filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Useful and Excellent Stop Motion Ideas
  • Stylized video filters and overlays
  • Record your anime and share with friends
  • Background blur effect for decorating black bars in portrait videos/photos

20 Ide stop motion yang menakjubkan untuk pemula dan anak-anak

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Stop motion adalah presentasi animasi paling populer di era media sosial di kehadiran digital. Anda dapat mengekspresikan ide-ide berbasis konseptual dan pesan bijaksana dalam bingkai mendongeng. Kami akan membahas dan mendapatkan gambaran tentang ide stop motion anak-anak dan ide stop motion untuk pemula dalam artikel ini.

Mari telusuri subjeknya!

Animasi stop motion bisa menjadi ide bagus saat menyajikan cerita dengan durasi waktu singkat tetapi membawa makna yang signifikan. Maknanya pun bisa Anda gambarkan dengan mudah dengan objek animasi, karakter, tokoh, dan gerakannya.

Di sini, pergerakan tokoh dan karakter yang diilustrasikan sangat penting karena kamera yang digunakan stop motion berulang kali akan dihidup atau matikan. Banyak bingkai dibuat untuk menggambarkan cerita yang ingin Anda sajikan kepada penonton Anda saat kamera hidup dan mati.

Bagian 1: Apa Elemen Penting Saat Memproduksi Animasi Stop Motion yang Baik?

Saat Anda berurusan dengan aspek kreatif digital, Anda harus memiliki baris subjek, rencana, komponen eksekusi, kamera, dan pengetahuan tentang menjalankan kamera untuk menunjukkan gerakannya. Singkatnya, ini adalah elemen utama yang harus Anda pegang sebelum memulai animasi stop motion apa pun.

Elemen penting tersebut adalah:

  • Garis subjek yang matang: mengapa orang-orang menonton animasi stop motion Anda, ajukan pertanyaan itu kepada diri sendiri dan putuskan garis subjek yang baik. Jika Anda ingin menampilkan sebuah cerita dengan menggerakkan beberapa objek, karakter, dan gambar, baris subjek harus memiliki pesan kuat yang ingin Anda sampaikan. Jika tidak, Anda tidak akan pernah mendapatkan penonton target Anda.
  • Perencanaan yang tepat: Adalah pepatah lama bahwa kreativitas adalah hal yang berantakan di dunia. Tapi orang tidak akan menonton yang berantakan di layar. Bagaimana Anda menyajikan cerita lengkap, jenis kamera dan sudut apa yang perlu Anda gunakan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, pengaturan latar belakang, musik apa pun yang dapat Anda tambahkan atau tidak, adalah bagian dari perencanaan.
  • Kamera dan sudut: Tripod yang berdiri kokoh, kamera stasioner, dan banyak gerakan hati-hati dari objek Anda adalah elemen penting dalam animasi stop motion. Lampu dan sudut kamera Anda menentukan hasil usaha Anda. Jangan menjatuhkan kamera Anda selama pemotretan, atau Anda mungkin kehilangan segalanya dan memulai dari awal, yang sama sekali bukan ide yang baik. Cahaya dan sudut bayangan bahkan penting dalam pembuatan animasi stop motion.

Ada gerakan dan pengaturan pemotretan, seperti beberapa elemen utama lainnya yang harus Anda pertimbangkan saat merencanakan untuk menghentikan animasi gerak yang meningkatkan aspek kreatif Anda.

Untuk membuat animasi stop motion, pemula dan anak-anak membutuhkan objek yang berbeda. Di antara mereka, beberapa hal yang umum seperti kamera, tripod, lampu dll. Dalam kasus anak-anak, Anda dapat mulai berlatih di rumah dengan barang-barang yang tersedia seperti meja besar untuk menyimpan benda-benda di atasnya. Namun untuk pemula, bisa dimulai dari studio kecil dengan berbagai sudut lampu dan pengaturan kamera.

Namun, bahkan untuk pemula, rumah bisa menjadi pilihan terbaik daripada studio.

Bagian 2: 20 Ide Animasi Berhenti Terbaik untuk Anak-Anak dan Pemula

Kami akan melihat 20 ide animasi berhenti terbaik untuk anak-anak dan pemula untuk beberapa paragraf berikutnya. Kami akan membagi bagian ini menjadi dua segmen: ide stop motion yang mudah untuk pemula dan ide stop motion yang luar biasa untuk anak-anak. Karena anak-anak masih kecil dan lembut, kami menyebutkan mereka di kolom pertama terlebih dahulu lalu kemudian pemula.

1.Barang bermain sehari-hari

Untuk anak-anak

Anak-anak suka bermain dengan mainan. Tetapi setiap hari bermain dengan mainan yang sama akan membuat bosan. Menjadi orang tua yang bertanggung jawab, Anda harus menghilangkan kebosanan mereka dengan mengajari mereka cara membuat stop motion dengan mainan harian mereka. Tempatkan mainan di atas meja, perbaiki sudutnya dan letakkan kamera ponsel Anda dan mulailah bergerak lambat dan nyalakan dan matikan kamera. Sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk membuat sesuatu yang berbeda dan bisa dilakukan daring.

Untuk pemula

Ambil keranjang, kumpulkan beberapa barang dari barang kegunaan sehari-hari Anda seperti pin, sisir, pemberat kertas, pemotong sayur, pisau, alat tulis di atas meja. Anda dapat menyesuaikan lampu rumah Anda dan mengatur kamera ponsel atau DSLR Anda pada tripod. Buat sesuatu berdasarkan proses berpikir Anda dengan objek, mulai hidup atau matikan kamera dan buat sedikit gerakan untuk membuat animasi dari video.

Prosesnya cukup mendasar namun berguna untuk mengetahui sudut kamera, pencahayaan, dan kolaborasi bayangan untuk menciptakan keajaiban.

2.Stop motion Lego

Lego adalah nama legendaris dalam animasi stop motion. Figur persegi bergaya bata atau brickfilms yang dapat dibuat anak Anda untuk stop motion lego. Kreativitasnya tidak terbatas, dan anak Anda dapat mengekspresikan cerita apa pun menggunakan animasi lego.

Windows 10 dengan versi terbaru mendukung animasi Lego. Anak Anda harus tahu cara mengoperasikan kreasi Lego di bawah bimbingan Anda.

Untuk pemula: Percobaan animasi berhenti terbaik untuk pemula, Lego. Anda dapat membuat banyak karakter, cerita, dan pesan yang ingin Anda sampaikan melalui kreasi animasi Anda. Lego adalah yang terbaik untuk pemula. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bereksperimen dengan teknik bayangan dan cahaya, trik gerakan animasi, dan, jika memungkinkan, sulih suara memberi Anda animasi stop motion yang sempurna.

3.Claymation

Untuk anak-anak

Anda akan mendapati mainan tanah liat di setiap rumah tangga dan setiap lemari pakaian anak. Setiap anak dapat menyiapkan sosok dari gundukan tanah liat berwarna-warni yang disimpan dalam koleksi mereka. Jika Anda memegang kamera pada sudut yang tepat, letakkan figur tanah liat apa pun dan mulai menghidupkan dan mematikan rol kamera, itu klip indah yang dapat Anda buat.

Untuk pemula

Anda dapat membuat figur tanah liat tanpa tangan atau kaki dan membuat gerakan. Gunakan tripod dan letakkan di depan patung tanah liat itu, nyalakan lampu dan mulai putar kamera. Tanah liat dapat menggambarkan sebuah cerita tanpa banyak usaha dan keterlibatan Anda. Poin plus dari claymation adalah Anda dapat menggunakan tanah liat yang sama dan membuat ratusan stop motion dan menunjukkan keajaiban di atas kamera.

4.Whiteboard Stop motion untuk anak-anak

Jika anak Anda pandai membuat sketsa atau menggambar, atau melukis, papan tulis menjadi ide bagus untuk membuat stop motion. Bentuk dan ukuran papan tulis memberi Anda cukup ruang untuk menggambar sebuah cerita dan menunjukkannya kepada penonton Anda.

Untuk pemula: Sketsa kecil dengan spidol di papan tulis, gunakan ruang putih, letakkan kamera di atas tripod, dan mulai merekam. Poin plus utama untuk menggunakan papan tulis adalah objek yang luas dan sketsa yang Anda gambar di atas papan tulis. Anda dapat dengan mudah menjelaskan garis subjek, menggunakan angka, karakter, dan membuat stop motion super untuk mendukung kreativitas Anda.

5.Stop motion Sticky Notes untuk anak-anak

Anda dapat membuat permainan atau gambar catatan tempel jika Anda ingin menggunakan catatan tempel. Setelah Anda mendapatkan ide, Anda tidak akan pernah merasa bosan bermain dengan catatan tempel dan membuat stop motion. Tetapi untuk anak-anak, kreativitas tingkat tinggilah yang membutuhkan perhatian dan dukungan dari orang yang lebih tua.

Untuk pemula: Catatan bisa menjadi ide bagus untuk menggambar cerita atau permainan yang biasa kita mainkan di masa kecil. Anda dapat menambahkan sulih suara atau musik pada saat pengeditan akhir. Pergerakan catatan dengan ritme dan musik menciptakan stop motion yang sempurna untuk perjalanan awal Anda.

6.Ide stop motion potongan kertas untuk anak-anak

Stop motion potongan kertas adalah animasi menarik yang dengan mudah menarik perhatian penonton. Anda dapat menyiapkan figur dan karakter dengan memotong kertas atau memotong langsung figur dari majalah, koran, dan buku serta membuat animasi stop motion.

Untuk pemula: Akan sangat menyenangkan untuk memotong gambar dari buku, majalah, koran dan membuat cerita dan memberikan bentuk animasi. Di sini akan membantu jika Anda memegang kamera dari atas objek untuk menghindari bayangan. Cara memainkan bayangan dan cahaya adalah hal yang sangat penting dalam stop motion potongan kertas. Posisi kamera akan menentukan seberapa indah kreasi stop motion Anda nantinya. Latihan sempurna untuk pemula di rumah.

7.Gerakan lantai atau gerakan papan tulis untuk anak-anak

Ruang kelas sekolah menjadi area bermain terbaik jika guru tidak ada. Papan hitam atau hijau menjadi ruang menggambar terbaik dengan kapur putih dan warna-warni. Hal yang sama bisa kita terapkan di lantai. Anda dapat menggambar angka dan bergerak di lantai dan mulai beraksi. Sebagai seorang anak, Anda dapat meminta bantuan dari orang tua dan membuat gerakan pilihan Anda.

Untuk pemula: Untuk pemula, gerakan lantai adalah yang paling cocok untuk Anda karena Anda dapat menggunakan ruang dan mengatur kamera serta lampu. Anda dapat melukis gambar dan benda di lantai, menempatkan kamera sesuai sudut dan memulai dan mematikannya. Ini juga merupakan ide stop motion yang rumit bagi pemula untuk dicoba di rumah dan mengaturnya.

8.Boing Claymation atau Replacement untuk anak-anak

Boing claymation mengundang tawa jika Anda dapat menambahkan efek suara yang bagus. Meskipun anak-anak lebih suka stop motion replacement, tetapi ini adalah animasi lucu jika Anda berhasil membuatnya. Banyak kreativitas dibutuhkan dan pengaturan yang lebih mudah yang membuat animasi stop motion kategori ini menarik.

Untuk Pemula: Jika Anda mencoba membuat animasi lucu berdasarkan objek yang tersedia di rumah, Boing Claymation adalah pilihan terbaik untuk mulai mengerjakannya. Objek yang Anda atur harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan direkam dari jarak jauh.

9.Stop motion manusia dan bayangan untuk anak-anak

Stop motion paling menarik yang pernah ada adalah saat Anda dapat menggunakan tubuh manusia dan pantulan bayangan untuk membuat animasi. Bermainlah dengan teman-teman Anda di taman bermain, bereksperimen dengan bayangan, dan rekam. Kemudian tambahkan efek suara untuk membuat animasi stop motion untuk memberikan kejutan kepada kakak laki-laki Anda. Sangat keren!

Untuk pemula: Anda dapat memulai dengan teman-teman Anda dan membuat keajaiban dengan refleksi bayangan dan memulai merekam dengan kamera Anda. Anda dapat melakukan stop motion berpusat pada sosok atau stop motion berpusat pada suatu objek. Jika Anda tahu cara memanfaatkan sinar matahari, Anda berhasil melakukan setengah dari pekerjaan yang telah Anda lakukan sejauh ini.

10.Stop motion timelapse untuk anak-anak

Ide stop motion kategori ini adalah untuk mendapatkan formasi konkret jika Anda tahu cara mengatur kamera perangkat Anda untuk mengklik atau memotret setiap interval waktu. Pengaturan waktu disebut timelapse, dan ini menangkap pergerakan objek atau pembentukan objek dan menangkap transformasi atau perubahan. Sebagai anak-anak, pasti sangat kreatif jika bisa mengatur kamera dan mengabadikan momen-momen itu untuk membuat timelapse.

Untuk pemula: Di dunia profesional, beberapa biro iklan mengambil bantuan timelapse untuk menunjukkan transformasi dan perubahan lambat dari objek yang mereka pilih. Transformasi tersebut menggambarkan sebuah cerita yang dapat dibingkai pada sebuah perangkat. Pemotretan akan berada pada interval waktu untuk membingkai seluruh perubahan.

11.Ide stop motion buah untuk anak-anak

Anak-anak biasanya tidak suka makan buah setelah sarapan. Untuk memahami betapa pentingnya buah-buahan dalam makanan kita sehari-hari, Anda dapat membuat animasi stop motion buah. Buah memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Anda dapat memilih siapa saja dan dapat membuat stop motion. Letakkan di atas meja, potret dari sudut yang berbeda, tambahkan judul dalam pengeditan akhir. Animasi stop motion Anda sudah siap.

Untuk pemula: Untuk masuk ke dunia anak-anak, memulainya dengan makanan dan buah-buahan adalah pilihan yang bagus. Buat garis tujuan yang menarik dan buat cerita pesan dengan buah-buahan. Sebagai seorang pemula, akan menjadi tantangan untuk menyesuaikan diri dengan dunia anak-anak. Cobalah!

12.Stop motion Batang Korek Api untuk anak-anak

Anda dapat membuat sesuatu yang kreatif dari batang korek api dan menembaknya mengikuti urutan dan membuat cerita. Merupakan ide bagus untuk mempersonifikasikan mereka dan memotret mereka dari sudut yang berbeda. Sebagai seorang anak, Anda dapat menikmati membuat mereka bekerja sama dan membuat cerita.

Untuk pemula: Susun batang korek api dan membuat cerita dari batangnya adalah ide bagus untuk memulai perjalanan Anda. Anda hanya perlu membuat cerita berdasarkan batang korek, pengaturan, kamera, dan lampu. Anda dapat menggunakan lantai juga untuk mendekorasi cerita.

13.Animasi kertas untuk anak-anak

Anak-anak memiliki banyak kerajinan tangan di sekolah. Anda dapat memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler dengan membuat stop motion dengan kertas dan menggambar di atasnya. Ide ini luar biasa, dan teman Anda mungkin merasa iri melihat kreativitas Anda.

Untuk pemula: Pemula dapat menggunakan apa saja di atas kertas dan membuat stop motion pilihan mereka. Dengan kertas, Anda dapat membuat stop motion dari buku memori yang indah atau urutan memori yang mengingatkan Anda saat-saat bahagia bersama anggota keluarga Anda.

14.Stop motion persiapan sarapan yang mudah untuk anak-anak

Saat menyiapkan sesuatu di dapur, anak-anak dapat memotret seluruh proses dan kemudian mengaturnya dalam urutan berikut. Ini adalah keputusan paling bijaksana untuk membuat stop motion untuk membingkai kreativitas Anda. Anda bahkan dapat membagikan atau menunjukkannya kepada orang tua dan teman Anda dan memberi mereka kejutan.

Untuk pemula: Pemula dapat membuat stop motion dengan memotret resep masakan mereka. Terkadang Anda pasti mencoba memasak sesuatu di oven gas. Rekam upaya Anda, buat urutan dan dapatkan bingkai stop motion. Kreativitas yang dapat Anda bagikan di platform media sosial.

15.Stop motion untuk Matematika dan Seni

Kurikulum sekolah adalah ide bagus untuk menunjukkan aspek kreatif Anda. Anda dapat menggabungkan matematika dan seni dan membuat topik apa pun yang Anda inginkan. Siapkan gambar buatan tangan, pensil warna, papan tulis, dan kamera, Anda siap untuk memulai proyek Anda.

Untuk pemula: Memotong kertas dan membuat objek apa pun bisa menjadi kreasi artistik yang hebat. Anda dapat meningkatkan proses berpikir Anda dengan mengatur berbagai hal dan membuat animasi stop motion.

16.Stop motion dengan mainan untuk anak-anak:

Periksa lemari pakaian Anda dan keluarkan semua mainan dari sana. Jadikan mereka sebuah cerita dan nyalakan kamera. Anda dapat membuat cerita mainan Anda sendiri.

Untuk pemula: Ingat apa yang Anda buat dalam proyek kuliah Anda? Anda dapat membuat Eskimo menjadi hidup dan membuat stop motion. Anda dapat menambahkan kreativitas dan pengetahuan Anda tentang gaya hidup mereka untuk membuat animasi lebih atraktif dan menarik.

17.Menggambar stop motion untuk anak-anak:

Anda dapat menggambar, membuat cerita, menempatkan kamera, memperbaiki cahaya dan bayangan, dan mulai memotretnya. Anda juga dapat memberikan kejutan kepada guru menggambar Anda dengan membuat stop motion dari buku gambar Anda.

Untuk pemula: Stop motion Halloween cukup populer di kalangan pemula. Ini akan menjadi ide bagus untuk memberi teman Anda hadiah yang luar biasa dan menakutkan di Halloween ini. Potong kertas, gambar, perbaiki sesuai urutan cerita Anda dan buat stop motion. Jangan lupa untuk memotret dalam bayangan, hanya sedikit cahaya yang dibutuhkan untuk menciptakan efek horor. Anda dapat menambahkan musik seram untuk membuatnya lebih mengerikan.

18. Stop motion Halloween untuk anak-anak

Anda dapat membuat stop motion Halloween dengan membuat kerajinan. Menggunakan labu, beberapa properti lain untuk mendukung cerita Anda dan mulai putar rol kamera. Jika itu ide yang menakutkan, gunakan lampu lalu mulai syuting.

Untuk pemula: Anda dapat membuat iklan kursus atau promosi dalam format stop motion. Penulisan konten dan prospek dalam industri dapat Anda tunjukkan melalui stop motion, bertanya kepada teman Anda, atau jika memungkinkan, Anda berdiri di depan kamera dan memotretnya. Ini juga ide yang baik untuk mempromosikan pendidikan di antara anak-anak.

19.Ide membuat pohon Natal untuk anak-anak

Anda dapat membuat Natal Anda tak terlupakan dengan membuat stop motion pohon Natal. Hiasi pohon dan potret mengikuti urutan dan sudut kamera. Berikan tampilan meriah ke pohon Natal Anda dan buat stop motion yang tak terlupakan di Natal ini.

Untuk pemula: Sebagai pemula, Anda dapat mencoba di sudut rumah, hiasi pohon dengan lampu, kertas warna-warni, daun, bola, bintang dan berikan tampilan yang menakjubkan. Cahaya alami memberikan tampilan dan nuansa berbeda pada animasi di sudut, dengan mudah menarik perhatian penonton. Anda dapat menambahkan musik untuk memberikan tampilan yang benar-benar meriah.

20.Stop motion kartu ulang tahun untuk anak-anak

Sebuah perayaan ulang tahun adalah festival besar untuk setiap anak berusia berapapun. Untuk membuat perayaan berkesan, Anda dapat membuat animasi stop motion kartu ulang tahun. Anda dapat menambahkan musik untuk membuatnya menarik dan pengalaman yang menyenangkan bagi Anda atau teman Anda.

Untuk pemula: Festival perguruan tinggi adalah kesempatan bagus untuk menunjukkan keahlian Anda. Anda dapat membuat ide-ide baru dan membentuk stop motion untuk menunjukkan ide dan konsep kepada sesama teman dan anggota fakultas. Cobalah untuk membuat festival menjadi hari yang penuh semangat.

Kesan terakhir

Anda dapat memberikan bentuk pada ide apa pun jika Anda tahu cara mengatur stop motion secara sistematis. Gambarkan kisah yang indah, atur hal-hal yang Anda butuhkan untuk mengekspresikan ide dan konsep Anda, dan mulailah memotretnya. Anda dapat menyebarkan karya Anda secara digital dengan memposting di berbagai platform media sosial.

author
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.