filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Create Animated Travel Map Video With Fun
  • Add animation keyframes presets or customize as you like
  • Auto crop or Pan and Zoom photos to fit project ratio
  • Plentiful transitions, effects and templates for polishing animated travel map

Bagaimana Cara Membuat Video Animasi Peta Perjalanan?

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Video Animasi peta perjalanan memudahkan pemirsa untuk mengikuti rute dari satu sumber ke lokasi tujuan langsung dari satu layar. Sementara peta statis hanya akan memungkinkan penonton untuk melihat penanda dari mana perjalanan akan dimulai sampai berakhir nantinya. Namun, peta animasi menunjukkan gerakan waktu nyata, sehingga akan tampak lebih interaktif saat dilihat.

Bisa dikatakan, di sini Anda akan belajar cara membuat video animasi peta perjalanan yang menarik dan menawan, dengan menggunakan salah satu aplikasi pasca-produksi termudah, yaitu Wondershare Filmora X yang secara luas diapresiasi oleh para amatir dan profesional di seluruh dunia. Di sisi lain, Anda juga akan belajar tentang program alternatif yang mungkin bisa membantu Anda jika Anda lebih menyukai desain online.

1. Bagaimana Cara Membuat Video Animasi Peta Perjalanan dengan Filmora X? [Langkah demi Langkah]

Download Filmora X Versi Win Download Filmora X Versi Mac

Seluruh proses pembuatan video animasi peta perjalanan di Wondershare Filmora X dikategorikan menjadi dua bagian, di mana pada bagian pertama Anda akan mengumpulkan semua bahan yang diperlukan untuk memulai. Sedangkan di bagian kedua, Anda baru akan membuat animasi peta menggunakan alat dan fitur yang ada di Filmora X.

Bagian 1: Siapkan Bahan Peta Perjalanan

Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara mengumpulkan persiapan animasi peta perjalanan:

  1. Dapatkan Petanya

Hal pertama yang Anda perlukan untuk menyiapkan animasi peta adalah gambar peta yang realistis. Berkat Google dan Microsoft, sekarang hal-hal ini sangat mudah diatur. Prosesnya akan dijabarkan di bawah ini:

  • Bukalah browser web pilihan Anda
  • Ketik google.com di bilah alamat atau di kotak pencarian dan tekan Enter
  • Gulir untuk memperkecil hingga bisa melihat seluruh peta dunia di satu layar

Dapatkan Peta Perjalanan dari Google Map

  • Ketik Alat Snipping dalam Cortana kotak pencarian yang ada di sisi kiri Taskbar
  • Jalankan Alat Snipping, dan gunakan untuk mengambil tangkapan layar peta

Catatan: Alat Snipping adalah aplikasi bawaan di Windows 10 dan tersedia secara gratis. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain, atau memiliki program lain untuk mengambil tangkapan layar, silakan pakai sesuai kebutuhan Anda.

  • Simpan tangkapan layar yang telah Anda ambil dengan format file JPG di PC Anda
  1. Tandai Jalur Peta

Langkah selanjutnya saat proses mempersiapkan animasi peta perjalanan adalah menandai rute Anda pada peta. Untuk melakukannya, Anda bisa memakai alat pengeditan foto pilihan Anda. Namun, untuk menjaga ilustrasi ini tetap sederhana, maka dapat menggunakan Microsoft Paint. Berikut adalah tata caranya:

  • Klik kanan pada tangkapan layar yang baru saja Anda ambil
  • Kemudian bukalah menu Buka dengan pada menu konteks, lalu klik Paint dari submenu yang muncul
  • Pilih warna pilihan Anda dari palet antarmuka Paint. Disarankan untuk menggunakan warna yang menonjol seperti Merah
  • Gunakan alat bentuk Sphere untuk menggambar lingkaran di atas lokasi sumber dan tujuan di peta
  • Gunakan alat Garis untuk menggambar garis dari titik sumber ke tujuan. Coba beri beberapa putaran pada garis agar terlihat realistis
  • Kemudian bukalah menu File > Simpan Sebagai, dan simpan gambar yang telah ditandai dengan nama yang berbeda

Catatan: Setelah langkah ini selesai, Anda akan memiliki dua berkas gambar peta, yaitu, satu gambar tanpa tanda dan satu gambar dengan tanda

  1. Download Beberapa Ikon Perjalanan

Bahan penting lainnya dalam animasi peta perjalanan yang efektif adalah ikon tur seperti gambar penanda lokasi, simbol media perjalanan seperti helikopter, pesawat terbang, mobil/sepeda (untuk jarak dekat), dll. Beberapa situs web yang menawarkanstok foto bebas hak cipta tanpa biaya sama sekali akan tercantum di bawah ini:

Catatan: Meskipun situs web yang dicantumkan di atas bisa Anda download dan Anda gunakan stok gambar dan ikon mereka secara gratis, tetapi Anda harus memberikan penghargaan kepada perancang/pembuat simbol saat menggunakan objek mereka. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memeriksa Syarat & Ketentuan serta norma penggunaan elemen sebelum mendownloadnya dan menambahkannya ke proyek Anda.

Bagian 2: Membuat Video Animasi Peta Perjalanan memakai Filmora X

 Filmstock Stock Media Library

Setelah Anda mengumpulkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat animasi peta perjalanan, sekarang saatnya untuk mulai bekerja. Petunjuk berikut akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah dalam mempersiapkan animasi peta perjalanan yang layak dan realistis di Wondershare Filmora X:

Langkah 1: Impor Bahan ke Filmora X dan Tambahkan ke Linimasa

Luncurkan Wondershare Filmora X di komputer Anda. Kemudian klik di mana saja di dalam jendela Media yang ada di area kiri atas, dan impor semua gambar serta ikon yang Anda kumpulkan sebelumnya ke program. Selanjutnya, seret kedua gambar peta, yaitu gambar yang memiliki tanda dan tanpa tanda ke Linimasa. Pastikan bahwa keduanya memiliki durasi yang sama dan ditempatkan pada jalur yang sama.

buat animasi peta perjalanan di Filmora X - impor

Catatan: Pastikan untuk meletakkan peta tanpa tanda terlebih dahulu, lalu peta dengan tanda. Perhatikan juga bahwa gambar memiliki durasi pemutaran 5 detik di sistem bawaan Linimasa, dan durasi ini bisa dikurangi atau ditingkatkan dengan menyeret pegangan ke samping media bagian kiri atau kanan.

Langkah 2: Tambahkan Transisi untuk Ilusi Penampilan Rute

Pergilah ke menu Transisi dari toolbar standar di bagian atas, lalu temukan Hapus Slide efek transisi dari preset yang tersedia, dan letakkan di antara dua file gambar yang sebelumnya Anda tambahkan ke Linimasa. Selanjutnya, klik dan seret salah satu bagian samping pegangan transisi ke akhir klip media. Perhatikan bagaimana sisi lain dari efek tersebut diperluas di proporsi yang sama.

tambahkan transisi ke animasi peta perjalanan di Filmora X

Langkah 3: Pratinjau dan Ekspor

Tekan Spacebar pada keyboard untuk melihat pratinjau video dan melihat apakah rute muncul seolah-olah sedang digambar di peta. Setelah animasi terlihat cukup memuaskan, klik EKSPOR dari tengah atas, lalu ke tab Lokal. Kemudian tekan pada jendela Ekspor dan pilih format MP4 dari daftar format di sebelah kiri, setelah itu klik EKSPOR dari sudut kanan bawah untuk mengekspor animasi saat ini ke format file MP4.

Langkah 4: Sesuaikan Media Peta Perjalanan

Mulai proyek baru dan impor video peta yang telah Anda ekspor pada langkah sebelumnya ke aplikasi Filmora, kemudian ke Linimasa, atau hapus media yang ada di Linimasa di proyek yang sama, dan tambahkan video yang telah diekspor ke dalamnya untuk mempermudah.

sesuaikan animasi peta perjalanan di Filmora X

Selanjutnya, posisikan beberapa frame pada Skimmer (Playhead) sebelum garis rute muncul dan mulai membentang, kemudian klik ikon Split dari toolbar pengeditan di atas Linimasa itu sendiri. Ulangi proses ini untuk sisi lain media, yaitu posisikan beberapa frame pada Skimmer setelah jalur rute mencapai lokasi tujuan, dan klik ikon Split sekali lagi. Kemudian lepaskan segmen yang terpisah dari kedua sisi dengan memilih dan menekan Hapus pada keyboard, hanya sisakan bagian di mana animasi terlihat.

trim animasi peta perjalanan di Filmora X

Secara opsional, klik kanan pada media yang tertinggal di Linimasa, dan pergi ke Kecepatan dan Durasi dari menu konteks. Pada kotak Sesuaikan Kecepatan seret penggeser Kecepatan ke kiri untuk mengurangi kecepatan pemutaran yang menghasilkan peningkatan durasi media. Atau, Anda bisa memasukkan nilai secara manual di kotak Kecepatan untuk mendapatkan posisi yang tepat. Klik OK ketika Anda sudah selesai.

sesuaikan kecepatan animasi peta perjalanan di Filmora X

Langkah 5: Menambahkan Animasi ke Peta Perjalanan

Klik kanan pada media di Linimasa, dan pergi ke Tambahkan Animasi dari menu konteks. Pastikan bahwa Skimmer berada di frame pertama, dan tambah beberapa keyframe seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Klik Tambah untuk menambahkan bingkai utama pertama

tambahkan animasi ke animasi peta perjalanan di Filmora X

  • Pindahkan beberapa bingkai lebih jauh, dan klik Tambah sekali lagi. Sekarang, saat Anda berada di keyframe kedua ini, gunakan tombol Skala dan geser untuk memperbesar peta sehingga lokasi sumber tetap dalam fokus.

tambahkan skala animasi ke peta perjalanan animasi di Filmora X

  • Selanjutnya, pindahkan Playhead lebih jauh dan tambahkan beberapa bingkai ke bingkai utama lain sebelum garis rute menyentuh tepi jendela.
  • Setelah ini, pindahkan lagi Playhead dan posisikan di tempat garis rute yang mencapai lokasi tujuannya. Tambahkan bingkai utama lain di sini juga, dan pindahkan peta di jendela Pratinjau sehingga fokus sekarang akan berada di tujuan.
  • Pindahkan Playhead beberapa bingkai lebih jauh, lalu tambah bingkai utama lainnya, dan gunakan penggeser Skala supaya bisa memperbesar lebih banyak ke dalam peta agar seluruh animasi terlihat realistis. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Langkah 6: Tambahkan Ikon dan Judul, lalu Ekspor Proyek

Seret gambar media perjalanan ke Linimasa, dan letakkan di bingkai tempat garis rute dimulai. Pastikan untuk menempatkan gambar pada trek di atas peta, dan tarik sampai akhir sehingga tetap terlihat sepanjang animasi. Selanjutnya, gunakan cara yang dijelaskan di atas untuk menambahkan bingkai utama untuk memindahkan media beserta garis rute dari sumber ke tujuannya. Secara opsional, tambahkan gambar penanda lokasi di titik tujuan, lalu buka Transisi, dan tambah efek transisi pilihan Anda. Sebaiknya memakai transisi Dissolve, ke trek penanda di Linimasa sehingga akan terlihat seolah telah muncul sebagai media yang tiba di tempat tujuan.

Kembali ke frame pertama di Linimasa, lalu tekan Judul pada toolbar standar, dan tambah preset judul di suatu tempat di dekat lokasi sumber. Ubah ukuran teks, ubah format sesuai kebutuhan, dan tambah teks pilihan Anda seperti waktu mulai, nama, dll. Kurangi durasi trek sehingga judul akan muncul di dalam beberapa bingkai, dan sebaiknya sebelum animasi peta dimulai. Klik OK ketika sudah selesai. Ulangi proses ini untuk pembuatan titik tujuan.

Setelah semuanya selesai, klik tombol Putar di jendela Pratinjau untuk meninjau pekerjaan Anda. Jika video sudah terlihat bagus, maka klik ESKPOR dari tengah atas antarmuka, dan pakai cara yang dijelaskan sebelumnya untuk mengekspor animasi peta perjalanan ke dalam format pilihan Anda.

tambahkan transisi ke animasi peta perjalanan di Filmora X

2. Cara Membuat Peta Perjalanan Animasi Interaktif dengan Pictramap

Jika Anda tidak ingin menginstal perangkat lunak animasi khusus di komputer Anda karena sumber daya perangkat keras yang terbatas atau alasan lainnya, ada solusi online yang disebut Pictramap yang bisa membuat animasi peta perjalanan menggunakan web browser. Aplikasi web ini menawarkan antarmuka yang menguntungkan yang bisa dengan mudah dipahami dan dipakai untuk membuat peta animasi secara gratis.

Berikut ini disajikan proses untuk membuat animasi peta perjalanan dengan Pictramap:

Langkah 1: Buat Proyek

Luncurkan situs browser favorit Anda, lalu buka https://www.pictramap.com/. Kemudian klik Buat proyek Anda, gratis, dan daftar ke Pictramap menggunakan cara pilihan Anda. Ketika Anda berada di Dashboard, masukkan nama di kotak yang tersedia di bawah bagian, Proyek Saya dan klik Buat untuk membuat proyek baru (peta animasi).

buat video peta perjalanan menggunakan pictramap

Langkah 2: Tentukan Lokasi dan Metode Perjalanan

Pada peta, klik kanan pada lokasi tempat Anda ingin memulai perjalanan, lalu masukkan nama lokasi atau judul penting lainnya, dan klik Tambahkan. Klik penanda lokasi, kemudian klik ikon, Mode Travel dan pilih mode perjalanan yang Anda inginkan. Ulangi proses ini untuk menandai lokasi tujuan.

edit video peta perjalanan menggunakan pictramap

Langkah 3: Pratinjau Animasi

Klik pada tombol Lihat Animasi dari sudut kanan atas halaman untuk melihat animasi peta perjalanan.

pratinjau video peta perjalanan yang dibuat memakai pictramap

Kelemahan Menggunakan Pictramap untuk Membuat Video Animasi Peta Perjalanan

Meskipun Pictramap memungkinkan Anda untuk membuat animasi peta perjalanan dengan mudah dan sangat cepat, tetapi pada saat penulisan, Pictramap tidak menawarkan cara untuk mendonwload animasi ke PC Anda, sehingga tidak akan bisa digunakan dalam proyek Anda.

Jika Anda memakai Wondershare Filmora X, Anda bisa memakai fitur perekam layar bawaan untuk merekam animasi yang dimainkan di Pictramap, lalu menyimpan rekaman tersebut dengan format MP4 atau format lain yang ada di komputer Anda. Kemudian video ini dapat diimpor ke proyek Anda untuk penggunaan lebih lanjut.

Download Filmora X Versi Win Download Filmora X Versi Mac

Kesimpulan

Sebuah animasi peta perjalanan memainkan peran penting untuk menambahkan efek tur realistis ke proyek film Anda. Meskipun Anda bisa memakai situs aplikasi seperti Pictramap untuk membuat animasi semacam itu secara online dengan mudah dan gratis, tetapi keterbatasannya akan membuat Anda tidak memilih cara ini.

Sebagai gantinya, mungkin saja Anda akan lebih condong ke perangkat lunak pasca-produksi khusus seperti Wondershare Filmora X yang memberi Anda kendali penuh atas prosesnya, dan kebebasan memilih format pilihan Anda dalam mengekspor animasi untuk digunakan sendiri.

author
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.