filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Instagram Video Editor
  • Stunning Instagram-style filters, overlays and text templates
  • Easier to create 1:1 square ratio videos for Instagram
  • Professional Instagram video and audio tools

Hal yang Belum Anda Ketahui tentang Instagram Story Viewer

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, beberapa tahun lalu Instagram memperkenalkan fitur cerita. Dewasa ini, cerita Instagram menjadi lebih populer dibandingkan OG Snapchat. Cerita Instagram adalah fitur luar biasa untuk berbagi perjalanan Anda dengan para pengikut Anda. Namun, cerita bersifat sementara dan hanya bertahan selama 24 jam. Anda dapat menonton cerita dari orang yang Anda ikuti melalui beranda, tetapi Anda juga dapat melihat orang-orang yang tidak Anda ikuti melalui halaman penjelajahan. Orang-orang yang memposting cerita dapat melihat siapa saja yang menonton cerita tersebut melalui Instagram Story Viewer.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang Instagram Story Viewer dan cara kerjanya, teruslah membaca artikel ini.

1. Bagaimana Instagram Mengatur Tampilan Cerita?

Lebih dari satu dekade lalu, Instagram telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Instagram terus berkembang dan memperkenalkan pembaruan menarik, desain intuitif, dan fitur monetisasi yang gila-gilaan. Yang awalnya hanya aplikasi pengeditan dan berbagi foto, kini telah menjadi perangkat bisnis online yang dahsyat. Selebriti, influencer, pengusaha, perusahaan besar, semuanya menggunakan Instagram untuk berinteraksi langsung dengan target pasar mereka dan mendapatkan pelanggan baru.

Dengan jutaan orang yang menggunakan aplikasi ini setiap harinya, Instagram perlahan meningkatkan algoritmanya untuk menjaga transparansi, di mana tak ada kecurangan, pintasan, dan peretasan! Algoritma Instagram didasarkan pada keterlibatan, tagar, cuapan, dan faktor lainnya. Namun, elemen keterlibatan seperti komentar, like, simpan, dan tampilan menentukan sebagian besar konten yang akan muncul di feed.

Instagram juga menggunakan algoritma yang sama untuk mengatur feed Cerita. Karena itulah, keterlibatan dan hubungan Anda dengan pengikut dan penonton akan menentukan bagaimana Instagram mengatur penempatan cerita dan tampilan cerita Anda.

instagram-story-viewer

2. Daftar Penonton Cerita Instagram?

Instagram memiliki dua feed, yaitu feed vertikal dan horizontal. Feed vertikal menunjukkan postingan seperti gambar, boomerang, atau reel. Sementara, feed horizontal di atas halaman adalah feed cerita. Feed cerita menyajikan konten pengguna mikro. Ini merupakan video berdurasi 15 detik yang muncul untuk interaksi instan dengan pengikut. Instagram menggunakan algoritma canggih untuk mengatur feed dan tampilan.

instagram-story-viewer-list

Setiap cerita yang dilihat orang akan menghasilkan penonton. Para penonton ini diatur dalam daftar penonton cerita. Daftar penonton cerita Instagram adalah daftar yang berisi semua penonton cerita Anda. Cara mengakses daftar ini:

  • Buka aplikasi Instagram Anda dan ketuk pada foto profil Anda di atas halaman beranda.
  • Jika Anda telah memasukkan cerita di sana, lihat di sudut kiri bawah gambar/bumerang/video.
  • Di sinilah orang-orang yang menonton cerita Anda akan muncul dengan tagar "Dilihat oleh #" (Label "Dilihat oleh #" akan menunjukkan siapa dan berapa banyak dari pengikut Anda yang telah menonton cerita Anda).
  • Ketuk "Dilihat oleh #" untuk membuka daftar penonton cerita.

3. Apa Urutan Penonton Cerita Instagram?

Dulu tampilan cerita Instagram diatur dalam urutan kronologis. Namun, sejak tahun 2021, tampilan cerita diatur berdasarkan keterlibatan. Algoritma Instagram yang baru menunjukkan akun yang paling sering Anda ajak berinteraksi di bagian teratas daftar tampilan cerita Anda.

Demikian pula, makin banyak keterlibatan Anda dengan pengikut, makin besar kemungkinan bagi pengikut itu untuk berada di bagian teratas daftar tampilan. Akun-akun ini adalah akun yang paling banyak memberi Anda like, komentar, DM, kunjungan profil, menyimpan cerita Anda, dll. Namun, algoritma ini hanya berfungsi bagi mereka yang mendapatkan lebih dari 50 penonton. Jika cerita Anda ditonton oleh kurang dari 50 orang, maka yang dimaksud berurutan adalah orang yang menonton cerita Anda akan muncul terlebih dahulu di bagian atas daftar.

4. Bagaimana Instagram Mengurutkan Tampilan Cerita Instagram?

Instagram mengurutkan tampilan cerita melalui algoritma yang didasarkan pada total kunjungan profil, komentar, like, dan elemen interaktif lainnya. Berdasarkan data dari faktor-faktor ini, Instagram memberi peringkat pada penonton sebuah cerita. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akun yang paling sering berinteraksi dengan pengguna akan muncul terlebih dulu di feed cerita mereka.

Jadi, kuncinya adalah membuat pengikut Anda terlibat dan berinteraksi dengan Anda. Banyak orang yang telah mencoba memecahkan algoritma, tetapi Instagram merahasiakannya sehingga tidak ada yang dapat memanipulasinya. Hal ini untuk menjaga transparansi dan persaingan ketat di antara pengguna. Sebuah saran yang cukup berguna adalah dengan menggunakan stiker lokasi pada cerita karena penonton juga melihat cerita berdasarkan lokasi, jadi penggunaan tagar lokasi di cerita juga terbukti efektif.

instagram-story-viewer-algorithm

5. Bisakah Menonton Cerita Instagram secara Anonim?

Singkat kata, tidak. Anda tidak dapat menonton cerita Instagram dari orang yang Anda ikuti secara anonim dari aplikasi Instagram. Akun mana pun yang Anda gunakan untuk menonton cerita akan muncul dalam daftar penonton cerita milik orang yang mempostingnya. Banyak orang yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses cerita Instagram secara anonim. Sebagian besar lainnya juga membuat akun palsu untuk menyembunyikan identitas asli mereka.

6. Bagaimana Cara Mengetahui Jika Seseorang Melihat Cerita Instagram Saya?

Instagram memungkinkan Anda untuk melihat siapa yang menonton cerita Anda. Untuk mengetahui siapa yang telah menonton cerita Instagram Anda, tinggal ketuk pada foto profil Anda di feed cerita dan buka cerita yang Anda bagikan. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di sudut kiri bawah layar, Anda akan melihat "Dilihat oleh [jumlah penonton/orang yang menonton cerita]".
  • Ketuk pada opsi "Dilihat oleh #" untuk membuka penonton cerita Anda.
  • Daftar ini berisi semua orang yang telah menonton cerita Anda dan memberi tahu Anda berapa banyak orang yang telah menontonnya.

Banyak orang yang menggunakan perangkat untuk menonton cerita Instagram secara anonim. Sejauh ini, Anda mungkin akan membutuhkan aplikasi Instagram Story Viewer.

Perhatikan Perubahan Algoritma Cerita Instagram

Ketika membahas platform digital, algoritma adalah alat yang menentukan seseorang harus melihat konten seperti apa. Algoritma ini terus ditingkatkan untuk menjadi makin relevan dan efektif dari waktu ke waktu. Hal ini pula yang menyebabkan strategi pemasaran digital terus berkembang di platform media sosial.

instagram-story-algorithm-change

Ketika membicarakan Instagram, taktik lama # tidak lagi efektif karena sekarang Instagram sudah menggunakan algoritma yang canggih. Instagram memastikan semua konten baru mencapai pemirsa yang diinginkan pada waktu yang tepat. Namun, perubahan algoritma ini telah mengacaukan kompetisi. Sementara makin banyak orang yang mencoba memecahkan dan meretas algoritma Instagram, langkah terbaik adalah fokus pada kualitas kontennya.

Instagram memprioritaskan konten terbaik dan yang paling relevan. Daripada mengirim spam ke feed pengikut Anda agar dilihat, buatlah konten menarik untuk membina hubungan jangka panjang dengan pengikut Anda. Konten Anda haruslah relevan dengan pengikut Anda dan membujuk mereka untuk memberi komentar, like, menonton, menyimpan, dan membagikan postingan Anda. Makin banyak keterlibatan pengikut dengan Anda, makin banyak pula cerita dan postingan yang dapat diakses dengan mudah di feed mereka.

author
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.