Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Software Pengedit Video 8K Terbaik di 2022

author avatar

Dec 08, 2023• Proven solutions

Red, Panavision Sony, atau Sharp adalah beberapa pemimpin di pasar kamera 8K, tetapi rekaman yang diambil kamera ini tidak kompatibel dengan semua aplikasi pengedit video untuk Mac dan PC. Saat ini, hanya ada beberapa aplikasi pengedit video 8K yang dapat Anda gunakan untuk memproses rekaman beresolusi 8K secara profesional.

Meskipun begitu, file video 8K dapat diedit dengan beberapa software pengedit video yang canggih. Dalam artikel ini, kami akan mengenalkan Anda beberapa software pengedit video 8K terbaik dan membantu Anda memilih aplikasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan pengeditan video Anda.

3 Software Pengedit Video 8K Terbaik

Mengedit rekaman dengan resolusi 8K secara profesional membutuhkan lebih dari sekadar aplikasi pengedit video serbaguna. Daya proses komputer, ruang penyimpanan yang cukup, serta monitor yang dapat menampilkan video 8K secara akurat adalah faktor-faktor yang dapat menyederhanakan dan memfasilitasi proses pengeditan video. Jadi, mari kita lihat beberapa aplikasi pengedit video 8K terbaik yang bisa digunakan oleh para ahli industri perfilman dan TV untuk memproses rekaman dengan resolusi 8K.

1. Adobe Premiere Pro CC 2021

Harga: $20,99 per bulan, sebagai aplikasi tunggal

Kompatibilitas: macOS, Windows

Mengimpor dan mengedit rekaman 8K dengan Adobe Premiere Pro CC 2019 tidak ada bedanya dengan mengedit video yang diambil dalam resolusi lebih rendah. Namun, software pengedit video untuk komputer Mac dan PC ini tidak mengizinkan Anda untuk memilih resolusi 8K pada jendela Ekspor. Itulah sebabnya Anda harus menyesuaikan resolusi video dari jendela Sequence Settings sebelum mulai memanipulasi rekaman.

Jadi, apabila Anda mengubah mode Editing ke Custom dan mengatur resolusi dari sequence ke 7680 x 4320, Adobe Premiere Pro akan memungkinkan Anda untuk mengekspor video Anda dalam resolusi 8K.

Perlu diingat bahwa Anda juga harus mengubah codec ke dari jendela Export Settings untuk mendapatkan kualitas video yang maksimal. Secara opsional, Anda dapat bereksperimen dengan Export Settings yang berbeda, tergantung pada jenis project yang sedang Anda kerjakan dan kualitas file output yang ingin Anda buat.

Terlepas dari kenyataan bahwa proses pembuatan video 8K dengan Adobe Premiere Pro sedikit rumit, software pengedit video 8K ini masih merupakan salah satu opsi terbaik yang dapat Anda temukan di pasaran. Selain itu, dengan alat-alat pengedit video yang Anda miliki saat Anda memilih untuk mengedit video 8K Anda dengan aplikasi pengedit video ini, akan memungkinkan Anda untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

2. Final Cut Pro X

Harga: $299,99

Kompatibilitas: macOS

Pembaruan terbaru dari Final Cut Pro X yang dirilis lebih dari sebulan yang lalu telah memberikan perubahan signifikan untuk berbagai versi macOS. Peningkatan kemampuan pengedit video 8K untuk memproses file ProRes ini telah memungkinkan para editor untuk memutar hingga 16 streams dari file 4K ProRes secara bersamaan, sementara mesin berbasis Metal mempercepat proses rendering dan efek real-time.

Selain itu, kini Anda dapat memutar hingga tiga streams video mentah 8K ProRes yang direkam dengan RED dan kamera profesional lainnya. Peningkatan ini memungkinkan Anda untuk mengimpor, memproses, dan mengekspor video 8K jauh lebih cepat dari sebelumnya, itulah alasan mengapa Final Cut Pro X saat ini adalah salah satu software yang terbaik, atau bisa juga dibilang sebagai software pengedit video 8K terbaik untuk Mac.

Anda harus ingat bahwa Anda akan membutuhkan setidaknya 8 GB dan sebaiknya lebih banyak RAM serta ruang penyimpanan, jika Anda berencana untuk mengedit rekaman 8K dengan Final Cut Pro X secara konstan. Menggunakan proxy dapat membuat proses pengeditan video 8K menjadi lebih cepat, tetapi Anda masih memerlukan hard drive sebagai tempat Anda menyimpan semua material resolusi tinggi.

Mencari software pengedit video untuk mengedit video 4K? Cek software pengedit video 4K terbaik pilihan kami.

Kesimpulan

Meskipun sebagian besar aplikasi pengedit video non-linear mendukung pengeditan video 8K, hanya beberapa di antaranya yang cukup kuat untuk memberikan kebebasan penuh untuk berkreasi dengan project video 8K Anda. Itulah sebabnya Anda harus memastikan bahwa software pengedit video 8K yang Anda pertimbangkan menawarkan semua peralatan mengedit yang Anda perlukan untuk memproses rekaman 8K dengan mudah.

Anda tidak akan salah jika memilih salah satu pengedit video 8K yang kami bahas dalam artikel ini untuk mengedit video Anda. Software pengedit video 8K mana yang akan Anda gunakan untuk mengedit video Anda? Tinggalkan komentar dan bagikan pendapat Anda dengan kami.

author avatar
Liza Brown
Liza Brown adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
VirtualDub untuk Mac: Mengedit Video dengan Mudah di Mac

Jika Anda telah beralih ke platform Mac, maka Anda mungkin memerlukan alternatif VirtualDub untuk Mac, karena VirtualDub hanya mendukung OS Windows.

by Liza Brown Dec 11, 2023 15:31 PM

5 Penggabung Video MPEG Gratis Terbaik

Terdapat sejumlah software yang dapat Anda gunakan untuk melakukan manipulasi file demikian. Di bawah ini merupakan lima penggabung MPEG Video yang paling populer.

by Liza Brown Dec 11, 2023 15:31 PM

5 Video Rotator 3GP Gratis Terbaik

Dalam kasus ini, Anda akan lebih menyukainya jika Anda dapat merotasi video 3GP 90 derajat untuk tampilan yang lebih baik. Berikut merupakan daftar dari 5 video rotator 3GP gratis terbaik.

by Liza Brown Dec 11, 2023 15:31 PM

author avatar

Liza Brown

chief Editor