filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Record your Twitch stream video online without effort
  • Record your Twitch Video with 120 fps
  • Add Markers to Ace Moments During Recording
  • Powerful video editing tools to help you custom Twitch videos easily

10 Mikrofon Terbaik untuk Twitch Streamer

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Selain kamera untuk live streaming, orang seringkali mudah lupa betapa pentingnya suara untuk live streaming karena ada begitu banyak aspek lain yang sama pentingnya untuk kesuksesan konten Anda di Twitch.

Mikrofon yang menghasilkan audio yang jernih sangat dapat membantu dalam banyak hal. Selain lebih mudah berkomunikasi dengan rekan tim Anda, mikrofon yang bagus juga membuat komentar Anda selama streaming lebih terdengar jelas, sehingga pengikut Anda bisa dengan mudah mendengar apa yang Anda katakan.

Menemukan mikrofon yang dapat memastikan suara Anda didengar oleh pengikut Twitch Anda mungkin terdengar sulit, oleh karena itu, kami telah menyusun daftar sepuluh mikrofon terbaik untuk streaming di Twitch.

Anda mungkin juga menyukai: 5 Webcam Terbaik dengan Mikrofon Bawaan >>


Wujudkan Imajinasi Anda - Pengedit Video Twitch Serbaguna

Wondershare Filmora adalah pengedit video berfitur lengkap yang dapat membantu Anda menyesuaikan video dari game secara kreatif. Periksa video ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Download Versi Windows Download Versi Mac


10 Mikrofon Terbaik untuk Twitch Streaming Tahun 2019

Ada ribuan model mikrofon yang berbeda di pasaran dan harga untuk tiap model tertentu bervariasi dari puluhan hingga ratusan dolar.

Mari kita lihat beberapa opsi yang lebih murah yang dapat memberi Anda kualitas audio yang layak untuk live stream Anda.

Mikrofon yang layak dipertimbangkan jika Anda memiliki budget [di bawah $100]:

1. Zalman ZM-Mic1

Harga: $19.97

 Mikrofon Streaming Twitch

Anda pasti tidak dapat menemukan mikrofon headphone yang lebih bagus pada kisaran harga ini, karena Zalman ZM-Mic1 berfungsi dengan sangat baik dalam kondisi perekaman audio yang baik. Anda bisa mendapatkan rekaman suara yang jernih, meskipun mikrofon juga dapat menangkap suara latar dengan mudah.

Mikrofon dengan sensitivitas tinggi ini dilengkapi dengan tiga klip mini yang membantu Anda menghindari kabel menjadi kusut. Zalman ZM-Mic1 memang bukan mikrofon terbaik di pasaran, tetapi jika Anda mencari mikrofon yang terjangkau dan juga bagus, ini adalah pilihan yang tepat.

2. Blue Snowball

Harga: $55.30

 Mikrofon Streaming Twitch

Tidak seperti mikrofon yang sebelumnya di daftar kami, Blue Snowball memungkinkan Anda memilih pola kutub yang ingin Anda gunakan selama live stream. Anda dapat memilih pola omnidirectional yang mengambil suara dari segala arah atau pola cardioid yang hanya menangkap suara yang langsung masuk ke mikrofon.

Proses persiapannya cepat dan mudah karena Anda hanya perlu menghubungkannya melalui port USB ke komputer dan Anda pun siap untuk memulai streaming. Blue Snowball memiliki stand mikrofon yang membantu Anda menyesuaikan ketinggian dan menemukan posisi terbaik selama siaran yang Anda bagikan di Twitch.

3. Sony ECM-CS3

Harga: $16.85

 Mikrofon Streaming Twitch

Kecil, elegan, dan canggih, Sony ECM-CS3 ini menawarkan kualitas suara yang luar biasa dengan harga yang sangat murah. Mikrofon ini dapat dihubungkan ke port audio komputer dan seperti semua mikrofon lavalier lainnya, mikrofon ini memiliki fitur klip sehingga Anda bisa menempelkannya ke baju atau pakaian lain yang Anda kenakan selama siaran. Klip ini dapat berputar 360 derajat sehingga membantu Anda untuk menemukan posisi terbaik agar suara Anda tidak terlalu pelan atau terlalu keras.

Mikrofon Sony ini hanya menampilkan pola omnidirectional yang menangkap suara latar dari segala arah, tetapi jika Anda melakukan streaming dari tempat yang relatif tenang, seharusnya ini tidak menjadi masalah besar.

4. Antlion Mod Mic 5

Harga: $69.95

 Mikrofon Streaming Twitch

Gamer yang ingin melakukan streaming dari konsol game serta komputer, harus mempertimbangkan untuk menggunakan mikrofon modular seperti Antlion Mod Mic 5. Anda dapat dengan mudah memasang mikrofon boom ini ke headphone ataupun Smartphone. Mikrofon ini dilengkapi dengan adaptor Y dan USB yang memungkinkan Anda untuk menggunakan jack headphone 3.5mm dan jack mikrofon secara bersamaan saat streaming.

Antlion Mod Mic 5 memungkinkan Anda untuk memilih antara peredam kebisingan dan mode perekaman studio hanya dengan membalikkan sakelar. Mikrofon ini dilengkapi dengan kabel 1 meter dan 2 meter sehingga Anda dapat bergerak bebas sepanjang live streaming.

5. Razer Seiren X

Harga: $99.00

Dengan rentang respons frekuensi dari 20Hz hingga 20kHz, Razer Seiren X dengan mudah menjadi salah satu mikrofon terbaik untuk streaming di pasaran.

Selain rentang respons frekuensinya yang luas, mikrofon ini juga dilengkapi dengan pola pickup Super Cardioid yang merekam audio pada sudut yang tajam. Meskipun begitu, Razer Serin X masih menangkap kebisingan latar belakang yang dapat sedikit mengganggu jika Anda sering menggunakan keyboard selama streaming.

Mikrofon ini memiliki shock mount built-in yang mengurangi suara tinggi yang tidak diinginkan dan memiliki 0 latensi yang bisa menghilangkan gema, oleh karena itu, ini akan membantu Anda untuk mendengar bagaimana suara Anda terdengar.

Mikrofon Mahal untuk Streaming di Twitch dengan [Harga 100+]

Harga seringkali tidak menjamin kualitas, tetapi jika Anda ingin memastikan bahwa suara streaming Anda di Twitch terdengar sangat jernih, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa opsi yang tercantum di bawah ini.

Berikut adalah beberapa mikrofon mahal paling populer di komunitas game di Twitch.

1. Blue Jeti

Harga: $116.49

Saat ini, Blue Jeti sangat populer di antara para streamer, podcaster, dan produser video YouTube, karena ia menawarkan fitur-fitur yang serbaguna dan juga berbagai model dengan kisaran harga yang terjangkau. Mikrofon ini memiliki berbagai pilihan pola, sehingga Anda dapat memilih antara pola perekaman omnidirectional, cardioid, bidirectional atau stereo.

Blue Jeti dapat dengan mudah dihubungkan ke komputer melalui port USB dan kompatibel baik dengan komputer PC ataupun Mac.

Mikrofon ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol penguatan atau dengan cepat mematikan audio dengan menggunakan tombol mute. Blue Jeti memiliki nol latensi dan memiliki output headphone, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk live streaming.

2. Samson G-Track Pro

Harga: $129.99

Alasan utama mengapa kami memasukkan mikrofon ini ke daftar sepuluh mikrofon terbaik kami adalah karena fitur-fiturnya yang serbaguna. Anda bisa memilih beberapa pola perekaman dan juga dapat digunakan sebagai mixer audio dua trek. Samson G-Track Pro adalah mikrofon USB yang tidak memerlukan software perekaman audio tambahan dan kompatibel dengan komputer Mac dan PC.

Samson G-Track Pro yang dibuat sangat kokoh dan tahan lama ini melebihi ekspektasi sebagian besar streamer di Twitch, ia memberikan kualitas audio luar biasa yang akan mengesankan semua penonton streaming Anda.

3. Audio-Technica AT2035

Harga: $149.00

Mikrofon Audio-Technica ini bukan hanya sekadar digunakan untuk streaming Twitch. Faktanya, mikrofon ini adalah mikrofon studio yang berfungsi sangat baik saat merekam suara rendah maupun tinggi. Perlu diingat bahwa mikrofon ini adalah mikrofon kondensor dan dapat dengan mudah menangkap suara latar, terlepas dari pola perekaman cardioid yang digunakannya.

Jika Anda ingin memastikan audio Anda terdengar sempurna di setiap streaming, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli filter pop dan kabel XLR. Bagaimanapun, Anda pasti tidak akan kecewa untuk menggunakan mikrofon Audio-Technica AT2035 untuk merekam narasi dalam live streaming Anda.

4. Rode NT-USB

Harga: $169.00

Mikrofon Rode sudah lama terkenal di industri ini, sehingga tidak heran kalau mikrofon kondensor cardioid ini adalah salah satu pilihan paling populer di antara para streamer Twitch.

Mikrofon ini dilengkapi dengan pop-filter yang melembutkan suara keras seperti b, t, atau p. Terlebih lagi, Anda hanya perlu mencolokkannya ke port USB dan mulai merekam, jadi Anda tidak perlu membuang waktu untuk mempersiapkannya.

Mikrofon ini dilengkapi dengan kontrol mix sehingga suara game dan suara Anda sendiri akan menjadi seimbang.

5. Blue Blackout Spark SL

Harga: $179.99

Mikrofon yang diproduksi oleh perusahaan Blue ini mendominasi pasar saat ini karena mereka menggabungkan fungsionalitas dengan kemampuan perekaman audio yang berkualitas tinggi. Blue Blackout Spark ST adalah contoh lain dari mikrofon kondensor yang membantu Anda untuk menghasilkan audio yang tidak memerlukan banyak pasca-pemrosesan.

Namun, mikrofon ini masih bisa menangkap suara latar belakang sehingga untuk memastikan bahwa stream Anda bebas dari suara yang tidak diinginkan, Anda harus berusaha untuk menjaga tempat di mana Anda merekam agar setenang mungkin.

Aspek yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Mikrofon

Seperti webcam atau software live streaming, mikrofon juga merupakan kebutuhan bagi semua penyiar di Twitch ataupun di Internet. Karena itu lebih baik mencari tahu sebanyak mungkin tentang mikrofon yang ingin Anda gunakan untuk streaming Anda, karena membeli perangkat yang menghasilkan rekaman suara yang kurang jelas selama siaran dapat mengurangi kesempatan Anda untuk menarik banyak pengikut dalam platform tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat membeli mikrofon baru untuk streaming.

1. Kualitas Perekaman Audio

Terlihat jelas bahwa kualitas audio adalah fitur terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum mendapatkan mikrofon baru, tetapi beberapa gamer tidak terlalu memperhatikannya. Meskipun Anda memang bisa menggunakan mikrofon apapun untuk merekam suara Anda, tapi mikrofon cardioid adalah pilihan terbaik untuk streaming karena ia bisa mengurangi tingkat kebisingan latar belakang secara signifikan dalam rekaman. Mikrofon cardioid atau unidirectional bisa menangkap suara pada sudut yang sempit, oleh karena itu mikrofon jenis ini sangat cocok untuk merekam narasi.

2. Kegunaan yang Beragam

Menggunakan mikrofon yang dapat digunakan hanya dengan satu pengaturan bisa menyebabkan masalah jika Anda sering melakukan streaming dari lokasi yang berbeda-beda. Selain itu, mikrofon yang bisa menggabungkan suara dari beberapa saluran atau menawarkan opsi canggih lainnya itu bisa sangat berguna bagi Anda, karena Anda bisa memiliki kontrol penuh untuk semua proses perekaman suara.

3. Harga

Membeli mikrofon yang mahal untuk streaming Twitch Anda hanya masuk akal jika Anda sering melakukan streaming secara teratur. Jika Anda hanya ingin melakukan streaming sesekali, maka mikrofon yang lebih murah dan bisa merekam audio dengan cukup baik mungkin merupakan pilihan yang tepat, karena harganya masih terjangkau.

Kesimpulan

Membagikan live stream video game yang Anda mainkan seharusnya menyenangkan, tetapi itu tidak akan menyenangkan jika peralatan yang Anda gunakan tidak berfungsi.

Memilih mikrofon bagus yang menghasilkan kualitas audio yang luar biasa akan membantu Anda untuk berkomunikasi lebih jelas dengan penonton ataupun rekan tim Anda jika bermain game dengan mode multipemain. Bagaimanapun juga, mikrofon yang bagus akan meningkatkan kualitas streaming Anda, sehingga dapat membantu Anda menarik pengikut baru yang menantikan streaming Anda berikutnya.

Mikrofon mana yang Anda gunakan untuk siaran Anda di Twitch? Tinggalkan komentar di bawah ini dan beritahu kami.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.