, lalu seret dan lepaskan ke timeline untuk melihat tampilan hasilnya tanpa perlu membayar terlebih dahulu.

Beberapa dari Anda mungkin berkata bahwa Filmora bukan aplikasi pengedit video yang gratis karena akan ada watermark di video hasil ekspornya. Tapi di sini, Kami akan memperkenalkan Alat Pemotong Instan yang merupakan alat yang sempurna untuk memangkas dan menggabungkan video 4K besar dan video kamera aksi. Aplikasi 4K gratis ini menyediakan cara yang sesuai untuk memangkas atau menggabungkan video tanpa de-coding, artinya resolusi video tidak akan berubah. Dengan menggunakan alat pemotong instannya, Anda dapat mengupload atau menggabungkan file berukuran besar di berbagai format, seperti MP4/MOV atau MTS/M2TS.

Alat pemotong instan Filmora

Catatan: Anda dapat mencoba beberapa cara yang legal untuk menghapus watermark Filmora tanpa harus membayar.

Kelebihan:

  • Tampilan Antarmuka yang Bersih dan Intuitif
  • Mendukung Video 4K
  • Memangkas dan mengabungkan video berukuran besar dengan cepat

Kekurangan:

  • Format video yang didukung saat menggunakan Alat Pemotong Instan ini terbatas

Bagian 2: Hal yang Perlu Anda Perhatikan saat Menggunakan Aplikasi Pengedit Video 4K Gratis

Meskipun fitur umum dari aplikasi pengedit video 4K gratis terbaik telah dibahas, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa persyaratan spesifik yang harus sistem Anda miliki agar bisa berhasil mengedit video Anda. Terlepas dari jenis perangkat yang Anda gunakan untuk mengedit video, Anda juga harus memperhatikan beberapa fitur yang harus dimiliki oleh perangkat Anda. Namun, persyaratan ini tergantung dari software pengeditan video 4K yang gratis.

  • Central Processing Unit (CPU): Prosesor software yang digunakan harus Intel Core i7, 2.3Ghz empat-core, ini berlaku jika Anda mengedit video secara offline. Kemudian, Dual Intel Xeon 2Ghz enam-core berlaku jika Anda akan mengedit video Anda secara online.
  • Random Access Memory (RAM): Lebih baik menggunakan Memory 8GB jika Anda mengedit secara offline, dan Memory 32GB jika Anda mengedit secara online.
  • Internal storage: Penyimpanan yang diperlukan harus cukup karena video 4K adalah file yang sangat besar.

Catatan: Pengeditan Offline mengacu pada pengeditan file proxy dari source material yang orisinil; pengeditan online adalah pengeditan materi orisinil.

Bagian 3: Tips untuk Mengedit Video 4K dengan Lancar

  • Pilih software berdasarkan hardware Anda: Untuk memilih software pengeditan video 4K terbaik gratis, Anda tidak boleh memilih software pengeditan dengan persyaratan yang lebih tinggi dari hardware Anda; software semacam itu tidak akan berfungsi dengan baik di perangkat Anda. Anda sebaiknya memilih software pengeditan dengan syarat yang lebih rendah.
  • Pisahkan video 4K yang besar ke beberapa bagian: Telah ditegaskan bahwa video 4K adalah file yang sangat besar; untuk mengedit video Anda dengan lancar, disarankan untuk memisahkan video Anda dan mengedit satu per satu. Ini akan menyelamatkan Anda dari kehilangan data yang berat.
  • Aktifkan akselerator grafis: Akselerator grafis digunakan dalam mengedit video untuk meningkatkan hasil ekspor video Anda. Akselerator ini biasanya menempel pada video board di sistem Anda. Itu membuat proses pengeditan menjadi lebih mudah dan cepat, dengan menghindari beban kerja yang berat.
author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.