filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best video editor to let you record and edit audio clip like a pro
  • Equalize the highs and lows of your audio
  • Reduce unwanted background sounds
  • Apply crossfades or overlap audio to smooth the sound

13 Software Produksi Musik Gratis untuk Windows/Mac/Online

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

13 Software Produksi Musik Gratis untuk Windows/Mac/Online

Kemajuan teknologi telah menyebar ke segala bidang aktivitas manusia, termasuk pada perekaman dan perkembangan musik. Penemuan alat pengembangan musik telah mempermudah orang-orang yang terlibat dengan penciptaan musik dalam berbagai aspek.

Terdapat banyak aplikasi untuk pengembangan musik di pasar, beberapa ditujukan untuk musisi, sementara yang lainnya untuk para pendidik dan guru. Maka terdapat pula sebuah keharusan untuk mengarahkan para calon pelanggan pada software produksi musik gratis yang tepat.

Sebuah analisa komprehensif mengenai beberapa alat pengembangan musik terbaik telah dilakukan untuk membantu Anda melakukan keputusan yang tepat ketika Anda memutuskan untuk membeli aplikasi. Panduan Software Produksi Musik yang Komprehensif ini akan menyediakan sejumlah solusi bagi berbagai pertanyaan tak terjawab Anda yang berkaitan dengan pembelian software produksi musik.

Bagian 1: Software Produksi Musik Gratis untuk Windows

1. Audacity

Sistem untuk pengembangan musik tidak akan sempurna jika tidak ada pengedit audio. Audacity merupakan software pencipta musik gratis terbaik yang tersedia di pasar. Audacity bersifat open source dan ekstensif sementara juga menyediakan berbagai macam alat serta efek untuk melakukan segala aktivitas pengeditan dan perekaman audio. Ia diciptakan oleh sebuah komunitas sukarelawan dan menyediakan notifikasi yang teratur hampir setiap bulannya. Ringan, aman, dan cukup mudah digunakan oleh para pembuat musik pemula.

Kelebihan

  • Merupakan sebuah software open source
  • Dapat memuat plugin VST

Kekurangan

  • Hanya memperkenankan plugin 32-bit
  • Fitur terbatas

Audacity

2. Ardour

Ardour merupakan sebuah program produksi musik terintegrasi yang memperkenankan penggunanya untuk merekam dan mengedit pada sistem operasi Mac, Linux, dan Windows. Software Produksi Musik Ardour diciptakan dengan menggabungkan upaya tim ahli dunia, seperti teknisi rekaman, programmer, dan musisi. Para teknisi berpengalaman tersebut mengerahkan segala daya dan kemampuan terbaik mereka untuk membuat program ini. Ardour merupakan salah satu dari sekian aplikasi dalam produksi musik yang menghargai kejujuran. Aksesibilitas program ini memperkenankan para pengembang aplikasi untuk berkonsentrasi pada fungsionalitas yang penting bagi konsumen daripada membuat aplikasi yang menarik untuk tujuan periklanan. Ini merupakan sebuah sistem yang patut dihargai karena fungsionalitasnya yang mengutamakan kebutuhan pengguna.

Kelebihan

  • Sangat mudah digunakan
  • Tersedia pada Mac, Linux, dan Windows

Kekurangan

  • Tidak memiliki beberapa fitur integral
  • Sulit dioperasikan bagi orang yang baru mengenal pengeditan audio

Ardour

3. Tracktion T7

Orang-orang di Tracktion tampaknya telah menemukan sebuah model bisnis yang cukup cerdik dengan meluncurkan versi DAW yang lebih lama secara gratis tanpa menghapus apa pun.

Konvensinya membuatnya tampak memungkinkan untuk mengakses edisi tersebut tanpa memungut dua kali biaya sebelum yang baru diluncurkan. Anda tidak akan disediakan semua fungsionalitas baru, tetapi Anda akan menerima pembaruan setiap kali perusahaan memperbarui DAW terbaik milik mereka dan hal tersebut dilakukan hampir setiap tahun.

Bagian yang dikembangkan dapat disetel untuk disesuaikan dengan workflow, dan panel bagian bawah disetel sehingga parameter apa pun di layar bagian mana pun dapat dilihat.

Kelebihan

  • Menampilkan jumlah trek audio dan MIDI yang tidak terbatas
  • Dapat menjadi host bagi beberapa format plugin

Kekurangan

  • Tidak menyediakan semua fitur sekaligus
  • Tidak mendukung banyak plugin

Tracktion T7

4. LMMS

LMMS merupakan sebuah software produksi musik yang gratis sepenuhnya untuk windows yang digunakan dalam pengembangan musik LMMS bersifat open source dan juga merupakan sebuah platform proyek untuk komunitas orang yang berkecimpung di bidang musik. LMMS merupakan sebuah aplikasi perangkat lintas platform. Hal tersebut membuatnya menjadi lebih mudah untuk membuat irama, terutama ketika sejumlah produser musik profesional harus membuat musik yang berkualitas dengan komputer mereka.

Berkat sampel yang kuat, desain irama dan melodi, proses pencampuran dan suara sintetis, serta berbagai macam fitur lainnya, software produksi musik LMMS menyediakan output audio berkualitas tinggi. Produk ini juga dilengkapi dengan alat playback, plugin, serta sampel untuk menghasilkan suara yang kuat dan berkualitas tinggi.

Kelebihan

  • Cocok dengan Linux, Windows, dan Mac
  • File proyek Hydrogen dan MIDI dapat diimpor dengan mudah untuk pengeditan

Kekurangan

  • Memakan banyak memori dan membutuhkan perangkat kelas atas untuk mendukungnya
  • Beberapa pengguna mengeluh bahwa cara kerjanya sulit dipahami

LMMS

5. Cakewalk

Ini merupakan sebuah aplikasi produksi musik yang menarik untuk dibeli. Cakewalk merupakan sebuah teknologi yang fantastis untuk diinvestasikan dalam produksi musik. Cakewalk Sonar Artist Software adalah salah satu produksi terbaik Cakewalk Sonar Artist. Cakewalk dikenal dengan GUI yang sangat bagus, konsol pencampur yang sangat bagus, sistem radio komersial yang sangat bagus, dan track32 MIDI yang tak terbatas.

Perangkat yang baik untuk digunakan sebagai bagian dari instrumen pengembangan musik Anda adalah program Cakewalk Sonar Artist Music Production. Program tersebut menonjol di antara program serupa lainnya sebagai sebuah program yang dikemas dengan sejumlah fitur luar biasa. Dan aplikasinya tidak tertandingi di bidang aplikasi.

Kelebihan

  • Anda dapat membagikan kompilasi musik ke sosial media secara langsung
  • Anda dapat menambahkan efek ke trek Anda dengan mudah

Kekurangan

  • Sangat mahal
  • Satu jendela antarmuka membuatnya sangat kacau

Cakewalk

6. Music Maker by Magix

Aplikasi ini merupakan sebuah program khusus yang dikembangkan oleh US Magix Entertainment untuk para teknisi suara, musisi terampil, dan produser musik ulung. Ia menyediakan sebuah forum yang sangat bagus untuk pengembangan musik kreatif dalam produksi musik profesional.

Kenyataannya, software untuk produksi musik adalah software yang sangat bagus bagi Music Maker by Magix. Di bidang pasca produksi musik dan mastering musik, mixing dan aransemen, perekaman, dan berbagai hal lainnya, software ini mencapai sejumlah terobosan yang luar biasa. Berkat kombinasi sukses dari sebuah perangkat teknis dan workflow yang sangat fleksibel, Music Maker by Magix telah mencapai keberhasilan inovatif ini.

Dengan algoritme yang kreatif dan efek plugin yang luar biasa, program Music Maker by Magix memungkinkan produsen musik untuk mengembangkan ide mereka sesuai dengan kualitas tertinggi di industri ini.

Kelebihan

  • Bagus untuk produser EDM

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk pemula
  • GUI terasa sedikit kacau

Music Maker by Magix

Bagian 2: Software Produksi Musik Gratis untuk Mac

7. Garageband

Garageband merupakan sebuah aplikasi studio pengembangan musik yang dirancang untuk berfungsi di Mac. Ia merupakan sebuah software produksi musik gratis yang bagus untuk Mac. Software ini memiliki koleksi suara yang lengkap, termasuk instrumen virtual, suara, dan preset gitar.

GarageBand adalah aplikasi terkenal yang berfungsi untuk pengembangan musik dan merupakan sebuah alat yang sangat bagus bagi para musisi pemula. Banyak orang telah memilih GarageBand karena segala fasilitas yang dimiliki olehnya, khususnya kemudahan penggunaannya untuk keperluan perekaman.

Antarmukanya yang mudah digunakan memudahkan Anda untuk membuat musik dengan tampilan yang lebih bebas dari hal yang tengah Anda rekam. Aplikasi dari GarageBand menarik perhatian orang lain karena kemudahan dan kenyamanan penggunaannya.

Kelebihan

  • Software ini menyediakan beberapa preset yang dikemas dengan baik untuk perekaman vokal dan gitar
  • Workflow yang produktif

Kekurangan

  • Memiliki plugin terbatas
  • Hanya mendukung platform Mac

Garageband

8. Ableton Live

Ableton Live 10 Suite merupakan sebuah program yang dinamis dan komprehensif untuk penciptaan dan penampilan rekaman musik.

Sebuah fitur penting dari software ini adalah fiturnya yang memperkenankan Anda untuk mengerjakan workflow berbasis waktu Anda tanpa mempengaruhi sesi langsung. Hal ini mengindikasikan bahwa software tersebut memberikan Anda sebuah kesempatan langka untuk terlibat dengan workflow tanpa menghentikan pertunjukan langsung.

Teknologi Perekaman Multitrek dari Ableton Live10 Suite memperkenankan para produser musik untuk menyetel kecepatan dan tempo audio apa pun selama perekaman. Anda tidak perlu menghentikan perekaman untuk melakukan penyetelan ini. Hal ini merupakan salah satu karakteristik mencolok dari produk ini yang menjadikannya sebagai pilihan yang baik bagi semua orang.

Kelebihan

  • Menyesuaikan kecepatan dan kecepatan audio sangat menyenangkan
  • Kemampuan routing MIDI/audio yang canggih

Kekurangan

  • Memiliki desain yang tradisional
  • Tidak cukup banyak pembaruan untuk memperbaiki kecacatan pada sejumlah fitur

Ableton Live

9. Boom 3D

Boom 3D untuk Mac & Windows merupakan sebuah software peningkatan suara pro pemenang penghargaan yang dirancang untuk memutar konten media Anda di segala perangkat, ponsel, atau layanan streaming Anda dengan efek 3D yang menakjubkan. Tidak akan dibutuhkan headphone mahal ataupun peningkat suara untuk membuat musik Anda terasa seperti itu! Didesain dengan teknologi suara kitar 3D baru yang imersif, Boom 3D mendefinisikan kembali cara orang mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game dengan beberapa headphone di perangkat mereka. Suara 3D menyediakan opsi untuk memeriksa LFE (subwoofer), dan intensitas audio setiap speaker sistem audio Virtual 3D Surround.

Kelebihan

  • Hadir dengan berbagai macam konten
  • Kualitas audio dapat ditingkatkan

Kekurangan

  • Desainnya tidak cocok untuk semua orang
  • Tidak memiliki versi Linux

Boom 3D

10. Mixxx

Bagi para pemula, Mixxx merupakan perangkat bagus lainnya Mixxx juga merupakan salah satu software produksi musik gratis terbaik untuk musik Anda. Software ini mendukung semua platform Mac, Windows, dan Linux.

Aplikasi ini menyediakan Anda sebuah lingkungan DJ-mixing dan mendukung segala format standar seperti Mp3 dan berbagai macam format lainnya.

Kelebihan

  • Aplikasi yang bagus bagi para pemula
  • Didukung oleh Mac, Windows, dan Linux

Kekurangan

  • Tidak mendukung banyak plugin
  • Memiliki GUI yang kurang baik

Mixxx

Bagian 3: Software Produksi Musik Gratis Online

11. Soundation

Soundation merupakan sebuah platform yang menyediakan software produksi musik gratis khusus untuk penggunaan online. Terdapat versi gratis dan tiga versi berbayar lainnya. Anda dapat menggunakan platform ini untuk membuat trek Anda kecuali jika Anda memiliki resource untuk melakukan hal tersebut jika Anda memerlukan sebuah pembuat musik dan pengedit berbasis web.

Jika Anda membayar, bahkan setelah Anda membuat musik Anda, Anda dapat selalu membatalkannya. Ingatlah untuk menyimpannya terlebih dahulu ke hard drive Anda. Jika Anda membutuhkan karakteristik berbayar, bayarlah kembali paket bulanan melalui pembayaran PayPal, dan Anda harus menggunakannya selama sebulan.

Kelebihan

  • Mixer model SSL yang bagus
  • Anda dapat menggunakan perangkatnya sebagai sebuah plugin

Kekurangan

  • Hanya dapat berfungsi secara online

Soundation

12. Audiotool

Audiotool merupakan sebuah aplikasi populer untuk produksi musik yang dihosting secara online dan dapat digunakan tanpa instalasi dalam browser Anda. Aplikasi ini menggunakan jaringan berbasis cloud untuk menyimpan semua musik dan file Anda di mana pun Anda berada. Ia juga mengonfirmasi bahwa Anda akan membagikan musik dan trek secara langsung dengan YouTube, SoundCloud, dan Facebook di situs penerbitannya sendiri. Mereka memiliki sejumlah pengeluaran premium dari Loopmasters dan beberapa VST online yang fantastis, contohnya, Heisenberg, Machiniste, Bassline, dan Beatbox 8 & 9.

Kelebihan

  • Tidak diperlukan instalasi
  • Anda dapat langsung membagikannya ke media sosial Anda

Kekurangan

  • Aplikasi ini hanya berfungsi secara online
  • Tidak terdapat pembaruan

Audiotool

13. Soundtrap

Soundtrap bukan hanya merupakan sebuah studio musik online tetapi juga situs pelatihan bagi siswa-siswi dan para instruktur. Kurikulum STEAM merupakan sebuah sumber belajar online yang tergabung dalam aplikasi Web miliknya untuk membantu siswa-siswi untuk mengikuti musik dan podcast. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, selain Aplikasi Web online, Anda juga dapat menggunakannya di perangkat yang berbeda, membagikannya dengan pengguna lain, dan mengerjakan proyek inovatif untuk musik Anda.

Antarmukanya sederhana, mudah digunakan, dan mudah dipahami. Ia hanyalah sebuah instrumen untuk melakukan inovasi; Anda tidak perlu mempelajari cara menerapkan VST atau elemen teknis lainnya pada penciptaan musik. Anda juga dapat merekam instrumen MIDI Anda secara langsung dari mesin atau mikrofon perangkat Anda.

Kelebihan

  • Menyediakan platform yang bagus bagi para guru untuk mengajar siswa mereka
  • Sangat mudah digunakan

Kekurangan

  • Memiliki jumlah plugin yang terbatas
  • Tidak dapat digunakan secara profesional

Soundtrap

Kesimpulan

Jika Anda membuat musik di komputer, sumber daya terpenting dalam perlengkapan seni Anda adalah DAW Anda; Anda mungkin akan memerlukan keyboard MIDI, antarmuka audio, speaker monitor studio, dan mungkin satu atau dua buah mikrofon dalam sistem perekaman rumah Anda. Tetapi program Andalah yang merupakan hal yang terpenting. Tidak semua orang mampu membeli DAW yang mahal, tetapi kita tidak perlu khawatir sebab terdapat software produksi musik gratis yag ditujukan untuk membantu kita.

Penting untuk memiliki sebuah DAW yang memuaskan bagi Anda, dan mungkin hal yang lebih penting adalah, sebuah DAW, yang memperkenankan Anda untuk mengubah ide Anda menjadi musik secepat dan semudah mungkin. Jadi pastikan Anda memilih yang terbaik berdasarkan kebutuhan Anda. Semoga panduan ini dapat membantu Anda!

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.