filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
A Better Way to Edit Video & Photos Shot by Mobile Phones
  • Auto crop or Pan and Zoom photos to fit project ratio.
  • Supports 9:16 portrait project ratio for tiktok
  • Save the edited video to any popular video format or fit to the mobile device.

Cara menggunakan Text to Speech di TikTok - Panduan lengkap

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Sejak kehadirannya, TikTok telah menjadi kekuatan yang dominan di dunia media sosial. Campuran antara video sinkronisasi bibir, musik, dan konten video pendek, membuat TikTok sangat populer untuk Generasi Z. Selama bertahun-tahun, TikTok terus meningkatkan pengalaman penggunanya dengan menambahkan berbagai fitur, efek, dan pedoman baru.

Text-to-speech adalah salah satu fitur terbaru yang ditambahkan ke platform populer dan fitur ini menyediakan cara lain untuk menambahkan sesuatu yang inovatif ke dalam video yang diunggah. Diumumkan pada bulan Desember 2020, text to speech di TikTok memungkinkan kreator konten menempatkan teks di atas video mereka dan meminta suara yang mirip Siri untuk menyuarakannya dengan keras.

Fitur text-to-speech TikTok ditambahkan untuk membuat platform ini dapat diakses oleh lebih banyak orang dengan menyediakan cara yang mudah sehingga teks tidak hanya dapat dibaca namun juga dapat didengar. Oleh karena itu, menggunakan pilihan ini dalam pembuatan video adalah salah satu cara bagi para kreator konten agar mereka bisa memastikan bahwa video mereka menarik lebih banyak penonton, sekaligus menawarkan pengalaman yang lebih lengkap secara umum.

Sejak diluncurkannya, fitur ini telah menjadi viral. Banyak orang yang menganggap bahwa suara otomatis memiliki nilai jual tersendiri dan sesuatu yang dapat menambahkan elemen berbeda pada sebuah konten. Selain itu, fitur ini adalah cara yang bagus untuk menyampaikan pesan tanpa harus benar-benar berbicara sepanjang video direkam. Tidak peduli untuk apa alasan penggunaan fitur ini, fakta bahwa banyak orang yang beralih menggunakan fitur text-to-speech menjadikannya tambahan yang bagus untuk TikTok.

Ingin tahu bagaimana cara membuat text to speech di TikTok untuk video Anda berikutnya? Berikut ini adalah wawasan terperinci tentang fitur baru ini.

Bagian 1: Apa itu Fitur Text-To-Speech di TikTok?

Pada Desember 2020, TikTok mulai merilis fitur text-to-speech baru yang secara otomatis dapat mengubah teks menjadi sulih suara saat pengguna menonton video yang telah mengaktifkan fitur tersebut. Platform media sosial populer ini memasukkan pilihan baru tersebut sebagai fitur aksesibilitas bagi pengguna dengan gangguan penglihatan, yang menjadi tren berkembang untuk aplikasi yang mengintegrasikan teknologi suara.

Secara sederhana, mengubah teks ke suara ucapan di TikTok memungkinkan kreator konten video untuk mengubah teks apa pun yang mereka letakkan di atas video mereka menjadi suara yang terdengar seperti Siri. Itu berarti bahwa apa saja yang Anda ketik akan dibacakan dengan suara seperti robot, sehingga Anda tidak perlu lagi bernarasi. Hal tersebut adalah cara yang berguna untuk menjelaskan video Anda dengan tujuan menambahkan konteks, menjelaskan apa yang terjadi, atau memenuhi tujuan yang Anda inginkan.

text-to-speech tiktok

Sumber: dexerto.com

Ada berbagai alasan mengapa Anda mungkin memutuskan untuk menggunakan pilihan ini. Pertama, fitur ini adalah alternatif yang bagus untuk para pengguna yang tidak dapat atau tidak ingin menggunakan suara milik mereka sendiri ke dalam video. Mungkin Anda hanya malu atau ingin menjaga anonimitas Anda. Atau, Anda mungkin mengalami kesulitan saat berbicara, atau bahkan berkomunikasi secara non-vokal atau non-verbal. Bagaimanapun juga, fitur ini menawarkan cara alternatif yang bagus untuk menarasikan suara kepada penonton.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang diberikan fitur ini kepada penonton. Beberapa penonton Anda mungkin memiliki penglihatan yang tidak baik, mungkin kesulitan dalam membaca, atau mungkin buta. Menggunakan fitur text to speech di TikTok akan menolong Anda untuk memastikan bahwa mereka masih bisa berinteraksi dengan video Anda.

Membuat video Anda lebih mudah diakses artinya Anda akan mendapatkan keterlibatan yang lebih baik, yang merupakan situasi saling menguntungkan untuk Anda. Terakhir, kebanyakan para TikToker menggunakan pilihan text-to-speech untuk konten komedi atau efek dramatis mereka.

Bagian 2: Apa yang Terjadi dengan TikTok Text-To-Speech?

Akhir-akhir ini, TikTok mengubah suaranya pada fitur text-to-speech menjadi suara baru yang lebih energik dan optimis. Hal ini dikarenakan gugatan yang diajukan oleh aktor suara profesional Beverley Standing terhadap ByteDance - perusahaan induk TikTok. Standing sudah menggugat ByteDance pada pertengahan Mei karena telah menggunakan suaranya dalam pengaturan text-to-speech tanpa izin darinya.

Gugatan aktor suara tersebut menyatakan bahwa dia dipekerjakan untuk bekerja di badan penelitian Chinese Institute Of Acoustics pada tahun 2018 yang didukung negara untuk digunakan dalam terjemahan, tetapi TikTok sudah menggunakan suaranya tanpa membayarnya sehingga itu menyebabkan kerugian padanya. Dia mengatakan bahwa dia tidak pernah mengizinkan suaranya untuk digunakan di luar penggunaan untuk terjemahan.

Gugatan itu mengenai suara berbahasa Inggris yang digunakan di Amerika Utara. Video TikTok yang dibuat sebelum adanya perubahan masih menampilkan nada yang lama. Walaupun TikTok belum berkomentar tentang suara baru atau gugatan dari Standing, waktu perubahannya sangat sugestif.

Bagian 3: Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Text-To-Speech di TikTok?

Apakah Anda bingung tentang cara menggunakan fitur text to speech di TikTok? Lihatlah panduan langkah-langkah di bawah ini tanpa menunggu lama lagi!

Langkah 1: Perbarui TikTok Anda ke versi yang terbaru

Hal yang paling utama adalah memastikan bahwa TikTok Anda telah diperbarui ke versi terbaru sehingga Anda memiliki fungsi text-to-speech TikTok. Banyak orang yang memiliki kecenderungan alami sebagai manusia untuk selalu mendorong pembaruan dalam bidang teknologi. Namun, jika Anda bingung tentang cara menggunakan fitur text to speech di TikTok, pastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi media sosial ini terlebih dahulu.

tiktok versi terbaru

Langkah 2: Mulai merekam video

Pertimbangkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda katakan dan miliki gambaran kasar tentang seberapa cepat Anda ingin tulisannya dibaca karena memasukan teks ke suara dapat dilakukan sepanjang video Anda. Setelah Anda memiliki rekaman video yang ingin Anda tambahkan teks, tekan tanda centang di sudut kanan bawah layar pada aplikasi Anda.

mulai merekam video tiktok

Langkah 3: Masukkan teks Anda

Selanjutnya, tekan ikon teks pada bagian bawah layar Anda dan ketiklah teks yang ingin dibacakan. Pastikan bahwa Anda mengingat seberapa panjang teks Anda. Setelah Anda memasukkan teks, tekan ‘Selesai’ yang ada di sudut kanan atas layar. Langkah ini akan menyisipkan kotak teks yang bisa disesuaikan di atas video Anda.

masukkan teks tiktok

Langkah 4: Tekan pada teks, lalu pilih Text-To-Speech

Ketika menggunakan text to speech di TikTok, merupakan langkah lain yang penting. Setelah Anda memasukkan teks ke dalam video TikTok, tekan Textbox dan Anda akan diberikan tiga pilihan: Text-to-Speech, Atur Durasi, dan Edit. Pilih Text-to-Speech dan AI text-to-speech bawaan dari TikTok akan membacakan teks Anda di video tersebut.

tekan text-to-speech tiktok

Langkah 5: Simpan video di penyimpanan lokal

Di sinilah Anda akan menjelajah ke luar TikTok untuk mengubah suara text-to-speech. Setelah video Anda siap semuanya, pertimbangkan untuk menyimpannya di penyimpanan lokal perangkat Anda dan tidak mempostingnya untuk dilihat semua orang. Pastikan pilihan “Simpan ke Perangkat” telah aktif dan Anda dapat mempostingnya secara pribadi.

simpan ke perangkat tiktok

Langkah 6: Download pengedit video dengan pengubah suara

Langkah selanjutnya, Anda harus mendownload pengedit video – idealnya untuk di ponsel Anda – dengan pengubah suara. Menambahkan 'video' ke dalam kata kunci pencarian bersama dengan 'Pengubah Suara' atau 'Pengganti Suara' akan memunculkan banyak daftar pilihan. Ingatlah; terdapat berbagai pengubah suara atau pengedit gratis yang akan memblokir pilihan untuk menyimpan video yang telah diedit ke perangkat karena berbayar atau akan meninggalkan watermark.

Langkah 7: Edit video dan simpan ulang

Setelah Anda memilih pengedit video Anda, jalankan dan impor video TikTok yang telah Anda simpan. Di sini, Anda bisa mengedit audio seperti video lainnya, dan pengubah suara bisa diterapkan jika alat pengedit video yang Anda pilih memiliki fitur tersebut. Terapkan efek berbeda yang Anda inginkan dan simpan kembali video TikTok baru dan video yang telah dimodifikasi ke perangkat Anda.

Langkah 8: Upload sebagai video baru ke TikTok

Buka aplikasi TikTok dan unggah video TikTok baru yang telah diedit sebagai video tunggal secara langsung, tanpa adanya pengeditan lain. Anda telah memiliki sebuah video TikTok dengan suara text-to-speech yang telah disesuaikan untuk maksud dan tujuan tertentu.

upload video tiktok

Bagian 4: Bagaimana Cara Menyesuaikan Suara Text-To-Speech di TikTok?

Wondershare Filmora adalah software pengeditan video yang canggih dan mudah digunakan yang memungkinkan kreator konten memberdayakan cerita dan kagum akan hasilnya, tidak peduli tingkat keahlian yang dimiliki. Software ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video yang menakjubkan secara mudah dengan menggunakan berbagai alat pengeditan. Filmora menawarkan berbagai efek video seperti filter, elemen animasi, hamparan grafis, dan yang lainnya kepada penggunanya.

Download Versi Windows Download Versi Mac

Beberapa fitur pengeditan audio unggulan Wondershare Filmora adalah:

  • Tambah musik background
  • Ducking audio
  • Deteksi beat musik
  • Trim klip audio
  • Menyesuaikan audio
  • Split audio
  • Fade in atau out audio
  • Menyesuaikan volume audio
  • Menyesuaikan kecepatan audio

Apakah Anda tidak menyukai suara text-to-speech bawaan? Berikut ini adalah beberapa tips berguna untuk mengubah suara text to speech di TikTok:

  1. Kunjungilah situs web Uberduck.ai
  2. Ketik teks yang diinginkan ke dalam kotak "speech to synthesize"
  3. Pilih suara
  4. Download sebagai file MP3
  5. Upload file MP3 ke alat pengedit video apa saja yang Anda miliki dan biarkan alat pengedit video tersebut yang menyesuaikannya
  6. Simpan dan upload video tersebut ke TikTok.

Selain itu, situs web text-to-speech lainnya seperti voicegenerator.io dan tts.mp3.com juga tersedia.

Kesimpulan:

Text-to-speech di TikTok adalah salah satu tren terlama di platform tersebut. Kemungkinan menciptakan sesuatu yang inovatif dengan menggunakan efek ini tidaklah terbatas.

Ketika berbicara tentang penggunaan fitur ini pada konten Anda, hal utama yang Anda perlukan adalah pengedit video karena text to speech bawaan tidak dapat disesuaikan sesuai suara atau teks yang Anda inginkan. Dan jika Anda sedang mencari pengedit video terbaik, Filmora bisa menjadi pendamping terbaik bagi Anda.

author
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.