filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best editor helps you easily custom video with powerful features.
  • Enhance videos with 300+ stunning effects
  • Personalize the crop area as you want
  • Stylish and easy to use

5 Aplikasi Terbaik Seperti CapCut yang Harus Anda Ketahui [Alternatif CapCut]

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Daripada berbagi foto di media sosial, kebanyakan orang lebih suka untuk mengunggah video, meskipun berdurasi pendek. Karena itu, perangkat pengeditan video ikut berperan dalam pengeditan video dengan efek yang menarik perhatian sebelum dibagikan ke media sosial. Karena ada begitu banyak perangkat pengeditan video, maka Anda harus menyortir dan menemukan perangkat yang tepat, yang menyediakan fitur terbaik dan gratis untuk mengedit, memotong, dan menambahkan filter yang akan menyita seluruh waktu Anda. Tenang! Kami telah melakukan semua faktor pencarian tersebut untuk Anda, dan CapCut menempati urutan teratas dalam daftar. Jadi, di sini kami akan menjelaskan berbagai alat beserta beberapa aplikasi alternatif CapCut untuk Anda.

Bagian 1: Apa itu CapCut?

CapCut – merupakan pembuat video yang sebelumnya bernama Viamaker. Capcut adalah fitur yang dikembangkan oleh Bytedance. Aplikasi pengeditan video lengkap ini bersifat gratis dan tersedia untuk Android maupun iPhone. Aplikasi ini membuat Anda bisa mengedit video Anda dengan fitur pengeditan yang jauh lebih canggih daripada perangkat yang ada di pengeditan video desktop. Aplikasi ini memiliki perpustakaan musik, sehingga Anda bisa mendownload dan menggunakan lagu untuk video Anda. Setelah selesai, video Anda bisa didownload dengan resolusi berkualitas tinggi meskipun Anda telah menggunakan efek kecantikan sebelumnya.

Fitur:

  1. Capcut membuat Anda bisa memotong, membalik, dan merubah kecepatan video.
  2. Perangkat ini menawarkan filter video canggih dan efek kecantikan yang menakjubkan.
  3. Capcut juga membuat Anda bisa menambahkan teks dan stiker untuk mengekspresikan emosi Anda.
  4. Anda bisa melapisi video pada foto ataupun sebaliknya dalam sekejap.
  5. Dengan adanya perpustakaan musiknya yang besar, Anda dapat mendownload dan menggunakan lagu serta musik.

Kelebihan:

  1. Nyaman untuk memakai aplikasi yang memiliki berbagai fitur.
  2. Menawarkan daftar lagu yang mengesankan di perpustakaan musik.

Kekurangan:

Terbatas pada sumber daya pemrosesan seluler.

Langkah-langkah untuk menggunakan CapCut – Editor Video:

Langkah 1: Download CapCut dan pilih videonya

Buka aplikasi CapCut yang ada di ponsel Anda dan download dari toko aplikasi. Kemudian pilih video yang perlu Anda edit dan lanjutkan.

Langkah 2: Edit sesuka hati Anda

Sekarang, Anda bisa mengedit, memotong, mengubah background, menambahkan efek, audio, teks, dan stiker memakai perangkat pengeditan.

Langkah 3: Download video editan Anda yang luar biasa

Setelah Capcut mengedit video secara menyeluruh, melakukan pratinjau, dan menyimpan foto tersebut dengan memilih resolusi yang dibutuhkan.

Bagian 2: 5 Alternatif CapCut Terbaik untuk Pengeditan Video di 2022

Aplikasi CapCut yang dibahas di atas adalah aplikasi yang terbaik di kelasnya karena gratis dan ideal untuk membuat video berkualitas tinggi di platform media sosial Anda. Terlebih lagi, kami juga membuat daftar aplikasi seperti CapCut yang terbaik, yang bisa memberikan sistem fitur setara dengan CapCut. Jadi, mari kita lihat secara detail untuk pro dan kontranya.

Coba gratis

Untuk Win 7 atau yang terbaru (64-bit)

Download Filmora dengan aman Download dengan Aman

Coba gratis

Untuk macOS 10.12 atau yang terbaru

Download Filmora dengan aman Download dengan Aman

1. KineMaster

Alternatif CapCut gratis ini dapat memotong, menyambung, dan mengubah ukuran video Anda untuk diekspor atau diimpor. Gabungkan video Anda dan editlah dengan memakai gambar, stiker, efek khusus, teks, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan musik background, pengisi suara, efek suara, dan pengubah suara untuk menyempurnakan hasil video Anda. Jadikan video Anda momen tak terlupakan dengan efek visual seperti membalikkan, mempercepat, menambahkan gerakan lambat, dan menerapkan mode campuran, yang dapat membuat Anda memiliki lebih banyak tanda suka dan pengikut di media sosial.

editor video kinemaster

Kelebihan:

  1. Mudah untuk menambahkan beberapa video dan audio.
  2. Aplikasi ini menawarkan koleksi audio yang bagus.

Kekurangan:

Aplikasi ini tidak mendukung video yang berformat 4K.

2. LumaFusion

LumaFusion adalah salah satu aplikasi seperti CapCut, yang bisa membuat video Anda bak cerita dongeng. Meskipun mendukung efek seperti layar hijau, efek kabur, distorsi, gaya, dan warna, tetapi aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Apple saja. Bahkan jika Anda melakukan fitur gerakan lambat, gerakan cepat, maju, dan mundur pada video Anda, LumaFusion akan menstabilkan video dengan Lock and Load Stabilizer yang terintegrasi. Di dalam video Anda, sempurnakan hasil audio dengan Graphic EQ.

lumafusion

Kelebihan:

  1. Mendukung impor video dari perangkat penyimpanan cloud.
  2. Menawarkan musik bebas hak cipta terbaik untuk video.

Kekurangan:

Bermasalah dalam mengekspor proyek yang dibuat ke desktop.

3. VivaCut

VivaCut, editor video profesional, yang merupakan alternatif CapCut, sehingga memungkinkan efek visual seperti VHS, Trippy, Glitch, dan masih banyak lagi. VivaCut memungkinkan untuk menambahkan musik, transisi, kontrol- gerakan lambat dan cepat, disertai dengan opsi potong dan pangkas. Selain itu, juga mendukung penggabungan klip dalam membuat satu video. Ekstrak audio dari video lain dan sesuaikan tampilan video Anda dengan mengontrol kecerahan, kontras, saturasi, rona, suhu warna, dan sketsa.

vivacut pro

Kelebihan:

  1. Menawarkan penggunaan aplikasi yang aman.
  2. Setelah setiap pembaruan, aplikasi akan terus memiliki peningkatan.

Kekurangan:

Aplikasi ini tidak memiliki fitur yang lengkap dibandingkan dengan CapCut.

4. ActionDirector

ActionDirector adalah aplikasi seperti CapCut, yang memungkinkan Anda untuk merekam video langsung ke dalam platform media sosial Anda. Kemudian navigasikan ke perangkat pengeditan untuk langsung dipotong, diedit, dan ditambahkan musik ke dalam video. Selain itu, sorot momen-momen penting dengan menerapkan efek transisi kecepatan lambat dan ulangi, lalu gunakan efek mundur. Aplikasi ini adalah editor video Ultra HD 4K, dan Anda bisa mengedit video di ponsel seperti yang Anda lakukan di desktop.

editor video actiondirector

Kelebihan:

  1. Menambahkan efek gerakan untuk video sangat sederhana.
  2. Video yang dihasilkan adalah video dengan format 4K yang berkualitas tinggi.

Kekurangan:

Aplikasi ini tidak mendukung layering dalam video.

5. Motion Ninja

Tidak seperti alternatif CapCut lainnya, aplikasi ini lebih dari sekadar editor video. Aplikasi ini memberikan 100+ efek video siap pakai, seperti Shake, Alight motion blur, Glitch, Earthquake, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan stiker, teks 3D, dan musik ke dalam video Anda. Filter seperti penyesuaian kecerahan, kontras, dan mendukung efek lainnya. Selain itu, menambahkan transisi dan mengubah kecepatan video Anda dapat dilakukan melalui perangkat ini. Setelah menyelesaikan proses pengeditan, maka video dapat didownload dalam resolusi seperti 720p, 1080p, dan 4K.

motion ninja

Kelebihan:

  1. Aplikasi ini menawarkan variasi sampai 50+ efek transisi.
  2. Aplikasi ini memungkinkan untuk mendownload video dalam resolusi 4K.

Kekurangan:

Watermark akan disertakan dalam video jika tidak memakai versi Pro.

Kesimpulan

Jadi, sekarang Anda telah mengetahui tentang CapCut – Video Editor secara rinci, beserta langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Karena itu, sekarang Anda telah mengetahui mengenai aplikasi seperti CapCut, beserta alternatifnya. Apalagi yang Anda tunggu? Buat video yang memukau untuk media sosial Anda dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi CapCut.

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.