filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Smooth video playing experience without lagging
  • Support high quality video preview without slow playback
  • Support low system requirement
  • Customizable worktable

Cara Memperbaiki Masalah Lag Premiere Pro Premiere Pro

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Premiere Pro adalah salah satu editor multimedia terbaik di pasaran saat ini. Banyak profesional mengandalkannya untuk menghasilkan video YouTube, materi film unggulan, video musik, dan banyak lagi. Sayangnya, kelambatan pemutaran adalah masalah umum di Premiere Pro. Dapat membuat alur kerja untuk produksi video lebih rumit dan membuat stres daripada yang seharusnya.

Keterlambatan pemutaran mengacu pada kelambatan atau kepailitan yang mungkin dialami pengguna saat memutar ulang video baru atau yang diedit. Hal ini dapat menyebabkan komponen audio dan video dari file tidak sinkron selama pemutaran. Dan untuk beberapa pengguna, kelambatan ini menyebabkan rekaman mati selama pemutaran.

Keterlambatan pemutaran di Premiere Pro adalah masalah kinerja dan biasanya merupakan tanda bahwa komputer Anda mungkin tidak memiliki spesifikasi yang tepat untuk menangani pengeditan video resolusi tinggi. Ini juga bisa berarti bahwa Premiere Pro menjatuhkan bingkai selama pemutaran.

Anda mungkin juga menyukai:Final Cut Pro VS Adobe Premiere: Mana yang Terbaik?

Bagian 1: Bagaimana saya tahu Jika Video Lagging

Terkadang,jelas bahwa Premiere Pro telah menjatuhkan bingkaiselama pemutaran karena rekamannya tidak mulus dan karena cara playhead bergerak di sepanjang garis waktu. Jika playhead membuat lompatan atau lompatan kecil alih-alih meluncur dengan mulus di sepanjang garis waktu, itu bisa menjadi tanda bahwa beberapa bingkai telah dijatuhkan.

Cara lain untuk mengetahui apakah bingkai telah dijatuhkan adalah dengan mengaktifkan tombol 'SHOW DROPPED FRAME INDICATOR yang dapat ditemukan di bawah pengaturan monitor program (ikon kunci inggris di kanan bawah layar pemutaran). Indikator berubah menjadi kuning saat bingkai dijatuhkan selama pemutaran.

Bagian 2: Bagaimana Memperbaiki Masalah Lagging Playback Premiere Pro

1. Ubah resolusi pemutaran

Anda dapat mengubah resolusi pemutaran untuk video Anda tanpa mengubah resolusi ekspornya. Ini dapat mengurangi jeda pemutaran secara signifikan. Untuk melakukan perubahan ini, klik menu tarik-turun resolusi pemutaran (tombol 'penuh') dan pilih salah satu dari 4 opsi untuk mengurangi resolusi pemutaran ke sebagian kecil dari resolusi asli (1/2, 1/4, 1/6, atau 1/8).

Change playback resolution

2. Ingatlah untuk mematikan pemutaran berkualitas

Meskipun pemutaran berkualitas tinggi diinginkan karena memungkinkan Anda melihat video Anda dalam resolusi yang paling dekat dengan tampilannya saat diekspor atau diunggah ke YouTube. Opsi ini dapat menurunkan kinerja Premiere Pro. Menonaktifkan opsi pemutaran berkualitas tinggi juga merupakan cara lain untuk mengatasi kelambatan pemutaran dengan cepat. Cukup buka pengaturan monitor program danbatalkan pilihan opsi pemutaran berkualitas tinggi.

 premiere pro playback lag

3. Gunakan video proxy dalam alur kerja Anda

Video proxy adalah salinan video asli dengan resolusi lebih rendah dan Premiere Pro mendukung file proxy. Bekerja dengan proxy dapat memastikan Anda tidak mengalami kelambatan selama pemutaran.Informasi lebih lanjut tentang menggunakan proxy.

Ada 2 cara untuk membuat video proxy di Premiere Pro. Yang pertama adalah melalui jendela proyek baru. Buka tab 'setelan penyerapan', centang tombol 'serap' dan pilih 'salin dan buat proxy' dari menu tarik-turun di sebelah tombol serapan. Yang kedua adalah melalui menu proyek. Cukup sorot dan klik kanan proyek yang ingin Anda buatkan proksinya dan di menu konteks, pilih 'proxy' lalu 'buat proxy'.

Use proxy videos

4. Mute FX

Efek visual dan audio dapat meningkatkan ukuran kerja file video secara signifikan. Inilah sebabnya mengapa mematikan efek dapat meningkatkan kualitas pemutaran dan menghilangkan lag.

Untuk mematikan efek, klik tombol ‘Global FX Mute' yang seharusnya menjadi salah satu ikon pada bilah alat putar di bawah layar pemutaran. Jika tombol FX tidak ada di bilah alat, klik tombol '+' di sisi kanan bawah layar dan seret tombol FX ke bilah alat.

Mute FX

5. Tingkatkan tunjangan memori

Di bawah opsi memori dalam menu preferensi, Anda akan menemukan bahwa sejumlah RAM telah disediakan untuk aplikasi lain. Sayangnya, semakin tinggi RAM yang dicadangkan, semakin rendah jumlah RAM yang tersedia untuk Premiere Pro. Jadi, mengurangi RAM yang dicadangkan akan meningkatkan alokasi memori untuk Premiere Pro dan program Adobe lainnya yang mungkin telah Anda instal. Juga, Anda perlu mengetahuipenyimpanan memori maksimum di Premiere Pro.

Untuk meningkatkan penyisihan memori, buka opsi memori dalam menu preferensi dan kurangi RAM yang disediakan untuk aplikasi lain ke level serendah mungkin.

Increase memory allowance

6. Render video pratinjau

Warna Premiere Pro mengkode timeline video untuk ditampilkan saat pemutaran waktu nyata atau tidak. Warna hijau berarti bahwa pemutaran adalah waktu nyata sedangkan kuning dan merah menunjukkan bahwa pemutaran tidak waktu nyata. Kepailitan dan lag meningkat saat pemutaran tidak waktu nyata.

Dengan merender video pratinjau dari semua atau sebagian rekaman Anda, Anda dapat mengurangi jeda pemutaran. Untuk membuat pratinjau, mulailah dengan mengatur titik masuk dan keluar untuk video pratinjau yang ingin Anda buat. Kemudian, masuk ke menu urutan dan pilih 'render in to out'. Saat rendering selesai, warna timeline harus berubah menjadi hijau.

Render preview videos

7. Optimalkan rendering untuk kinerja

Premiere Pro memungkinkan pengguna mengoptimalkan rendering untuk kinerja atau memori. Mengoptimalkan memori dapat berguna jika Anda mengalami kesalahan memori. Jika tidak, yang terbaik adalah mengoptimalkan rendering untuk kinerja. Untuk melakukan ini, buka pengaturan memori dalam menu preferensi, dan pilih kinerja di menu tarik-turun di samping opsi 'optimalkan rendering untuk'.

Optimize rendering

8. Tutup panel cakupan lumetri

Panel Lingkup Lumetri adalah salah satu dari banyak cakupan yang tersedia di Premiere Pro untuk mendukung kepatuhan terhadap standar industri. Jika aktif selama pemutaran, panel Lumetri benar-benar menganalisis warna dan pencahayaan rekaman. Ini tidak selalu diperlukan dan dapat meningkatkan jumlah pekerjaan yang harus dilakukan Premiere Pro selama pemutaran, yang mengakibatkan masalah kinerja.

Jadi, dengan menutup panel Lumetri, Anda dapat mengurangi lag pemutaran. Untuk menutup panel, klik tombol menu di sebelah nama panel dan pilih 'tutup panel'.

Close the lumetri scopes

Kesimpulan

Ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja Premiere Pro dan mempercepat alur kerja Anda dengan mengurangi jeda pemutaran. Perhatikan bahwa terkadang, mungkin lebih efektif untuk menerapkan kombinasi pengaturan ini daripada hanya satu.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Premiere Pro termasuk menonaktifkan opsi 'secara otomatis menyegarkan file yang berkembang' di bawah preferensi media dan menerapkan efek ke garis waktu kosong, sehingga Anda dapat menonaktifkannya dengan mudah selama pemutaran.

author
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.