Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

8 DAW Terbaik GRATIS di Chromebook untuk Membuat Musik [2022]

author avatar

Jun 11, 2024• Proven solutions

Download Versi WinDownload Versi Mac

Sebagai pemula, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana cara kerja DAW (Digital Audio Workstation) untuk memutuskan DAW mana yang terbaik untuk Anda.

DAW adalah kepanjangan dari Digital Audio Workstation. Awalnya, DAW dirancang untuk menemukan alternatif dalam rekaman kaset. Beberapa DAW berbasis komputer dan trek audio digital itu direkam.

DAW adalah studio virtual di dalam komputer Anda. Ada banyak platform di mana Anda dapat membuat DAW dikarenakan kemajuan teknologi, baik di Windows, Mac, Chrome OS, atau bahkan ponsel Anda!

Dari semuanya, yang paling cepat dan ekonomis adalah melalui Chromebook. Di bawah ini, Anda akan menemukan daftar DAW terbaik untuk Chromebook, yang didukung oleh Chrome OS, untuk membuat musik.

Bagian 1: 8 DAW Terbaik untuk Chromebook

1. Soundtrap.com

Soundtrack adalah DAW (Digital Audio Workstation) yang ringan, mudah digunakan, dan berjalan dengan efisien di komputer Anda. Anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk mulai menggunakan aplikasi via browser, di mana Anda juga akan diberikan uji coba gratis ke fitur premium mereka. Begitu masa uji coba berakhir, akun Anda akan diturunkan ke akun gratis dengan beberapa batasan tertentu.

Fitur-fitur

  • Ada beberapa instrumen dan loop yang dapat Anda pergunakan untuk membuat musik.
  • Dapat langsung menghubungkan perangkat yang kompatibel dengan MIDI untuk merekam musik ke aplikasi.
  • Soundtrap memiliki aplikasi jaringan dan kolaborasi yang mendorong Anda untuk berbagi ide musik dengan teman, mereka dapat mendengarkan dan juga mengedit musik Anda.

Best DAW for Chromebook - Soundtrap

2. Flat.io

Jika Anda seorang pemula atau musisi yang terampil, aplikasi komposisi musik Flat.io menawarkan segala sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat kertas musik Anda. Anda dapat mengarang, membaca, mengunggah, dan menjelajahi kertas musik di komputer mana pun langsung dari browser Anda. Aplikasi ini disponsori oleh Chromebook, jadi konsep inti di balik aplikasi ini adalah Anda dapat bertukar musik dengan rekan-rekan Anda secara cepat.

Fitur-fitur

  • Layaknya beberapa orang dapat mengedit di Google Doc secara bersamaan, pengeditan bersamaan juga dapat dilakukan di Flat.
  • Buat kertas musik Anda, pilih "Share" dan undang orang-orang dengan izin untuk "Read" atau "Write" ke kertas musik tersebut.
  • Staf Anda akan menyinkronkan dan memaparkan secara real-time ke peringkat.
  • Integrasi Hangouts dirancang agar orang-orang dapat melakukan konferensi video sembari berkolaborasi dalam kertas musik.

Top DAW for Chromebook - Flat

3. Music Maker

Magix terkenal dengan berbagai produk teknologi musik, seperti Music Maker, Samplitude, Acid Music Studio/Acid Pro, dan Sound Forge. Music Maker adalah DAW untuk Windows dan Chromebook yang dibuat bagi pemula dan penghobi, bukan untuk konsumen semi-pro atau tingkat lanjut. Hadir dalam 4 versi yang memiliki berbagai aplikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Fitur-fitur

  • Ada empat versi Music Maker yang berbeda:
  • Music Maker Gratis
  • Music Maker Plus Edition
  • Music Maker Live Edition
  • Music Maker Premium Edition
  • MAGIX Audio Remote - aplikasi layar kedua yang memungkinkan Anda untuk mengontrol fungsi mode Live Pad, alat, dan transfer
  • Mode Live Pad dengan 30 Live Set untuk EDM, Trance, Hip-Hop, dll. Mode Live Pad memberikan pad yang dapat Anda atur dan mainkan secara langsung.

music Maker - Top 8 DAW for Chromebook

4. BandLab

BandLab adalah DAW browser gratis untuk Chromebook yang dianggap sebagai DAW yang praktis. DAW BandLab hanya bekerja di Chrome dan jika ponsel Anda memilikinya. Sementara produsen DAW lain mulai menggabungkan beberapa fungsi cloud sederhana, BandLab adalah DAW yang dirancang untuk di lapangan.

Fitur-fitur

  • Ada beberapa fungsi yang cukup mumpuni, seperti tap-tempo, timeline magnetik, editor lirik, dan tracking perubahan.
  • Suaranya tergolong biasa saja, tetapi Anda tidak dapat berharap lebih dari perpustakaan piano sebesar 25GB.
  • Anda dapat membuat "band" dengan pengguna lain, semua orang punya akses ke lagu yang sama, bekerja sama dalam musik, bahkan menggunakan garpu tala.

8 DAW for Chromebook - BandLab

5. Song Maker

Google memulai sequencer gratis pada Music In Our Schools Month: Song Maker di Chrome Music Lab. Ide awalnya adalah setiap orang dapat membuat loop menggunakan hingga dua alat. Kemudian, mereka dapat membagikan loop tersebut.

Fitur-fitur

  • Perangkat sederhana untuk memainkan nada dan membagikan komposisi musik.
  • MIDI trigger atau keyboard mesinnya berfungsi dan berbasis web, jadi tidak membutuhkan instalasi.
  • Harus mengakses program Chrome OS atau mengunjungi situs web Windows untuk mulai memutar lagu.

Best DAW for Chromebook - Song Maker

6. Splash

Splash adalah aplikasi musik dan pembuat ketukan gratis yang dijamin akan membantu Anda dalam membuat musik keren dari browser Anda. Aplikasi ini juga bisa diunduh dari Chrome Os dari Google Play Store.

Fitur-fitur

  • Musiknya bebas hak cipta! Baik Anda tertarik untuk menunjukkan musik Anda ke kerabat atau teman, mengunggahnya ke Spotify, atau membuat lagu di kanal YouTube, Splash memberi Anda kendali penuh. Anda akan bisa melakukan semuanya!
  • 100% gratis tanpa iklan! 100% gratis! Investasikan energi Anda tanpa perlu menunggu.
  • Paket suara baru yang sering diperbarui tanpa pernah kehabisan ide, produk-produk termutakhir juga diperbarui secara berkala.

Best 8 DAW for Chromebook - Splash

7. JAMBL

Dengan JAMBL, Anda dapat membuat lagu, mencampur dan memainkannya tanpa perlu susah payah. Semua adalah 100% lagu asli milik Anda. Dengan toolkit unik ini, Anda pasti tidak akan percaya betapa menyenangkannya menjadi seorang master desainer.

Fitur:

  • Anda hanya perlu memilih paket jam dari tema yang Anda sukai untuk mendapatkan lebih dari 100 rekaman yang dapat diakses dari desainer suara dan musisi hebat.
  • Sistem Looper Smart-note
  • Jamming Simultan dalam game
  • Memeriksa perubahan kreatif terakhir.
  • Mengelola volume, tempo, dampak, dan mengombinasikan suara dalam berbagai gaya dan genre instrumen.

JAMBL - Top DAW for Chromebook

8. FL Studio for Chromebook

FL Studio adalah sistem program pengembangan musik atau digital audio workstation (DAW). Mencerminkan lebih dari 20 tahun kreativitas dan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menulis, merancang, memfilmkan, memotong, mencampur, dan menguasai lagu.

Fitur-fitur

  • Hubungkan dan mainkan dalam hitungan detik, buat pola dan urutannya.
  • Tambahkan melodi dan harmoni dalam rancangan Anda.
  • Masukkan pola input step sequencer atau beralih ke mode performance untuk pemutaran langsung dan rekaman not dan pola awal.

FL Studio for Chromebook

Bagian 2: Mengapa Pembuatan DAW di Chromebook Lebih Baik daripada di iPad

Ada banyak alasan mengapa membuat DAW di Chrome OS lebih baik daripada di iPad dengan Mac OS. Berikut adalah beberapa alasan utamanya:

1. Harga Lebih Masuk Akal

Dibandingkan dengan iOS, Chrome OS adalah sistem operasi open-source — di mana dipastikan banyak pelaku bisnis yang akan memanfaatkannya untuk membuat berbagai Chromebook dengan pilihan harga yang beragam. Di sisi lain, Chromebook dijual dalam lebih banyak variasi dan lebih ekonomis. Salah satu komputer tingkat awalnya tersedia dengan harga $149 saja. Meskipun beberapa model khusus dapat dibanderol dengan harga tinggi, tetapi kebanyakan model tidak akan melebihi $300. Sering kali, Chromebook lebih murah daripada iPad untuk perbaikan atau pergantiannya.

2. Kemudahan Aksesibilitas

IPad menawarkan pengalaman 100% layar sentuh pertama dan terkemuka. Karena Chromebook tersedia dalam laptop dan tablet, baik dengan trackpad/mouse atau layar sentuh, Anda dapat terhubung dengannya. Fleksibilitas tambahan ini bukan hanya bisa membuat Anda menggunakan Chromebook sesuai preferensi Anda, tetapi sering kali penggunaan mouse lebih mudah dan efektif untuk beberapa aktivitas, seperti halnya tombol pintasan keyboard canggih yang tersedia untuk Chrome OS.

Mungkin Anda juga tertarik:

10 Perangkat Lunak Terbaik untuk Memisahkan Audio dari Video >>

Cara Menghilangkan Latar Musik dari Video >>

Menghilangkan Musik dari Video di Desktop atau Online >>

Download Versi WinDownload Versi Mac

author avatar
Benjamin Arango
Benjamin Arango adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Tutorial Apowersoft Audio Recorder dan 4 Alternatifnya

Jika Anda sedang mencari sebuah perekam audio, panduan ini akan menjadi sumber informasi yang sangat berguna bagi Anda. Anda akan mempelajari banyak hal tentang Apowersoft Streaming Audio Recorder dan fitur-fiturnya.

by Benjamin Arango Jun 07, 2024 17:35 PM

10 Rekomendasi Perekam Lagu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Yuk tambah pengetahuan Anda dengan 10 alat perekam lagu yang wajib Anda ketahui agar bisa menikmati lagu secara offline.

by Benjamin Arango Jun 07, 2024 17:35 PM

Cara Menggunakan Audacity untuk Podcast

Pada artikel ini, kami memperkenalkan semua hal tentang Audacity untuk podcast.

by Benjamin Arango Jun 07, 2024 17:34 PM

author avatar

Benjamin Arango

staff Editor