filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Filmora Video Editor
The best editor helps you edit videos without hassle.
  • Enhance videos with 300+ stunning effects
  • Personalize the crop area as you want
  • Modern and easy to use

Cara Membuat Video Gerak Lambat di Instagram Reel

Saat ini kita banyak melihat video gerak lambat di internet atau bahkan di acara TV karena sangat menakjubkan dan menarik untuk ditonton. Aksinya terlihat sangat lambat sehingga Anda mengira semuanya telah berhenti bergerak, tetapi kenyataannya tidak – hanya lebih lambat dari yang biasanya dapat dilihat oleh mata kita.

Video gerak lambat juga populer di Reel Instagram. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan caranya

Bagian 1: Apa itu Gerak Lambat?

Gerakan lambat dapat dicapai dengan menjatuhkan bingkai dari urutan video, atau hanya memutar bingkai yang ada secara berurutan. Ini memungkinkan Anda menangkap beberapa klip menyenangkan dengan mengubah hal sehari-hari menjadi sesuatu yang istimewa. Misalnya, tetesan air yang jatuh dan menimbulkan efek berbeda saat memercik dan menyebar bisa sangat menarik untuk dilihat, seperti cat yang jatuh ke kanvas raksasa.

Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan perekaman resolusi tinggi saat merekam video semacam itu untuk mencegah efek gagap. Semakin tinggi frame rate, semakin kita bisa memperlambat aksi tanpa terlihat menggelegar karena setiap frame akan ditangkap lebih detail.

Bagian 2: Bagaimana Gerak Lambat Bekerja Pada Reel Instagram?

Instagram Reels adalah fitur baru dalam aplikasi Instagram di mana pengguna dapat membuat video pendek berdurasi 15 detik dan menambahkannya ke Instagram Stories mereka. Alat baru bermain dengan waktu dan gerakan dengan cara yang kreatif dengan membiarkan Anda merekam klip tetapi hanya menyimpan 15 detik terakhir. Meskipun ini mungkin tampak terbatas pada awalnya, ini sebenarnya membuka beberapa kemungkinan kreatif untuk membuat sketsa yang menarik. Tetapi bagaimana fungsi gerak lambat reel Instagram bekerja?

Rahasia di balik gerakan lambat reel Instagram terletak pada fitur audionya. Saat merekam video, terlepas dari apakah itu dalam mode normal atau gerak lambat, Anda akan dapat memilih lagu dari perpustakaan musik apa pun yang tersedia di perangkat Anda, menambahkan efek suara, dan menambahkan sulih suara. Instagram memanfaatkan ini dengan mempercepat audio ke kecepatan normal saat Anda merekam dalam gerakan lambat dan kemudian memperlambatnya secukupnya sehingga terdengar alami saat Anda memutar video dengan kecepatan 1x. Ini berarti video Reel Anda akan memiliki volume yang konsisten meskipun Anda memilih lagu dari daftar putar dengan volume yang berbeda.

Ini memberi pengguna Reels pilihan yang menarik: mereka dapat menggunakan lagu dari daftar putar di mana setiap trek bervariasi dalam hal volume, sehingga menciptakan semacam visual bercerita melalui klip 15 detik mereka.

Tapi itu tidak semua; setelah merekam video, Anda dapat menambahkan filter dan alat pengeditan untuk membuatnya lebih hidup.

Bagian 3: Cara Membuat Video Gerakan Lambat Di Reel Instagram?

Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat video pendek yang terdiri dari beberapa foto atau klip yang ditempatkan bersama sesuai urutan pilihan mereka. Reel dapat dibuat dari posting yang dibuat oleh pengguna serta dari rol kamera pengguna yang berisi foto dan video yang diambil sebelumnya. Ini bahkan dapat diedit lebih lanjut untuk menambahkan beberapa filter atau teks ke dalamnya. Setelah selesai membuat reel, Anda dapat membagikannya di cerita Instagram Anda untuk dilihat teman dan pengikut.

Untuk memahami cara membuat video gerak lambat di reel Instagram, ikuti langkah-langkah ini:

Pertama, luncurkan aplikasi Instagram dan geser ke kanan untuk mencapai halaman kamera. Atau, Anda dapat mengetuk tombol Cerita di sudut kiri atas.

Sekarang ketuk 'Reel' di panel bawah di samping 'Ceriya'. Anda dapat memilih waktu dari sini. Waktu maksimum yang diperbolehkan adalah 60 detik untuk sebuah reel.

opsi waktu perekaman reel instagram

Saat merekam video gerak lambat di Reel, Anda perlu mengatur kecepatan sebelum merekam video. Untuk melakukannya, ketuk tombol 'Kecepatan' di bawah foto atau klip Reel yang Anda pilih dan pilih 0,3x atau 0,5x dari dua opsi.

opsi kecepetan merekam reel instagram

Ketuk tombol kamera di sebelah tombol 'Kecepatan' untuk mengambil bidikan percobaan dan lihat apakah Anda puas dengan kecepatannya. Jika tidak, ubah atau ketuk x di atas untuk membatalkan video khusus ini. Setelah Anda puas dengan kecepatan Anda, ketuk tombol rekam merah di sebelahnya untuk mulai merekam video gerakan lambat Anda.

rekam video reel instagram gerakan lambat

Saat memutar ulang video gerakan lambat Anda, geser ke kiri atau kanan pada layar untuk memutar pada kecepatan normal serta kecepatan 0,3x dan 0,5x, untuk tujuan perbandingan. Terus geser ke kiri dan kanan hingga Anda menemukan kecepatan pemutaran yang sempurna untuk klip Anda. Anda juga dapat mencubit ke dalam atau ke luar saat menonton video gerakan lambat untuk menyesuaikan apa yang Anda lihat di bingkainya pada waktu tertentu.

Untuk berhenti merekam, klik tombol merah. Anda dapat melihat pratinjau dengan mengklik tombol Pratinjau.

pratinjau video gerak lambat reel instagram

Jika Anda setuju dengan videonya, klik Berikutnya. Lalu sekarang, bagikan ke reel.

bagikan video gerak lambat reel instagram

Karena kecepatan pemutaran bukan satu-satunya faktor yang bertanggung jawab untuk membuat video terlihat sangat lambat, sama pentingnya untuk memastikan bahwa bidikan Anda memiliki cukup banyak aksi dan gerakan di dalamnya. Dengan cara ini, ketika Anda memilih untuk memutarnya kembali dengan kecepatan biasa atau lebih lambat, isinya akan cukup terlihat untuk membuat kesan abadi pada audiens Anda. Tergantung pada jenis video yang ingin Anda rekam, cukup tambah atau kurangi jumlah klip yang Anda gunakan serta durasinya.

Jadi, apa lagi yang harus Anda penuhi untuk memahami cara membuat reel gerakan lambat di Instagram?

Saat mengedit video menggunakan Reel, pastikan tidak terlalu banyak foto dan video yang tidak terkait. Cobalah untuk membuat video yang berisi satu konsep jika memungkinkan; jika tidak, akan sulit bagi audiens Anda untuk mengikuti. Selain itu, Anda dapat menambahkan efek atau filter sebelum mempublikasikannya di platform, berdasarkan mana efek atau filter tersebut akan terlihat lebih mengesankan. Selain itu, Anda juga dapat membuat tayangan slide yang lebih panjang dari beberapa reel hanya dengan memainkannya satu demi satu baik dalam urutan yang sama dengan urutannya atau dengan urutan yang acak.

Bermainlah dengan pengaturan ini dan lihat apa yang terbaik untuk Anda.

Bagian 4: Cara Merekam Hanya Bagian Dari Video Dalam Gerakan Lambat Pada Reel?

Di Instagram, Anda dapat merekam video dalam gerakan lambat. Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh dan merekam hanya sebagian video Anda dalam gerakan lambat sementara sisanya diputar dengan kecepatan rata-rata. Ini memberikan efek yang menarik pada video Anda di mana Anda ingin beberapa bagian diputar dengan kecepatan normal dan yang lainnya diputar dalam gerakan lambat.

  • Dengan cara ini, Anda dapat membuat reel yang menarik yang akan membuat orang-orang memperhatikan semua itu! Untuk melakukan ini, Buka kamera Instagram atau halaman Cerita, dan pilih opsi Reel.
  • Anda akan memiliki pilihan untuk mempercepat atau memperlambat berbagai bagian video atau audio dengan memilih kecepatan seperti di bagian sebelumnya. Misalnya, jika Anda ingin video 20 detik pertama menjadi gerakan lambat dengan kecepatan 0,3x, pilih seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
mulai bagian dari rekaman gerakan lambat reel instagram
  • Dan rekam video sampai 40 detik tersisa dan berhenti. Sekarang pilih kecepatan 1x untuk sisa video untuk merekam video secara lengkap.
rekam reel instagram gerakan bagian lambat
  • Video ini akan berada dalam gerakan lambat selama 20 detik pertama, dan video lainnya akan diputar dengan kecepatan normal. Anda dapat melihat garis putih pada gambar di bawah yang menggambarkan gerakan lambat sebelum garis dan gerakan normal setelah garis. Anda dapat melihat pratinjau dengan mengklik "Pratinjau." Jika Anda senang dengan kreasinya, Anda dapat membagikannya.
rekam video reel instagram kecepatan normal

Bagian 5: Bagaimana Mengkonversi Video Kecepatan Normal ke Gerakan Lambat Untuk Reel?

Jika Anda telah merekam video dengan kecepatan normal dan sekarang ingin mengubahnya menjadi gerakan lambat untuk dibagikan di Reel Instagram, Anda perlu mengonversi video kecepatan normal menjadi gerakan lambat. Anda dapat mencoba beberapa software pengeditan video gerakan lambat, seperti editor video Wondershare Filmora. Jadi, bagaimana cara melakukan gerakan lambat di reel Instagram?

Coba Secara Gratis

Untuk Win 7 atau lebih baru (64-bit)

Coba Secara Gratis

Untuk macOS 10.12 atau lebih baru

Jika Anda ingin memperlambat klip untuk penekanan, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Pertama-tama, download dan instal editor video Wondershare Filmora di komputer Windows atau Mac Anda. Dan untuk mengimpor file video dari komputer Anda, buka perpustakaan media dan pilih Impor. Dan kemudian seret dan jatuhkan video ke timeline.
impor video untuk memperlambat filmora
  • Untuk mengubah kecepatan, pilih video di timeline dan buka panel Kecepatan dan pilih kecepatan yang sesuai untuk Anda. Kecepatan lambat tersedia dalam peningkatan 0,5X, 0,25X, 0,1X, 0,05X, dan 0,01X. Semakin rendah nomor preset, semakin lambat video. Saat Anda memainkannya, itu akan menjadi gerakan lambat.
ubah kecepatan video gerakan lambat editor video filmora

Kesimpulan

Jika Anda mencari cara untuk membuat video Anda terlihat lebih epik dan menawan di Reel Instagram, gerakan lambat adalah efek yang sempurna. Ada berbagai cara untuk merekam dan mengedit video gerakan lambat di Instagram Reels. Kami harap artikel ini membantu Anda mengetahui cara membuat beberapa konten video gerak lambat yang mengagumkan untuk reel Instagram Anda berikutnya!