filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Edit professional video with lower system requirement
  • Support Intel Core i3
  • Support GPU acceleration
  • Customizable workplace

Persyaratan Sistem untuk Jalankan Premiere Pro: Cara Pengaturan Komputer

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Kita semua tahu bahwa Adobe Premiere Pro adalah salah satu software pengeditan video profesional terbaik, sedangkan untuk menjalankan software pengeditan video yang sangat canggih ini, mungkin anda akan memerlukan PC windows atau Mac yang canggih juga. Sebagian besar sistem komputer modern bisa menjalankan fitur Adobe Premiere diluar programnya, tetapi ada beberapa langkah dan keputusan yang mungkin harus diambil, sebelum menginstal software ini, atau jika anda sedang merakit atau membeli komputer baru, pastikan bahwa anda akan memperoleh pengalaman terbaik menggunakan software ini.

Anda juga mungkin menyukai: Adobe Premiere Alternatif Terbaik >>


Persyaratan minimum sistem untuk menjalankan Premiere Pro di Windows dan Mac pada tahun 2019

Komputer anda setidaknya harus memenuhi spesifikasi minimum di bawah ini untuk menjalankan Premiere Pro, atau jika anda perlu mengedit beberapa video VR, konfigurasi komputer anda harus lebih tinggi dari daftar spesifikasi minimum di situs web mereka.

  • Intel 6th atau CPU yang lebih canggih
  • Windows 10 (64-bit) 1703 atau yang versi terbaru/ MacOS V10.12 versi terbaru
  • RAM 16GB; GPU VRAM 4GB
  • SSD internal yang cepat
  • Resolusi layar 1920*1080
  • Kartu grafis 32-bit
  • Koneksi internet

Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanyalah spesifikasi minimum, dan belum tentu bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Spesifikasi yang disarankan mungkin lebih kepada mendukung kinerja dari software, dan yang akan digunakan sebagai panduan tentang spesifikasi minimum untuk komputer baru atau pembaruan komponen komputer yang harus terpenuhi sebelum instalasi.


Cara Memeriksa Spesifikasi Komputer

Setelah Premiere Pro CC 13.0 dirilis pada 2018 fiturnya hanya berfungsi pada sistem Windows 10, kami akan tunjukkan kepada anda caranya memeriksa apakah PC anda memenuhi syarat untuk menjalankan Premiere Pro di Windows 10

    • Tekan tombol Windows Key + E pada keyboard untuk membuka Windows Explorer.
    • Klik kanan pada opsi PC ini untuk memilih bilah di sebelah kemudian pilih Properties dari menu konteks.

periksa sistem PC

  • Jendela spesifikasi sistem akan muncul dan anda akan bisa melihat Prosesor, RAM, tipe sistem, dan informasi sistem lainnya.

Memeriksa spesifikasi di Mac anda juga cukup mudah, cukup klik pada ikon Apple di sudut kiri atas Mac anda, lalu pilih opsi About This Mac. Pada jendela yang muncul anda akan melihat informasi termasuk kecepatan Prosesor, memori, dan kartu grafis dll.


Cara Mengatur Komputer untuk Premiere

1. Prosesor

Software akan berjalan di prosesor Intel Core2Duo atau AMD Phenom II, yang perlu dicatat bahwa rendering bisa menjadi tugas yang sangat intensif untuk prosesor dan semakin cepat prosesor yang mampu anda beli akan memberikan keuntungan dalam kecepatan mengedit. Secara umum, bahkan Core i3, yang termurah dari jajaran Intel saat ini, akan jauh lebih cepat daripada prosesor yang lama, tetapi karena Premiere bisa menggunakan prosesor multi-core secara penuh, jika anggaran mencukupi untuk prosesor quad core atau lebih maka akan lebih baik, Premiere adalah software yang bisa memberikan manfaat lebih banyak pada peningkatan daya komputasi.

2. Memori

Pertimbangan selanjutnya adalah memori. Rekomendasi Spesifikasi minimumnya menyarankan RAM 4GB atau 8GB, untuk pengoperasian yang handal dan lancar, pertimbangkan yang terendah 8GB, dan bia dipergunakan sepuasnya. Komputer yang digunakan untuk aktivitas untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus bisa dilihat bahkan Ram 24GB akan dipergunakan sepenuhnya, terutama jika kamu mengerjakan konten HD. Berbicara tentang konten, ini adalah aspek lain dari memori yang harus diperhatikan. Meskipun anda bisa menggunakan drive penyimpanan yang berisi semua fitur di komputer anda untuk menyimpan media yang sedang anda kerjakan, terutama untuk konten HD, supaya bebas masalah dan mempercepat operasi, disarankan untuk memiliki satu drive, sebaiknya yang berkecepatan 7200 RPM atau yang lebih cepat, khusus untuk media. Kecepatan jaringan untuk melakukan transfer data dan waktu akses Premiere akan jauh lebih cepat dalam pengoperasian apabila medianya berada pada drive khusus.

3. Grafis

Aspek terakhir dari spesifikasi yang perlu dipertimbangkan adalah grafis. Adobe Premiere menggunakan fitur yang disebut Mercury Playback Engine yang bisa melakukan pemutaran video lebih cepat dan lancar tanpa rendering, dengan dua mode, software saja dan mode akselerasi GPU (Menggunakan CUDA atau OpenCL). Mode akselerasi GPU menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dan mode ini sangat dibutuhkan. Namun, tidak semua GPU cocok dengan Mercury Playback Engine, daftarnya bisa ditemukan dari halaman spesifikasi yang ditautkan sebelumnya, jadi jika sedang merakit atau membeli komputer baru, atau sedang memperbarui komponen komputer perlu dipertimbangkan sebelum pemasangan, karena sangat dibutuhkan dalam penggunaan GPU yang cocok.

5. Pengaturan

Setelah membahas spesifikasi dasar komputer yang bisa meningkatkan pengoperasian Premiere, sekarang saatnya untuk melihat pengaturan komputer, dan bagaimana hal itu bisa memengaruhi kinerja dan kegunaan Premiere.

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa pengeditan video, terutama video HD, membutuhkan kecepatan jaringan yang intensif, yang pada dasarnya mengisi jalur antara CPU, RAM, GPU, dan Hard Drive selama sistem operasi. Menyebarkan penggunaan kecepatan jaringan ke beberapa perangkat bisa menghasilkan peningkatan kinerja yang besar, jadi salah satu cara terbaik dalam mengoptimalkan komputer bagi Premier adalah dengan menyesuaikan penggunaan hard drive. Seberapa efektifnya itu tergantung pada komputer yang gunakan, jadi kami akan mencoba membahas beberapa kemungkinan berbeda di sini.

6. Drive

Jika komputer anda hanya ada satu drive, cukup instal Premiere dan mulai pergunakan, karena tidak ada pilihan lain di sini. Jika ada dua drive, pergunakan satu untuk sistem operasi, program, dan file data sementara. Gunakan drive kedua khusus untuk menyimpan file proyek video, proyek yang diekspor, dan pratinjau.

Jika komputer memiliki tiga drive, maka satu untuk menyimpan sistem operasi dan program, yang kedua untuk simpan file proyek video, dan gunakan yang ketiga untuk simpan pratinjau, file data sementara, dan proyek yang diekspor.

Jika anda memiliki lebih banyak drive, pisahkan data sementara dari pratinjau, dan untuk masing-masing memiliki satu drive yang menyimpan pratinjau, ekspor, dan data sementara. Menyebarkan file ke drive sebanyak mungkin akan meningkatkan kinerja dan membuat sistem operasi baca/tulis yang berlainan berlangsung tanpa mengganggu antara satu sama lain.

Ini hanyalah teorinya, tetapi bagaimana caranya anda mencapainya? Hal ini bisa dilakukan di dalam Premiere itu sendiri, disana ada dua bagian, akses tempat file data sementara media melalui menu edit, ikuti jalur edit > preferences > media.

persyaratan adobe premier

Mengubah tempat penyimpanan file proyek, pratinjau dan ekspor juga sangat mudah, aksesnya melalui menu proyek dengan mengambil jalur project > project settings > scratch disk.

persyaratan adobe premier

7. Pengaturan Sequence

Ketika bekerja menggunakan Premiere sangat penting punya pengaturan yang benar untuk jenis media yang anda gunakan dan sifat dari hasil akhir. Dalam Premiere fungsi ini bisa dilakukan oleh fungsi yang dikenal sebagai Sequence.

Setelah membuat proyek baru anda akan ditampilkan pada kotak dialog sequence. Dalam satu proyek anda bisa memiliki sebanyak mungkin sequence yang anda suka, tetapi Premiere selalu menganggap anda memerlukan setidaknya satu dan dari proyek pertama yang dibuat dalam menjalankan aktivitas di sebuah proyek. Media manapun, baik audio maupun video, yang ditempatkan ke dalam sequence secara otomatis disesuaikan dengan pengaturan sequence itu, jadi anda harus memilih pengaturan yang sesuai dengan media aslinya. Setiap sequence dalam sebuah proyek, jika diperlukan bisa memiliki pengaturan yang berbeda, karena ini akan mengurangi beban kerja pada CPU dan membuat proses menjadi lebih cepat dan lancar.

Dialog sequence memiliki tiga tab, Sequence Presets, Settings dan Tracks

Label Preset membuat pengaturan sequence baru jadi lebih sederhana. Memilih preset membuat Premiere bisa memilih pengaturan yang paling cocok dengan format video dan audio yang dipilih. Ada berbagai macam preset yang tersedia yang sesuai dengan jenis media yang paling umum dipergunakan, semua diatur berdasarkan pada format kamera. Dalam setiap grup ada banyak pengaturan dan konfigurasi yang bisa dipilih berdasarkan ukuran bingkai dan interlacing. Dalam memilih preset yang benar akan sedikit menakutkan bagi yang belum tahu, memastikan jumlah bingkai per detik, ukuran bingkai, dan codec yang benar adalah hal-hal yang dibutuhkan.

persyaratan adobe premier

Setelah preset dipilih, anda bisa pindah ke tab pengaturan untuk sesuaikan preset secara manual. Beberapa pengaturan tidak bisa disesuaikan di tab ini karena diperlukan pengoptimalan khusus untuk media input.

Karena preset telah melaksanakan tugasnya dengan baik, maka tidak perlu sesuaikan apa pun lagi di tab pengaturan, kecuali anda ingin mencoba mengerjakan sesuatu yang sangat spesifik.

Sementara preset standar biasanya akan cocok, tapi terkadang anda mungkin menginginkan sebuah pengaturan khusus. Untuk melakukannya, pilih preset sequence yang sesuai dengan media anda, lalu buatlah pilihan khusus di tab Settings. Dengan memilih opsi Save Preset pada tab Pengaturan, anda akan bisa membuat pengaturan khusus dengan parameter tersebut. Berikan nama preset yang sesuai dalam dialog Save Settings dan tambahkan catatan apa saja yang diperlukan. Preset bisa ditemukan di folder Custom di bawah Preset yang Tersedia.

Mereka dengan Apple Prores Codec di komputernya bisa menggunakan ini sebagai pratinjau codec jika dibutuhkan. Dengan memilih Quicktime sebagai format pratinjau dalam mode pengeditan khusus, maka Apple Prores adalah codec yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Jika komputer anda tidak memenuhi syarat untuk menjalankan Premiere Pro, anda mungkin perlu menghabiskan sejumlah uang untuk membeli komputer yang canggih atau pilih software pengeditan video profesional lain yang serupa dengan Premiere Pro, atau pilih software pengeditan video. Jika komputer anda tidak cukup canggih untuk menjalankan Premiere Pro, anda akan mendapatkan pengalaman yang buruk saat mengedit rekaman, karena waktu pemuatan yang lama dan pemutaran yang akan macet.

author
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.